Cara Membersihkan Kamera HP agar Bebas Debu dan Kotoran

Cara Membersihkan Kamera HP — Hampir semua HP versi terbaru hadir dengan kamera yang memiliki segudang fitur canggih. Fitur kamera ini sangat berguna karena dapat memudahkan Anda untuk mengabadikan momen-momen penting dan membagikannya di media sosial. Namun, sebagus apapun kualitas kameranya, jika lensanya berdebu dan buram pasti akan membuat hasil foto menjadi kurang bagus. Jadi Anda perlu tahu cara membersihkan bagian dalam dan luar kamera ponsel yang berdebu dan kami punya tipsnya.

Seperti elektronik, ponsel membutuhkan perawatan. Terutama bagian-bagian kamera yang sangat rawan tergores, pecah, dan rusak. Kamera yang penuh goresan, kabut, dan kotoran dapat menurunkan kualitas foto Anda. Lensa kamera berfungsi seperti mata manusia, jadi jika ada bagian yang rusak tentu kualitasnya akan menurun atau tidak bisa digunakan lagi untuk mengambil gambar.

Sebelum kita masuk ke pembahasan pembersihan kamera handphone, kita juga perlu mengetahui apa penyebab kotoran kamera handphone atau handphone. Berikut penjelasannya.

Penyebab Kamera Telepon Genggam Kotor

Manfaat membersihkan lensa kamera smartphone secara rutin adalah menjaga kualitas kamera agar tetap tampil maksimal. Ada banyak alasan mengapa gambar yang diambil oleh kamera bisa menjadi buram dan tidak jelas, antara lain:

  • Debu: Jika Anda meletakkan ponsel secara sembarangan atau menggunakan ponsel di tempat yang berdebu, kotoran dapat menempel dan meninggalkan bekas pada casing kamera. Masalah muncul saat debu masuk ke dalam kamera, sehingga sulit dibersihkan dengan peralatan rumah tangga
  • Sidik Jari: Noda sidik jari pasti sulit dihindari. Masalah utama dengan kamera kotor adalah tangan yang berminyak dan kotor
  • Minyak Wajah : Kamera depan HP tidak lepas dari terkena noda minyak wajah. Akibatnya, kualitas kamera menurun jika tidak segera dibersihkan
  • Goresan: Kamera ponsel yang secara tidak sengaja terbentur atau tergores karena terjatuh dapat meninggalkan bekas yang serius. Jika ini terjadi, diperlukan lebih banyak upaya untuk mengembalikan kamera ke normal
  • Jamur: Karena kelembaban yang tinggi di negara-negara tropis, ada kemungkinan yang sangat tinggi untuk membentuk jamur pada kamera ponsel. Tapi bukan itu sebabnya jamur bisa tumbuh. Tapi karena hp terlalu sering terkena cipratan air dan tidak langsung kering jadi basah
  • Membersihkan lensa kamera HP Vivo Y12 atau smartphone lainnya tentunya harus berdasarkan masalah yang Anda alami. Masing-masing di atas menyebabkan berbagai tingkat kesulitan selama proses pembersihan

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Cepat dan Mudah

Berapa biaya untuk membersihkan kamera iPhone atau Android? Jika Anda tahu cara membersihkan kamera HP yang tergores, berembun, dan berdebu, tidak perlu mengeluarkan uang untuk servis. Berikut berbagai cara membersihkan kamera HP yang bisa Anda coba untuk merawat perangkat kesayangan Anda.

1. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Pasta Gigi (Odol)

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pasta gigi atau odol bisa digunakan untuk membersihkan kamera ponsel. Anda bisa mencoba membersihkan kamera HP yang tergores jika masih oke. Sebaiknya gunakan pasta gigi putih asli untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas lensa kamera HP. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Oleskan sedikit pasta gigi ke kain mikrofiber atau kain lembut
  • Gosok perlahan pada lensa kamera HP Anda
  • Anda juga bisa menggunakan bola kapas sebagai pengganti kain
  • Cara mengoleskan pasta gigi ke korek api
  • Putar searah jarum jam hingga merata di atas lensa kamera
  • Tunggu sebentar
  • Kemudian bersihkan dengan kain lembab yang lembut

Pasta gigi tersebut dapat menutupi goresan kecil pada lensa kamera HP dan dikatakan dapat mempertahankan kekuatan lapisan pelindung oleophobic yang biasanya ditemukan pada lensa kamera. Lapisan pelindung ini dirancang untuk melindungi kamera HP Anda dari goresan ringan. Tapi jika ada goresan, bisa diperbaiki dengan pasta gigi. Pasta gigi juga membersihkan kamera HP yang berdebu dan bernoda. Ingin mencoba membersihkan lensa kamera HP yang tergores?

2. Cara Membersihkan Kamera HP dengan Minyak Kayu Putih

Siapa sangka minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk mengobati masuk angin juga bisa digunakan untuk membersihkan kamera HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi kamera depan dan belakang Android yang buram dengan minyak kayu putih? Anda dapat mencoba metode berikut:

  • Siapkan kain microfiber atau kain lembut
  • Teteskan minyak kayu putih di atas kain
  • Usap perlahan lensa kamera HP searah jarum jam

Membersihkan lensa kamera HP dengan minyak kayu putih dapat membersihkan lensa kamera dari debu. Minyak kayu putih secara efektif menghilangkan debu, membuat kamera HP Anda jauh lebih bersih. Anda bisa menggantinya dengan alkohol 70%, yang bisa Anda beli di apotek terdekat jika tidak memiliki minyak kayu putih.

3. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Cairan Pembersih

Tidak puas dengan cara di atas? Anda bisa menggunakan cairan pembersih atau cairan desinfektan untuk membersihkan kamera ponsel. Namun, apapun cairan pembersih yang Anda gunakan, pastikan tidak mengandung bahan kimia tambahan yang dapat merusak lapisan pelindung pada lensa kamera. Membersihkan kamera HP kurang lebih sama dengan langkah 2 diatas. Cukup oleskan cairan pembersih ke kain mikrofiber dan usap perlahan searah jarum jam.

Gunakan kain microfiber karena kain ini memiliki tekstur yang halus dan tidak akan merusak lapisan kaca. Kain jenis ini sering digunakan untuk membersihkan bagian perangkat elektronik yang rusak. Anda juga dapat menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan atau merawat kamera ponsel Anda setiap hari. Selalu bersihkan dan keringkan pakaian setelah digunakan. Apakah memudahkan untuk menghilangkan debu pada kamera depan dari HP Oppo ini?

4. Cara Mengatasi Kamera Buram

Apakah kamera ponsel cerdas Anda buram? Anda dapat menggunakan selotip pada kamera Anda untuk membuat foto Anda tidak terlalu buram dan lebih jelas. Berikut cara mengatasi kamera buram (samsung) atau smartphone lainnya.

  • Pertama, potong strip kecil agar tidak terlalu besar
  • Hubungkan ke kamera Anda dan sesuaikan
  • Pastikan pita itu terpasang dengan benar dan tidak meninggalkan celah

Cara ini sangat cocok untuk ponsel jadul dengan kamera buram (Samsung) atau merek lain. Ingatlah untuk tidak mengotori atau menyentuh pita pada kamera. Kamera mungkin lebih kabur dari sebelumnya jika kaset menjadi kotor.

5. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun

Masalah kabut kamera bisa menjadi penyebab foto buram sekaligus kotor. Masalah ini sering terjadi ketika ponsel terkena air, misalnya saat hujan atau terciprat ke dalam bak mandi. Memang embun di lensa kamera bisa hilang dengan sendirinya, tapi bukan itu saja. Berikut cara membersihkan lensa kamera HP dengan hair dryer yang bisa Anda coba:

  • Pertama, matikan ponsel Anda dan keluarkan baterai jika perlu
  • Aktifkan pengering rambut dan pilih suhu terendah
  • Khusus untuk bagian kamera, memanaskan ponsel dari jarak jauh. Itu juga dapat dikontrol dari tepi ponsel
  • Jangan biarkan suhu ponsel terlalu panas saat Anda mengeringkannya dengan pengering rambut

Jika ingin lebih hemat, selain menggunakan hair dryer, Anda bisa melepas tutupnya lalu membersihkan kamera dengan tangan. Embun yang tertinggal di kamera dalam waktu lama dapat meninggalkan bekas pada lensa, sehingga harus cepat kering.

6. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Mengganti Tutup Lensa Kamera

Cara ini bisa Anda gunakan ketika lensa HP yang tergores atau kotor tidak bisa dibersihkan dengan pasta gigi putih, minyak kayu putih, cairan antiseptik, dll. Hanya saja cara ini membutuhkan keahlian untuk mencongkel tutup lensa dari lensa kamera dengan pisau silet. Tentu saja, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati.

Setelah penasaran, Anda bisa mengganti tutup lensa kamera dengan yang baru. Jelas Anda harus membeli tutup lensa baru. Jika Anda tidak punya uang, Anda bisa menggunakan solusi lain dengan menggunakan selotip berwarna bening.

Kotoran atau debu tidak hanya menempel di bagian luar kamera, tapi juga bisa masuk ke dalam lensa kamera. Jika sudah begini, langkah pembersihan di atas tentu kurang efektif dan diperlukan cara yang lebih efisien. Penasaran? Berikut cara membersihkan lensa kamera di dalam iPhone dan Android yang bisa Anda coba.

cara membersihkan kamera hp
cara membersihkan kamera hp

7. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam Menggunakan Semprotan Pembersih

Jika kamera internal (Samsung) atau merek lain buram, caranya adalah dengan menggunakan semprotan pembersih. Untuk ini, Anda dapat menyiapkan berbagai alat sebagai berikut: kapas, pisau tipis atau, jika Anda tidak memilikinya, pisau utilitas, obeng kecil, alat gantung kecil. Untuk membersihkan bagian dalam kamera HP yang berdebu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka bagian belakang casing ponsel
  • Gunakan obeng kecil sesuai dengan ukuran sekrup pada ponsel jika ada sekrup yang menutupi penutup atau ponsel
  • Jika tidak ada sekrup, buka penutup belakang secara langsung
  • Gunakan alat khusus jika casing sulit dibuka, seperti tajuk untuk menempelkan benda ke kaca, atau klem, seperti tang kecil
  • Keluarkan bola kapas setelah membuka kasing atau ponsel
  • Usap perlahan lensa kamera
  • Kemudian semprot dengan zat serupa WD 40
  • Gunakan bola kapas atau tisu untuk membersihkan jika sudah cukup bersih
  • Pasang kembali sekrup pada penutup atau telepon atau tutup penutup telepon dengan erat jika bersih
  • Lensa kamera siap digunakan kembali

8. Menggunakan Pembersih Cairan

Tidak puas dengan pembersihan lensa kamera HP yang gatal di atas? Anda bisa menggunakan pembersih kaca. Berikut cara membersihkan bagian dalam kamera HP yang berdebu dan mencobanya:

  • Pertama, ambil ponsel untuk dibersihkan
  • Buka bagian belakang casing ponsel
  • Jika ada sekrup yang menutupi penutup atau ponsel, silakan gunakan obeng kecil sesuai dengan ukuran sekrup pada ponsel
  • Buka penutup belakang secara langsung jika tanpa sekrup
  • Anda dapat menggunakan alat khusus jika casing sulit dibuka, seperti kop surat untuk menempelkan benda pada kaca atau penjepit seperti tang kecil.
  • Keluarkan bola kapas setelah membuka kasing atau ponsel
  • Kemudian tambahkan pembersih kaca
  • Gosok bola kapas dengan lembut ke lensa kamera
  • Saat Anda merasa cukup bersih, gunakan bola kapas atau tisu untuk membersihkannya
  • Pasang kembali sekrup pada penutup atau telepon atau tutup penutup telepon dengan erat jika bersih
  • Lensa kamera ponsel sekarang siap digunakan

Ingin mencoba membersihkan kamera dan laptop HP yang buram itu?

9. Menggunakan Blower Karet Mini

Cara membersihkan kamera HP berdebu dengan mini blower karet, langkah selanjutnya. Anda dapat membeli alat ini dari toko offline atau online. Mengenai penggunaannya, sebagai berikut:

  • Buka penutup belakang ponsel
  • Gunakan obeng kecil sesuai dengan ukuran sekrup pada ponsel jika ada sekrup yang menutupi penutup atau ponsel. Buka penutup belakang secara langsung jika tanpa sekrup
  • Buka casing yang sulit dibuka, gunakan alat khusus seperti header untuk menempelkan benda pada kaca atau klem seperti tang kecil
  • Setelah membuka casing atau ponsel, siapkan kipas mini
  • Blower menyedot debu yang tertinggal di lensa
  • Saat Anda merasa cukup bersih, gunakan bola kapas atau tisu untuk membersihkannya
  • Pasang kembali sekrup pada penutup atau telepon atau tutup penutup telepon dengan erat jika bersih
  • Lensa kamera ponsel siap digunakan.

Itulah cara membersihkan kamera HP yang berdebu luar dan dalam yang bisa Anda coba. Sama seperti menghilangkan goresan pada lensa di atas adalah sesuatu yang perlu Anda tinjau jika Anda ingin menggunakannya untuk kamera DSLR.