hit counter

Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Murah

Cara Kredit Mobil Bekas — Selama epidemi seperti itu, pinjaman mobil bekas adalah hal yang mungkin. Membeli mobil bekas secara kredit memiliki banyak keunggulan dibandingkan membeli secara tunai. Salah satunya adalah Anda dapat meningkatkan mobilitas mengemudi Anda tanpa menghabiskan terlalu banyak uang. Harga mobil yang agak mahal tidak menutup kemungkinan untuk benar-benar kehabisan dana darurat yang seharusnya tidak digunakan.

Tak hanya itu, saat membeli mobil bekas secara kredit, biasanya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sejumlah promo menarik. Mulai dari uang muka yang rendah, dari cicilan kecil hingga jangka panjang. Semua hal ini dapat disesuaikan dengan keterampilan dan kebutuhan Anda.

Ada berbagai keuntungan lainnya, terutama saat membeli mobil bekas secara kredit. Salah satunya adalah menghindari mobil dengan huruf yang bermasalah. Perusahaan pembiayaan biasanya langsung menolak permohonan jika ternyata digunakan dokumen palsu untuk mobil yang dibeli.

Membeli mobil bekas secara kredit juga menguntungkan karena memiliki tingkat depresiasi yang lebih rendah. Karena itu, jika Anda ingin menjual mobil, penurunan harga tidak akan terlalu besar dibandingkan dengan harga mobil baru.

Membeli kredit mobil bekas memiliki banyak manfaat lainnya. Harga relatif lebih kompetitif dibandingkan mobil baru. Sebab, para dealer mobil bekas masih mau dan mampu menegosiasikan harga hingga tercapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Setelah Anda menentukan mobil bekas yang ingin Anda beli, kami akan memberikan cara aman untuk mendapatkan pinjaman mobil bekas tanpa uang muka.

Cara Kredit Mobil Bekas

Membeli mobil bekas secara kredit bukanlah masalah yang sulit. Apalagi jika Anda ingin membeli mobil dari dealer yang sudah memiliki rekanan perusahaan pembiayaan. Ini menyederhanakan proses aplikasi. Tidak perlu khawatir ketika Anda perlu membeli mobil dengan pinjaman dan mengambil agunan, legalitas ada di sisi leasing dan bank bertindak sebagai Wali Amanat. Untuk informasi Anda, akta perwalian adalah prosedur hukum untuk keamanan yang mengikat.

Pemindahtanganan benda (dalam hal ini mobil) dengan jaminan fidusia dilakukan dengan akta notaris dalam bahasa Indonesia dan akta jaminan fidusia.

Jaminan fidusia yang merupakan kontrak penerus, artinya terdapat kontrak induk yang menjadi induk dari perjanjian jaminan fidusia. Misalnya, dengan kredit mobil, kesepakatan utama adalah pengaturan hutang, di mana jaminan fidusia dapat menjadi pengaturan pasca hutang.

42/1999. Berdasarkan Pasal 29 (1) Undang-Undang (UU 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia), jika debitur atau wali amanat didapati wanprestasi (wanprestasi) atas dasar kesepakatan para pihak, objek perwalian tersebut penjaminan dapat dilakukan sebagai berikut:

Jika debitur atau wali amanat melakukan wanprestasi, maka objek jaminan wali amanat dapat diberlakukan sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan kekuasaan eksekutif sebagaimana dimaksud dalam pasal 15 ayat 2 oleh wali amanat
  2. Penjualan benda-benda yang dijaminkan oleh wali amanat melalui pelelangan umum atas dasar kuasa wali amanat dan pelunasan piutangnya dari hasil penjualan.
  3. Penjualan rahasia berdasarkan kesepakatan antara Wajib Pajak dan Wali Amanat, jika dengan cara ini dapat diperoleh harga tertinggi yang menguntungkan para pihak.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka tata cara pelaksanaan benda-benda yang dijaminkan fidusia adalah sebagai berikut:

  1. Eksekusi gelar eksekutif
  2. Penjualan sendiri melalui pelelangan umum
  3. Dijual ke tangan

Dalam arti jika dengan kesepakatan para pihak debitur ingkar janji, maka eksekusi dapat dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menjual aset yang dijaminkan fidusia melalui pelelangan umum. Penjualan rahasia ini hanya terjadi jika harga tertinggi yang menguntungkan suku cadang dapat diperoleh dengan cara ini.

Setelah Anda memahami aturan penggunaan kredit mobil bekas, berikut beberapa cara untuk memastikan Anda mendapatkan pinjaman mobil yang aman dan memuaskan dari dealer.

Cara Kredit Mobil Bekas
Cara Kredit Mobil Bekas

1. Pilih Merek dan Tipe Mobil yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengambil kredit mobil bekas adalah memilih dan menentukan jenis atau tipe mobil yang akan dibeli dengan pinjaman tersebut. Alih-alih mobil yang Anda inginkan, Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mobil yang ingin Anda beli secara kredit sebaiknya disesuaikan dengan batas kemampuan finansial Anda untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti kredit macet atau bahkan pemulihan kreditur mobil.

2. Tentukan Bank atau Leasing Terpercaya

Setelah Anda memilih dan menentukan jenis mobil bekas yang ingin Anda beli, Anda juga harus memilih bank atau mitra leasing sebagai pemberi pinjaman Anda. Tentukan pilihan Anda dan pilih bank atau perusahaan leasing yang memiliki reputasi baik di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam proses ini, Anda perlu melakukan serangkaian survei terkait besaran bunga dan proses yang ditawarkan oleh masing-masing bank atau lembaga keuangan lainnya. Anda bisa memilih dari beberapa lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga rendah agar tidak membebani keuangan Anda di kemudian hari. Terakhir, pilih beberapa opsi berdasarkan keamanan, bunga standarisasi terendah yang ditentukan oleh OJK.

3. Lakukan Survei untuk Mengetahui Kondisi Mobil

Jadi, jika syarat dan ketentuan sudah lengkap dan terpenuhi, pihak pemberi pinjaman biasanya melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang dibeli dengan pinjaman tersebut. Mereka biasanya akan melihat apakah mobil yang ingin dibeli bisa dilunasi dengan pinjaman atau tidak. Harap dicatat bahwa mobil tertua yang dapat dibeli secara kredit tidak lebih dari 10 tahun.

Jadi, dilihat dari umur kendaraan ini, jangka waktu yang ditentukan biasanya hanya 4 tahun. Kalau tahun 2021, mobil tertua yang bisa dihitung adalah mobil produksi 2011.

4. Ajukan Kredit Mobil Bekas ke Bank atau Leasing

Langkah ini dapat diselesaikan setelah Anda mengidentifikasi dan memilih mobil bekas impian Anda dan jenis asuransi yang akan Anda gunakan. Anda harus menunjukkan perjanjian pinjaman mobil bekas ke bank atau perusahaan leasing pilihan Anda bersama dengan penjual. Juga, jangan lupa untuk membawa semua file yang diperlukan. Sebagai penjual, Anda harus membawa semua dokumen mobil bekas yang ingin Anda jual, dan sebagai pembeli, Anda harus membawa dokumen aplikasi kredit mobil.

Persyaratan Pengajuan Cara Kredit Mobil Bekas

Sebelum aplikasi kredit mobil Anda disetujui, Anda perlu mengisi beberapa dokumen atau file dengan lembaga keuangan atau leasing untuk memverifikasi detail Anda. Dokumen-dokumen ini biasanya digunakan sebagai syarat pengajuan kredit mobil bekas. Beberapa dokumen yang harus dilampirkan adalah:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP/SIM/Paspor).
  2. Kartu Keluarga.
  3. Slip gaji.
  4. Bukti pajak bumi dan bangunan atau tagihan listrik atau PDAM.
  5. Dokumen pendirian perusahaan dan SIUP (khusus pengusaha).
  6. Lisensi praktik (khusus untuk profesional).
  7. Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir (jika ada).
  8. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

FYI, setiap perusahaan pembiayaan atau leasing memiliki persyaratannya masing-masing dengan kebijakannya masing-masing. Maka tidak heran jika terdapat sedikit perbedaan antara perusahaan pembiayaan yang satu dengan yang lainnya.

Untuk mendaftar, Anda harus terlebih dahulu memutuskan paket mana yang Anda inginkan. Secara umum, setiap paket memiliki kelebihannya masing-masing. Tidak perlu terburu-buru memilih paket, sesuaikan saja dengan kondisi keuangan Anda. Ingat juga bahwa semakin kecil uang muka dan semakin panjang jangka waktunya, semakin tinggi bunga yang Anda bayar. Sebaliknya, semakin besar uang muka, semakin rendah cicilan dan semakin pendek durasinya, semakin rendah bunganya.

Jika Anda benar-benar membutuhkan kendaraan segera tetapi tidak dapat membelinya dengan uang muka yang besar, Anda dapat mempertimbangkan rencana uang muka yang mudah atau Rs 0. Sekali lagi, putuskan apakah Anda ingin menggunakan detail yang jelas dengan tenor panjang atau detail besar tetapi kecil durasi.

5. Tentukan Asuransi untuk Proteksi Mobil

Jangan lupa untuk memilih asuransi sebagai perlindungan terhadap mobil bekas yang Anda beli. Mengapa memilih asuransi mobil bekas untuk mobil Anda memiliki kelebihan jika mobil bekas Anda rusak dan membutuhkan perbaikan. Usahakan juga untuk memilih asuransi yang memiliki durasi yang sama dan berurutan berdasarkan durasi pembayaran atau cicilan mobil Anda. Dan tentukan jenis asuransi yang Anda inginkan. Anda dapat mendiskusikan hal ini terlebih dahulu dengan dealer atau tempat Anda membeli mobil bekas. Penting juga untuk membicarakan hal ini dengan mitra leasing dan penjual mobil.

Sebagai informasi, asuransi sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Di antara kedua jenis ini, Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemungkinan finansial Anda. Mobil bekas yang dibeli secara kredit tidak selalu merupakan solusi terbaik. Tidak menutup kemungkinan anak muda dengan mobilitas tinggi memiliki banyak kondisi dan peluang untuk membeli mobil bekas. Karena biasanya dievaluasi dari segi efisiensi finansial. Sekaligus perhatikan cara membeli mobil bekas yang cocok dan aman.

6. Konfirmasi Persetujuan Kredit Mobil Bekas

Terakhir, setelah proses investigasi, pengajuan pinjaman dan penentuan asuransi adalah tahap konfirmasi. Dengan demikian, bank atau perusahaan leasing akan menghubungi Anda atau Merchant mengenai status aplikasi pinjaman, diterima atau ditolak. Jika aplikasi pinjaman Anda diterima, Anda harus membaca dan menandatangani perjanjian pinjaman yang mencakup jumlah uang muka, jumlah angsuran bulanan dan persyaratan tertulis lainnya.

Setelah semua dokumen ditandatangani, bank atau perusahaan leasing segera mencairkan credit line kepada penjual mobil bekas. Ingatlah bahwa Anda juga harus membawa seluruh dokumen aplikasi pinjaman seperti yang dijelaskan di atas.

Simulasi Kredit Mobil Bekas

Sebagai pembeli, Anda perlu menjalankan simulasi sebelum mengajukan pinjaman. Simulasi pinjaman diberikan secara gratis di lokasi leasing atau cabang. Tujuan dari simulasi adalah untuk:

  • Mengetahui angsuran bulanan dari batas kredit yang ingin Anda tarik
  • Perhitungan kemampuan finansial untuk cicilan bulanan berdasarkan hasil simulasi
  • Jalankan berbagai simulasi cicilan dengan mengubah uang muka pinjaman dan jangka waktu pinjaman

 

Ingatlah bahwa ketika Anda membeli mobil bekas secara kredit, Anda biasanya perlu mengambil asuransi mobil gratis. Jenis asuransi juga bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya, tetapi setidaknya Anda tidak perlu khawatir lagi untuk membeli asuransi mobil. Jangan khawatir, Anda bisa melihat dan belajar melalui blog kami.

Selain itu, untuk menghindari kesalahpahaman, sebaiknya periksa kembali polis asuransi yang diberikan. Jika asuransi yang dipertanggungkan masih dianggap tidak sesuai, tidak ada salahnya untuk mengubahnya hanya dengan menaikkan selisih harga yang telah diberikan sebelumnya. Tentu saja, ini akan dikenakan biaya lebih sedikit daripada jika Anda harus membelinya sendiri.