hit counter

Cara Aktifkan Shopee Pinjam, Pengguna Sudah Tahu?

Cara Aktifkan Shopee Pinjam — Sebagai pengguna baru, apakah Anda tahu cara mengaktifkan Shopee Borrow? Fitur ini hanya untuk pengguna Shopee. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Selengkapnya di ulasan selanjutnya.

Seputar Informasi Mengenai Shopee Pinjam

Nah, sebelum kita membahas cara aktivasi Pinjam Shopee, tidak ada salahnya untuk memahami proses Pinjam Shopee itu sendiri terlebih dahulu.

Seperti disebutkan di atas, layanan pinjaman Shopee ini hanya tersedia untuk pengguna tertentu. Shopee Pinjam dapat dioperasikan tidak hanya di semua wilayah terkait dengan aturan peraturan untuk pinjaman tradisional.

Untuk besaran plafon, layanan Pinjam Shopee sendiri merupakan salah satu opsi pinjaman online yang memberikan limit kecil, dari Rp 200 ribu menjadi hanya Rp 3 juta.

Bunga bulanan yang dikenakan mencapai 2,45%, dengan biaya manajemen 3% dan denda 5% untuk keterlambatan pembayaran.

Mengenai batas waktu, Shopee menerapkan aturan “pembayaran paling lambat tanggal 5 setiap bulannya”. Setelah itu, denda keterlambatan harus dibayar.

Cara Aktifkan Shopee Pinjam
Cara Aktifkan Shopee Pinjam

Apakah Shopee Pinjam Berbeda dengan Shopee PayLater?

Mungkin sebagai pengguna baru, Anda mengira Shopee Pinjam dan Shopee PayLater adalah layanan yang sama.

Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah bahwa mereka adalah dua sifat yang berbeda. Shopee PayLater adalah layanan untuk melakukan pembelian di platform Shopee dengan pembayaran dengan cara mencicil di bulan berikutnya.

Sementara itu, Shopee Pinjam adalah layanan yang murni kredit Shopee untuk pengguna tertentu. Pinjaman yang diberikan dilakukan secara tunai sesuai dengan aslinya.

Jumlah uang tunai yang disetujui oleh Shopee secara otomatis ditransfer ke akun pribadi Anda dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk keadaan darurat.

Bagaimana Cara Aktifkan Shopee Pinjam?

Anda mungkin tidak sabar untuk mempelajari cara mengaktifkan Pinjaman Shopee. Tapi pastikan dulu semua persyaratan sudah terpenuhi, seperti:

  • Termasuk nomor ponsel dan darurat
  • Masukkan rekening bank yang aktif
  • Masukkan e-KTP untuk verifikasi data

Setelah selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan Pinjam Shopee:

1. Akses fitur SPinjam

Langkah pertama untuk mengaktifkan Shopee Borrow adalah dengan membuka aplikasi Shopee itu sendiri.

Anda kemudian dapat langsung masuk ke menu “Saya”. Di menu akan ada fungsi “SPinjam”, jadi klik “Aktifkan Sekarang”.

2. Masukkan kode verifikasi

Setelah mengklik tombol “Aktifkan Sekarang”, metode selanjutnya adalah memasukkan kode verifikasi OTP.

Harap diperhatikan bahwa kode OPT yang diberikan oleh Shopee tidak dapat dibagikan kepada siapa pun demi keamanan akun Anda di platform Shopee.

3. Upload foto KTP

Langkah ketiga untuk mengaktifkan Shopee Pinjam adalah mengunggah foto ID Anda. Namun, ini ada syaratnya.

Jadi, misalnya, jika Anda bukan pengguna SPayLater, Anda harus mengunggah foto ID Anda secara otomatis sebagai prasyarat untuk mengajukan SPinjam.

Upload foto yang sudah selesai juga tidak bisa sembarangan. Kamera belakang harus digunakan di foto agar ID ada di bingkai. Pastikan juga informasi pribadi yang tercantum sesuai dengan informasi di KTP Anda.

Jadi, jika Anda pengguna SPayLater, coba cek ulang nama yang ada di aplikasi Shopee, apakah cocok dengan nama yang ada di KTP atau tidak.

4. Masukkan informasi tambahan

Jangan lupa bahwa Anda dapat langsung melanjutkan ke bagian ini setelah langkah ketiga aktivasi Pinjam Shopee di atas. Informasi dukungan juga diperlukan untuk mengaktifkan Shopee Borrow.

Pastikan juga bahwa detail yang dimasukkan di kolom informasi tambahan sudah benar dan nomor ponsel di menu “Kontak darurat” dimulai dengan 0.

5. Verifikasi wajah

Cara mengaktifkan Shopee Borrow selanjutnya adalah melalui verifikasi wajah. Cara ini bisa dicoba dengan mengarahkan wajah ke bingkai yang tersedia di aplikasi ponsel.

Anda dapat memeriksa wajah Anda dengan mengambil foto di ruangan dengan pencahayaan maksimal.

Jika Anda mengalami masalah selama proses verifikasi wajah, seperti kesalahan sistem, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Update layanan Shopee di Google Play atau App Store
  • Coba lagi verifikasi wajah, setidaknya dua kali
  • Jika masih tidak berhasil, tunggu 10 menit dan periksa apakah ponsel Anda terhubung ke internet.
  • Nyalakan kembali ponsel Anda lalu coba periksa kembali wajah Anda dengan bingkai yang tersedia di aplikasi Shopee.

Jika verifikasi wajah berhasil, Shopee akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi SPInjam Anda sedang diproses. Proses ini umumnya singkat dan hanya memakan waktu beberapa menit.

6. Proses persetujuan

Terakhir, bagaimana cara mengaktifkan Shopee Borrow jika sudah melewati berbagai langkah sebelumnya dan sampai pada proses approval.

Proses ini tidak memakan waktu lama. Jika disetujui, Anda akan menerima pesan pop-up yang menginformasikan bahwa SPinjam Anda telah berhasil diaktifkan.

Dari tahap ini sudah jelas Anda bisa langsung mengajukan pinjaman tunai dari Shopee, dimana nantinya pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening bank aktif Anda.

Selain Kebutuhan Konsumtif, Shopee Pinjam juga Tersedia untuk Seller

Selain digunakan untuk kebutuhan konsumen, Pinjam Shopee juga berlaku untuk penjual. Artinya aktivasi Pinjam Shopee di atas juga berlaku bagi penjual yang ingin mengambil pinjaman tanpa jaminan.

Batas kredit yang diberikan kepada penjual menggunakan konstruksi batas kredit (berputar), di mana penjual dapat menarik batas kredit yang masih tersedia.

Jangka waktu pinjaman penjual khusus cukup bervariasi, tersedia dalam jangka waktu 3 dan 6 bulan, dengan tingkat bunga sekitar 1,2-1,5 persen per bulan.

Dalam hal management fee dan default fee selalu sama dengan ketentuan umum Pinjaman Shopee, yaitu 3% (management fee) dan 5% late fee.