Cara Daftar Dana yang Mudah dan Cepat

Cara Daftar Dana — Sejak diluncurkan, aplikasi Dana menjadi sangat populer karena dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi secara digital. Tak heran, banyak orang yang sudah mengetahui cara mendaftar dana dan cara menggunakannya. Bahkan, sudah banyak orang yang menggunakan Dana sebagai alat transaksi nontunai utama mereka.

Namun tentunya masih ada beberapa yang belum mengenal Dana dan tidak tahu cara mendaftar atau menggunakannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara keseluruhan tentang penerapan Reksa Dana, khususnya mengenai pendaftaran Reksa Dana yang sederhana dan cepat. Sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu apa itu Reksa Dana dan apa saja fungsinya!

Apa itu Dana dan Apa saja Fitur Yang Ada di Dalamnya?

Dana dapat didefinisikan sebagai platform dompet digital yang dirancang khusus sebagai alat transaksi digital nontunai. Aplikasi Dana memungkinkan Sahabat Pintar melakukan transaksi dengan lebih cepat dan nyaman, namun dengan keamanan yang terjamin. Selanjutnya, aplikasi ini memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya untuk kepentingan Smart Buddy.

Salah satu keuntungannya adalah Anda bisa membayar berbagai jenis tagihan dan kebutuhan sehari-hari seperti listrik, pulsa dan paket data, asuransi, BPJS, dan masih banyak lagi. Sobat Cerdas dapat melakukan pembayaran ini di mana saja dan kapan saja. Selanjutnya, ketika kita menggunakan aplikasi, kita dapat menikmati berbagai promosi menarik, seperti cashback dan potongan harga.

Berbagai kemudahan dan manfaat yang disebutkan di atas tentunya akan menarik siapa saja untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Dana sendiri cukup mudah digunakan, karena yang Anda perlukan untuk mengakses Dana hanyalah mengetuk aplikasi dan aplikasi siap digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan di semua perangkat, baik perangkat Android maupun iOS.

Aplikasi ini tidak hanya menawarkan banyak fungsi menarik, yang tentunya tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Secara umum, fungsi dasar terdiri dari dua fungsi utama, yaitu dompet digital dan pengiriman dan permintaan dana. Untuk percakapan selengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini:

  1. Fitur Dompet Digital atau Wallet

Fitur Dana ini memiliki sekitar 5 menu yang terdiri dari:

  • Dana Premium, jenis akun yang memiliki keunggulan dibandingkan akun reguler karena memiliki saldo maksimum yang lebih tinggi daripada akun reguler
  • Top-up: Isi ulang saldo aplikasi Dana sangat sederhana dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya melalui transfer bank
  • Simpan kartu bank, di menu ini Sahabat Pintar bisa menyimpan kartu bank yang bisa disambungkan ke aplikasi Dana, memudahkan proses pembayaran
  • Tarik saldo dimana dalam menu ini anda dapat dengan mudah menarik saldo anda secara tunai di Alfamart, agen dan lainnya
  • Pembayaran: Dalam menu ini, Sahabat Pintar dapat menggunakan aplikasi Dana untuk membayar berbagai kebutuhan, seperti pembayaran listrik, pembelian pulsa atau pembayaran lainnya di merchant yang bermitra dengan Dana.
  1. Kirim dan Minta Dana

Fitur kirim dan minta uang ini memiliki banyak menu seperti kirim dan terima uang ke Fund, Bank, To Reference, Request Fund dan terakhir Shocked Fund. Detail masing-masing menu dapat dilihat pada penjelasan berikut:

  • Untuk Dana, menu ini memungkinkan kamu mengirim uang antar pengguna Dana secara gratis
    Bank dapat dengan bebas mengirim uang antar bank di menu ini
  • Masuk ke halaman Links, teman-teman pintar bisa kirim uang via chat gratis dengan menu ini
  • Permintaan dana dimana menu ini memudahkan kami untuk menerima transfer dana baik dari pengguna Dana lain maupun melalui transfer bank
  • Surprise Fund, menu ini memungkinkan teman-teman pintar untuk membagikan saldo dananya kepada teman dan keluarga yang sama-sama menggunakan aplikasi ini.

Selain fitur di atas, Dana juga memiliki fitur lainnya yaitu dana perusahaan dan dana perusahaan untuk kamu, pedagang UMKM. Semua fitur tersebut tentunya sangat berguna dan tidak kalah menariknya.

Bagaimana Cara Daftar Dana?

Pendaftaran dana sangat sederhana. Untuk melakukannya, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasinya, unduh aplikasi Dana terlebih dahulu. Anda dapat dengan mudah mengunduh aplikasi dari Playstore secara gratis. Setelah berhasil diunduh, aplikasi akan otomatis terinstal di ponsel atau smartphone Anda
  2. Buka aplikasi untuk mendaftar
  3. Pada halaman pertama, Anda harus memasukkan nomor ponsel atau ponsel yang aktif dan klik Berikutnya
  4. Kemudian masukkan kode OTP 4 digit. Kode OTP biasanya dikirimkan oleh Dana melalui SMS ke nomor yang telah dimasukkan sebelumnya
  5. Biasanya kode promo muncul di halaman berikutnya, tetapi jika tidak ada, Anda dapat melewatinya
  6. Masukkan nama lengkap atau nama panggilan Anda
  7. Masukkan foto Anda, lalu ketuk menu Rekam
  8. Buat PIN untuk melindungi akun Anda. PIN yang Anda buat biasanya terdiri dari enam digit
  9. Tap menu selanjutnya dan hanya itu, Dana bisa login
  10. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran di atas, Anda secara otomatis telah berhasil mendaftarkan akun sebagai anggota biasa
  11. Dengan aplikasi Dana Anda dapat melakukan berbagai pembayaran dan transaksi. Tentunya untuk melakukan transaksi Anda perlu melakukan top up atau top up saldo. Pengisian saldo dasar dapat dilakukan melalui merchant seperti Ramayana dan Robinson. Selain itu, top up dapat dilakukan melalui bank seperti BCA, BIS, BIS dan lain sebagainya.

Setelah mengunggah, Sahabat Pintar dapat memanfaatkan berbagai fungsi dan melakukan transaksi kecuali fungsi Kirim Dana. Anda harus meningkatkan ke akun premium untuk menggunakan fitur ini. Upgrade ke akun premium juga sangat sederhana, berikut adalah langkah dan tahapan upgrade:

  • Tap menu Saya di aplikasi Smart Friends Fund
  • Lalu ketuk Verifikasi Akun
  • Lanjutkan dengan tab menu Apply Now lalu Let’s Get Started
  • Masukkan informasi yang diperlukan dan ambil selfie dan ID Anda, dan hanya itu

Pada tahap ini, kamu hanya tinggal menunggu selesainya prosedur pengajuan dana premi. Proses ini biasanya hanya memakan waktu beberapa jam. Setelah selesai, kamu dapat menggunakan semua fitur premium aplikasi, seperti menarik saldo dan mengirim uang.

Setelah Cara Daftar Dana dan Melakukan Transaksi, Apakah Aman?

Sebagai aplikasi untuk menyimpan dana bagi penggunanya, aplikasi ini tentunya memiliki berbagai perlindungan dan keamanan yang ketat dan terjamin. Keamanan aplikasi tersebut bahkan telah disetujui oleh Bank Indonesia berupa otorisasi penggunaan e-money, transfer uang online dan lembaga keuangan digital. Jadi anda tidak perlu lagi meragukan keamanan bertransaksi di aplikasi ini.

Aplikasi Dana juga memiliki pengenalan wajah untuk keamanan tambahan. Pengenalan wajah dapat digunakan untuk masuk ke akun Dana Anda. Sedangkan untuk login dengan fitur facial recognition Dana hanya bisa dilakukan dengan cara scan atau scan wajah kamu di depan kamera.

Tentu saja, siapa pun dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah di atas untuk mendaftar akun Dana. Ikuti semua langkah dengan seksama dan proses pendaftaran Dana dijamin sangat cepat dan mudah, selamat mencoba.