Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12 — Apakah Anda puas dengan fitur Samsung Galaxy A11? Nah, di penghujung tahun 2020 ini lahirlah seri penerus Samsung Galaxy A12 yang menyita perhatian banyak penggemar Samsung.

Masuk ke jajaran Galaxy A series, tentunya Anda bisa mengharapkan harga yang sangat murah untuk ponsel ini, mulai dari Rp 2,5 jutaan. Meskipun murah, itu jelas memiliki banyak kelebihan dan poin utama yang layak untuk dibahas. Apakah Anda ingin tahu sesuatu? Cari tahu kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12 di bawah ini!

Spesifikasi Samsung Galaxy A12

  • Layar PLS TFT 6,5 inci
  • Chipset MediaTek Helio P35
  • RAM 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal 128 GB
  • Kamera 48 MP (lebar) 5 MP (ultrawide) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh
  • Harga Saat Rilis Rp 2.399.000
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Kelebihan Samsung Galaxy A12

Apa yang Anda harapkan dari Galaxy A12? Apakah ponsel Samsung terbaru ini layak mendapat perhatian penggemar gadget? Simak manfaatnya di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. RAM dan Memori Internal Super Besar

Jika ingin menyebutkan salah satu keunggulan utama yang paling banyak diumumkan dari ponsel ini, tentu saja kapasitas memori internalnya. Pasalnya, dibanderol dengan harga Rp 2,5 juta, Galaxy A12 hadir dengan storage 128 GB dan RAM 4 GB.

Sedangkan untuk varian lain yang lebih mahal, perangkat ini masih menawarkan kapasitas internal 128, namun kini hadir dengan RAM 6GB. Diketahui bahwa jenis memori internal ponsel ini adalah eMMC 5.1.

Memori internal juga memiliki tiga slot kartu untuk dua kartu SIM dan satu memori eksternal. Either way, ketika datang ke memori, Galaxy A12 adalah pilihan terbaik.

2. Quad Camera 48 MP yang Berkualitas

Tak jarang HP dengan banderol harga Rp 2 jutaan dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi. Galaxy A12 terbukti berbeda dari yang lain, menampilkan pengaturan Quad Camera 48MP yang diatur dalam modul persegi di sudut kiri atas.

Tentu saja, lensa 48MP ini tidak tampil sendiri, bersama tiga lensa lainnya yang memiliki fungsi makro 2MP, sudut ultra lebar 5MP, dan sensor kedalaman 2MP. Dengan cara ini Anda juga dapat mengambil foto sudut lebar, objek yang sangat dekat, dan efek buram latar belakang.

Sementara itu, Galaxy A12 juga dapat mengambil foto selfie yang bagus dengan lensa 8MP. Baik kamera belakang maupun depan mendukung perekaman video hingga resolusi 1080p. Berikut adalah contoh foto dari salah satu YouTuber.

3. Baterai 5.000 mAh yang Tahan Lama

Meski ponsel ini merupakan seri Galaxy A, namun tetap menawarkan kapasitas baterai yang cukup besar. Padahal, seperti biasa, baterai jumbo cenderung lebih mirip dengan seri Galaxy M. Dengan baterai LiPo berkapasitas 5000mAh, Galaxy A12 menawarkan daya tahan yang cukup lama, baik untuk menonton YouTube, bermain game, atau sekadar mengobrol. . .

Ya, kapasitas 5000mAh bukanlah hal baru yang menghiasi lini produk smartphone bujet Indonesia. Penggemar Samsung tidak perlu mencari outlet setiap kali mereka pergi ke suatu tempat. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengklaim bahwa pemutaran audio bisa bertahan hingga 109 jam. Seperti penggunaan normal sehari-hari, perangkat ini dijamin bertahan bahkan seharian penuh.

Klaim daya tahan baterai juga telah terbukti. Situs GSM Arena telah menguji baterai Samsung Galaxy A12. Menurut mereka, berdasarkan hasil pengujian, durasi browsing web adalah 16 jam 18 menit, yaitu 31 jam menggunakan ponsel 3G. Samsung Galaxy A12 juga meraih skor stamina yang cukup baik yaitu 123 jam.

4. Side-Mounted Fingerprint

Tampilan bodi belakang Galaxy A12 cukup impresif, desain garis-garisnya nyaman dipegang dan tidak meninggalkan sidik jari. Namun, yang membuatnya sangat stylish adalah kurangnya tampilan sensor sidik jari. Bagaimana bisa? Pasalnya, sensor sidik jari Galaxy A12 berada di samping bersama tombol power.

Ini jelas sebuah keuntungan. Selain membuat bodi belakang lebih rapi, penempatan sensor sidik jari di bagian samping dinilai tepat karena memberikan nuansa natural saat meletakkan jari Anda di sensor.

5. Tekstur Bodi Belakang yang Unik

Selain fitur teknis yang canggih, ponsel juga dinilai dari penampilannya. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A12 unggul dengan desain bodi bertekstur yang menyenangkan. Cangkang tubuh terbuat dari plastik polikarbonat, yang tahan lama dan menarik. Anda juga akan melihat tekstur bergaris diagonal halus yang mendukung sisi estetika ponsel.

Di bagian bawah terdapat branding Samsung yang dibatasi oleh semacam garis pemisah, sehingga tampilan ponsel ini cukup unik dan stylish. Setidaknya bodi ponsel ini terlihat jauh lebih keren dibandingkan beberapa flagship Samsung yang cenderung terasa lebih kaku atau monoton.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

Setiap ponsel canggih memiliki kekurangannya, termasuk Samsung Galaxy A12. Agar tidak salah beli, berikut kekurangannya.

1. Resolusi Layar Masih HD Plus

Ponsel layar lebar bukan lagi impian. Hampir semua merek ponsel terkenal telah diperkenalkan dengan layar lebih besar dari 6,5 inci. Termasuk Samsung Galaxy A12 yang memiliki layar 6,5 inci, meski masih menggunakan resolusi HD Plus.

Layar dengan resolusi sebesar itu tentu tidak mampu menampilkan konten yang tajam seperti Full HD Plus, ini cukup janggal, meski banyak di antara Rp. 2 juta. Ada ponsel yang membuang resolusi HD Plus untuk menunjukkan ketajaman yang memanjakan mata, seperti Redmi Note 9.

2. Performa Chipset Kurang Memuaskan

Ingin bisa memainkan game berat di ponsel Samsung Galaxy A12 ini? Mungkin Anda akan sedikit kecewa karena kinerjanya jauh dari ponsel lain. Dari segi trek, perangkat ini ditenagai setara dengan seri Snapdragon 600 Helio P35.

Performa yang dihasilkan oleh chipset tersebut tidak memadai untuk game-game yang sangat menuntut saat ini seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact. Berdasarkan uji benchmark, Galaxy A12 hanya mencetak 103.000 poin (AnTuTu v8).

Chipset Helio P35 sendiri mengusung prosesor octa-core yang merupakan gabungan dari dua cluster ARM Cortex A53. Ya, ia tidak memiliki inti ARM Cortex A7X, yang menunjukkan bahwa chipset ini tidak siap untuk bermain game berat.

3. Pengisian Baterai Cepat 15 W

Baterai besar secara alami akan membutuhkan waktu lebih lama untuk terisi penuh. Namun khusus untuk Galaxy A12, waktu pengisian dayanya terlalu lambat untuk kapasitasnya. Ponsel ini dilengkapi dengan catu daya 15W, menurut tes GSM Arena, tampaknya pengisian cepat ini tidak dapat mengisi daya dengan cukup cepat.

Setelah pengisian daya hanya 30 menit, ponsel akan menerima daya nol hingga 20%. Dan jika Anda ingin mengisi penuh, itu akan memakan waktu sekitar 3 jam. Akibatnya, konsumen dengan gaya hidup sibuk mungkin merasa terputus dari Galaxy A12 ini. Suka atau tidak, ponsel Anda hanya ideal jika Anda mengisi dayanya di malam hari.

4. Tidak Ada Mode Malam

Wajar jika ponsel digunakan sebagai alat fotografi yang handal. Namun, saat kondisi pencahayaan gelap, foto biasanya tidak akan maksimal. Untuk alasan ini, beberapa ponsel dilengkapi dengan mode malam untuk membuat foto lebih cerah dan memberikan ketajaman yang baik bahkan di malam hari.

Sayangnya, Anda tidak akan menemukan fitur night mode pada kamera Samsung Galaxy A12. Jadi, jika Anda merencanakan pemotretan dengan teman-teman Anda, atur pencahayaan tambahan atau ubah jadwal Anda.

5. Versi di Indonesia Tidak Kebagian NFC

Samsung Galaxy A12 adalah salah satu ponsel anggaran yang menawarkan konektivitas yang sangat baik. Buktinya sudah menggunakan Bluetooth 5.0 dan mendukung port USB Type-C. Bahkan, di beberapa negara, Samsung Galaxy A12 juga dilengkapi dengan NFC, lho!

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Nah itu memalukan. Versi yang datang ke pasar Indonesia tampaknya tidak menyertakan konektivitas NFC. Tapi tidak apa-apa, karena toh jarang ponsel seharga Rp 2 juta yang dilengkapi fitur ini.

Simpulan

Sepertinya Samsung Galaxy A12 benar-benar akan mendapatkan banyak peningkatan drastis dibandingkan Galaxy A11. Mulai dari kapasitas memori internal, ukuran baterai, dan juga dari sudut pandang kamera. Dengan membayar Rp 2,5 juta, Anda sudah bisa merasakan berbagai manfaat ponsel canggih.

Beberapa kekurangan tersebut sebenarnya tidak terlalu fatal kecuali Anda adalah seorang gamer yang rajin karena ponsel ini tidak menawarkan performa yang luar biasa. Namun jika Anda hanya mencari ponsel dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan kamera yang bagus, Galaxy A12 tidak akan mengecewakan dengan harga entry-levelnya. Tertarik?