Cara Hotspot iPhone Bisa Tersambung dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara Hotspot iPhone Bisa Tersambung — Tidak jauh berbeda dengan smartphone berbasis Android, mode hotspot aktif dan mode aktif iPhone tidak jauh berbeda. Bahkan, jika Anda pengguna iPhone seri baru, Anda pasti bingung saat ingin mengaktifkan hotspot untuk pertama kali.

Jika di Android fungsi hotspot terlihat di layar langsung di menu browser, di iPhone sedikit berbeda, juga bisa merepotkan pengguna baru. Hal ini disebabkan layanan hotspot tidak tercantum di menu browser layar.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan hotspot iPhone dengan mudah? Ada beberapa cara untuk melakukan ini untuk Smart Buddy. Anda tidak perlu ragu, karena cara ini terangkum langsung dalam pengumuman resmi Apple di situs resminya.

Penasaran? Lihat di bawah ini!

Cara Hotspot iPhone Bisa Tersambung

Dalam situasi tertentu, seperti saat Smart Buddy tidak di rumah, terkadang perlu menggunakan hotspot pribadi. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menggunakan dan mengatur hotspot pribadi di iPhone atau iPad.

Menggunakan fitur ini adalah untuk berbagi jaringan Internet dari koneksi data seluler, seperti LTE, ke modul Wi-Fi atau melalui kabel data di perangkat iPhone atau iPad.

Melalui koneksi hotspot pribadi ini, Anda dapat berbagi data internet dengan perangkat apapun, baik itu ponsel, komputer (PC), laptop dan lain-lain.

Nah, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatur personal hotspot di iPhone kamu, yaitu:

  1. Buka Pengaturan di iPhone Anda
  2. Pilih jenis teman “Ponsel”.
  3. Tekan “Hotspot Pribadi atau Pengaturan”.
  4. Kemudian pilih “Hotspot Pribadi”.
  5. Di samping “Izinkan akses”, ketuk penggeser di samping

Jika Anda menemukan bahwa opsi Hotspot Pribadi tidak dapat muncul meskipun telah mengikuti semua langkah, yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi operator Anda untuk memastikan Anda dapat menggunakan Hotspot Pribadi menggunakan paket.

Cara Menyambungkan iPhone ke Hotspot Pribadi

Seperti Android, iPhone dapat terhubung ke hotspot pribadi melalui sejumlah fitur, yaitu Bluetooth, Wi-Fi, dan USB.

Dapat dikatakan bahwa cara tetap berhubungan dengan hotspot iPhone ini unik. Bagi mereka yang menggunakan perangkat yang menjalankan iOS 13 atau lebih baru, perangkat akan tetap terhubung ke Hotspot Pribadi meskipun layar terkunci. Akibatnya, perangkat Anda akan terus menerima pesan dan notifikasi meskipun terkunci.

Saat Anda menghubungkan perangkat ke hotspot pribadi Anda, bilah status berubah menjadi biru dan menunjukkan jumlah perangkat yang terhubung. Jumlah koneksi simultan ke Hotspot Pribadi tergantung pada operator dan model iPhone.

Jika perangkat lain ingin terhubung ke hotspot pribadi Anda melalui Wi-Fi, perangkat tersebut hanya dapat menggunakan data seluler perangkat host untuk terhubung ke internet.

Jadi bagaimana menghubungkan hotspot iPhone melalui Wi-Fi, Bluetooth dan USB? Langkah-langkahnya dijelaskan sepenuhnya di bawah ini.

Dengan Wi-Fi

Pada perangkat yang ingin Anda sambungkan, buka “Pengaturan”, klik “Seluler”, lalu pilih “Hotspot Pribadi”.

Atau Anda juga dapat memilih “Pengaturan” dan kemudian “Hotspot Pribadi”. Kemudian periksa apakah fitur tersebut diaktifkan atau tidak.

Selanjutnya, periksa kata sandi Wi-Fi dan nama telepon. Ingatlah untuk tidak menutup layar sampai Anda berhasil menghubungkan perangkat lain ke jaringan Wi-Fi.

Sekarang di perangkat yang ingin Anda sambungkan, buka “Pengaturan”, lalu “Wi-Fi” dan temukan iPhone atau iPad Anda dalam daftar. Kemudian ketuk jaringan Wi-Fi untuk terhubung. Jika perlu dan diperlukan, masukkan kata sandi Hotspot Pribadi.

Dengan Bluetooth

Bagaimana jika Anda ingin terhubung melalui Bluetooth? Pertama, pastikan iPhone atau iPad Anda dapat ditemukan. Triknya adalah pergi ke “Pengaturan” dan klik “Bluetooth” dan jangan tutup layar sampai Anda dapat terhubung.

Hotspot pribadi ini juga berlaku untuk Mac dan PC serta perangkat pihak ketiga lainnya, cukup ikuti petunjuk pabrikan untuk mengatur koneksi jaringan Bluetooth.

Berikut adalah beberapa tips untuk menghubungkan hotspot pribadi Anda melalui Bluetooth.

  • Pada perangkat yang menyediakan Hotspot Pribadi, buka “Pengaturan” dan klik “Hotspot Pribadi” dan pastikan “Izinkan Akses” diaktifkan.
  • Jangan tutup layar lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan perangkat.
  • Untuk melakukan ini, ketuk “Pengaturan” dan kemudian “Bluetooth”. Pastikan Bluetooth diaktifkan.
  • Sekarang ketuk perangkat hotspot pribadi dan kemudian konfirmasikan kode yang ditampilkan. Tekan tombol “Pasangkan” untuk kedua perangkat.

Dengan USB

Sebelum menghubungkan Personal Hotspot melalui USB, pastikan Anda memiliki perangkat serupa, yaitu iTunes versi terbaru di Mac dan/atau PC.

Hanya sekarang Anda dapat menghubungkan iPhone ke PC atau Mac menggunakan kabel USB yang disertakan dengan perangkat. Saat muncul peringatan yang mengatakan “Apakah Anda mempercayai komputer ini?” lalu ketuk “Percaya”.

Untuk menghindari biaya data yang tidak perlu, sangat disarankan agar Anda mematikan Personal Hotspot saat tidak diperlukan. Jika tidak, setiap Sobat menghubungkan perangkat iOS dengan Hotspot Pribadi ke PC atau Mac untuk pengisian daya. PC atau Mac dapat dihubungkan ke Hotspot Pribadi.

Sekarang untuk Mac yang terhubung ke Hotspot Pribadi melalui USB.

  1. Perbarui Mac Anda ke iTunes versi terbaru
  2. Hubungkan Mac Anda ke iPhone atau iPad Anda dengan kabel USB yang menyediakan Hotspot Pribadi
  3. Ketuk “Percayai” saat diminta “Percayai perangkat”.
  4. Pastikan Anda dapat menemukan iPhone Anda di iTunes atau Finder di Mac
  5. Misalnya, jika Mac Anda tidak mengenali iPhone Anda, coba gunakan kabel USB lain
  6. Kemudian, buka System Preferences dan klik “Network”. Kemudian pilih “iPhone USB”.
  7. Misalnya, jika Anda tidak melihatnya, klik tombol Plus dan pilih “Tambah”.
  8. Ketuk “Lainnya” dan pilih “Nonaktifkan layanan” dan klik “Terapkan”.
  9. Ketuk “Lainnya” dan pilih “Aktifkan layanan” dan klik “Terapkan”.
  10. Jika Anda sudah terhubung ke jaringan lain, koneksi Personal Hotspot mungkin tidak aktif, jadi Anda perlu menghapus centang pada kotak “Nonaktifkan saat tidak diperlukan” dan klik “Terapkan”.

Cara Mengatur Sandi Wi-Fi pada Hotspot Pribadi iPhone

Cara berikutnya untuk memastikan keamanan yang sempurna untuk hotspot iPhone adalah dengan mengatur kata sandi Wi-Fi. Anda dapat mengubahnya dengan masuk ke “Pengaturan”, lalu mengklik “Seluler” dan kemudian menekan tombol “Hotspot Pribadi”.

Atau, ketuk “Pengaturan”, lalu Hotspot Pribadi, lalu Kata Sandi Wi-Fi.

Saat memilih kata sandi untuk hotspot Wi-Fi pribadi Anda, harap panjangnya setidaknya delapan karakter dan gunakan karakter ASCII khusus.

Karakter ASCII yang dimaksud adalah:

  • Angka dari 0 hingga 9
  • Semua huruf bahasa Inggris adalah huruf besar dan huruf kecil
  • Beberapa tanda baca

Tetapi Anda juga dapat menggunakan karakter non-ASCII. Tujuannya adalah untuk mencegah perangkat lain di area tersebut terhubung ke hotspot pribadi Anda.

Karakter non-ASCII termasuk Rusia, Jepang, Cina, dan karakter lainnya.

Cara Memutuskan Sambungan Perangkat

Sekarang setelah Anda mengetahui cara memasang dan mengonfigurasi hotspot iPhone sehingga dapat digunakan tidak hanya secara pribadi, tetapi juga dengan keluarga, kini Anda dapat memutuskan sambungannya.

Bagaimana saya bisa memutuskan perangkat seperti yang diharapkan? Langkah-langkahnya sangat sederhana. Sobat matikan Personal Hotspot, lalu matikan Bluetooth (jika melalui Bluetooth) atau lepaskan kabel USB dari perangkat Anda (jika USB).

Mudah, kan?

Kesimpulan Cara Hotspot iPhone Bisa Tersambung

Oleh karena itu, ia memberikan penjelasan lengkap tentang cara menginstal hotspot iPhone dengan sempurna. Jika ada yang hilang, Apple biasanya memberikan instruksi lengkap untuk fungsi pengaturan setiap perangkat. Baca saja instruksi pabriknya dengan cermat.