Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T — Xiaomi menghadirkan ponsel menarik dari seri Redmi 9 atau Redmi 9T. Dapat dikatakan bahwa Redmi 9T ini merupakan alternatif menarik dari Redmi 9 yang umumnya biasa saja dari segi spesifikasi umum. Lebih lanjut, kehadiran Redmi 9T berdampak pada penurunan harga Redmi 9.

Redmi 9T mungkin merupakan varian lain dari ponsel yang masih satu keluarga dengan Xiaomi, yakni POCO M3. Hal ini dikarenakan spesifikasi POCO M3 yang hampir mirip dengan Redmi 9T, harga jualnya tidak begitu jauh, masih Rp 2 jutaan.

Lantas apa yang membuat Redmi 9T menarik? Untuk mengetahuinya, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan salah satu ponsel Redmi di bawah ini!

Spesifikasi Redmi 9T

  • Layar IPS LCD 6,53 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 662
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori internal 64 GB, 128 GB
  • Kamera 48 MP (lebar) 8 MP (ultrawide) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 6000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 1.999.000

Kelebihan Redmi 9T

Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T, Siapa sangka ada ponsel budget dengan berbagai keunggulan hebat seperti Redmi 9T? Perhatikan poin-poin di bawah ini.

Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T
Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T

1. Performa Chipset Terbilang Oke

Redmi 9T hadir dengan chipset cepat bernama Qualcomm Snapdragon 662. Dibekali chipset ini, Redmi 9T cukup bertenaga di kelasnya untuk gaming kelas menengah, hiburan dan multitasking mulus tanpa lag.

Qualcomm Snapdragon 662 sendiri merupakan chipset yang mencakup dua cluster octa-core, yaitu 4 Kryo 260 Gold dan 4 Kryo 260 Silver. Ini adalah turunan dari ARM Cortex A73 dan A53. Sedangkan untuk pengolah grafis Adreno 610.

Dari segi kinerja, Redmi 9T memiliki chipset yang mirip dengan POCO M3, yang jelas tidak membuat kinerja ponsel terlalu berbeda. POCO M3 sendiri meraih skor benchmark 177.904 di AnTuTu v8 berdasarkan pengujian GSMArena

Dalam tes GeekBench 5, POCO M3 mencetak 308 poin dalam tes single-core dan 1398 poin dalam tes multi-core.

Redmi 9T menunjukkan hal yang tidak jauh berbeda satu sama lain. Berdasarkan uji lapangan Unbox.ph, Red, atau 9T menerima skor GeekBench 5:314 dalam tes single-core dan 1347 poin dalam tes multi-core. Selisih skor yang tidak terlalu besar menunjukkan kemampuan Redmi 9T.

Berdasarkan pengujian Unbox.ph, Redmi 9T menjalankan sebagian besar aplikasi Android dengan sempurna dan mampu memainkan game Android populer dengan pengaturan yang benar.

Hal yang sama tertulis di situs Gamerbraves. Menurut mereka, Redmi 9T bisa menjalankan berbagai game dengan baik dan lancar. Contohnya Mobile Legends, League of Legends dan Call of Dutys dengan setting medium.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Redmi 9T merupakan produk yang menarik karena baru pertama kali seri Redmi hadir dengan baterai 6000 mAh. . Karena kapasitas baterai terbesar dari seri Redmi adalah sekitar 5000mAh.

Xiaomi sendiri mengklaim dengan daya tahan baterai Redmi 9T Anda dapat mendengarkan musik hingga 195 jam, menonton film hingga 17 jam, bermain game hingga 14 jam dan melakukan panggilan hingga 56 jam.

Redmi 9T 10 pro dan kontra yang perlu Anda ketahui 6
Dengan baterai besar dan chipset hemat energi, ponsel ini menawarkan daya tahan baterai yang sangat lama. Hal ini juga terlihat dari pengujian POCO M3 di GSMArena yang menunjukkan bahwa POCO M3 memiliki stamina 154 jam, dengan 46 jam waktu bicara, 21 jam browsing atau 17 jam pemutaran video.

Unbox.ph sendiri mengklaim bahwa baterai Redmi 9T bisa bertahan hingga 2 hari. Sedangkan situs Gamerbraves menyebutkan bahwa Redmi 9T hanya turun 10% saat bermain Wild Rift selama 40 menit. Artinya daya tahan ponsel ini cukup baik.

3. Fitur Pengisian Daya Cepat dan Reverse Charging

Selain kapasitas baterai yang besar, Redmi 9T juga menyediakan fast charging 18W yang tentunya menarik mengingat sudah mendukung fast charging hingga maksimal 15W di kategori harganya.

Yang mengejutkan, Redmi 9T hadir dengan charger 22,5W dalam paket penjualannya, dengan charger ini Redmi 9T bisa terisi penuh dalam waktu hampir 3 jam. Hal ini sangat wajar, mengingat kapasitas baterainya yang mencapai 6000 mAh.

Selanjutnya, Redmi 9T dapat digunakan sebagai bank daya untuk mengisi daya ponsel lain. Menarik bukan?

4. Kamera 48 MP dan Ultrawide yang Oke

Satu hal yang membedakan Redmi 9t dengan POCO M3 adalah pada sektor kamera belakangnya. POCO M3 dibekali dengan tiga kamera utama yang terdiri dari lensa utama Quad Bayer 48MP, lensa makro 2MP, dan sensor 2MP.

Redmi 9T memiliki kamera ini dan kamera tambahan, yaitu kamera ultra lebar atau kamera ultra lebar. Kurangnya kamera ultra-lebar di POCO M3 telah diselesaikan pada Redmi 9T.

Kamera ultra-wide Redmi 9T sendiri menawarkan resolusi 8 MP. Kualitas kamera belakang secara keseluruhan sangat baik. Kamera belakang menawarkan kualitas foto yang mengesankan di kelasnya, bahkan dalam kondisi cuaca yang sulit. Foto juga dapat memberikan ketajaman yang baik. Di bawah ini adalah contoh hasil jepretan kamera Redmi 9T.

Sedangkan Unbox.ph sendiri menilai kamera Redmi 9T cukup bagus. Rentang dinamis saja terkadang sedikit menjadi masalah, terutama saat mengambil foto dengan cahaya latar yang kuat. Namun, hal ini masih bisa dimaklumi mengingat kategori harga yang terjangkau.

Sementara untuk kamera depan, Redmi 9T memperkenalkan kamera selfie 8 MP. Kamera dapat mengambil foto yang cukup bagus, dan meskipun ada noise di lingkungan yang lebih gelap, itu tidak mengalahkan gambar yang dihasilkan.

5. Sudah Pakai Dual Speaker

Produsen ponsel yang terjangkau seringkali mengabaikan kualitas suara. Namun, Xiaomi menunjukkan hal yang berbeda melalui Redmi 9T. Betapa tidak, ini adalah satu-satunya ponsel dengan Dual Stereo Speaker yang biasanya jarang ditemukan di ponsel entry level. Faktanya, beberapa ponsel kelas menengah jarang memiliki speaker stereo.

Xiaomi sendiri menjanjikan bahwa kualitas suara yang terpancar dari ponsel ini dapat menciptakan ritme dan nuansa imersif yang dapat ditingkatkan saat bermain game atau menonton video. Bahkan, Xiaomi mengklaim bahwa kualitas suara ponsel ini bersertifikat audio Hi-Res.

6. Desain Bodi yang Menarik

Memang sih, desain POCO M3 terlihat lebih menggoda dibanding Redmi 9T. Namun, bukan berarti Redmi 9T memiliki desain yang buruk. Untuk kisaran harganya, desain ponsel ini cukup bagus berkat lapisan bertekstur pada bodinya.

Lapisan bertekstur ini membuat desain Redmi 9T nyaman digenggam. Pilihan warna yang tersedia juga cukup menarik seperti Charcoal Grey, Ocean Green dan Twilight Blue. Tapi dari segi desain lumayan keren, tapi tidak semenarik POCO M3.

7. Konektivitas Lengkap dan Tahan Cipratan Air.

Jangan berharap NFC dari ponsel murah seperti itu. Belum ada NFC dalam kisaran harganya yang bisa dimengerti. Hal ini dapat ditutupi dengan mendukung fitur lain seperti konektivitas inframerah, yang tentu saja dapat berguna sebagai remote darurat.

Tak lupa ponsel ini sudah menggunakan tipe USB, Bluetooth 5.0, radio FM dan port audio jack 3.5mm. Selain itu, Redmi 9T memiliki fitur tahan percikan, yang membuat ponsel ini sedikit lebih baik daripada ponsel lain.

Padahal, POCO M3 sendiri tidak memiliki fitur ini.

8. Sensor Sidik Jari di Samping

Sensor sidik jari jelas merupakan sistem sensor keamanan yang banyak digunakan. Kehadiran Anda di ponsel tentu sangat diperlukan. Menariknya, sensor sidik jari Redmi 9T tidak terletak di bodi belakang.

Sensor sidik jari ponsel ini terletak di bagian samping ponsel. Kehadiran sensor sidik jari terintegrasi dengan tombol power, yang memudahkan untuk memegang ponsel.

Kehadiran sensor sidik jari yang dipasang di samping merupakan keunggulan tersendiri, karena sensor sidik jari yang dipasang di samping biasanya ditemukan pada ponsel kelas menengah. Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan banyak ponsel budget yang sudah menggunakan sensor sidik jari samping.

Kekurangan Redmi 9T

Namun, Redmi 9T masih memiliki kekurangan. Kekurangan Redmi 9T adalah sebagai berikut.

1. Tingkat Kecerahan Layar Bukan yang Terbaik

Layar adalah salah satu hal penting dari Redmi 9T. Pasalnya di kisaran harganya, Redmi 9T sudah menawarkan layar IPS 6,53 inci dengan resolusi 2340 x 1080 piksel, atau Full HD Plus. Dukungan definisi tinggi ini menarik karena ponsel di kisaran harga yang sama atau lebih tinggi. masih menggunakan hanya HD Plus.

Selain itu, layar ponsel ini mendukung Widevine L1, sehingga Anda dapat menonton Netflix dengan kualitas tinggi.

Sejauh ini, tentu saja, tidak ada masalah. Hanya saja Redmi 9T ternyata kurang kecerahan layar. Ponsel ini memiliki kecerahan maksimum 395 nits dan rasio kontras lebih dari 1500:1.

Namun, menurut Unbox, ph, tampilan ponsel ini tidak terlalu bagus untuk penggunaan di luar ruangan. Artinya kecerahan layar tidak maksimal. Selain itu, ponsel ini masih belum mendukung kecepatan refresh atau kecepatan refresh 90Hz yang sudah termasuk dalam beberapa ponsel dalam kisaran harganya.

2. Masalah di MIUI 12

Redmi 9T menggunakan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10. MIUI 12 ini menampilkan berbagai fitur menarik dan sangat penting bagi pengguna. Namun menurut Unbox.ph, kehadiran MIUI 12 cukup memberatkan sistem. Menurutnya, MIUI 12 sedikit menurunkan kinerja ponsel, tapi itu bukan masalah besar.

Kesimpulan Kelebihan & Kekurangan Redmi 9T

Redmi 9T mungkin merupakan versi terbaru dari POCO M3. Faktanya, beberapa fitur pembaruan cukup bagus, meskipun tidak berlebihan. Redmi 9T hanya kalah dari segi desain, yang sebenarnya tidak terlalu buruk.

Sisanya? Redmi 9T dapat memberikan value for money terbaik bagi konsumennya. Bisa dikatakan ponsel ini banyak diminati di pasaran, terutama karena harganya yang terjangkau.