Sering Ngantuk pada Siang Hari? Mungkin Anda Mengidap Hipersomnia

Liputanberitaku.com — Hipersomnia adalah gangguan tidur yang cukup langka yang dapat menyebabkan rasa kantuk di siang hari yang berlebihan. Bahkan jika Anda cukup tidur di malam hari. Kondisi ini biasanya juga membuat Anda sulit bangun setelah tertidur atau tidur siang di malam hari. Dalam hal ini, tidur mungkin diperlukan kapan saja, termasuk saat mengemudikan kendaraan atau bekerja, yang dapat membuat situasi ini berbahaya.

 

Biasanya, Hipersomnia berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Kondisi ini dapat didiagnosis setelah gangguan tidur yang lebih sering disingkirkan. Pada saat yang sama, pengobatan bertujuan untuk mengontrol gejala dan tanda dengan pengobatan.

 

Penyebab Hipersomnia Ada beberapa kemungkinan penyebab Hipersomnia, seperti: Gangguan tidur, seperti mengantuk di siang hari dan napas tersengal-sengal saat tidur, kurang tidur di malam hari,  menggunakan obat-obatan terlarang atau alkohol Cedera kepala atau penyakit neurologis, seperti multiple sclerosis faktor genetik.

 

Untuk menentukan diagnosis hipersomnia, dokter akan mengevaluasi tanda dan gejala yang dialami, melihat riwayat medis dan riwayat keluarga. Hal ini termasuk pengobatan yang sedang dikonsumsi, serta dengan melakukan pemeriksaan fisik.

Dokter juga dapat melakukan beberapa pemeriksaan untuk menentukan diagnosis kondisi yang dialami dan menentukan penyebabnya.

 

Penanganan hipersomnia bertujuan untuk meringankan tanda dan gejala yang muncul. Dokter mungkin meresepkan obat iritasi tertentu untuk membantu tubuh tetap terjaga di siang hari bila diperlukan. Selain itu, dokter juga menganjurkan agar Anda menetapkan pola tidur malam yang teratur, menghindari minum alkohol, kafein, dan obat-obatan tertentu yang dapat memengaruhi pola tidur Anda.

 

Karena penyebab hipersomnia belum ditentukan, tidak ada metode pencegahan yang terbukti dapat secara efektif mencegah timbulnya penyakit ini. Namun, metode tertentu dipercaya dapat membantu mengurangi rasa kantuk di siang hari.

 

Misalnya dengan membuat rencana tidur, pastikan Anda pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan pastikan bahwa lingkungan tidur adalah tempat yang gelap, tenang dan sejuk.

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli