kelebihan dan kekurangan oppo a91
kelebihan dan kekurangan oppo a91

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A91

OPPO yang merupakan brand asal China merilis ponsel baru bernama OPPO A91 pada Maret 2020. Sesuai dengan reputasi brand OPPO, ponsel ini juga memiliki beberapa keunggulan, seperti desain yang menarik dan kualitas kamera yang tak tertandingi.

Tapi tentu saja manfaatnya tidak berhenti di situ. OPPO A91 juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui jika Anda mempertimbangkan untuk membelinya. Alih-alih hal-hal sepele, lihat pro dan kontra dari OPPO A91 yang akan datang.

Spesifikasi OPPO A91

kelebihan dan kekurangan oppo a91
kelebihan dan kekurangan oppo a91
  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6771V Helio P70
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori eksternal: microSD, hingga 256 GB (khusus slot)
  • Kamera Belakang: 48MP + 8MP + 2MP + 2MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 4025 mAh yang tidak dapat dilepas

Kelebihan OPPO A91

Tertarik dengan OPPO A91? Tentu saja karena ponsel ini memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda nikmati, di antaranya resolusi dan desain kameranya. Apa manfaat lainnya? Lihat di bawah ini!

1. Desain Bodi yang Stylish

Bukan OPPO jika tidak memiliki desain bodi yang menarik, seperti OPPO A91 yang tersedia dalam tiga variasi warna: Navy Blue, Red dan Blue. Konfigurasi keempat kamera di bagian belakang HP disusun secara vertikal, ke bawah, dengan sisi melengkung.

Dari depan, layar didesain hanya menyisakan celah kecil di kiri dan kanan (tanpa bezel), memberikan Anda tampilan layar penuh yang sesungguhnya, sehingga Anda dapat menonton YouTube di layar lebar. Ada juga kamera selfie 16MP yang sedikit menonjol ke layar dan terlihat modern.

Secara keseluruhan, OPPO A91 ini memiliki desain yang menarik, salah satu keunggulan yang biasanya terdapat pada sebagian besar HP yang diproduksi oleh OPPO.

2. Terdapat Fitur In-Display Fingerprint 3.0

Sensor sidik jari adalah fitur yang biasa ditemukan pada HP terbaru, termasuk HP kelas menengah hingga atas. Namun, tidak semuanya memiliki kemampuan in-display fingerprint seperti OPPO A91.

Baca Juga  Realme C20 Resmi Luncur di Indonesia

Sidik jari dalam-tampilan ini berarti Anda dapat membuka kunci layar ponsel dengan meletakkan jari Anda di layar alih-alih sensor sidik jari yang biasanya terdapat di bagian belakang ponsel. Fungsi sidik jari 3.0 yang terintegrasi ke dalam layar semakin meningkatkan tingkat kecepatan dan keamanan. Fitur ini dapat membuka kunci layar dalam 0,32 detik dan juga terlindung dari deteksi sidik jari palsu berkat akurasi sensor sidik jari yang baik.

3. Kamera Utama Memiliki Resolusi Besar

Tidak perlu diragukan lagi kemampuan OPPO A91 menghasilkan kualitas gambar yang bagus, karena ponsel besutan merek China ini dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera belakang. Untuk kamera utama, ponsel ini memiliki lensa beresolusi tinggi 48MP.

Selain itu, terdapat lensa 8MP untuk menangkap area yang sangat luas (ultra wide angle), lensa 2MP untuk mengambil foto objek close-up (makro), dan lensa 2MP lainnya untuk foto efek bokeh.

4. Memiliki Fitur Fast Charging yang Cukup Baik

Ada kalanya kita ingin keluar rumah dengan HP yang terisi penuh. Oleh karena itu, saat memilih ponsel, fungsi fast charging seringkali menjadi faktor utama. OPPO A91 menjadi pilihan yang tepat untuk hal ini, karena memiliki fungsi pengisian cepat 30W (VOOC Flash Charge 3.0), yang dapat diisi ulang hingga 50% dalam waktu 30 menit.

5. Didukung dengan Layar Super AMOLED

Kejernihan layar HP jelas menjadi aspek penting dalam evaluasi. OPPO A91 dirilis dengan layar AMOLED yang memiliki response rate tinggi dan lebih hemat energi. Ukuran layar ponsel 6,4 inci ini juga cukup besar, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari yang nyaman.

Oh ya, Anda tidak perlu khawatir layarnya mudah pecah karena ponsel ini dilindungi dengan Gorilla Glass 5 yang mampu menyerap guncangan hingga ketinggian 1 meter.

Baca Juga  Tips Bikin Link WA dan Website di Bio Instagram dengan Linktree

6. Memiliki Slot Khusus untuk Memori Eksternal

Bagi sebagian orang, ruang penyimpanan eksternal selalu menjadi fitur yang menguntungkan. Namun sayangnya, kita seringkali harus rela menggunakan slot SIM kedua untuk menggunakan microSD. Untungnya, OPPO A91 memiliki tiga slot (SIM 1, SIM 2 dan memori eksternal).

Jadi Anda tidak perlu lagi mengeluarkan kartu: Anda dapat menggunakan SIM 2 dan microSD hingga 512 GB secara bersamaan.

Kekurangan OPPO A91

Menarik bukan keunggulan OPPO A91? Tetapi Anda tidak harus segera memutuskan pembelian. Ada baiknya melalui beberapa kekurangan HP OPPO ini terlebih dahulu, seperti di bawah ini.

1. Tidak Terdapat Optical Zoom pada Kamera

Meski kualitas kameranya tidak bisa dipandang sebelah mata, namun bagi pecinta fotografi mungkin akan sedikit kecewa dengan ponsel ini. Anda tahu, tidak ada lensa telefoto yang memungkinkan Anda memotret objek yang jauh. Jadi Anda dapat menggunakan zoom digital atau mendekati subjek Anda hanya jika Anda tidak ingin kualitas foto menjadi buram.

2. Masih Menggunakan Android 9 Pie Saat Rilis

Semua orang menginginkan ponsel dengan fitur dan manfaat terbaru. Namun sayangnya OPPO A91 tidak hadir dengan OS Android 10, masih menggunakan Android 9 Pie ketika dirilis dengan UI ColorOS 6. Aneh mengingat ketika ponsel diluncurkan banyak ponsel lain dengan harga yang sama. jangkauan. itu Android 10 secara default.

Ini sebenarnya bukan kerugian yang fatal karena Anda dapat mengupgrade ke versi Android terbaru. Tapi alangkah baiknya jika kita tidak harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan Android 10.

3. Tidak Terdapat NFC

Pada saat semuanya harus praktis, ada permintaan yang meningkat di antara populasi untuk fitur yang memfasilitasi pembayaran. Salah satu fitur ponsel yang mempermudah pembayaran adalah NFC (Near Field Communication), yang kini banyak tersedia di sebagian besar ponsel terbaru.

Baca Juga  Berkenalan Dengan Bakso Wonogiri Yang Cita Rasanya begitu Enak

Jika Anda sering bepergian ke luar kota, kurangnya NFC pada OPPO A91 bisa menjadi kerugian. Bahkan, fitur ini memudahkan pengecekan saldo tol elektronik Anda dan melakukan pembayaran nontunai.

4. Chipset Tidak Istimewa

OPPO A91 hadir dengan chipset Mediatek MT6771 Helio P70. Chipset ini diproduksi menggunakan 12nm. Prosesor octa-core yang terdiri dari empat core Cortex-A73 2,1 GHz dan empat core Cortex-A53 2,0 GHz terintegrasi dalam chipset ini.Untuk pemrosesan grafis, GPU Mali-G72 MP3 terintegrasi.

Menggunakan chipset Helio P70 sebenarnya tidak ada yang istimewa. Chipset ini tidak buruk, tetapi juga tidak bagus untuk kisaran harganya. Apalagi jika mempertimbangkan para pesaing di kisaran harga yang sama, banyak ponsel yang dilengkapi dengan chipset yang lebih baru dan lebih bertenaga.

FYI, chipset Helio P70 digunakan pada OPPO F11 dan OPPO F11 Pro yang dirilis pada 2019. Sedangkan OPPO A91 hadir pada Maret 2020. Hal ini jelas menunjukkan bahwa OPPO belum melakukan perbaikan pada bagian chipset.

Sekali lagi, chipset yang digunakan di ponsel ini tidak ada yang istimewa. Tapi ya, permainannya masih bagus. Seperti yang diungkapkan saluran Youtube David dari Gadgetin, ponsel ini relatif mulus untuk game seperti PUBG Mobile. Hanya pengaturan grafis yang dikunci dalam HD dengan frame rate tinggi.

Simpulan

Dengan desain bodi yang ramping dan kontemporer serta resolusi kamera utama 48MP yang lumayan besar, OPPO A91 sangat layak untuk dikunjungi. Layar portabel Super AMOLED juga dapat menampilkan layar yang tajam dan menarik.

Namun sayang, ponsel ini sudah dibekali Android 9 Pie yang seharusnya sudah ditinggalkan oleh Android 10. Anda bahkan tidak bisa memotret objek yang sangat jauh, karena ponsel ini tidak memiliki lensa teleskopik atau optical zoom.