Cara Kalibrasi Baterai Android yang Mudah Dilakukan

Cara Kalibrasi Baterai Android — Baterai merupakan salah satu komponen utama HP dan perangkat portabel modern lainnya. Baterai yang digunakan oleh HP adalah baterai isi ulang. Namun, baterai tidak dapat digunakan selamanya, ia memiliki masa pakai semu.

Daya tahan baterai terus berkurang seiring waktu. Juga, jika perangkat digunakan terlalu banyak setiap hari, masa pakainya dapat berkurang lebih cepat.

Sistem di perangkat baru biasanya dapat membaca status baterai secara akurat. Tetapi ketika Anda mulai mengalami masalah baterai, sistem mungkin tidak dapat membaca status baterai secara akurat. Dalam hal ini, mungkin sudah waktunya untuk mengkalibrasi baterai.

Apa Itu Kalibrasi Baterai?

Pengguna smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dapat mengetahui status baterai perangkat yang digunakannya. Hanya saja sistem tidak selalu akurat dalam membaca status baterai.

Ada kasus dimana data yang ditampilkan terkadang tidak sebagaimana mestinya. Misalnya status baterai menunjukkan bahwa 90% daya masih tersedia dan akan bertahan hingga 12 jam ke depan, tetapi tidak lama kemudian ponsel akan mati karena mati.

Jika hal seperti ini terjadi, Anda dapat mengkalibrasi baterai ponsel Android yang Anda gunakan. Jadi apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai? Singkatnya, kalibrasi baterai adalah proses menormalkan baterai sehingga sistem dapat kembali membaca keadaan sebenarnya secara akurat.

Perlukah Mengalibrasi Baterai?

Sebelum harus menentukan mengapa kinerja baterai HP Anda menurun, apakah kalibrasi sistem Android atau baterai itu sendiri? Jika sistem tidak dapat membaca status baterai dengan benar, kalibrasi mungkin diperlukan. Di sisi lain, jika baterai benar-benar rusak, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menggantinya.

Mengkalibrasi baterai HP cukup mudah dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke pusat layanan perangkat. Selain itu, hasil kalibrasi baterai dapat membantu Anda memutuskan apakah akan membeli perangkat baru atau tidak.

Ingat bahwa kalibrasi baterai tidak meningkatkan kinerja baterai, ini hanya membantu sistem untuk membaca status baterai lagi secara akurat.

Cara Kalibrasi Baterai Android

Ada beberapa cara untuk mengkalibrasi baterai Android Anda, dengan atau tanpa akses root. Harap dicatat bahwa tidak ada standar standar untuk mengkalibrasi baterai Android, baik oleh produsen perangkat maupun oleh produsen baterai itu sendiri. Berikut dua cara kalibrasi baterai Android yang bisa Anda coba.

1. Tanpa Akses Root

Cara paling sederhana dan paling umum untuk mengkalibrasi baterai Android adalah dengan mengisi penuh baterai dan kemudian melepaskannya (bukan dengan melepas baterai, tetapi dengan melepaskannya dari pengisian daya). Cara ini bisa kamu lakukan tanpa akses root, jadi lebih mudah dan cepat. Berikut langkah-langkahnya.

  • Biarkan baterai perangkat Anda terkuras sampai mati.
  • Isi daya baterai tanpa menyalakan perangkat dan biarkan terisi penuh hingga indikator layar menunjukkan 100%.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya.
  • Nyalakan perangkat. Jika ternyata indikator baterai di layar tidak menunjukkan 100%, silahkan isi ulang baterai sampai indikator menunjukkan 100%. Tetap hidupkan perangkat.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya, lalu mulai ulang. Jika indikator baterai tidak menunjukkan 100% lagi, harap isi ulang hingga 100%.
  • Anda dapat mengulangi siklus ini hingga indikator baterai menunjukkan 100% setelah menghidupkan ulang perangkat tanpa menghubungkannya ke pengisi daya.
  • Kemudian biarkan perangkat tanpa biaya hingga baterai habis dan mati.
  • Kemudian isi ulang baterai sepenuhnya tanpa gangguan.

Nah, ini dia cara mudah kalibrasi baterai Android kamu tanpa akses root. Perlu dicatat bahwa tidak disarankan untuk melakukan prosedur ini secara teratur. Jika Anda melakukan hal di atas terlalu sering, mungkin ada masalah besar dengan perangkat yang Anda gunakan.

Tidak baik membiarkan baterai ponsel atau tablet kosong untuk mematikan perangkat dan sebaliknya. Namun, ada kabar baik yang perlu Anda ketahui.

Di perangkat modern, pengisian daya baterai dikatakan mati secara otomatis ketika mencapai batas aman. Selain itu, baterai memiliki daya cadangan meskipun perangkat tidak menyala.

Sekali lagi, kalibrasi baterai hanya jika benar-benar diperlukan, karena hal ini berdampak negatif pada masa pakai baterai.

2. Dengan Akses Root

Kalibrasi baterai Android juga bisa dilakukan dengan akses root. Metode kedua ini pada dasarnya memiliki proses yang sama dengan metode rootless di atas, tetapi di sini Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses root agar lebih andal.

Sayangnya, dikatakan bahwa aplikasi pihak ketiga ini memerlukan daftar izin perangkat yang sangat besar. Jika cara ini membuat Anda khawatir dengan keamanan perangkat yang Anda gunakan, jangan. Meskipun kami tidak merekomendasikannya, kami akan menunjukkan langkah-langkah di bawah ini.

  • Biarkan baterai perangkat Anda terkuras sampai mati.
  • Isi daya baterai tanpa menyalakan perangkat dan biarkan terisi penuh hingga indikator layar menunjukkan 100%.
  • Cabut perangkat dari pengisi daya.
  • Nyalakan perangkat. Jika ternyata indikator baterai di layar tidak menunjukkan 100%, silahkan isi ulang baterai sampai indikator menunjukkan 100%. Tetap hidupkan perangkat.
  • Putuskan sambungan perangkat dari pengisi daya, lalu mulai ulang. Jika indikator baterai tidak menunjukkan 100% lagi, harap isi ulang hingga 100%.
  • Anda dapat mengulangi siklus ini hingga indikator baterai menunjukkan 100% setelah menghidupkan ulang perangkat tanpa menghubungkannya ke pengisi daya.
  • Kemudian instal aplikasi kalibrasi baterai yang dapat Anda unduh dari sini. Sebelum memulai, pastikan indikator baterai perangkat berada pada 100%. Nyalakan ulang perangkat setelah dijalankan.
  • Setelah memulai ulang perangkat Anda, segera jalankan aplikasi dan kalibrasi ulang baterai perangkat Anda.
  • Setelah kalibrasi selesai, biarkan baterai perangkat terkuras tanpa mengisi ulang dan mati dengan sendirinya.
  • Kemudian, dengan mesin mati, isi ulang baterai hingga penuh tanpa gangguan. Kemudian persentase baterai sistem Android akan diatur ulang.

Nah ini adalah cara lain untuk mengkalibrasi baterai Android Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan akses root. Sekali lagi, kami tidak menyarankan metode ini karena kurang aman untuk perangkat.

Kesimpulan Cara Kalibrasi Baterai Android

Jika baterai ponsel atau tablet Android kita sudah tidak bisa diandalkan lagi, solusi yang baik adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Karena baterai HP saat ini tidak dapat dilepas atau tidak dapat dilepas, hubungi pusat layanan untuk mendapatkan bantuan.

Berikut beberapa cara kalibrasi baterai Android yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah. Jika Anda memiliki metode alternatif lain untuk memperbaiki masalah baterai di atas, silakan bagikan kepada kami dan yang lain di kolom komentar.