cara setor tunai bni
cara setor tunai bni

Cara Setor Tunai BNI Lengkap dengan Limit dan Tips

Klien BNI atau Bank Negara Indonesia memiliki berbagai pilihan dan cara untuk menyetor tunai BNI. Bank negara ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan agar nasabah tetap menikmati layanan terbaik. Sudah berapa lama Anda menjadi nasabah BNI yang menikmati layanan terbaik? Atau mungkin Anda hanya akan membuka rekening tabungan BNI jenis tertentu?

Berbicara tentang perbankan, kali ini kami berbagi informasi tentang cara setor tunai BNI terlengkap 2020-2021. Sebenarnya banyak video tutorial cara setor tunai BNI yang mudah dipahami. Anda dapat memilih dari beberapa sumber dan mencoba metode yang tampaknya lebih sederhana.

Jadi apa saja pilihan yang tersedia? Apakah ada cara setor tunai BNI tanpa ATM? Berikut adalah tiga cara untuk melakukannya di mana saja. Artinya, Anda bisa menyetor uang tunai tidak hanya di bank atau ATM.

Sekilas tentang Bank BNI

Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk atau BNI pada awalnya bernama Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia pada tahun 1946 dengan status sebagai bank umum negara yang mengemban amanah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. Selain itu, BNI juga berpartisipasi dalam pembangunan nasional.

Untuk menyediakan layanan keuangan terintegrasi, BNI didukung oleh beberapa cabang: Bank BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Life Insurance, BNI Remittance dan BNI Sekuritas. Produk-produk BNI disesuaikan dengan kebutuhan nasabah yang berbeda-beda, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa hingga pensiunan.

cara setor tunai bni
cara setor tunai bni

Cara Setor Tunai BNI

Setoran tunai adalah penyetoran sejumlah tertentu ke dalam rekening tertentu, pribadi, atau orang lain. Karena dapat dilakukan dengan beberapa cara, pelanggan bebas memilih cara termudah. Perbedaan metode setor tunai BNI ini berlaku untuk Tabungan BNI Taplus Muda, Taplus dan jenis tabungan lainnya. Lantas bagaimana cara pembayaran tunai bank BNI ke dalam layanan tersebut?

Lalu bagaimana langkah-langkah setor tunai BNI? Jika Anda sudah memiliki rekening dan tahu cara menabung di Bank BNI, berikut beberapa cara setor uang yang bisa Anda lakukan sebagai nasabah BNI.

1. Cara Setor Tunai BNI di Mesin ATM

Meskipun banyak nasabah BNI yang menggunakan kartu ATM, namun masih ada beberapa yang belum mengetahui cara setor tunai BNI melalui ATM. Untuk melakukan ini, coba pergi ke ATM BNI terdekat yang beroperasi 24 jam sehari.

Misalnya ada mesin tarik tunai yang tersebar di seluruh Indonesia yang bisa, mesin setor tunai juga banyak yang bisa digunakan hingga 24 jam. Artinya ketika harus menyetor uang, Anda tidak perlu khawatir. Bagaimana langkah-langkah penyetoran tunai BNI melalui ATM? Berikut panduan setor tunai di ATM BNI yang bisa Anda ikuti.

  • Langkah pertama dalam melakukan setoran di ATM BNI adalah menyiapkan uang tunai untuk setoran, jika sudah di titik ATM, dimana uang harus dalam keadaan baik, tidak sobek, tidak basah dan tidak terlipat.
  • Pilih ATM yang menyediakan layanan setor tunai. Hal ini penting untuk menyetorkan uang tunai ke ATM BNI, karena tidak semua ATM dapat memproses transaksi
  • Kemudian masukkan kartu ATM ke dalam ATM
  • Setelah memasukkan kartu debit atau kredit Anda, pilih jenis bahasa dan Anda biasanya dapat memilih antara dua opsi: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Saat dimintai PIN atau nomor jaminan sosial enam digit, pastikan Anda memasukkan PIN yang benar. Hati-hati karena jika salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali, ATM akan otomatis terblokir
  • Kemudian, tekan tombol “Deposit Cash” dan pilih “Next”.
  • Pilih Rekening Tabungan dan dompet akan terbuka secara otomatis
  • Masukkan uang dan periksa apakah jumlahnya sesuai dengan nilai nominal yang harus dibayar
  • Jika sesuai, pilih menu “Deposit”.
  • Setelah berhasil memproses transaksi, mesin mengeluarkan tanda terima transaksi setoran tunai
Baca Juga  Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

2. Cara Setor Tunai BNI di Teller

Pembayaran kasir bank mungkin merupakan metode tradisional, tetapi banyak orang memilihnya karena beberapa alasan. Bagi sebagian orang, cara ini kurang praktis, apalagi jika harus berdiri dalam antrean panjang. Tentu saja, Anda juga dapat memilih dari opsi setoran tunai BNI lainnya atau ATM tanpa kartu.

Jika Anda perlu melakukan setor tunai namun tidak memiliki buku besar, sebaiknya juga mencoba metode setor tunai BNI dengan kasir tanpa buku tabungan. Untuk langsung memasukkan uang ke rekening tujuan, baik milik Anda maupun milik orang lain, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, kunjungi cabang BNI atau KCP terdekat dengan lokasi Anda saat ini
  • Jadi ingatlah untuk menekan nomor Anda dan menunggu untuk dipanggil. Lalu pergi ke kasir kosong atau saat nomor Anda dipanggil
  • Sebagai langkah selanjutnya, masukkan detail pribadi yang diperlukan dan jumlah nominal uang yang akan Anda bayarkan pada tanda terima yang ditandatangani dan dibayar.
  • Kirim uang tunai dan buku tabungan dan tunggu setoran diproses
  • Kumpulkan buku tabungan dan bukti transaksi yang diberikan oleh kasir
  • Jangan lupa untuk memeriksa sebelum Anda meninggalkan konter atau bank

Sedangkan cara menyetorkan uang BNI ke rekening lain tidak jauh berbeda dengan menyetor ke rekening sendiri. Tapi jangan khawatir karena langkah-langkah berikut dapat diikuti. Perlu diingat bahwa langkah ini juga bisa menjadi metode transfer uang dari BNI.

  • Berikan uang kepada kasir dan masukkan nomor rekening penerima dan nama rekening
  • Anda akan menerima struk pembayaran tunai jika transaksi telah diselesaikan oleh kasir
  • Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa menyetorkan uang ke rekening orang lain dapat melibatkan biaya, jadi tanyakan kepada petugas bank Anda sebelum melakukan transaksi.

3. Cara Setor Tunai BNI di Alfamart

Bisa juga setor tunai BNI tanpa ATM. Terkadang Anda membutuhkan setoran tunai di tengah perjalanan, tetapi tidak dapat menemukan ATM BNI terdekat tempat Anda dapat menyetor uang tunai.

Dalam kasus seperti itu, Anda dapat mengunjungi Alfamart terdekat sehingga Anda dapat terus bertransaksi tanpa khawatir. Bahkan, ini bisa menjadi alternatif cara menyetor uang tunai BNI ke rekening lain.

  • Langkah pertama adalah mengunjungi kantor Alfamart dan pastikan Anda memiliki aplikasi seperti DANA atau OVO yang digunakan untuk setor tunai.
  • Minta kasir untuk mengunggah aplikasi pilihan Anda, seperti DANA, dan masukkan jumlah yang relevan
  • Setelah Anda berhasil mengisi ulang dan mentransfer saldo ke rekening DANA Anda, Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan transaksi, misalnya Anda dapat mengirim uang ke rekening BNI Anda atau kerabat.
Baca Juga  Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Limit Setor Tunai BNI

Saat menggunakan metode setor tunai BNI Syariah, batas nominal yang dapat disetor harus diperhatikan, namun terkadang dilupakan. Memang benar bahwa setoran tunai saat ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, tetapi ini tidak berarti bahwa tidak ada batasan.

Bank BNI tidak membebankan biaya transaksi kepada nasabah untuk pembayaran tunai. Namun ada batasan minimal dan maksimal.

Berapa minimal setoran tunai BNI? Minimal deposit di ATM adalah Rp 50.000.

Sementara itu, berapa maksimal setoran tunai BNI? Batas maksimum tergantung pada jenis kartu ATM. Batas setoran tunai harian adalah Rp 50.000.000 untuk pemegang kartu ATM BNI Taplus dan Rp 99.000.000 untuk pemegang kartu BNI Taplus Bisnis. Untuk setoran yang dilakukan di counter bank minimal Rp. 10.000.

Tips Aman Melakukan Setor Tunai BNI

Apakah setoran tunai BNI aman? Memang setiap jenis transaksi memiliki risikonya masing-masing, namun bisa diminimalisir atau bahkan dihindari. Jika Anda pelanggan baru, cobalah beberapa tips keamanan di bawah ini agar Anda selalu dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman saat membayar dengan uang tunai. Ya, tips aman ini berlaku untuk semua transaksi, tidak hanya setor tunai, termasuk tarik tunai.

1. Jangan Sampai PIN Diketahui Orang Lain

PIN atau nomor identifikasi pribadi adalah nomor identifikasi pribadi yang merupakan kata sandi rahasia antara Anda dan sistem. PIN kemudian digunakan untuk mengautentikasi pengguna ke sistem. Oleh karena itu, untuk dapat melakukan transaksi di ATM BNI terdekat setiap saat, bahkan dengan metode pembayaran tunai, pastikan untuk selalu menjaga kerahasiaan kode PIN Anda.

Tidak ada orang lain yang tahu PIN ATM Anda. Karena? Jika Anda lalai atau kartu ATM Anda hilang, dicuri, terjatuh atau lainnya, seseorang yang mengetahui PIN Anda dapat menyalahgunakan kartu ATM Anda.

Selain mencuri isi rekening Anda, ATM Anda dapat digunakan untuk melakukan kejahatan yang menguntungkan Anda secara pribadi dan merugikan di kemudian hari.

2. Pilih ATM Setor Tunai yang Berada di Keramaian

Ketika Anda membawa uang dalam jumlah tertentu, sangat wajar jika Anda merasa takut dan khawatir akan suatu kejahatan atau kejahatan seperti pencurian atau perampokan. Coba minta orang terdekat Anda untuk menemani Anda saat ingin menyetor uang tunai. Anda dapat memilih ATM BNI terdekat dengan rumah atau tempat tinggal Anda untuk melakukan penyetoran uang tunai sehingga Anda sudah mengetahui atau memahami lingkungan di mana ATM Setoran Tunai BNI berada.

Atau jika harus pergi sendiri, berapapun jumlah setorannya, pastikan selalu memilih ATM untuk setor tunai yang ramai. Hindari dan abaikan orang yang mencurigakan atau siapa pun yang menawarkan bantuan.

Baca Juga  Website Penyedia Layanan Backsound Gratis

3. Jangan Lupa Mengambil Kartu ATM

Tidak jarang orang lupa membeli kartu ATM setelah bertransaksi. Untuk menghindarinya, jangan terburu-buru berbisnis. Pastikan kartu ATM keluar dari mesin dan periksa kembali apakah Anda membawanya atau menyimpannya di dompet, dompet, atau saku Anda.

Yang paling penting adalah tidak meninggalkan kartu ATM di mesin atau menjatuhkannya di sekitar mesin. Tentunya hal ini hanya berfungsi untuk melindungi keamanan Anda sebagai pemegang kartu ATM BNI, apalagi jika Anda baru saja melakukan setoran tunai.

4. Ganti PIN ATM Secara Berkala

Meski hanya Anda yang mengetahui PIN ATM, sebaiknya Anda menggantinya secara berkala agar tetap aman. Anda dapat mengubah PIN kapan saja, di mana saja, terutama jika Anda sering bertransaksi di ATM untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tarik tunai hingga setor tunai.

Mengubah PIN Anda juga dapat membantu mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, terutama jika Anda sudah merasa tidak nyaman dan tidak aman. Jadi, jangan anggap remeh.

Masalah lain yang dapat terjadi setelah mengganti PIN adalah Anda lupa dan masih berpikir bahwa Anda masih menggunakan PIN lama. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya mengingat, tetapi juga menulis secara singkat saat Anda mengubah kode PIN dan menyatakannya berhasil. Karena jika Anda lupa dan salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut saat ingin bertransaksi, Anda tidak akan bisa lagi menggunakan ATM.

Untuk dapat menggunakannya kembali, Anda harus mendatangi bank BNI terdekat dan meminta pihak bank untuk segera membuka kunci ATM.

5. Untuk Berjaga-jaga Minta Ditemani Rekan saat Setor Tunai

Jika Anda ingin menyetor sejumlah kecil uang, Anda mungkin tidak perlu khawatir. Lain halnya dengan setoran tunai dalam jumlah besar. Seperti disebutkan di atas, akan lebih baik jika jodoh pergi juga.

Lagi pula, Anda telah membawa banyak uang. Pergi dengan teman setidaknya akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman, terutama jika Anda tinggal di daerah atau jika ATM berada di daerah yang rawan kejahatan. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan transaksi Anda aman dan lancar.

 

Nah sekarang sudah tahu kan cara setor tunai BNI? Berkat banyaknya pilihan yang tersedia, transaksi setoran uang menjadi lebih mudah. Semua fasilitas dan layanan bank sudah pasti untuk kenyamanan semua nasabah. Kemudahan ini tidak hanya terletak pada metode setor tunai BNI yang praktis, tetapi juga tersedianya layanan mobile banking. Juga di bidang perbankan, BNI menyediakan produk proteksi melalui BNI Life Insurance untuk melindungi kondisi finansial atau keuangan Anda.

Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, Anda dapat membagikannya kepada orang-orang terdekat Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita tidak bisa menutup mata terhadap kebutuhan perbankan dan teknologi yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.