Dampak Buruk Bawa Handphone ke Toilet

Liputanberitaku.com — Apakah Anda salah satu golongan yang harus membawa ponsel saat ke toilet? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai sekarang. karena banyak dampak buruk untuk kesehatan anda.

 

Meski kecanggihan teknologi semakin memudahkan kita, tapi di sisi lain, semakin sering menggunakannya dapat meningkatkan resiko stres.Waktu ke toilet harus menjadi waktu terbaik untuk memisahkan diri dari gaddet. Namun, jika Anda membawa ponsel saat pergi ke toilet, itu akan membua tingkat kecemasan anda meningkat.

 

Orang yang membawa ponsel ke toilet otomatis akan menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Terlalu lama duduk di toilet bisa menyebabkan masalah ambeien. dan Jongkok terlalu lama bisa menyebabkan nyeri, bengkak di anus atau pendarahan di area panggul.

 

Tahukah kamu bahwasanya handphone mengandung banyak bakteri. Dengan membawa handphone ke toilet atau kamar mandi sama saja membuat bakteri, kuman, dan virus yang ada di toilet menempel ke handphone lalu berpindah ke tubuh.

 

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler Anda adalah bakteri Salmonela, penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain itu, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

 

Selain bakteri pemicu gangguan cerna, terdapat bakteri kelompok Staphylococcus. Hal inilah yang menyebabkan masalah di wajah sebagai efek membawa handphone ke toilet. Mengingat handphone bisa menempel di wajah Anda saat melakukan aktivitas menelepon.

Meski ingin produktif atau mendapatkan ide, bukan berarti Anda harus membawa handphone ke toilet. Kebiasaan ini membuat otak Anda akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya.

Sebaiknya Anda memanfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas gadget dalam beberapa waktu. Jika harus terpaksa membawa handphone ke toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Selalu mencuci tangan, terutama setelah dari kamar mandi.
  • Cuci tangan menggunakan sabun dan air ke seluruh permukaan tangan, termasuk di sela-sela jari tangan dan di bawah kuku selama dua puluh detik.
  • Jika tangan Anda sudah bersih, hindari menyentuh langsung gagang pintu. Anda bisa menggunakan tisu saat menyentuh gagang pintu tersebut.
  • Jika tidak ada sabun dan air di sekitar Anda, gunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan Anda.
  • Bersihkan area permukaan handphone Anda dengan menggunakan alkohol atau pembersih khusus layar handphone.
#artikel-asli