Versi terbaru Google Chrome Lebih Hemat Memori

Liputanberitaku.com — Seperti yang kita semua tahu, browser Google Chrome menghabiskan banyak memori. Untuk mengatasi masalah ini, Google baru-baru ini merilis pembaruan Chrome versi 89 untuk Windows, Mac, dan Android. Dalam pembaruan ini, Google menggunakan PartitionAlloc untuk sedikit mengatasi masalah konsumsi memori ini. PartitionAlloc adalah pengalokasi memori yang dioptimalkan untuk latensi, efisiensi, dan keamanan.

Google mengklaim bahwa pembaruan Chrome 89 menghemat 22% memori untuk proses browser di Windows 10, perender menghemat 8%, dan menghemat 3% penggunaan GPU .

Selain itu, menurut Google, Chrome kini “lebih pintar” dengan mengosongkan ruang memori dengan mengurangi memori di tab latar depan yang tidak lagi digunakan (misalnya, gambar di situs web yang tidak lagi terlihat karena pengguna menggulir ke bawah).

Manajer produk Chrome Mark Chang menulis di blog Chromium “Chrome sekarang dapat merilis hingga 100 MiB (memori) per tag, atau melepaskan lebih dari 20% memori di beberapa situs web populer,”

Meskipun Chrome 89 untuk Mac OS tidak sebesar Windows, ia memiliki peningkatan serupa. Google mengatakan penghematan melalui paging background dapat mengurangi penggunaan memori di MacOS sebanyak 8%.

Dikatakan bahwa nilai Apple Energy Impact dari tab di latar belakang juga meningkat 65%, sehingga mengurangi panas dan kebisingan kipas di komputer Mac. Pada saat yang sama, sekarang dikatakan bahwa di Android, browser Chrome lebih stabil, efisiensi penggunaan memori meningkat 5%, dan mempercepat waktu startup 7,5%.

Dengan bantuan tab “Freeze-Dried”, versi seluler Chrome juga dapat meningkatkan kecepatan mulai-nya sebesar 13%. Tab tersebut adalah tab “ringan”, yang terlihat mirip dengan screenshot tab, tetapi dapat di-scroll , diperbesar, dan diklik. Tab “Freeze-Drying” ditampilkan terlebih dahulu, sehingga tab dapat ditampilkan lebih cepat saat konten tab benar-benar dimuat di latar belakang. Anda dapat melihat demo di video yang ditautkan di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli