kelebihan dan kekurangan vivo y20
kelebihan dan kekurangan vivo y20

10 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y20 ini

Kini kelanjutan dari seri HP Vivo seri Y yaitu Vivo Y20. Ponsel ini diluncurkan di Tanah Air pada Agustus 2020 lalu dan masuk ke segmen pasar entry level.

Ini merupakan kelanjutan dari seri Vivo Y19 yang pertama kali dirilis pada tahun 2019 dan beberapa penggemar Vivo menantikan semua peningkatan dari Vivo Y20. Benarkah Vivo Y20 Lebih Bagus? Temukan jawaban kelebihan dan kekurangan vivo Y20 di bawah ini.

Spesifikasi vivo Y20

  • Layar IPS LCD 6,51 inci
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 460
  • RAM 3 GB
  • Memori internal 64 GB
  • Kamera 13 MP (lebar) 2 MP (makro) 2 MP (kedalaman)
  • Baterai Li-Po 5000mAh

Kelebihan vivo Y20

Ditawarkan dengan Harga Terjangkau, Akankah Vivo Y20 Ini Merebut Hati Penggemar? Berikut beberapa manfaat yang harus Anda ketahui sebelum membeli.

1. Baterai Tahan Lama

Dalam kisaran harga berapa pun, baterai besar selalu dihargai. Baterai berkapasitas 5000 mAh kini tak hanya dimiliki oleh ponsel kelas menengah, tetapi juga oleh vivo Y20 entry-level.

Dengan baterai 5000mAh ini, tentunya Vivo Y20 menjadi lebih cocok untuk menonton film, bermain game, atau melakukan aktivitas sehari-hari seperti media sosial dalam jangka waktu yang lebih lama.

Situs vivo sendiri mengklaim bahwa perangkat ini memiliki daya tahan baterai 11-16 jam untuk streaming film HD dan dapat memainkan 11 jam game berat tanpa gangguan dalam sekali pengisian daya.

2. Side-Mounted Fingerprint dengan Respon Cepat

Setiap orang memiliki preferensi tertentu dalam memilih lokasi sensor sidik jari. Beberapa orang berpikir sensor belakang lebih baik, tetapi banyak orang memilih sensor samping sebagai gantinya. Nah, Vivo Y20 sendiri mengusung pemindai sidik jari di bagian samping bodi yang dipadukan dengan tombol power.

Alhasil, bagian belakang casing juga terlihat lebih bersih tanpa kehadiran sensor tersebut dan menawarkan pengalaman membuka kunci yang lebih alami. Tidak hanya itu, kecepatan sensor juga penting untuk membuka kunci.

Inilah sebabnya mengapa sensor vivo 20 dikatakan menawarkan waktu resolusi layar 0,22 detik. Tidak boleh dilupakan bahwa vivo Y20 juga menawarkan fungsi Face Access, yaitu membuka kunci layar dengan pengenalan wajah.

Baca Juga  Cara Pairing Google Pixel Buds Ke Android dan iOS

3. Triple Camera dengan Hasil Cukup Bagus

Dalam hal spesifikasi, vivo Y20 memiliki fitur pengaturan tiga kamera, yang cukup umum di antara HP entry-level. Namun bukan berarti hasil kamera tidak sepadan.

Ini didasarkan pada kamera 13MP f / 1.8 yang mencakup fungsionalitas PDAF, kamera makro 2MP f / 2.4 untuk bidikan close-up, dan akhirnya lensa Super Bokeh 2MP dengan f / 2.4 dan aperture.

Meskipun hasil kamera tidak sebaik yang Anda harapkan dari ponsel kelas menengah atau kelas atas, vivo Y20 masih mampu memberikan hasil fotografi yang layak – baik foto utama maupun bidikan makro.

Dari segi perekaman video, ponsel ini tidak mengecewakan, mendukung resolusi 1080p pada 30 FPS. Anda dapat memeriksa foto langsung dari sampel berikut.

4. Memori Internal Besar + Dedicated Slot

Masalah penyimpanan sering dijadikan acuan saat memilih ponsel. Ini karena banyak pengguna sekarang suka mengumpulkan video dan film favorit mereka di ponsel mereka. Selain itu, semakin besar kapasitas memori internal, semakin banyak aplikasi yang dapat diinstal. Lantas, apakah Vivo Y20 cukup layak untuk memenuhi kebutuhan tersebut?

Kapasitas memori internal 64 GB dan dukungan memori eksternal khusus hingga 256 tentu sepenuhnya layak. Dengan Rp 2 juta, 64GB adalah kapasitas yang dapat diterima dan lebih dari cukup untuk memenuhi semua aplikasi Anda yang menuntut seperti aplikasi pengeditan video, aplikasi GPS, layanan pengiriman online, game, dan lainnya.

Sedangkan jika pengguna ingin mengarsipkan season serial TV atau K-Drama, bisa mengandalkan microSD hingga 256GB untuk memisahkan kapasitas internal. Juga, berkat 3 slot kartu di dalamnya, tidak perlu mengeluarkan kartu SIM kedua.

5. Memiliki Desain Bodi yang Menarik

Dari segi desain, vivo Y20 tidak berbeda jauh dengan vivo Y19, jadi tidak ada perbaikan di dalamnya. Tapi mengapa mengubah apa yang sudah baik, bukan?

Pada vivo Y20, mata pengguna akan disuguhi efek visual yang muncul berupa cahaya yang tampak menonjol dari kamera. Bagian samping bodi juga memiliki bentuk 2.5D, yang memberikan tampilan lebih modern pada ponsel ini.

Baca Juga  Rekomendasi Samsung Terbaru untuk Lebaran 2021

Variasi warnanya juga terlihat memukau, yakni Nebula Blue yang memadukan warna biru dan ungu, serta Dawn White yang sebagian besar terdiri dari warna putih susu.

6. Ada Reverse Charging

Ketika kita melakukan perjalanan jarak jauh dalam kelompok, kita tidak tahu apakah salah satu teman kita akan kehabisan baterai dan tidak akan dapat menemukan steker dalam waktu dekat. Dengan vivo Y20 di tangan Anda, ponsel teman Anda dapat disimpan berkat fungsi pengisian daya terbalik.

Ya, Vivo Y20 dengan baterai berkapasitas besar bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lain. Dengan memasang kabel OTG, perangkat seperti headset nirkabel atau jam tangan pintar juga dapat diisi daya dari ponsel Anda.

Kekurangan vivo Y20

Sebagai dua sisi mata uang, selain kelebihan, kekurangan Vivo Y20 juga perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

1. Chipset Kurang Bertenaga di Kelasnya

Kamu tahu? Di tahun 2020 ini, Snapdragon meluncurkan kembali beberapa chipset terbarunya, salah satunya adalah Snapdragon 460 yang didedikasikan untuk HP entry-level seharga Rp 1 juta.

Chipset ini pertama kali terlihat pada OPPO A53 yang sebenarnya memiliki kemiripan harga dan spesifikasi dengan Vivo Y20. Snapdragon 460 menawarkan banyak spesifikasi dan kinerja baru di atas Snapdragon 450, seperti dukungan untuk UFS 2.1, jam CPU yang lebih tinggi, dan seri Adreno 600.

Namun, sebagus Snapdragon 465, SoC ini sebenarnya tidak layak menjadi otak ponsel seharga Rs 2 lakh seperti vivo Y20. Memang banyak ponsel di kisaran harga yang sama, namun sudah hadir dengan chipset seri Snapdragon 600 atau setara.

Akibatnya, jumlah uang yang sama sebenarnya dapat digunakan untuk membeli ponsel yang lebih kuat. Beberapa contoh seperti Redmi 9, Redmi Note 9 dan bahkan Redmi Note 8 yang agak lama memiliki kinerja yang lebih baik.

2. Masih Pakai Port MicroUSB

Saat ini, port pengisian microUSB sudah ketinggalan zaman. Karena sudah ada port pengisian USB Type-C, sangat unggul dalam hal kepraktisan dan kecepatan transfer data dari ponsel ke PC.

Baca Juga  Tutorial Cara Membuat Breakout Rooms, Ruang Obrolan Tambahan di Zoom

Untuk itu, microUSB hanya bisa didapatkan di ponsel entry level seharga Rp 1 juta. Vivo Y20 yang dibanderol Rp 2 juta ini seharusnya menggunakan USB Type-C, bukan microUSB. Kekurangan, yang cukup mengecewakan.

3. Layar Masih HD+

Seperti kebanyakan ponsel lainnya, Vivo Y20 diluncurkan dengan ukuran layar yang cukup besar. Khusus Vivo Y20, perangkat ini dibekali panel IPS LCD berukuran 6,51 inci.

Namun, resolusi layarnya selalu HD+, padahal kompetitor dengan harga yang sama sudah memiliki fitur resolusi Full HD+. Dengan ukuran layar sebesar itu, resolusi 720p tidak memberikan ketajaman yang baik.

Namun, layar Vivo Y20 hadir dengan pelindung mata untuk melindungi mata Anda dari cahaya biru.

4. Tidak Menghadirkan RAM 4 GB

Setidaknya diperlukan RAM 4GB agar ponsel dapat menjalankan aplikasinya dengan lancar secara bersamaan. Vivo Y20 yang beredar di pasar Indonesia memiliki tampilan yang berbeda dengan yang di India. Karena Vivo Y20 India memperkenalkan RAM 4GB dan pengisian cepat.

Di Indonesia, Vivo Y20 dijejali RAM 3GB saja dan tidak ada fast charging. Ya, dua hal itu membuatnya merasa kurang pantas dengan status Rp 2 juta.

Simpulan

Sekarang setelah Anda mengetahui pro dan kontra dari vivo Y20, Anda dapat memutuskan apakah itu ponsel yang tepat untuk Anda. Yang pasti, Vivo Y20 entry-level bagus untuk siapa saja dengan anggaran terbatas.

Untuk Rp. 2.199.000, vivo Y20 sudah bisa kamu dapatkan dengan baterai 5000mAh, penyimpanan internal 64GB dan reverse charging.

Itu kesepakatan yang cukup baik, terutama jika Anda tidak keberatan dengan RAM 3GB atau kinerja game yang biasa-biasa saja. Meski vivo Y20 dianggap sebagai kelanjutan dari seri vivo Y19, namun pada kenyataannya vivo Y19 lebih baik dari segi memori internal dan ketersediaan RAM serta memiliki resolusi layar yang lebih tinggi.