Cara Membuat Website Gratis Dengan Menggunakan Google Bisnisku

Cara Membuat Website Gratis — Google terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dan tetap menjadi pilihan utama. Salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna online Anda adalah dengan Google Bisnisku atau Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah platform tempat konsumen dapat menemukan bisnis dan layanan yang lebih dekat dengan lokasi mereka menggunakan Google Penelusuran dan Maps.

Membuat dan mengoptimalkan akun Google Bisnisku sangat penting bagi bisnis lokal saat ini. Karena dengan cara ini bisnis mereka mudah ditemukan, ditemukan, dipilih dan dipromosikan. Pelanggan yang awalnya tidak mengetahui bisnis Anda dapat menemukan bisnis Anda dengan menggunakan kata kunci yang cocok dengan bisnis Anda.

Untuk mewujudkan semua ini, Google menawarkan fitur dan layanan ini yang dapat dicoba bagi mereka yang memiliki bisnis dan ingin memindahkannya kembali ke internet secara besar-besaran. Apakah Anda memiliki bisnis atau tidak, Anda juga harus tahu apa sebenarnya Google Bisnisku. Mari kita lihat inovasi Google yang akan datang, cari tahu cara kerjanya, dan dapatkan situs web gratis dari Google Bisnisku.

Cara Membuat Website Gratis
Cara Membuat Website Gratis

Mengenal Apa Itu Google Bisnisku (Google My Business)

Untuk memulainya, Anda harus mengetahui apa itu Google Bisnisku sebelum Anda memutuskan untuk meluangkan waktu untuk mencobanya. Seperti namanya, Google Bisnisku memungkinkan Anda membuat listingan untuk bisnis Anda di Google. Jika konsumen menelusuri bisnis Anda di Google, atau bahkan menelusuri istilah yang terkait dengan bisnis Anda, Anda ingin memastikan bahwa mereka memiliki semua informasi yang mereka butuhkan tentang bisnis Anda, termasuk cara menemukan halaman bisnis Anda, melakukan pembelian, atau menghubungi Anda, Anda dapat pergi dengan perusahaan Anda. .

Pada dasarnya, Google Bisnisku adalah alat gratis yang dibuat untuk membantu bisnis mengelola versi online bisnis mereka di platform Google. Akun Google Bisnisku dapat dianggap sebagai kombinasi dari buku alamat online dan profil media sosial. Mirip dengan direktori online, pemilik bisnis dapat membuat dan mengklaim kepemilikan listingan Google Bisnisku dan mengisinya dengan informasi penting seperti jam buka, lokasi dan folder, serta galeri foto pendukung.

Mirip dengan platform media sosial, pemilik bisnis dapat memposting di profil Google Bisnisku. Mirip dengan metode Social Media Stories, postingan ini tidak permanen dan akan dihapus setelah 7 hari. Masih menggunakan metode platform media sosial, pelanggan dapat mengunggah foto perusahaan Anda ke listing Anda tanpa meninggalkan ulasan atau opini (saran).

Mengenal Seluk Beluk Google Bisnisku

Dengan bantuan Google My Company, Anda tidak hanya dapat membuat lembar data perusahaan di Google, tetapi juga mengelola tampilan perusahaan Anda di salah satu mesin pencari paling populer di dunia. Fitur dan kebebasan untuk mengkonfigurasi dan mengelolanya membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda, seperti:

  • Dorongan dan dukungan dan kontak langsung dengan pengulas
  • Sertakan informasi penting tentang bisnis Anda, seperti jam buka, nomor telepon, dan lainnya
  • Izinkan pelanggan Anda mendapatkan petunjuk arah ke lokasi Anda dengan mudah
  • Promosi acara dan berita perusahaan
  • Tambahkan foto bisnis Anda

Selain itu, Google Bisnisku gratis, sehingga bisnis Anda dapat mendaftar, meminta, dan mengelola cantumannya secara gratis. Anda bahkan dapat mengakses dan memperbarui cantuman Anda dari mana saja dengan aplikasi seluler Google Bisnisku gratis untuk perangkat Android dan iOS. Cara ini tentunya sangat menarik mengingat mobilitas yang tinggi akan cocok untuk segala bisnis online.

Tetapi jika seseorang menghubungi bisnis Anda dan menyebutkan daftar Google Bisnisku yang kedaluwarsa atau meminta pembayaran, mereka mungkin adalah spammer. Perubahan pada Google Bisnisku datang langsung dari Google dan situs web Google Bisnisku, jadi pastikan untuk mendaftar di situs resmi dan hindari jatuh ke dalam perangkap spam.

Sektor Usaha yang Tepat untuk Google Bisnisku

Bisnis apa pun dapat menggunakan Google Bisnisku, meskipun mereka tidak menjalankan etalase untuk menunjukkan penjualan produk fisik. Contoh:

  • Toko ritel
  • Fasilitas manufaktur
  • Restoran
  • Toko e-commerce
  • Dealer mobil
  • Usaha penyedia utilitas

Meskipun bisnis Anda tidak memiliki alamat fisik, Google mengizinkan (dan merekomendasikan) membuat cantuman Google Bisnisku karena dapat membantu orang yang mencari bisnis, produk, dan layanan Anda menemukan Anda.

Cara Mendaftar Google Bisnisku

Cara Membuat Website Gratis , Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Google Bisnisku, apakah Anda siap untuk membuat profil bisnis Anda? Ikuti empat langkah cepat berikut untuk membuat dan mengelola akun Google Bisnisku:

1. Mendaftarkan akun usaha Anda

Buat profil Google Bisnisku dengan mengklaim bisnis Anda di Google. Jika perusahaan Anda memiliki profil Google Bisnisku tetapi tidak memerlukannya, Anda dapat memintanya melalui Google. Anda dapat mendaftar dan membuat profil Anda untuk perusahaan baru.

2. Memasukkan semua informasi mengenai bisnis Anda

Setelah mendaftar atau masuk ke akun Google Bisnisku, tambahkan detail penting perusahaan Anda, yaitu:

a. Nama
b. Alamat dan map
c. Nomor telepon, email dan akun media sosial
d. Jam operasional
e. Jenis industri/sektor usaha Anda

Anda juga dapat menambahkan gambar toko Anda untuk menarik pengguna agar mengunjunginya. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis restoran, Anda juga dapat melampirkan foto hidangan paling populer Anda. Semua informasi ini akan membantu pelanggan Anda terhubung dengan bisnis Anda.

3. Verifikasi akun

Verifikasi akun adalah langkah penting lainnya saat mendaftar ke Google Bisnisku. Setelah meninjau semua informasi Anda dan memastikannya akurat, Anda siap untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik bisnis Anda. Anda dapat memverifikasi aktivitas Anda melalui email, email, telepon, atau Google Search Console. Gunakan Google Search Console untuk pemeriksaan cepat, meskipun opsi ini hanya berfungsi jika Anda sebelumnya telah memverifikasi aktivitas Anda di Google Search Console.

Jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui pos, email, atau telepon, Google akan mengirimkan kode verifikasi kepada Anda. Setelah Anda menerima kode verifikasi, masukkan di Google Bisnisku. Jika Anda memilih untuk memverifikasi bisnis Anda melalui pos, Anda akan menerima kartu pos dengan kode verifikasi dalam waktu 14 hari.

4. Buat pembaruan mengenai bisnis Anda dengan rutin

Meskipun Anda mungkin telah mengajukan dan membuat akun Google Bisnisku, penting bagi tim atau agensi pemasaran digital Anda untuk terus mengoptimalkannya. Jika ada perubahan yang dilakukan pada bisnis Anda, seperti jam buka, lokasi, atau spesialisasi, segera perbarui akun Anda. Mengelola ulasan adalah bagian lain dari pengelolaan profil Google Bisnisku. Anda selalu siap menjawab pertanyaan dan pendapat pengguna, karena dengan berinteraksi dengan kontributor, perusahaan Anda dapat membantu pelanggan yang ada dan yang akan datang

Cara Membuat Website Gratis dari Google Bisnisku

Selain manfaat di atas, pengguna juga dapat memanfaatkan situs web gratis yang disediakan oleh Google Bisnisku. Fitur gratis ini juga dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna yang berbeda. Berkat dukungan AdWords Express, situs web juga dapat disinkronkan dengan informasi di akun Google Bisnisku milik Anda. Untuk mendapatkan situs web gratis dari Google Bisnisku, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman Google Bisnisku dan isi profil Anda
  • Setelah memasukkan dan melengkapi data, klik item menu ‘SITUS WEB’ di bilah kiri
  • Di sini, pengguna dapat mengatur dan menyesuaikan sendiri, seperti memilih tema, mengunggah galeri foto, memilih bahasa, warna, bentuk, dan ukuran font yang akan digunakan.
  • Klik tombol “PUBLIKASIKAN”.
  • Masukkan domain Anda
  • Kemudian klik tombol “LIHAT HALAMAN” untuk melihat seperti apa tampilan situs web baru Anda

Kesimpulan Cara Membuat Website Gratis 

Google selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya, yang selalu membutuhkan informasi yang relevan, berharga, dan akurat. Itulah mengapa Anda harus memanfaatkan peluang ini dan mendaftar ke Google Bisnisku. Namun, jangan ulangi profil dan situs web Anda karena ini akan memengaruhi peringkat Anda di Google nanti.

Jika Anda memiliki bisnis dan lokasi, Anda hanya ingin mengaitkan satu profil perusahaan. Jika tidak, Anda berisiko membingungkan mesin pencari dan konsumen. Selain mempersulit konsumen untuk menemukan bisnis Anda secara online dan offline, jenis inkonsistensi ini juga dapat menciptakan kesan pertama yang tidak teratur dan tidak profesional pada calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu lokasi, Anda dapat mengelola beberapa cantuman dalam satu akun.

Karena terlepas dari ukuran atau industri bisnis Anda, membuat halaman Google Bisnisku akan menguntungkan Anda. Dengan sumber daya ini, Anda dapat memaksimalkan visibilitas Anda di Google, meningkatkan prospek, dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke toko fisik Anda.