Ciri & Cara Cek iPhone Asli Ini Wajib Diketahui Pembeli

Cara Cek iPhone Asli — Mengetahui fitur dan verifikasi iPhone asli sekarang menjadi penting, terutama bagi pengguna Android yang ingin beralih ke pengguna iPhone.

Pasalnya, saat ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab menjual iPhone palsu. Menariknya, iPhone palsu juga memiliki bentuk yang mirip, dilihat dari penampilannya.

Jika iya, apakah iPhone yang bentuknya mirip pasti iPhone asli? Lalu bagaimana cara mengecek iPhone asli dan palsu?

Cara Cek iPhone Asli

Sebenarnya sangat mudah untuk berbicara tentang cara mengontrol iPhone asli Anda dan ada banyak cara untuk melakukannya. Cara mudahnya adalah dengan melakukan pengecekan melalui IMEI.

Ya, IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identifikasi khusus yang dikeluarkan oleh GSM Association (GSMA) untuk setiap slot yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

iPhone sendiri hanya memiliki satu nomor IMEI karena iPhone hanya menyediakan slot kartu SIM. Tidak seperti ponsel lain yang mendukung dua slot kartu SIM, nomor IMEI ponsel juga berisi dua.

Anda dapat menggunakan IMEI untuk mengetahui apakah ponsel yang Anda gunakan dan gunakan asli atau tidak.

Memverifikasi keaslian ponsel melalui IMEI juga berlaku untuk iPhone. Kamu bisa cek langsung nomor IMEI ponselmu di imei.kemenperin.go.id.

Namun, untuk memverifikasi nomor IMEI, Anda harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI itu sendiri, yang dapat ditemukan di banyak tempat.

Di iPhone sendiri, Anda dapat menemukan nomor IMEI di Pengaturan, perangkat fisik seperti kartu SIM, Finder atau iTunes, dan kemasan atau kotak aslinya.

Selain IMEI, ada banyak cara untuk mengontrol iPhone asli Anda. Seperti disebutkan di atas, jika Anda bisa memperhatikan berdasarkan bentuk dan tampilan layar iPhone.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas cara cek iPhone asli, di bawah ini kami akan membahas semua poinnya secara lengkap khusus untuk Anda. Simak bersama, yuk!

 

Cara Cek iPhone Asli
Cara Cek iPhone Asli

1. Tidak Memiliki Slot untuk Memori Eksternal

Cara pertama untuk memeriksa apakah iPhone Anda asli adalah dengan memastikan iPhone Anda tidak memiliki slot memori eksternal.

Ini karena iPhone tidak pernah menyediakan ruang penyimpanan eksternal di semua serinya.

Oleh karena itu, iPhone selalu meluncurkan seri terbarunya dengan memori internal yang sangat besar, mencapai 256GB. Kapasitas memori internal merupakan kapasitas penyimpanan terbesar smartphone. Berbeda dengan smartphone Android yang selalu menyediakan ruang untuk memori eksternal.

Jadi kita bisa menyimpulkan bahwa jika Anda menemukan iPhone dengan memori eksternal, iPhone adalah iPhone palsu.

2. Penggunaan Retina Display untuk Layar

Selain slot memori eksternal, verifikasi iPhone asli yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah memantau layar iPhone.

Karena layar iPhone asli biasanya menggunakan retina display. Retina display ini merupakan bagian atau fitur dari iPhone dan merupakan teknologi terbaru yang digunakan oleh iPhone untuk menampilkan layar.  Layar retina yang sama telah digunakan sejak rilis seri iPhone 4.

Sejak itu, tampilan retina terus digunakan untuk layar iPhone. Hal ini dikarenakan tampilan yang diberikan oleh retina display sangat halus, jernih dan menjadikan iPhone layar beresolusi tinggi.

Karena itu, jika Anda menemukan iPhone dengan layar kusam atau pikselnya terlihat dengan mata telanjang, itu pasti iPhone palsu karena resolusi layarnya rendah.

3. Dapat Dideteksi iTunes

Cara ketiga untuk memverifikasi iPhone asli Anda adalah dengan mendeteksinya menggunakan iTunes. Anda dapat langsung menghubungkan iPhone Anda ke komputer yang telah menginstal iTunes.

Jika iTunes mendeteksi telepon, iPhone adalah iPhone asli.

Di sisi lain, jika ponsel Anda tidak dapat terhubung ke iTunes di komputer Anda, itu mungkin iPhone palsu.

Karena seperti yang Anda ketahui, iTunes adalah salah satu layanan berupa aplikasi yang berguna untuk mengimpor data tertentu seperti lagu, video, dan file lainnya ke iPhone.

4. Cek Garansi yang Diberikan

Memeriksa garansi yang diberikan saat membeli iPhone juga merupakan cara untuk memeriksa iPhone asli.

Jika iPhone yang ingin Anda beli adalah iPhone asli dan Anda membelinya dari toko resmi Apple, maka garansi yang diberikan adalah garansi resmi. Anda juga dapat memeriksa ini dengan mengunjungi situs web resmi Apple.

Namun jika Anda membelinya di konter ponsel biasa atau di tempat tidak resmi, ada kemungkinan ponsel yang Anda beli nantinya adalah iPhone palsu.

Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan tersebut, sebaiknya konfirmasikan terlebih dahulu kepada penjual bahwa garansi yang diberikan adalah garansi resmi Apple dan cek di website resmi Apple.

5. Harga yang Ditawarkan

Salah satu cara termudah untuk memeriksa apakah iPhone asli atau palsu adalah harga yang ditawarkannya. Tentu saja, harga mencerminkan kualitas barang.

Hingga saat ini, Apple belum pernah merilis iPhone untuk semua serinya dengan harga yang sangat murah.

Sebaliknya, Apple selalu membebankan harga yang sangat tinggi untuk setiap seri iPhone, yaitu sekitar Rp. 10 juta – 20 juta. di Reseller Resmi Apple.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan iPhone yang dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 3 juta – Rp 5 juta, bisa dipastikan itu adalah iPhone palsu.

Kecuali iPhone yang dijual adalah iPhone seri lama yang sudah tidak diproduksi lagi, iPhone tersebut bisa saja iPhone asli.

Namun, Anda harus memperhatikan tampilan keseluruhan dan aplikasi yang tersedia untuk memastikan iPhone Anda adalah iPhone asli.

6. Cara Melakukan Screenshot

Cara keenam adalah dengan mencoba mengambil screenshot. Mengontrol iPhone asli di perangkat ini sangat sederhana karena Anda hanya perlu menekan tombol power atau kunci bersama dengan tombol home secara bersamaan.

Jika Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan dua tombol, itu membuktikan bahwa ponsel tersebut adalah iPhone asli.

Namun, jika tidak, ada kemungkinan iPhone Anda adalah iPhone palsu.

Meskipun metode screenshot ini dapat dilakukan pada berbagai merek ponsel, ini adalah cara yang efektif untuk mengetahui apakah iPhone Anda asli atau tidak.

7. iPhone Asli Memiliki Aplikasi App Store

Jika ponsel Android Anda memiliki aplikasi Play Store, iPhone Anda memiliki App Store. Sebagai salah satu aplikasi bawaan yang dibuat khusus untuk produk Apple, App Store adalah toko aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk menemukan dan mengunduh aplikasi baru yang mereka butuhkan dan inginkan.

Oleh karena itu, App Store juga menjadi salah satu indikator yang digunakan untuk memverifikasi iPhone asli.

Karena jika iPhone tidak memiliki App Store atau App Store tidak bisa dibuka, kemungkinan iPhone tersebut adalah iPhone palsu.

8. Mengetahui Tahun Rilis iPhone

Hal yang menarik karena sebenarnya sangat penting untuk mengetahui tanggal rilis iPhone yang ingin Anda beli. Karena Apple biasanya menghentikan atau menghentikan produksi iPhone tidak lebih dari dua tahun setelah dirilis.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa jika kita membeli iPhone baru yang diproduksi setelah dua tahun rilis, bisa dipastikan iPhone yang kita beli adalah iPhone palsu.

Misalnya, Anda ingin membeli iPhone 5S. Seperti diketahui, iPhone ini dirilis pada September 2013 dan dihentikan produksinya pada Maret 2016.

Jika Anda membeli atau menemukan iPhone 5S baru pada tahun 2018, kemungkinan besar iPhone 5 adalah iPhone palsu, jadi Anda harus memeriksanya.

9. iPhone Asli Hanya Memiliki Satu Slot SIM Card

Hingga saat ini, iPhone hanya memiliki satu slot kartu SIM. Slot SIM card ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk membedakan mana iPhone yang asli dan mana yang palsu.

Meskipun iPhone X, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 1, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max saat ini hadir dengan fungsi dual SIM, masih ada hanya satu slot kartu SIM fisik.

Ini karena kartu SIM lainnya disediakan dalam bentuk eSIM atau kartu SIM digital, yang jelas tidak memerlukan slot untuk menampung kartu SIM fisik.

Oleh karena itu, jika Anda menemukan vendor yang menawarkan iPhone dual-SIM, bisa dipastikan iPhone yang ditawarkan adalah iPhone palsu.

10. Lihat Tombol Fisik iPhone

Cara terakhir untuk memeriksa apakah iPhone Anda asli adalah dengan melihat tombol fisik. Anda dapat dengan mudah melihatnya dari tombol power atau lock, tombol volume dan tombol home. IPhone asli memiliki tombol yang kuat dan lengket.

Sementara itu, iPhone palsu cenderung memiliki tombol yang sedikit longgar dan posisinya kurang tepat.

Jika Anda menemukan atau memiliki iPhone dalam kondisi fisik seperti ini, bisa dipastikan iPhone tersebut kemungkinan besar adalah iPhone palsu.

Kerugian Memiliki iPhone Palsu

Jika kita berbicara tentang kebocoran, mungkin tidak perlu bertanya lagi. Karena semua ponsel palsu termasuk iPhone benar-benar berbahaya. Ada beberapa hal tentang iPhone palsu yang bisa mematikan pengguna, seperti:

  • Kualitas kamera buruk
  • Resolusi layar rendah
  • Performa ponsel sangat buruk
  • Ini sangat rentan terhadap malware
  • Firmware ponsel tidak jelas
  • Itu tidak datang dengan garansi resmi Apple
  • Spesifikasi iPhone asli sangat berbeda dari aslinya
  • Kualitas ponsel buruk
  • Dan seterusnya.

Semua kebocoran ini umumnya dimiliki oleh semua merek ponsel palsu, termasuk iPhone.

Pada awal penggunaan, semua kekurangan di atas mungkin tidak terasa, namun setelah beberapa kali penggunaan mungkin Anda akan merasakan efek yang dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan di ponsel.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerugian tersebut, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa ponsel yang ingin Anda beli adalah ponsel asli, dan Anda dapat memeriksa iPhone asli dengan beberapa cara yang telah kami bahas sebelumnya.