Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C — Pada akhir Juni 2020, merek ponsel Cina Xiaomi mengumumkan Redmi 9C dengan harga yang sangat terjangkau. Ponsel entry-level ini menjadi jawaban Xiaomi atas rivalnya Realme C11 di kisaran harga yang sama.

Redmi 9C adalah anggota keluarga Redmi 9, bersama dengan Redmi 9 dan Redmi 9A. Dengan spesifikasi yang berada di tengah, ponsel ini seharusnya bisa memenuhi tuntutan Mi Fans akan ponsel yang lebih murah dari Redmi 9 namun dengan performa yang lebih tinggi dari Redmi 9A. Apa saja kelebihan dan kekurangan ponsel Redmi terbaru ini? Anda bisa mengetahuinya di artikel ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9C

  • Layar IPS LCD 6,53 inci
  • Chipset MediaTek Helio G35
  • RAM 3 GB, 4 GB
  • Memori internal 32 GB, 64 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 1.499.000
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C
Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C

Kelebihan Xiaomi Redmi 9C

Apa yang membuat ponsel ini istimewa dengan harga terjangkau yang ditawarkannya? Beragam keunggulan Redmi 9C mendatang bisa Anda ketahui.

1. Triple Camera

Karena spesifikasinya lebih rendah dari Redmi 9, jumlah kamera berkurang di antara keduanya. Redmi 9 akan diluncurkan dengan empat kombinasi kamera, sementara mereka yang mencari Redmi 9C untuk menghemat uang akan mendapatkan kesepakatan dengan tiga kamera: 13MP (sudut lebar), 5MP (makro) dan lensa kedalaman 2MP.

Kekurangan Redmi 9C adalah lensa ultra-lebar, tetapi Anda dapat memotret dalam mode panorama untuk mendapatkan FOV yang lebih luas. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang juga berfungsi sebagai pengenalan wajah untuk membuka kunci layar.

Hasil kamera yang ditampilkan cukup bagus di segmen harga 1 jutaan. Bahkan dibandingkan dengan Redmi 9. Anda hanya akan melihat sedikit perbedaan kualitas gambar. Berikut adalah beberapa contoh foto Redmi 9C untuk dipertimbangkan.

Seperti yang Anda lihat di atas, Redmi 9C mampu mengambil foto dengan ketajaman yang baik. Tidak hanya di siang hari, tetapi juga dalam kondisi minim cahaya.

2. Sensor Fingerprint dan Face Unlock

Perangkat besutan Xiaomi ini tentu tidak mau ketinggalan dengan hadirnya sensor kunci layar canggih untuk mempermudah hidup Anda. Redmi 9C memiliki sensor sidik jari di bagian belakang, yang dengan cepat membuka kunci layar tanpa harus berurusan dengan pola yang tertulis di layar.

Ini adalah keuntungan yang cukup besar, karena saudaranya, Redmi 9A, menghilangkan fitur yang berguna ini. Redmi 9C tidak hanya memiliki sensor sidik jari, tetapi juga fungsi pengenalan wajah atau fungsi buka kunci wajah yang terintegrasi di kamera depan.

3. Baterai Jumbo

Waktu bermain yang diperpanjang pasti akan banyak menguras baterai Anda. Untungnya, Anda tidak memerlukan ponsel yang terlalu mahal hanya untuk mendapatkan masa pakai baterai satu hari atau lebih. Ya, Redmi 9C dengan baterai 5000 mAh-nya dapat diselesaikan dengan sangat baik untuk menemani Anda dalam kehidupan sehari-hari tanpa masalah.

Dengan harga pasaran 1 jutaan, baterai 5000mAh menjadi keunggulan yang patut diapresiasi, apalagi jika dibandingkan dengan kompetitor dari merek lain, seperti Samsung Galaxy M10 dan A10 yang hanya memiliki baterai 3000mAh.

Banyak ponsel lain seperti Realme 2 atau Realme C2 juga memiliki baterai 4000mAh. Ini membuktikan bahwa Redmi 9C berada di jajaran 1 juta ponsel dengan daya tahan baterai paling lama.

4. Layar Lebar HD+

Tentu saja, tanpa layar besar, Anda tidak dapat menikmati konten sepenuhnya. Xiaomi memahami hal ini dan telah membekali Redmi 9C dengan layar yang cukup besar dengan resolusi HD+, yakni 6,53 inci.

Resolusi yang dihadirkan Redmi 9C adalah 720 x 1600 piksel dengan kerapatan 269 ppi. Meski berbeda dengan Redmi 9 dengan resolusi FHD+, namun Redmi 9 lebih dari cukup untuk memaksimalkan pengalaman Netflix, YouTube, gaming, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

5. Performa Chipset Oke untuk HP Sekelasnya

Meski harganya murah, bukan berarti Redmi 9C tidak bisa dimainkan. Perangkat Xiaomi ini ditenagai oleh chipset Helio G35 12nm dan ditenagai oleh prosesor 8-core 2.3GHz (ARM Cortex A53). Chipset ini juga disertai dengan prosesor grafis bernama PowerVR GE8320.

Nah pertanyaannya, apakah performa chipset ini biasanya dimiliki oleh ponsel seharga 1 jutaan? Jawabannya: ya, itu pasti sepadan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan ponsel lain di kisaran harga yang sama, kebanyakan memiliki chipset Snapdragon 450 atau setara, seperti Realme 2 dan Samsung Galaxy M11. Redmi 8A juga hanya dibekali Snapdragon 439.

Kami membandingkan skor benchmark dari Helio G35 dan Snapdragon 450. Nanoreview.net melaporkan bahwa Helio G35 ternyata menjadi salah satu chipset dengan performa terbaik di pasar 1M karena mencapai skor 110,505 di benchmark AnTuTu v8. Angka ini pasti lebih tinggi dari Snapdragon 450 dengan 88168 poin.

6. Pilihan Warna Stylish

Tentu saja, bagi sebagian pengguna, penampilan sama pentingnya dengan fitur teknis. Untuk itu, Redmi 9C juga dihadirkan dalam rangkaian warna yang memukau, seperti Sunrise Orange yang ikonik, yang memberikan kesan elegan. Sekedar informasi tambahan, warna oranye serupa juga dimiliki oleh ponsel yang tergolong kelas OPPO Find X2 Pro, lho!

Selain oranye, tersedia dua variasi warna lain, yakni Midnight Grey dan Twilight Blue. Ketiga colorways ini tersedia tanpa pola sehingga menciptakan kesan clean dan minimalis. Tampilan bodi belakang juga dilengkapi dengan modul persegi alih-alih dipusatkan secara vertikal seperti Redmi 9 biasa.

7. Dukungan Memori Eksternal Slot Khusus

Mengandalkan memori internal saja untuk menyimpan berbagai file seperti video atau film menyisakan sangat sedikit ruang bagi ponsel untuk menginstal aplikasi. Oleh karena itu, Redmi 9C juga telah menyediakan slot microSD khusus untuk mengatasi hal ini.

Dilengkapi dengan triple tray, Redmi 9C menjamin kemungkinan memasangkan kartu memori eksternal menggunakan dua kartu SIM sekaligus.

Kekurangan Redmi 9C

Namanya juga ponsel entry level, tentu ada beberapa hal yang mungkin tidak sesuai dengan selera Anda. Berikut beberapa kekurangan Redmi 9C.

1. Tanpa Gorilla Glass

Jika Anda khawatir ponsel Anda terjatuh dan merusak layar, Redmi 9C mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. Ini karena tidak ada lapisan Corning Gorilla Glass di layar. Terlepas dari kenyataan bahwa versi reguler Redmi 9 setidaknya dilapisi dengan Gorilla Glass 3.

Redmi 8 yang merupakan seri generasi sebelumnya juga dilapisi dengan Gorilla Glass 5 di bagian layarnya. Mengingat Redmi 9, Redmi 8 dan Redmi 9C semuanya 1 juta ponsel, layar Redmi 9C sedikit kurang tahan lama dibandingkan ponsel lain di kisaran harga yang sama.

2. Tanpa Fast Charging

Ini adalah hal lain yang disayangkan tentang Redmi 9C. Dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo, pengisian daya jelas memakan waktu lama. Dan karena Redmi 9C tidak dilengkapi dengan pengisian cepat, Anda harus menunggu berjam-jam hingga ponsel terisi penuh.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan harga yang sama dan spesifikasi yang sama dengan Redmi 9C, tetapi dengan pengisian cepat, Redmi 9 bisa menjadi pilihan Anda. Redmi 9 hadir dengan dukungan pengisian daya 18W, sehingga waktu pengisiannya lebih cepat daripada Redmi 9C.

3. Masih Menggunakan Charging Port MicroUSB 2.0

Rupanya, Redmi 9C tidak bisa sepenuhnya menghindari stigma ponsel murah karena masih menyediakan port pengisian yang lebih lemah, yaitu microUSB 2.0.

Selain kabel charging yang agak sulit disambungkan ke port, microUSB juga memiliki kelemahan pada kecepatan transfer data. Mengingat harganya yang terjangkau, wajar saja jika Redmi 9C tidak hadir dengan USB Type-C.

Namun sebelum Anda mulai mencari ponsel di kisaran harga di atas, sebenarnya ada lebih dari 1 juta ponsel yang sudah dilengkapi USB Type-C, seperti Redmi 8, Redmi 9, dan Redmi 8A Pro.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9C 

Redmi 9C memiliki banyak keunggulan yang jauh lebih baik dari ponsel dari merek lain, berkat Xiaomi yang tidak pernah pelit dalam menghadirkan spesifikasi terbaru dari produk entry-levelnya.

Performa chipset ponsel ini benar-benar menempati posisi teratas di pasar entry-level. Apalagi kombinasi ketiga kamera tersebut mampu memberikan kualitas foto yang cukup baik untuk sebuah HP sekelasnya.

Bagi yang menginginkan ponsel budget yang bisa digunakan untuk bermain game dan berfoto ria, Xiaomi Redmi 9C adalah salah satu yang terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Menurut informasi yang beredar, harga ponsel Redmi 9C ini adalah $100 atau Rp 1.400.000. ada di sekitar. Anda bisa mendapatkan Redmi 9C dengan harga sejuta, yang juga menawarkan kapasitas baterai 5000mAh. Jadi apakah Anda siap untuk merekomendasikan Redmi 9C ini?