galaxy note 30
galaxy note 30

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra

Pada awal Agustus 2020, Samsung meluncurkan kembali flagship-nya di pasar ponsel Indonesia. Ponsel ini dirancang khusus untuk produktivitas mereka yang sering mencatat. Ya, inilah Samsung Galaxy Note20 Ultra, bagian dari seri Note20.

Tentu saja, ada banyak peningkatan pada fitur varian Ultra dibandingkan versi Note20 reguler atau pendahulunya, Note10. Setelah terkesan dengan kemampuan Samsung Galaxy S20 Ultra, apakah varian Note ini bisa memberikan keuntungan lebih? Simak jawabannya di artikel pro dan kontra flagship Samsung Galaxy Note20 Ultra yang dibanderol Rp 10 Jutaan ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra

galaxy note 30
galaxy note 30
  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Dynamic AMOLED 2X, 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Exynos 990
  • GPU: Mali-G77 MP11
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128GB / 256GB / 512GB
  • Memori eksternal: microSD hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 12MP + 64MP + 12MP + 0.3MP (VGA)
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Kelebihan Samsung Galaxy Note20 Ultra

Samsung Galaxy Note20 Ultra sangat populer karena sejumlah alasan. Apakah menurut Anda manfaat berikut membenarkan harga tinggi? Silakan menilai sendiri setelah membaca manfaat di bawah ini.

1. Layar Terbaik di Industri HP

Keunggulan Samsung Galaxy Note20 adalah layarnya tidak hanya besar, tetapi juga mampu memberikan layar terbaik di pasar flagship HP. Menampilkan panel AMOLED Dinamis 2X 6,9 inci, ponsel ini benar-benar sesuai dengan nama Note dalam judulnya.

Selain itu, ponsel ini memiliki resolusi yang sangat tinggi yaitu 1440 x 3088 piksel dan kerapatan piksel sekitar 496 dpi. Layar ini juga diperkenalkan dengan kecerahan maksimum 1500 nits, sehingga ideal untuk penggunaan di luar ruangan.

Seolah itu belum cukup, layar Samsung Galaxy Note20 juga memiliki kecepatan refresh dua kali lipat dari 60Hz atau 120Hz biasa, sehingga mata Anda akan disuguhi dengan gerakan animasi layar yang lebih halus dan mulus.

Meskipun mode 120Hz ini tidak selalu aktif (adaptif), beberapa aplikasi dan game yang mendukungnya tentu akan menawarkan tampilan yang lebih impresif dari biasanya.

Dan durasi layar? Tidak perlu khawatir karena layarnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass Victus yang bahkan lebih kuat dari Gorilla Glass 6 karena tahan jatuh dari ketinggian 2 meter.

2. Penggunaan S Pen yang Super Realistis

Perbedaan utama antara seri Note dan seri S biasa adalah adanya pena yang dapat digunakan untuk mendukung produktivitas seperti menulis dan menggambar. Di merek Samsung, baik di seri Note maupun di Galaxy Tab, stylus ini disebut S Pen.

Nah, itu nilai tambah yang besar, karena S Pen ini benar-benar memberi Anda nuansa terbaik dari setiap goresan. Anda akan merasa seperti menggunakan pena biasa saat menggunakannya, seperti saat Anda menekan pena S untuk menghasilkan ketebalan yang berbeda, dll.

Hal lain yang membuat Note20 Ultra S Pen sangat realistis adalah response time yang sangat tinggi, yaitu 9 milidetik. Menggunakan S Pen tidak hanya cocok untuk menulis, tetapi juga untuk bernavigasi dengan gerakan.

Di Note20 Ultra ini, Anda mendapatkan lima gerakan baru yang merupakan bagian dari fitur Anywhere Action. Ini membedakannya dari Note10, karena gerakan sekarang dapat diterapkan kapan saja, tidak hanya untuk beberapa aplikasi.

Baca Juga  Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Huawei P50 Pro di Indonesia

3. Triple Camera dengan Hasil Foto Memukau

Sekarang saatnya untuk beralih ke bagian fotografi. Ada tiga kamera di bagian belakang Samsung Galaxy Note20 Ultra ini dan resolusi lensa utamanya sangat tinggi: 108MP!

Ini memang peningkatan yang sangat drastis dibanding pendahulunya, Note10+ yang hanya menampilkan lensa utama 12MP.

Lensa utama 108MP ini memiliki ukuran sensor 1 / 1,33 inci dan aperture f / 1.8. Ada juga dua lensa 12MP lainnya, masing-masing berfungsi sebagai lensa telefoto dan sensor periskop sudut ultra lebar. Lensa kamera utama memiliki fungsi PDAF dan laser autofokus untuk objek dekat.

Untuk fotografi panorama, kita dapat mengambil foto lanskap dengan sensor sudut ultra lebar dengan bidang pandang 120 derajat dan lensa periskop yang mampu melakukan zoom optik hingga 5x tanpa menurunkan kualitas gambar.

Namun secara keseluruhan, Note20 Ultra cukup bagus bahkan saat zoom digital didorong hingga 50x. Tentu saja, terdapat OIS pada lensa periskop dan lensa utama untuk menghindari kualitas gambar buram akibat gerakan.

Sementara itu, ada kamera selfie 12MP di bagian depan yang mendukung panggilan video ganda (menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan) dan perekaman resolusi 4K. Bicara soal perekaman, kamera belakang Note20 Ultra bisa merekam hingga resolusi 8K. Bagaimana dengan foto? Lihat sendiri dalam contoh berikut.

4. Hadir dengan Fitur Samsung DeX

Bagi yang ingin menggunakan Samsung Note20 Ultra untuk produktivitas, kelebihan ponsel ini tidak hanya terletak pada spesifikasinya, tetapi juga pada fitur-fiturnya. Wireless Samsung DeX adalah salah satu fitur yang memudahkan pengguna.

Samsung DeX dapat menyinkronkan ponsel Anda dengan komputer, sehingga catatan yang ditulis di Note20 Ultra dapat langsung dilihat di layar komputer. Ingatlah bahwa Anda juga dapat menghubungkan ponsel Anda ke TV dengan kabel HDMI.

Tidak hanya pencerminan layar, di sini Anda dapat memilih opsi layar yang diperluas untuk mengubah TV Anda menjadi layar kedua saat melakukan tugas terpisah di ponsel Anda.

5. Daya Tahan Baterai yang Menakjubkan

Tidak ada gunanya melengkapi ponsel canggih seperti Samsung Galaxy Note20 Ultra dengan baterai yang cepat habis, terutama karena ponsel ini mendukung layar 120Hz dan dirancang untuk produktivitas yang cukup haus daya.

Oleh karena itu, merek raksasa Samsung ini telah memperkenalkan baterai jenis Li-Ion berkapasitas 4500mAh yang mampu bertahan berhari-hari dalam keadaan standby.

Ingin tahu berapa lama baterai ini bertahan dalam penggunaan ekstrim? Saluran YouTube Tech4Test meluangkan waktu untuk menguji kapasitas baterai ini dalam kondisi penggunaan yang tidak wajar. Yakni melakukan berbagai aktivitas seperti menonton YouTube, bermain PUBG M, browsing Instagram dan Facebook, serta melakukan panggilan telepon.

Semua aktivitas tersebut dapat menguras baterai Samsung Galaxy Note20 Ultra dari 100% menjadi 0% hanya setelah menghabiskan waktu 6 jam 10 menit. Ini adalah performa baterai dengan refresh rate 120 Hz (adaptif) pada kecerahan 50%. Sangat tahan, kan? Kapasitas baterai ini pasti akan bertahan lebih lama jika Anda menggunakan kecepatan refresh 60Hz.

Baca Juga  Spesifikasi Vivo V21 akan Meluncur di Indonesia

6. Kehadiran Xbox Game Pass

Tahukah Anda bahwa Samsung dan Microsoft memiliki kemitraan yang dapat menguntungkan para gamer? Ya, ada fitur Xbox Game Pass yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game Xbox ke berbagai ponsel andalan dan salah satunya jelas Samsung Galaxy Note20.

Kehadiran fitur ini juga berguna ketika kamu bisa membeli berbagai item DLC untuk game Xbox dan PC. Mulai sekarang, dengan aplikasi Xbox Game Pass, Anda juga dapat melakukan streaming game Xbox, misalnya menggunakan Google Stadia, tetapi sekarang dengan jangkauan game yang lebih beragam.

Tampaknya meskipun ponsel ini menekankan pada produktivitas, Galaxy Note20 Ultra masih memadai sebagai perangkat hiburan.

Kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra

Ketika datang ke layar, kamera dan fitur S Pen, ponsel ini layak mendapat nilai tertinggi. Tapi jangan lupa perhatikan kekurangan berikut sebelum membeli.

1. Kamera Belakang terlalu Menonjol

Ponsel ini memiliki fitur kamera yang menawarkan kualitas foto berkualitas tinggi, namun sayangnya hal ini menyebabkan “benjolan” kamera yang berlebihan.

Ini dapat dianggap sebagai ketidaknyamanan yang agak kecil, tetapi masih cukup untuk mengurangi kenyamanan secara keseluruhan. Jika Anda meletakkan ponsel di atas meja, benturan kamera tidak akan membuatnya menempel sepenuhnya pada permukaan yang rata.

Sehingga rupanya hal ini bisa menjadi perhatian nyata bagi para pengguna, karena khawatir ponsel Samsung bisa terpeleset di atas meja dengan permukaan yang agak licin.

2. Chipset Exynos 990 Kurang Berdaya Saing

Sayangnya, di kisaran harga Samsung Galaxy Note20 Ultra tidak hadir dengan chipset yang sangat kompetitif. Pasalnya, Note20 Ultra hanya dibekali chipset Exynos 990 versi global, berbeda dengan versi AS yang sudah berbasis Snapdragon 865+.

Exynos 990 disertai dengan prosesor grafis Mali G77 MP11 dan terdiri dari 8 inti prosesor, termasuk dua 2,73 GHz Mongoose M5s, dua 2,50 GHz ARM Cortex A76s dan terakhir (2 , 0). GHz) dengan empat inti.

Berdasarkan informasi perbandingan benchmark yang diterima dari GSMArena, terlihat bahwa kinerja Samsung Galaxy Note20 Ultra bahkan tidak mampu bersaing dengan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Sementara varian Note20 Ultra mencetak 508.760 poin dalam uji AnTuTu v8, Galaxy S20 Ultra tampil lebih baik dengan 514.485 poin.

Dibandingkan dengan ponsel kelas atas lainnya, iPhone 11 Pro Max dan OPPO Find X2 Pro, ponsel ini jauh di bawahnya. Ini menunjukkan bahwa dalam hal kinerja, Samsung Galaxy Note20 Ultra bukan yang terbaik.

Lain cerita jika ponsel ini ditenagai oleh Snapdragon 865+, chipset yang juga mentenagai ASUS ROG Phone 3. Terlihat bahwa ASUS ROG Phone 3 sejauh ini mendominasi performa HP, bahkan melampaui iPhone 11 Pro Max. .batang.

Ini karena belum ada regulasi 5G di Indonesia, sehingga penggunaan Snapdragon 865+ yang siap 5G oleh Samsung tampaknya berlebihan untuk pasar Indonesia. Mungkin ketika Indonesia memiliki 5G, Samsung akan merilis ponsel andalan berbasis Snapdragon di pasar Indonesia di masa depan.

Baca Juga  Harga HP Samsung M 20 kini semakin dapat dijangkau

3. Fast Charging yang Inferior

Daya tahan baterai yang lama memang menggoda, namun sedikit mengganggu ketika pengguna harus menunggu terlalu lama untuk mengisi daya hingga penuh. Untuk alasan ini, merek ponsel yang berbeda telah menciptakan kemampuan pengisian cepat untuk ponsel dengan kisaran harga yang berbeda.

Khusus untuk ponsel kelas atas dengan lebih dari 10 juta, wajar untuk mengharapkan pengisian cepat yang memberikan kinerja super cepat, seperti OPPO Find X2 Pro, yang mendukung pengisian daya 65W.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa Samsung Galaxy Note20 Ultra hanya mendukung pengisian cepat 25W. Ketika datang ke ponsel kelas menengah, 25W sepertinya sangat banyak. Tapi untuk ponsel canggih seperti Note20 Ultra? Sangat tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan.

4. Ukuran Bodi dan Bobot yang Sangat Besar

Anda harus merasa bahwa ponsel yang bagus juga harus memikirkan portabilitas. Namun, ponsel sering disimpan di saku agar mudah dibawa. Tapi bisakah Anda membawa Samsung Galaxy Note20 Ultra ini di saku Anda dengan mudah?

Tidak juga, karena pada 164,8 x 77.2 x 8.1mm, ponsel ini sangat tebal dan lebar. Anda mungkin kesulitan memasukkannya ke dalam saku dan ini sangat buruk bagi kenyamanan pengguna.

Bobotnya mencapai 208 gram dan pengguna yang menggunakan ponsel terus menerus akan segera merasa lelah atau pegal. Mungkin ini benar-benar “harga” yang harus dibayar untuk menikmati segala kehalusan Samsung Galaxy Note20 Ultra. Tetapi jika ponsel ini bisa lebih ringan, itu akan jauh lebih baik.

Simpulan

Samsung Galaxy Note20 Ultra dirancang untuk pengguna yang ingin meningkatkan produktivitasnya. Ini benar-benar menunjukkan peningkatan fungsionalitas menggunakan S Pen dan pengalaman desktop menggunakan ponsel.

Dalam beberapa kasus, misalnya jika ingin memberikan presentasi, kehadiran ponsel dapat menggantikan peran komputer berkat fungsi Samsung DeX. Orang yang menyukai fotografi dan desain juga akan menyukai Note20 Ultra ini. Berkat kemampuan kamera yang luar biasa, Anda dapat mengambil foto berkualitas dan mengeditnya dengan S Pen untuk hasil kerja yang cemerlang.

Tertarik dengan HP canggih ini? Pastikan Anda memiliki tas kecil untuk menyimpan ponsel karena ukurannya besar sehingga belum tentu muat di saku Anda.

Secara keseluruhan, dengan pro dan kontra, Samsung Galaxy Note20 Ultra bukanlah yang terbaik dalam bisnis ini. Karena hanya unggul dalam pengalaman layar dan desktop, namun selebihnya fitur ponsel ini biasa-biasa saja, misalnya fast charging yang tertinggal jauh dan juga dengan daya saing yang rendah.

Jadilah Samsung Galaxy Note20 Ultra mulai dari Rp. 17.999.000 untuk versi RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Sedangkan varian RAM 8GB dengan penyimpanan internal 512GB dibanderol dengan harga Rp19.999.000. Keduanya bisa dibawa pulang mulai 6 Agustus 2020 melalui Virtual Exposition di situs resmi Samsung.