Cara Menghapus Cache Di Android Hingga Bersih

Cara Menghapus Cache Di Android — Cache adalah file yang digunakan untuk menyimpan data sementara dari aplikasi atau website. Fungsi utama cache adalah untuk mempercepat loading suatu halaman web atau kinerja suatu aplikasi.

Dengan bantuan cache, browser tidak perlu lagi mendownload data dari website yang kita akses, sehingga proses loading lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk aplikasi dan game Android, yang sering menyimpan data dalam cache untuk meningkatkan kinerja.

Meski memiliki banyak kelebihan, namun keberadaan cache terkadang mengakibatkan kebocoran. Beberapa file cache disimpan di memori, jadi semakin banyak cache, semakin banyak kapasitas memori yang digunakan.

Meskipun berbagai aplikasi dan browser secara otomatis menghapus cache setelah jangka waktu tertentu, sering terjadi masalah yang mencegah penghapusan otomatis. Jika demikian, kita perlu menghapusnya secara manual.

Jadi, kali ini kita akan melihat berbagai cara untuk menghapus cache Android. Menghapus cache tidak akan membahayakan atau menghapus data dari aplikasi. Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita lihat apa saja manfaat membersihkan cache:

  • Menambah ruang penyimpanan di memori.
  • Memperbaiki masalah dengan kinerja Android yang lambat.
  • Kami memperbaiki aplikasi Android yang bermasalah, termasuk pemecahan masalah dengan Play Store.
  • Menampilkan tampilan halaman web terbaru.
Cara Menghapus Cache Di Android
Cara Menghapus Cache Di Android

Menghapus Cache dari Satu Aplikasi

Membersihkan cache aplikasi sangat cocok jika Anda memiliki aplikasi yang sering mogok. Menghapus cache dengan cara ini tidak akan menghapus cache aplikasi lain yang berfungsi normal. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu Pengaturan > Aplikasi (atau Manajer aplikasi di beberapa perangkat).
  2. Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus. Misalnya, pada gambar di bawah ini, aplikasi MX Player di-uninstall.
  3. Setelah dibuka, pilih lokasi penyimpanan. Karena tes ini realme, biasanya muncul seperti gambar di bawah ini sebelum masuk ke cache.
  4. Menunjukkan berapa banyak cache yang dimiliki aplikasi. Silakan tekan tombol Clear Cache untuk menghapusnya.
  5. Ulangi langkah sebelumnya untuk menghapus cache aplikasi lain.

 

Menghapus Cache Semua Aplikasi

Jika Android Anda mulai melambat tetapi Anda tidak tahu aplikasi mana yang menyebabkannya, Anda dapat menghapus cache semua aplikasi secara bersamaan. Namun, metode ini hanya dapat dilakukan pada perangkat yang menjalankan Android 4.2 Jelly Bean ke atas. Begitulah:

  1. Buka menu Pengaturan dan pilih Pengaturan Tambahan.
  2. Pilih Penyimpanan.
  3. Selanjutnya pilih “Clean up storage” seperti gambar di bawah ini.
  4. Kemudian pilih “Bersihkan Aman”.
  5. Selanjutnya akan muncul pilihan untuk menghapus cache. Anda juga dapat menghapus APK, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Kemudian pilih “Hapus”.
  6. Kosongkan cache semua aplikasi.
  7. Metode dan gambar yang digunakan sebagai contoh sedikit berbeda dari ponsel Android Anda. Ini karena setiap ponsel Android hadir dengan UI yang berbeda untuk setiap merek. Tapi pada dasarnya sama.

 

Memakai CCleaner

Cara membersihkan cache Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi CCleaner. Aplikasi ini adalah salah satu yang terbaik dalam hal membersihkan cache. Apalagi aplikasi ini juga sudah terkenal di kalangan pengguna PC Windows.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghapus cache aplikasi individual atau menghapus seluruh cache hanya dengan satu klik.

Selain membersihkan cache, CCleaner juga memiliki sejumlah fitur keren. Aplikasi ini dapat dengan aman mengoptimalkan dan membersihkan sampah di ponsel Anda. Aplikasi ini dapat membersihkan folder unduhan, riwayat penelusuran, konten papan klip, dan lainnya

CCleaner juga memiliki sejumlah fitur menarik, seperti berikut ini.

  • Sederhanakan kinerja ponsel cerdas atau tablet Android Anda
  • Hapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan mudah.
  • Optimalisasi memori dengan fungsi analisis memori.
  • Bersihkan file sampah yang tidak lagi digunakan.

CCleaner juga dapat mendeteksi aplikasi yang haus data atau menguras baterai. Aplikasi ini juga dapat melacak aplikasi yang tidak digunakan dengan fitur seperti pengelola aplikasi

Secara keseluruhan, aplikasi ini adalah pembersih cache yang sangat lengkap. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk perangkat Android dengan spesifikasi rendah karena tidak membutuhkan resource yang besar.

Membersihkan Cache di Chrome for Android

Tips selanjutnya adalah membersihkan cache di Google Chrome untuk Android. Pembersihan sangat sederhana sebagai berikut:

  1. Buka Chrome dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas untuk membuka menu.
  2. Setelah membuka menu, pilih menu Pengaturan
  3. Pilih opsi Privasi di bagian Lanjutan.
  4. Di bagian Privasi, pilih Hapus data penelusuran.
  5. Selanjutnya Anda akan melihat “Riwayat penjelajahan”, “Cookie dan data situs web” dan “Arsip dan gambar dalam cache”.
  6. Di bagian Interval Waktu, Anda dapat memilih pengaturan waktu. Pilih “Semua waktu” untuk pembersihan yang lebih baik.
  7. Kemudian pilih “Clear Data” di pojok kanan bawah seperti gambar di atas.

Membersihkan Cache di Firefox for Android

Trik terakhir adalah membersihkan cache di Firefox untuk Android. Langkah-langkahnya juga tidak terlalu rumit, sebagai berikut:

  1. Buka Firefox, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan
  2. Temukan opsi “Hapus Data Pribadi”.
  3. Semua data yang akan dihapus akan ditampilkan. Jika Anda ingin mengosongkan cache saja, centang bagian “Cache”, jika tidak, hapus centang. Tapi lupakan saja.
  4. Selanjutnya, pilih opsi “Hapus data”.
  5. Selain penghapusan manual, Anda juga dapat menghapus cache secara otomatis di browser Firefox ini. Cara memilih opsi Perlindungan data.
  6. Selanjutnya, “Hapus data pribadi saat keluar”.
  7. Pilih opsi Cache dan tekan tombol Set seperti terlihat pada gambar di atas. Setelah itu, Firefox secara otomatis menghapus cache saat Anda menutupnya.

Nah, itulah berbagai cara clear cache Android yang bisa kamu coba. Dengan mengosongkan cache, perangkat Android Anda akan meningkatkan kinerjanya.