hit counter

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Mudah dan Praktis

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak — Apakah Anda mengalami masalah dengan memori smartphone Anda? Jangan buru-buru mengganti atau membuangnya, karena ada beberapa cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak. Kartu SD adalah perangkat eksternal yang dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan perangkat elektronik seperti smartphone atau laptop. Meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan yang tidak tepat dapat dengan cepat merusak kartu SD Anda. Kerusakan kartu SD tidak hanya memengaruhi fungsinya. Namun, perangkat yang memasang kartu SD rusak terkadang mengalami masalah yang kurang optimal. Oleh karena itu, jika kartu SD Anda rusak, segera perbaiki agar tidak semakin parah. Cari tahu cara memperbaiki SD card yang rusak bersama kami, yuk!

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak
Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

Ada banyak cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, beberapa di antaranya adalah:

1. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Merestart Gadget

Salah satu penyebab kartu SD terkadang tidak terbaca adalah karena ada masalah dengan sistem smartphone. Ini dapat terjadi jika pengguna mengisi daya ponsel di malam hari saat dimatikan dan ketika kartu SD dimasukkan menjadi tidak dapat dibaca. Jika hal seperti ini terjadi, jangan panik dulu karena ada cara mudah untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, yaitu dengan me-restart gadget.

Coba matikan ponsel Anda lalu keluarkan kartu SD selama beberapa saat. Kemudian coba instal dan nyalakan kembali HP. Jika tidak ada kerusakan atau masalah pada kartu SD, kartu memori akan terbaca kembali. Selain karena terlalu sering menghapusnya, kerusakan kartu SD juga dapat terjadi karena Anda mengakses situs web yang tidak aman dan diserang oleh malware atau virus. Jadi, jika kartu memori Anda rusak, Anda dapat menggunakan metode ini untuk memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat.

2. Coba Kartu SD di HP atau Smartphone Lain

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak selanjutnya adalah dengan mengeluarkan kartu memori kemudian memasangnya di perangkat lain jika cara pertama di atas tidak berhasil. Dengan cara ini, kita juga bisa mengetahui apakah kerusakan ada di kartu SD atau slot memori smartphone. Jadi jangan buru-buru menyalahkan kartu SD jika memori smartphone Anda tidak terbaca.

Jika kartu SD terbaca dan berfungsi dengan baik di perangkat lain, berarti kerusakannya ada di slot memori smartphone. Teknik ini sering digunakan untuk memperbaiki file yang rusak pada kartu SD tanpa harus memformatnya.

3. Cek Error dengan Sambungkan ke PC atau Laptop

Jika Anda masih tidak dapat membaca data pada kartu memori dengan memasukkannya ke dalam ponsel cerdas Anda, Anda dapat menghubungkannya ke komputer atau laptop untuk memeriksa apakah kartu SD rusak atau tidak. Langkah-langkah untuk memperbaiki kartu SD yang rusak adalah sebagai berikut:

  • Masukkan kartu SD ke perangkat smartphone Anda dan hubungkan ke komputer atau laptop dengan kabel data
  • Ubah mode dari Media Transfer Mode (MTP) ke Mass Storage Mode (MSC) jika smartphone sudah terhubung ke PC atau laptop
  • Buka menu Explorer (Windows + E) di laptop atau PC Anda dan klik kanan pada drive kartu SD. Kemudian pilih menu Properties > Tools >
  • Error Checking dan tunggu sampai proses selesai untuk mengecek apakah SD card yang rusak sudah diperbaiki.
  • Setelah proses selesai, keluarkan smartphone dari laptop atau komputer dan periksa apakah kartu SD kembali normal.

Cara ini cukup efektif untuk membaca kartu memori jika cara memperbaiki kartu SD yang rusak melalui HP tidak berhasil. Sebaiknya segera cadangkan data Anda setelah kartu SD terbaca dengan benar untuk menghindari risiko kerusakan kartu memori lagi.

4. Disable Kartu SD

Sebelum Anda memutuskan untuk memformat kartu memori, tidak ada salahnya untuk mencoba menonaktifkan fungsi kartu SD di komputer atau laptop Anda. Memperbaiki kartu SD yang rusak dilakukan dengan mematikan fungsi kartu SD dan kembali dari awal. Menonaktifkan kartu SD dilakukan sebagai berikut:

  • Hubungkan smartphone dengan kartu memori ke komputer atau laptop
  • Akses menu Manajemen Perangkat di komputer Anda
  • Klik kanan perangkat penyimpanan massal USB dan klik Nonaktifkan dan tunggu beberapa menit untuk proses perbaikan kartu SD yang rusak.
  • Klik kanan lagi menu Perangkat Penyimpanan Massal USB dan klik Aktifkan

Setelah menonaktifkan kartu SD, periksa kembali apakah kartu dapat dibaca atau tidak. Jika tetap tidak terbaca, berarti kartu tersebut memang cacat atau rusak. Dalam hal ini, cara atau cara untuk meningkatkan reusability dari SD card yang rusak adalah dengan memformat file tersebut.

5. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Membersihkan Badan Kartu

Hal ini juga dapat menyebabkan kesalahan atau kartu SD tidak terbaca karena kotor, membuat cakram emas sulit untuk dibaca. Kondisi ini biasanya terjadi ketika pengguna sering mengeluarkan kartu SD, menyentuh pelat emas terlalu tebal atau meletakkannya sembarangan. Memperbaiki kartu SD yang rusak pada ponsel Xiaomi atau merek lain dapat dilakukan dengan membersihkan slot kartu memori SD.

Anda dapat membersihkan badan kartu SD dengan kain kering yang bersih atau kain kering. Anda juga dapat menggunakan alat lain seperti penghapus putih untuk menghilangkan debu dan kotoran. Jika kartu memori rusak, jangan lupa untuk mencoba memperbaiki kartu SD yang rusak dengan membersihkan badan kartu sebelum memformat.

6. Menggunakan MiniTool Partition Wizard

Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis di komputer Anda untuk memperbaiki kartu SD yang rusak, seperti MiniTool Partition Wizard. Cara ini dilakukan dengan cara memindai partisi untuk memeriksa apakah kartu SD rusak atau tidak. MiniTool kemudian akan memperbaiki partisi tersebut sehingga kartu SD dapat digunakan kembali.

Berikut cara memperbaiki kartu SD yang rusak dengan MiniTool Partition Wizard:

  • Download MiniTool Partition Wizard Free Edition dan install di PC atau laptop kamu
  • Masukkan kartu SD ke ponsel cerdas Anda, lalu sambungkan ke komputer Anda dan pilih driver sesuai dengan kartu SD
  • Pilih menu Periksa Sistem File
  • Jika muncul jendela baru, klik menu Periksa dan perbaiki kesalahan yang ditemukan, lalu klik Mulai
  • Tunggu hingga proses perbaikan kartu yang rusak selesai, lalu periksa apakah kartu SD sudah kembali normal.

7. Format Melalui HP Android

Jika cara di atas untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat tidak berhasil, satu-satunya cara adalah dengan memformatnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan menggunakan cara ini, semua file yang ada di kartu SD mungkin akan hilang. Namun, setelah diformat, kartu SD biasanya dapat digunakan kembali dengan fungsi normal seperti saat baru.

Berikut cara memformat kartu SD melalui ponsel Android:

  • Pasang kartu SD di ponsel pintar Android Anda
  • Buka Android dan buka Pengaturan> Penyimpanan> Penyimpanan portabel
  • Pilih driver kartu SD Anda dan buka Pengaturan Penyimpanan> Format> Hapus dan Format
  • Tunggu hingga proses pemformatan selesai, lalu tap Finish saat perbaikan SD card yang rusak selesai
  • Periksa apakah kartu SD normal atau tidak

Setelah proses format berhasil, semua data pada kartu SD akan hilang. Namun, kartu memori dapat digunakan kembali dengan fungsi yang sama seperti saat masih baru. Dengan memperbaiki kartu SD yang rusak, Anda tidak perlu membeli kartu SD baru meskipun semua file Anda hilang.

8. Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak Melalui PC atau Laptop

Memformat kartu SD melalui Android tidak menjamin akan kembali normal dan dapat digunakan. Jika cara memperbaiki memori SD yang rusak di Android tidak berhasil, Anda dapat mencoba memformatnya melalui komputer atau laptop. Hasil format pada komputer ini biasanya lebih maju dan sempurna. Begitulah.

  • Hubungkan kartu SD ke komputer atau laptop dengan pembaca kartu
  • Jika Anda sudah terhubung, periksa apakah ada data yang tersisa. Jika demikian, harap buat salinan cadangan dari langkah-langkah untuk memperbaiki kartu SD yang rusak sebelum memformat
  • Untuk memformat, buka File Explorer (Windows + E) dan pilih driver kartu SD. Kemudian klik kanan dan pilih Format
  • Tunggu beberapa menit hingga proses pemformatan dan proses perbaikan memori yang rusak selesai
  • Setelah proses selesai, kartu memori akan kosong dan dapat digunakan kembali seperti biasa.

Sebelum memformat kartu SD, Anda disarankan untuk membuat salinan cadangan data Anda. Hal ini karena setelah proses format berhasil, semua data pada kartu SD akan hilang dan tidak dapat dikembalikan. Jika ada cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat, Anda harus mencoba metode ini terlebih dahulu jika tidak ingin kehilangan semua data Anda.

9. Selidiki Kembali Penyebab SD Card yang Rusak

Sebelum mengambil tindakan korektif, disarankan untuk mengetahui penyebab kerusakan kartu SD. Mengetahui penyebab kartu SD rusak, Anda dapat mengambil tindakan korektif yang tepat agar kartu memori dapat kembali normal tanpa memformat data. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan SD card menjadi corrupt atau rusak, beberapa di antaranya adalah:

  • Sering dipindah-pindah

Kartu SD yang sering dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lain lebih rentan terhadap kerusakan dan oleh karena itu lebih mungkin untuk rusak. Kartu memori yang sering dipindahkan lebih rentan terhadap risiko penyakit karena harus beradaptasi dengan lokasi dan sistem operasi baru. Oleh karena itu, jika bukan untuk mengganti perangkat, sebaiknya jangan terlalu sering memindahkan kartu SD agar tidak mudah rusak.

  • Salah cara memindahkan

Jika Anda tidak ingin kartu SD Anda rusak, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara memindahkan kartu memori dengan benar. Memindahkan kartu SD tidak hanya berarti mengeluarkannya dari perangkat. Namun, sebelum mencoba mengeluarkan kartu SD, pastikan perangkat dimatikan. Kemudian tunggu 10-20 detik lalu keluarkan kartu SD dari slot memori. Kegagalan untuk mematikan perangkat dapat menyebabkan proses menjadi tidak lengkap. Hal ini dapat membuat kartu tidak terbaca, sehingga Anda perlu mencari cara untuk memperbaiki kartu SD yang rusak agar dapat kembali normal.

  • Terkena Minyak atau Kotoran

Kartu SD yang rusak atau tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh kotoran atau oli saat Anda memegangnya. Untuk memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca, cukup bersihkan dengan kain bersih dan kering. Setelah dibersihkan, coba masukkan kembali kartu SD dan lihat apakah kembali normal. Jadi, jika kartu memori tidak terbaca, jangan langsung menyimpulkan bahwa kartu SD rusak dan minta format.

  • Terkena virus

Jika Anda terkena virus saat membuka situs web yang tidak aman, itu juga dapat merusak dan membuat kartu SD Anda tidak dapat dibaca. Virus yang merusak kartu memori bisa banyak jenisnya, tidak hanya merusak data tetapi juga mencuri data perangkat pengguna. Ini sangat berbahaya, jadi sebaiknya segera cari cara untuk memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca di ponsel dan komputer Anda agar tidak merugikan pemilik perangkat. Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file dari Internet, karena saat ini file tersebut mengandung banyak virus berbahaya.

  • Bekerja terlalu keras

Perangkat yang kelebihan beban juga memiliki risiko kerusakan kartu SD yang lebih tinggi. Ini biasanya terjadi ketika pengguna telah membuat perubahan besar, seperti mengubah pengaturan penyimpanan video. Meskipun hasil perekaman video lebih baik, metode ini membuat kartu SD lebih berat dari yang diperlukan. Daripada mempraktekkan cara memperbaiki kartu SD yang rusak, sebaiknya Anda lebih memperhatikan perawatan yang tepat agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

Kartu SD memiliki risiko kerusakan yang tinggi jika tidak ditangani dengan benar. Penyebab SD card rusak juga sangat bervariasi, jadi Anda perlu mencari tahu penyebabnya sebelum melakukan perbaikan yang tepat terhadap SD card yang rusak. Dengan langkah perbaikan yang tepat, kartu SD bisa kembali normal tanpa memformat data. Namun, jika sistem tidak mendeteksi kartu SD sama sekali, Anda harus membawanya ke pusat layanan ponsel resmi untuk mengetahui alasannya.

10. Bawa ke Service Center Ponsel Resmi

Solusi dan cara memperbaiki memory card yang terakhir adalah dengan membawanya ke bengkel resmi handphone. Cara ini bisa Anda pilih jika kartu memori sudah tidak bisa dibaca lagi melalui smartphone, komputer atau laptop. Sebelum membuang atau membeli kartu SD baru, ada baiknya diperiksa terlebih dahulu oleh pusat layanan, karena sistem Android mungkin rusak.

Pusat layanan memeriksa secara menyeluruh penyebab kerusakan, apakah itu kartu SD yang rusak atau sistem operasi smartphone yang tidak kompatibel. Jika perlu, pusat layanan menggunakan aplikasi untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformatnya terlebih dahulu. Namun jika kerusakannya parah, biasanya disarankan untuk memformat SD card agar tetap bisa digunakan.