hit counter

Cara Screenshot OPPO Smartphone dengan Mudah dan Cepat

Cara Screenshot OPPO — Screenshot atau gambar di ponsel umumnya diambil oleh hampir semua pengguna smartphone. Smartphone biasanya digunakan untuk mengambil screenshot sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Namun, tidak semua pengguna tahu cara mengambil tangkapan layar. Oleh karena itu, kali ini kami menawarkan beberapa cara untuk menyimpan layar di smartphone OPPO.

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot HP Oppo kamu. Hal paling keren dari OPPO adalah Anda dapat mengambil screenshot dengan halaman berikutnya atau Anda dapat mengambil screenshot secara keseluruhan untuk waktu yang lama. Berikut adalah beberapa metode untuk menyimpan layar pada smartphone Oppo.

Cara Screenshot di HP Oppo

1. Menggunakan Power + Volume Down

Cara screenshot Oppo pertama ini adalah cara yang paling umum untuk mengambil screenshot dan paling banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna smartphone OPPO. Cara merekam layar ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah.

Langkah pertama adalah pergi ke halaman atau layar yang ingin Anda ambil fotonya. Ketika Anda merasa telah menemukan gambar yang ingin Anda screenshot, segera tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan. Setelah itu, smartphone OPPO akan merespon dengan cara flashing dan Anda telah berhasil mengambil screenshot.

Tombol power pada smartphone OPPO terkadang terletak di tepi kiri dan kanan. Di mana pun tombol power berada, langkah untuk mengambil screenshot sama saja, tidak ada yang berbeda. Sangat mudah bukan?

Cara Screenshot OPPO
Cara Screenshot OPPO

2. Menggunakan Power + Volume Up

Cara kedua ini hampir mirip dengan cara pertama. Satu-satunya perbedaan adalah antara Volume Naik dan Volume Turun. Mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol daya secara bersamaan dan menaikkan volume menawarkan fungsi yang lebih komprehensif.

Jika Anda ingin melihat halaman yang panjang (biasanya chat atau timeline di LINE), Anda dapat melakukannya dengan mengambil screenshot Oppo. Jika Anda menekan tombol daya + volume naik secara bersamaan, lebih banyak fungsi akan muncul di sisi kanan, memilih tangkapan layar, halaman berikutnya, dan simpan.

  • Screenshot area

Area tangkapan layar berfungsi seperti Anda mengambil tangkapan layar secara normal, yaitu dengan menekan tombol daya + volume turun. Keuntungannya adalah Anda bisa langsung memilih bagian mana yang ingin Anda tangkap dengan menggesekkan lingkaran putih ke atas atau ke bawah. Kemudian klik “simpan”.

  • Screenshot – Next page

Jika Anda ingin mengambil screenshot panjang atau mengambil screenshot saat mengobrol, Anda tidak perlu mengambil screenshot satu per satu. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan, lalu pilih halaman berikutnya untuk mengambil screenshot penuh.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda telah mengambil beberapa tangkapan layar. Namun, tangkapan layar dapat direkam hingga 8 kali dengan cara ini. Setelah selesai, klik “Simpan”. Nah, dia mengambil beberapa tangkapan layar dan inilah tangkapan layar di halaman berikutnya. Mudah bukan?

3. Cara screenshot OPPO Menggunakan Aplikasi

Selain dua cara screenshot sebelumnya, ada cara lain untuk mengambil screenshot, terutama dengan aplikasi gratis dari Playstore.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak cocok untuk mengambil screenshot dengan dua cara di atas, berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan aplikasi. Berikut adalah aplikasi screenshot yang dapat Anda gunakan di smartphone OPPO Anda:

  • Screenshot Touch

Screenshot Touch adalah aplikasi tangkapan layar gratis yang dapat Anda unduh dari Playstore. Sebelum memasuki fase screen capture dengan aplikasi ini, silahkan download dan install Screenshot Touch terlebih dahulu.

Langkah pertama untuk mengambil screenshot dengan aplikasi ini sangat sederhana. Pertama-tama, buka dan masukkan aplikasi yang menarik tangkapan layar. Saat mengakses aplikasi layar sentuh berbasis layar, ada banyak layanan yang ditawarkan kepada pengguna.

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dengan menggoyangkan ponsel cerdas Anda, klik atau pilih Goyang dan tunda pengambilan dengan menggoyangkan. Dalam fungsi ini, Anda dapat mengatur berapa lama penundaan saat mengambil tangkapan layar.

Setelah selesai, klik frasa di kotak di bagian atas “mulai merekam layanan pelacakan”. Kemudian klik atau pilih “Mulai Sekarang”. Anda kemudian dapat segera menggoyangkan ponsel Anda dan mengambil tangkapan layar.

Jika ponsel Anda merespons dengan getaran atau pemberitahuan, itu berarti Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar. Setelah selesai, jangan lupa klik tombol “Stop Monitoring Service”. Screenshot OPPO menggunakan aplikasi ini sangat sederhana bukan?

  • Screenshot Grabber 5.0

Cara mudah untuk mengambil screenshot dengan aplikasi Playstore gratis adalah dengan menggunakan screenshot grabber 5.0.

Setelah diinstal dan diunduh, masukkan tangkapan layar grabber 5.0 dan Anda akan diberitahu langsung untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus memasukkan pengaturan fungsi apa pun. Klik tombol “Mulai Sekarang”.

Setelah menekan atau mengklik tombol “Start Now”, kotak putih dengan lingkaran biru akan muncul. Kotak ini untuk mengambil tangkapan layar. Buka halaman atau bagian gambar yang ingin Anda ambil dan klik kotak dengan lingkaran biru.

Kemudian smartphone akan merespon berupa getaran dan langsung menampilkan notifikasi di layar bahwa hal itu telah dilakukan. Artinya Anda telah berhasil mengambil screenshot menggunakan metode screenshot OPPO melalui screenshot grabber 5.0. Cara ini sangat sederhana bukan?

  • Screenshot

Aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar adalah aplikasi “tangkapan layar”. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi dari Playstore.

Setelah Anda menemukan aplikasi di ponsel OPPO Anda, masuk ke aplikasi. Setelah masuk ke dalam aplikasi akan muncul beberapa menu yaitu mulai merekam, gambar dan aplikasi lainnya.

Anda hanya perlu memperhatikan bagian “mulai merekam” untuk mengambil tangkapan layar. Kemudian klik tombol mulai merekam dan pemberitahuan tentang cara mengambil tangkapan layar akan muncul. Pemberitahuan menjelaskan bahwa Anda perlu mengambil tangkapan layar dengan menekan Daya + Volume Turun.

Untuk ponsel Samsung, ambil tangkapan layar dengan aplikasi ini dengan menekan tombol power + home. Karena Anda menggunakan smartphone OPPO, artinya tekan tombol power + tombol volume bawah. Selanjutnya, klik “Oke”.

Ponsel kemudian akan mengirim pemberitahuan dan langsung membuka aplikasi. Pada tangkapan layar, Anda dapat langsung mengedit tangkapan layar menggunakan fungsi di sebelah kiri. Penghemat layar OPPO mudah dalam hal itu, bukan?

  • Screenshot Capture Recorder

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi screenshot lainnya, Screenshot Capture Recorder ini memudahkan pengambilan gambar di ponsel Oppo. Pertama, Anda dapat mengakses aplikasi secara langsung. Kemudian segera aktifkan aplikasi Screenshot Capture Recorder untuk mengambil foto.

Kemudian Screenshot Capture Recorder akan menampilkan beberapa simbol untuk screenshot. Nah, cukup klik pada simbol dan Anda dapat mengambil tangkapan layar secara instan. Jika terlalu rumit dengan simbol screenshot, Anda dapat mengambil screenshot langsung dengan menggoyangkan ponsel Anda, itu disebut mode goyang screenshot.

Ada cara lain untuk mengambil screenshot dengan aplikasi ini, yaitu dengan menekan POWER + VOLUME DOWN atau POWER + HOME. Ada banyak cara mudah untuk mengambil screenshot dengan aplikasi ini, bukan? Istimewanya, kamu bisa langsung mengedit screenshot di aplikasi ini lho. Apakah Anda ingin mencobanya? Unduh aplikasinya di sini.

  • Screenshot Easy

Seperti yang disarankan oleh nama aplikasi Screenshot Easy, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengambil screenshot di HP Oppo Anda. Caranya tidak sulit, pastikan dulu kamu sudah memiliki aplikasinya. Jika Anda belum menginstal dan mengunduhnya, klik di sini untuk mengunduh Screenshot Easy.

Setelah Anda memiliki aplikasi Screenshot Easy, buka aplikasi tersebut. Kemudian langsung tekan tombol Start Recording untuk mengambil screenshot gambar di hp Oppo kamu. Nah, gambar yang diambil secara otomatis akan ditambahkan ke galeri.

Jika Anda ingin mengeditnya terlebih dahulu, buka Screenshot Easy. Anda kemudian dapat mengedit tangkapan layar, misalnya dengan memotongnya. Sedikit informasi bahwa aplikasi Screenshot Easy ini hanya bisa digunakan di handphone dengan minimal OS Android 4.0. Jadi, pastikan ponsel Oppo Anda sudah menjalankan OS 4.0 atau yang lebih baru.

Cara Melihat Hasil Screenshot OPPO

Melihat hasil screenshot yang telah Anda ambil sangatlah sederhana. Langkah pertama buka atau buka aplikasi “foto”.

Selanjutnya, Anda akan melihat berbagai folder, salah satunya adalah folder “screenshot”. Folder ini berisi semua tangkapan layar.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengambil screenshot di smartphone OPPO kamu. Anda dapat memilih metode perekaman layar yang paling mudah dan praktis. Metode tangkapan layar mana yang menurut Anda paling sederhana? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.