cara reset hp vivo
cara reset hp vivo

Cara Reset HP Vivo Dengan Mudah

Salah satu merek smartphone yang paling banyak dicari di pasaran saat ini adalah Vivo. Dengan semakin banyak pengguna, semakin banyak orang yang mencari informasi tentang pengaturan ulang ponsel Vivo. Apakah Anda salah satunya?

Seperti smartphone lainnya, Vivo memiliki banyak keunggulan. Ini juga menjadi alasan mengapa semakin banyak pengguna merek smartphone ini. Kali ini kita tidak akan membahas kelebihan dari smartphone ini, melainkan tentang cara restart agar hp vivo kalian bisa digunakan kembali setelah mengalami beberapa kendala.

Perbedaan Reset dan Restart HP Vivo

cara reset hp vivo
cara reset hp vivo

Reset dan reboot adalah dua hal yang berbeda dan memiliki tujuan yang berbeda. Namun, banyak pengguna smartphone masih melakukan kesalahan dengan menganggap mereka sama.

Factory reset adalah cara yang biasanya digunakan untuk tidak hanya menghapus data di ponsel atau komputer Anda, tetapi juga untuk mengembalikannya seperti saat pertama kali Anda membelinya. Ponsel atau perangkat yang tepat akan berada di tampilan pengaturan pabrik. Proses tunggal ini secara otomatis akan menghapus semua file. Hanya perangkat lunak yang diinstal oleh produsen perangkat yang tersisa.

Jadi bagaimana dengan reboot? Restart adalah proses memulai atau mengisi daya perangkat, seperti ponsel atau laptop, sehingga perangkat menyala seperti semula. Tidak perlu mematikan dan menghidupkan perangkat secara manual, karena memilih restart akan menyebabkan ponsel mati dan hidup kembali secara otomatis.

Jika memulai ulang tidak memerlukan privasi, menyetel ulang ponsel Anda berbeda. Restart hanya me-restart perangkat tanpa menghapus apa pun. Sementara reset berarti mengatur ulang semua yang telah Anda atur di ponsel Anda termasuk file, data, dan aplikasi yang diinstal. Oleh karena itu, penting untuk mencadangkan semua file dan data penting.

Anda dapat menggunakan hard drive atau penyimpanan eksternal lainnya untuk cadangan. Atau, jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih sederhana dan lebih mudah diakses lagi tanpa menghubungkan penyimpanan eksternal, Anda dapat memanfaatkan berbagai opsi penyimpanan cloud, termasuk Google Drive dan Dropbox.

Cara Reset HP Vivo Semua Tipe

Banyak orang memilih menggunakan Vivo karena beberapa alasan. Salah satunya adalah desainnya yang terlihat modern dan premium, namun dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, spesifikasi yang ketat juga mampu menghadirkan performa yang cepat dan responsif.

Namun, ponsel menjadi rusak secara bertahap dan pengguna tidak dapat menghindarinya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk memperbaiki masalah kecil dengan telepon Anda termasuk mengatur ulang.

Baca Juga  Cara Menghapus Cache di iPhone

Pengguna smartphone vivo dapat mencoba memulihkan ponsel vivo tanpa menghapus data, yang berlaku untuk semua ponsel vivo.

1. Cara Reset HP Vivo Melalui Menu Setting

Selain masalah error, pengguna Vivo juga bisa melakukan factory reset pada ponsel jika lupa pola atau mengunci ponsel. Tujuannya tentu saja jelas: untuk membuka kunci ponsel agar bisa digunakan kembali. Salah satu cara untuk mereset ponsel Vivo Y12 tanpa komputer adalah melalui menu Setting ponsel.

  • Langkah pertama buka menu Setting atau Pengaturan pada smartphone dan pastikan baterai terisi minimal 50 persen agar ponsel tidak mati saat proses reset.
  • Kedua, gulir ke bawah untuk menemukan More Settings, lalu pilih Backup & Reset.
  • Untuk ponsel Vivo, Anda memiliki beberapa opsi saat menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik dan memilih Hapus Semua Data atau Hapus Semua Data.
  • Lanjutkan dengan mencentang bagian Format Phone Memory dan klik tombol Erase Now.
  • Setelah proses selesai, ponsel Anda akan restart secara otomatis.
  • Proses pemulihan yang selesai dan berhasil ditunjukkan oleh layar beranda layar ponsel.

Cara Reset HP Vivo dengan Tombol

Cara lain untuk factory reset smartphone Vivo yang harus Anda coba adalah dengan menggunakan shortcut keyboard di ponsel. Namun, saat menggunakan tombol, berhati-hatilah agar tidak salah memilih menu. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyetel ulang ponsel langsung Anda.

  • Langkah pertama adalah mematikan telepon.
  • Kemudian tekan tombol Volume Naik, Rumah dan Daya secara bersamaan.
  • Kemudian tunggu hingga logo Vivo muncul di layar ponsel.
  • Langkah selanjutnya adalah menggunakan tombol Volume Turun untuk masuk ke opsi Wipe Data / Factory Reset.
  • Kemudian tekan tombol daya untuk mengonfirmasi pilihan sebelumnya.
  • Pilih Hapus semua data pengguna dan tombol daya untuk memverifikasi.
  • Setelah proses reset selesai, ada opsi untuk mem-boot ulang sistem sekarang dan tekan tombol daya untuk mem-boot ulang ponsel secara otomatis.

2. Cara Reset HP Vivo Melalui Kode Dial

Bagi yang ingin cara reset hp vivo y91c yang lebih nyaman dan mudah, coba awalan. Pengguna Vivo dapat melakukan reset pabrik hanya dengan menggunakan kode yang dimasukkan ke dialer ponsel.

Baca Juga  Selain Sebagai Tanaman Hias, Ini Dia Manfaat Kaktus !

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa metode ini bukanlah metode yang disarankan. Karena? Meskipun ini mungkin solusi praktis, tidak semua ponsel Vivo mendukung metode ini. Pertama, Anda perlu memeriksa apakah ponsel Anda mendukung proses reset ini dan kemudian ketik * # * # 7780 # * # *.

3. Cara Reset HP Vivo Melalui Google Find My Device

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Google. Untuk mereset ponsel, Anda bisa menggunakan salah satu software Google, yaitu Google Find My Device. Biasanya, aplikasi ini banyak digunakan oleh orang-orang ketika smartphone Android mereka termasuk Vivo hilang. Untuk mencegah data dan informasi pribadi disalahgunakan oleh orang lain, reset pabrik harus segera dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset ponsel Vivo y91 menggunakan Google Find My Device.

  • Langkah pertama adalah membuka tautan Google Finder per perangkat melalui komputer dan masuk dengan akun Google biasa Anda.
  • Kemudian, buka Pengelola Perangkat Android dan pilih Lindungi dan Hapus Perangkat.
  • Ketuk Hapus Perangkat dan semua data akan dihapus dari ponsel Anda.

Bahkan, Vivo sendiri membekali semua produknya dengan fungsi anti maling. Ini memungkinkan Anda untuk melacak lokasi ponsel cerdas Anda yang hilang. Anda juga dapat menghapus data dari jarak jauh dengan reset pabrik untuk melindungi semua data dan informasi penting di ponsel Anda.

Manfaat Reset HP Vivo

Pengguna ponsel vivo tentunya tidak hanya melakukan factory reset saja. Ada beberapa alasan untuk keputusan ini, misalnya kebutuhan untuk membuka kunci ponsel atau untuk memecahkan masalah yang semakin sering terjadi tetapi tidak dapat diselesaikan dengan cara lain.

Sebenarnya, mengatur ulang ponsel Vivo adalah hal biasa dan bahkan mungkin memiliki beberapa manfaat. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui hal ini karena lebih fokus pada efek negatif dari reset itu sendiri.

1. Berguna untuk Menghapus Virus dan Malware

Virus dan malware dapat menyerang perangkat apa pun, kecuali ponsel. Jika Anda tahu bahwa kedua penyakit ini dapat merusak laptop Anda, Anda harus berhati-hati dengan keduanya saat menggunakan ponsel Anda.

Virus dan malware dapat masuk ke ponsel Anda melalui berbagai aktivitas mencurigakan. Oleh karena itu, jangan sembarangan membuka website atau mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

Saat Anda menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik, Anda juga menghapus virus dan malware yang mungkin telah menginfeksi ponsel Anda. Ini berarti Anda mengambil tindakan pencegahan sebelumnya karena Anda membersihkan atau membersihkan semuanya.

Baca Juga  Corona pada 18 April 2021: Bertambah 4.585, Tembus 1,6 Juta

2. Membuat Performa HP Lebih Optimal

Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan berbagai aplikasi dan file yang terinstal serta data yang tersimpan di ponsel memperlambat kinerja ponsel. Ini karena semakin banyak ruang penyimpanan yang digunakan karena ponsel memiliki batas kinerjanya sendiri.

Meskipun ini bukan tujuan utama dari reset ponsel, kinerja ponsel akan lebih optimal setelahnya. Ya, ketika Anda mengatur ulang pengaturan pabrik, semua data dan aplikasi akan dihapus secara otomatis. Oleh karena itu, ponsel Anda akan berjalan lebih lancar dan lebih cepat.

3. Membersihkan File yang Tidak Berguna

Aplikasi yang terpasang di smartphone Vivo biasanya merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan pengguna. Siapa pun yang ingin mengisi penyimpanannya dengan mengunduh dan menginstal aplikasi yang tidak berguna. Lain halnya dengan file, karena terkadang kita tidak menyadari bahwa semakin banyak file yang tidak berguna menumpuk.

Ini jelas mengurangi penyimpanan data ponsel. Saat Anda mereset ponsel Vivo y53, ponsel membersihkan semua jenis file tanpa de. Keuntungannya adalah ponsel tidak lagi penuh dengan file yang tidak digunakan. Ya, tidak perlu menghapus atau membersihkan file-file ini secara manual, yang biasanya memakan waktu.

4. Membuat Memori Penyimpanan Menjadi Longgar

Untuk ponsel dengan memori penyimpanan kecil atau terbatas, ini pasti masalah lain. Jika tidak ada saldo, pengguna ponsel tidak akan bisa lagi menyimpan file atau menginstal aplikasi.

Jika Anda mengatur ulang ponsel Anda ke pengaturan aslinya, tidak peduli bagaimana Anda pada dasarnya mengatur ulang ponsel Vivo y71 Anda, ada manfaat tambahan dari kurangnya memori penyimpanan. Ini sangat mungkin karena ponsel akan kembali ke pengaturan aslinya tanpa file yang disimpan dan tidak ada aplikasi yang diinstal selain aplikasi default.

Sekarang Anda tahu cara mereset ponsel Vivo dan Anda dapat mencobanya sendiri. Anda dapat melakukan metode ini jika ponsel Anda memiliki masalah tertentu atau jika Anda lupa kata sandi Anda. Namun, perlu diingat bahwa menyetel ulang ponsel Anda adalah pilihan terakhir. Jika masih banyak cara lain untuk memperbaiki masalah ponsel, sebaiknya coba ini dulu. Akibatnya, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat cadangan data Anda.