hit counter

Cara Membuat Podcast Spotify (Panduan Persiapan sampai Upload)

Cara Membuat Podcast Spotify — Tidak dapat disangkal bahwa podcast adalah konten favorit masyarakat, karena keberadaan podcast dapat memberikan banyak informasi dari obrolan.

Banyak orang mendengarkan podcast selama aktivitas sehari-hari seperti bekerja, bepergian, atau mengurus rumah. Di sisi lain, banyak juga yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat podcast.

Sekilas, membuat podcast relatif mudah. Juga, adalah hal yang umum untuk mendengar konten podcast yang tampaknya tidak memiliki konsep sama sekali karena hanya menyenangkan. Meskipun tidak semudah itu, ada beberapa cara untuk membuat konten podcast yang unik dan menarik.

Cara Membuat Podcast Terlengkap

Ada beberapa cara untuk membuat podcast. Dari persiapan hingga mengunggah konten ke berbagai platform podcast yang banyak didengarkan. Ini harus dilakukan dengan benar untuk menghasilkan konten terbaik dan terbaik.

Cara Membuat Podcast Spotify
Cara Membuat Podcast Spotify

1. Persiapan Membuat Podcast

Saat membuat podcast, Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Karena podcast yang baik dan menarik adalah podcast yang dipersiapkan dengan matang. Inilah mengapa Anda harus membuat podcast. Hal ini sangat penting dalam membuat konten podcast Anda lebih bertarget dan hasil yang memuaskan.

  1. Anda perlu menentukan topik podcast yang Anda buat. Putuskan topik mana yang ingin Anda bahas di podcast. Cobalah untuk mengidentifikasi topik yang Anda pahami dan sukai. Setelah menentukan topik topik selanjutnya. Pastikan topik yang dibahas konsisten dengan topik.
  2. Buat materi podcast yang bagus. Materi ini diambil dari topik podcast yang akan dibahas. Materi dapat berasal dari pengalaman sehari-hari atau berdasarkan informasi dari berita. Untuk mempersiapkan materinya, usahakan untuk menuliskan materinya agar tidak lupa.
  3. Masukkan durasi podcast dan jadwal penayangan. Keputusan ini penting karena semakin panjang podcast, semakin luas topik pembicaraan yang seharusnya. Selain durasi podcast, dibuat juga jadwal produksi dan siaran podcast, jadi kamu lebih disiplin.
  4. Siapkan alat yang ingin digunakan. Anda dapat memilih untuk merekam dengan ponsel Anda atau menggunakan peralatan lengkap seperti mikrofon, headphone, stasiun kerja audio digital, dan laptop.

2. Membuat Konten Podcast

Langkah kedua dalam membuat podcast adalah membuat konten podcast itu sendiri. Saat membuat konten podcast, ada beberapa langkah dan pertimbangan untuk memaksimalkan konten podcast Anda. Berikut adalah beberapa metode yang harus Anda perhatikan saat membuat konten podcast.

  1. Periksa perekam. Sebelum memulai episode podcast, pastikan suara Anda direkam.
  2. Buat salam pembuka yang khas. Sambutan pembuka sangat penting karena kesan pertama yang dimiliki orang ketika mendengarkan podcast Anda secara alami berasal dari pembukaan podcast. Jadi kamu harus membuatnya seistimewa mungkin, tapi jangan lupa untuk memperkenalkan diri di awal episode podcast.
  3. Jelaskan materi dengan sedikit improvisasi. Jangan terlalu kaku saat menjelaskan tema, topik, dan materi podcast Anda. Sedikit improvisasi sangat penting untuk membuat podcast lebih menyenangkan dan menghibur. Namun, kami tidak terlalu banyak berimprovisasi.
  4. Cantumkan humor yang tidak melanggar standar dan melanggar SARA. Tujuannya adalah untuk membuat humor podcast Anda tidak terlalu kontroversial dan lebih dapat diterima oleh pendengar. Humor yang melanggar norma dan SARA terkadang malah membuat pendengarnya benci.
  5. Untuk menarik kesimpulan. Langkah ini bisa digunakan atau tidak. Namun, agar pendengar tidak bingung dengan konten podcast yang Anda buat, Anda bisa menarik kesimpulan di akhir konten Anda.
  6. Mohon maaf dan salam penutup. Sebelum menutup konten, Anda dapat meminta maaf jika ada kata-kata Anda yang menyinggung kelompok orang tertentu. Terakhir, Anda dapat menutupnya dengan salam khusus untuk membuatnya berkesan bagi pendengar Anda.
  7. Periksa kembali alat perekam dan simpan rekaman ke laptop atau ponsel Anda.

3. Mengedit Konten Podcast

Setelah podcast selesai, langkah selanjutnya adalah mengedit podcast. Pada titik ini, Anda dapat mendengarkan kembali dan memutuskan konten mana yang mungkin disertakan atau tidak dalam episode podcast. Berikut cara-cara lengkapnya.

  • Dengarkan podcast yang direkam dan perhatikan berapa menit yang harus Anda potong untuk mendapatkan efek tertentu. Tujuannya agar tidak mengganggu Anda saat ingin menyisipkan efek suara atau memotong rekaman podcast agar podcast Anda lebih berdampak.
  • Sertakan efek musik tanpa izin. Ini sangat penting untuk mencegah kebijakan hak cipta karena judul berlisensi digunakan. Pastikan Anda menyesuaikan efeknya dengan mood obrolan. Misalnya, masukkan efek senang, efek sedih, efek menakutkan dan lain-lain.
  • Dengarkan lagi sampai Anda merasa baik. Putar kembali rekaman yang telah diedit. Jika itu tidak cukup, Anda dapat mengeditnya lagi dan, jika itu cukup, simpan file dan buat salinan cadangan rekaman untuk menghindari kerusakan data pada file utama.
  • Cara lain untuk membuat podcast adalah dengan memasukkan nama podcast serta judul dan deskripsi episode. Cobalah untuk membuat judul dan deskripsi yang menarik bagi pendengar. Sedikit hiperbolis atau bombastis boleh saja asalkan tetap konsisten dengan materi podcast yang disampaikan.
  • Buat sampul untuk episode podcast dan nama podcast. Anda dapat membuat sampul menggunakan Canva atau aplikasi pengeditan lainnya.
  • Coba buat cover menarik yang sesuai dengan konten podcast.

4. Cara Upload Podcast di Anchor

Langkah selanjutnya adalah mengunggah podcast Anda ke Anchor. Salah satu platform terbaik untuk mengunggah podcast adalah Anchor. Karena melalui Anchor, Anda dapat membagikan episode podcast di Spotify, Google Podcast, dan layanan podcast lainnya hanya melalui satu aplikasi – Anchor.

  • Pertama, buka website dan login ke akun Anchor.fm kamu di laptop atau smartphone kamu.
  • Di jangkar, klik “Klik di sini untuk mengunggah atau menyeret dan melepaskan file” dan masukkan konten podcast yang telah Anda edit dan siapkan. Pastikan konten dalam format mp3.
  • Di jangkar, klik tombol untuk mengunggah file atau seret dan lepas untuk memasukkan konten podcast Anda
  • Tunggu beberapa menit agar podcast terpasang dengan benar di Anchor. Setelah mengunggah soundtrack podcast Anda ke anchor, klik tombol “Simpan Episode”.
  • Langkah selanjutnya adalah memberi podcast Anda identitas. Hal ini dilakukan dengan memberikan informasi tentang judul episode, deskripsi episode yang sedang dibahas, dan tanggal rilis episode podcast. Isi semua data pada kolom yang tersedia.
  • Langkah selanjutnya adalah mengunggah sampul episode. Anda dapat melakukannya dengan mengklik “Seni Episode Baru” dan mengunggah sampul yang Anda buat. Setelah Anda memiliki judul episode, deskripsi, dan sampul, klik tombol “Terbitkan Sekarang”.
  • Sekarang masukkan nama podcast, deskripsi podcast, lalu kategori podcast dan bahasa yang digunakan dalam podcast di kolom yang disediakan. Kemudian klik “Selanjutnya”.
  • Akses sampul podcast dengan memilih menu “unggah gambar” dan sesuaikan posisi sampul. Pastikan sampul nama podcast pas atau tidak terlalu tinggi atau rendah.
  • Lihat kembali semuanya mulai dari file, judul episode, nama podcast, dan banyak lagi. Terakhir, tekan “Ya” dan podcast akan secara otomatis dibagikan di Spotify.

Kesimpulan Cara Membuat Podcast Spotify 

Membuat podcast cukup lama. Kamu perlu mempersiapkan terlebih dahulu, mulai dari tahap persiapan, hingga membuat podcast, mengedit podcast, dan mengunggah podcast ke Spotify. Namun, proses panjang ini terbayar ketika podcast Anda menerima pengakuan pendengar.