Cara Mengetahui HP Disadap, Tanda-Tanda, dan Solusinya

Cara Mengetahui HP Disadap — Smartphone atau ponsel ternyata menjadi berkah terselubung bagi kita semua. Perangkat genggam ini adalah alat komunikasi utama bagi para profesional di tempat kerja dan masyarakat umum dengan beragam kebutuhan. Tentu saja, kemajuan teknologi memungkinkan kita melakukan lebih dari sekadar melakukan panggilan telepon seluler. Dengan berbagai manfaatnya, privasi tetap menjadi pertimbangan utama dalam menggunakan smartphone.

Jika Anda ingat, pernahkah Anda mendengar suara aneh seperti klik atau statis di tengah panggilan telepon? Ini adalah tanda paling umum bahwa ponsel Anda terkendali. Sejauh ini, banyak orang telah mengalami hal ini dan khawatir bahwa privasi komunikasi pribadi dan bisnis mereka tidak terlindungi.

Ponsel kita dapat rentan terhadap penyadapan, terutama jika perangkat telah di-jailbreak atau di-root untuk memanfaatkan berbagai aplikasi pihak ketiga dengan berbagai fitur yang mengejutkan tetapi berbahaya.

Dibutuhkan sedikit penyelidikan untuk mengetahui apakah Anda berurusan dengan nada telepon yang aneh atau gangguan acak lainnya. Di sini kita akan melihat berbagai tanda penyadapan pada ponsel, tetapi pertama-tama, tentu saja, kita perlu tahu tentang penyadapan itu sendiri. Simak laporannya di bawah ini!

Pengertian dan Alasan HP Disadap

Penyadapan atau telepon seluler? Benarkah penyadapan benar-benar bisa terjadi? Tentu saja. Namun, sistemnya tidak sesederhana yang kita pikirkan. Ada aplikasi atau program khusus yang bertanggung jawab untuk melacak dan menyadap telepon seluler atau perangkat lain. Juga, ada beberapa cara untuk mengetahui ponsel mana yang telah disadap.

Penyadapan atau pemantauan seluler adalah aktivitas di mana panggilan telepon pengguna dan aktivitas lainnya dipantau menggunakan berbagai perangkat lunak. Prosedur ini sebagian besar dilakukan tanpa sepengetahuan target, yang berarti bahwa pemilik asli HP tidak mengetahui aktivitas tersebut.

Para penyadap dapat mencegat ponsel kita dengan mengakses perangkat tanpa izin. Biasanya program yang digunakan adalah spyware. Untuk telepon rumah, penyadap memasang perangkat keras atau perangkat lunak khusus.

Cara Mengetahui HP Disadap
Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap

Setelah mengetahui arti dan aturan penyadapan, kami masih penasaran. Bagaimana program intersepsi kunci tersebut dapat dimiliki dan digunakan oleh pihak yang tidak berwenang? Tanda-tanda apa yang muncul ketika orang jahat menyentuh ponsel kita?

Kini saatnya mencermati berbagai “sinyal” yang muncul saat ponsel disadap secara ilegal. Dengarkan di bawah ini:

1. Kebisingan Backsound yang Tidak Biasa

Ini adalah sinyal paling populer, merinci beberapa suara tidak wajar, ketukan yang kami dengar selama panggilan, jika ponsel kami terkendali. Contohnya termasuk dengungan statis yang berdenyut, dengungan bernada tinggi, dan suara latar aneh lainnya.

Tanda lain yang mungkin paling sering terdengar adalah mendengar suara yang tidak biasa seperti bunyi bip, klik, atau suara normal lainnya saat tidak ada panggilan. Namun, ini bukan tanda pasti bahwa ponsel atau telepon rumah kita terkendali. Jadi kita perlu melihat kesalahan umum lainnya terlebih dahulu.

Salah satu cara untuk melacak kebisingan yang rendah dan tidak wajar adalah dengan menggunakan detektor bandwidth. Ini adalah sensor

Pastikan Anda tidak dapat mendengar audio di ponsel Anda menggunakan sensor bandwidth audio frekuensi rendah. Audio Bandwidth Detector adalah aplikasi pendeteksi kebisingan dari ponsel lain yang dapat digunakan untuk mengukur audio pada perangkat yang berpotensi rusak. Jika Anda menemukan lebih banyak suara per menit, telepon Anda mungkin terganggu.

2. Daya Tahan Baterai Berkurang

Jika masa pakai baterai ponsel Anda tiba-tiba menjadi jauh lebih pendek dari sebelumnya, atau baterai menjadi panas saat menggunakan ponsel, ada kemungkinan perangkat lunak penyadapan berjalan tanpa suara di latar belakang dan menguras baterai.

Pertimbangkan seberapa sering ponsel kita digunakan. Apakah ini lebih merupakan panggilan suara atau penggunaan aplikasi? Jika demikian, ini bisa menjadi alasan utama baterai ponsel Anda lebih cepat terkuras dari biasanya, bukan disadap.

Untuk memeriksa penggunaan baterai HP secara detail, kita dapat menggunakan pengaturan ponsel dan mendapatkan informasi. Anda juga dapat mengunduh beberapa aplikasi yang dapat diandalkan untuk mendapatkan gambar yang lebih jelas.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa penggunaan baterai menggunakan pengaturan telepon Anda:

  • Di iPhone Anda, buka Pengaturan> Baterai, lalu gulir ke bawah ke Penggunaan Baterai. Cara lain adalah dengan mengunduh aplikasi Battery Life dari App Store atau Coconut Battery dari cocco-flavor.com.
  • Untuk perangkat Android, cari penggunaan baterai di Pengaturan atau buka Pengaturan> Perangkat> Baterai untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai.

Periksa penggunaan aplikasi menggunakan teknik yang disebutkan, lalu periksa kembali beberapa hari kemudian untuk melihat mana yang paling banyak berubah. Jika kita menggunakannya terlalu banyak, inilah mengapa aplikasi menghabiskan begitu banyak baterai. Namun, jika kita tidak sering menggunakannya sementara penggunaan baterai terus meningkat, mungkin akan terjadi sesuatu yang aneh, seperti virus yang mengacaukan ponsel. Kami menyarankan Anda untuk segera menghapus aplikasi tersebut.

3. Masalah Saat Mematikan HP

Masalah lain yang bisa menjadi tanda penyadapan adalah ponsel kita menjadi kurang reaktif dan sulit dimatikan. Karena dapat dipengaruhi oleh akses tidak sah ke ponsel kita.

Oleh karena itu, selalu periksa apakah proses gagal atau jika lampu latar tetap menyala meskipun ponsel dimatikan saat ponsel dimatikan. Jika dua hal ini terjadi, bisa jadi itu adalah software berbahaya atau kesalahan pembaruan sistem pada ponsel kita.

4. Kegiatan Mencurigakan Lainnya

Jika ponsel Anda mulai menyala, macet, atau mulai menginstal aplikasi dengan sendirinya, seseorang mungkin telah meretasnya dengan aplikasi mata-mata dan mencoba melacak panggilan telepon dan aktivitas Anda.

Berikut rincian aktivitas aneh yang terjadi saat ponsel disadap:

  • Pesan teks yang aneh
    Tanda lain bahwa seseorang sedang mencoba untuk mencegat ponsel Anda adalah ketika Anda menerima pesan teks aneh dengan huruf dan angka yang membingungkan dari pengirim yang tidak dikenal. Fenomena ini terjadi karena beberapa aplikasi intersepsi menerima perintah mereka dalam pesan SMS terenkripsi.
  • Iklan pop-up
    Iklan pop-up yang aneh dan tidak dapat dijelaskan juga dapat menunjukkan adanya malware atau aplikasi penyadap. Namun, ada penjelasan yang lebih umum untuk fenomena ini, yaitu ada merek yang entah bagaimana mencoba menawarkan produknya kepada kita.
  • Ikon bergerak
    Saat kami tidak menggunakan ponsel, ikon aktivitas jaringan dan bilah lain di bagian atas layar akan tetap solid. Jika sebuah ikon bergerak, itu menunjukkan suatu aktivitas. Jadi, jika ini terjadi saat kita tidak sedang bermain dengan ponsel kita, itu bisa berarti seseorang sedang mengendalikannya dari jarak jauh atau secara diam-diam mengirim data.

5. Informasi Pribadi yang Muncul secara Online

Ini adalah tanda yang berbeda dari HP. Jika Anda menemukan data atau informasi pribadi yang harus dibatasi sifatnya tersebar di Internet, mungkin ada pihak yang telah mengeksploitasi HP dan membocorkan data kami.

Data pribadi yang dimaksud, termasuk email, catatan, gambar, data lainnya yang telah kami berikan kepada HP. Selain hilang, file ini juga bisa hilang dari ponsel kita. Peretas biasanya melakukan ini dengan mengekstrak data dari ponsel dan mengunggahnya dari jarak jauh ke Internet.

6. Gangguan Elektronik dengan Perangkat lain

Apakah Grameds pernah mengalami masalah dengan ponsel Anda saat Anda meletakkannya di dekat perangkat lain seperti laptop, telepon meja, atau televisi? Ini seharusnya tidak terjadi terlalu sering, bahkan jika kita sedang aktif menggunakan telepon. Namun, jika Grameds mendeteksi gangguan statis (selain audio) pada ponsel selama panggilan, itu dapat diartikan sebagai tanda bahwa seseorang sedang mendengarkan percakapan.

Apa contoh lain yang ada? Beberapa perangkat pendengar menggunakan frekuensi yang dekat dengan pita radio FM. Jika radio Grameds Anda mengeluarkan suara bernada tinggi saat disetel ke mono dan diputar di ujung trek yang lain, telepon Anda mungkin rusak dan mengganggu radio.

Begitu pula dengan frekuensi siaran TV yang menggunakan saluran UHF (ultra-high frequency). Gangguan ini dapat diverifikasi dengan meletakkan telepon di dekat televisi dengan antena.

7. Tagihan Telepon Lebih Tinggi Dari Biasanya

Jika tagihan telepon Anda menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, itu tanda lain bahwa seseorang mungkin telah meretas telepon Anda. Namun, bukan berarti gejala ini merupakan tanda pasti dari penyadapan HP.

Hal yang sama dapat terjadi jika Anda mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data. Karena ini bisa menjadi alasan pasti untuk peningkatan penggunaan data secara tiba-tiba. Hal yang sama berlaku saat kita mengizinkan orang lain menggunakan perangkat kita saat mereka tidak terhubung ke Wi-Fi.

Namun, spyware dan aplikasi berbahaya lainnya dapat menggunakan paket data seluler kami untuk melakukan transaksi rahasia tanpa sepengetahuan kami. Oleh karena itu, segera hubungi operator seluler atau layanan telepon Anda dan mintalah bantuan jika Grameds melihat lalu lintas data yang mendadak pada tagihan telepon Anda.

Kesimpulan Cara Mengetahui HP Disadap 

Hati-hati dengan semua aplikasi, terutama game, yang seringkali membutuhkan izin untuk mengakses daftar panggilan, buku alamat, atau daftar kontak. Jika anak-anak juga sering bermain dengan ponselnya, kita mungkin juga perlu mengaktifkan mode kontrol orang tua agar mereka tidak mengunduh aplikasi berbahaya secara tidak sengaja.