Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak boros

Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi  — Di masa-masa yang tidak pasti setelah epidemi Covid, situasi keuangan dunia dan setiap individu menjadi tidak menentu. Tidak bisa dihindari, tetapi pengelolaan keuangan bersama harus dilakukan.

Memiliki uang tidak hanya berarti memuaskan kebutuhan, tetapi juga kemampuan mengelolanya, bahkan menyisihkannya untuk ditabung. Hidup jauh lebih mudah bila Anda memiliki keterampilan keuangan yang baik, sehingga Anda lebih siap untuk setiap krisis keuangan.

Jadi, sudahkah Anda mengelola keuangan pribadi dengan baik? Jika belum, simak tips dan trik mengelola keuangan agar terhindar dari pemborosan dan utang yang tidak perlu.

Manfaat dan Keuntungan Mengatur serta Membuat Anggaran Keuangan Pribadi 

tips mengatur keuangan pribadi
tips mengatur keuangan pribadi

Langkah pertama dalam mengelola keuangan adalah menyiapkan anggaran. Meskipun ini membutuhkan banyak usaha dan ketelitian, ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan gambaran singkat tentang berapa banyak uang yang telah Anda hasilkan dan belanjakan. Menetapkan anggaran berarti ada banyak manfaat, seperti:

  1. Anda akan terhindar dari hutang
  2. Mereka menyelamatkan Anda dan menjebak Anda dari pengeluaran tak terduga
  3. Anda cenderung memiliki peringkat kredit yang baik
  4. Mereka lebih mungkin diterima untuk hipotek atau pinjaman
  5. Anda lebih menghemat dan menggunakan uang Anda hanya sesuai dengan kebutuhan Anda
  6. Tabungan Anda akan lebih baik dan keuangan Anda akan stabil

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Anda tidak memerlukan pekerjaan bergaji lebih tinggi dan Anda tidak perlu menunggu sampai tahun baru untuk membuat resolusi dan mengelola anggaran keuangan Anda. Secara umum, pengelolaan uang lebih cenderung digunakan untuk mengurangi pengeluaran yang dianggap berlebihan, untuk meningkatkan kemampuan berinvestasi dan menabung, atau untuk mencapai tujuan keuangan yang dulunya tampak mustahil.

Bahkan jika Anda merasa keuangan Anda macet atau terlilit hutang, ada cara yang bisa Anda coba untuk mengelola keuangan Anda. Berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Merancang dan membuat anggaran

Banyak orang tidak menganggarkan uang mereka karena mereka tidak ingin melalui proses yang menurut mereka membosankan dalam membuat daftar pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya baik-baik saja. Jika Anda tidak memiliki rencana anggaran, Anda jelas tidak akan tahu ke mana perginya uang Anda.

Parahnya lagi, uang Anda bisa cepat habis bahkan sebelum bulan berakhir. Jadi mulailah merencanakan anggaran Anda segera, dan alih-alih berfokus pada proses penganggaran, fokuslah pada nilai dan manfaat anggaran yang Anda buat.

2. Tetap ikuti anggaran yang telah ditetapkan

Anggaran tidak ada gunanya jika Anda membuatnya dan kemudian meninggalkannya tanpa tindakan nyata. Sering-seringlah merujuk pada anggaran yang Anda tetapkan di atas untuk memandu keputusan pengeluaran Anda.

Perbarui informasi anggaran Anda saat Anda membayar tagihan dan membelanjakan untuk pengeluaran bulanan lainnya. Setiap saat sepanjang bulan Anda harus memiliki semua informasi tentang berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan, dengan mempertimbangkan pengeluaran yang belum dibayarkan.

3. Beri batas untuk pengeluaran yang tidak dianggarkan

Bagian penting dari anggaran Anda adalah pendapatan bersih Anda, atau jumlah uang yang tersisa setelah dikurangi pengeluaran Anda dari penghasilan Anda. Jika Anda memiliki sisa uang, Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal yang menyenangkan, tetapi hanya sampai jumlah tertentu.

Anda tidak dapat membelanjakan lebih dari yang Anda anggarkan, terutama jika anggaran Anda ketat setiap bulan. Jadi, sebelum melakukan pembelian besar, pastikan tidak mengganggu hal-hal lain yang sudah Anda rencanakan dan anggarkan.

4. Selalu lacak pengeluaran Anda

Pembelian kecil yang sering diabaikan bertambah dengan cepat. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menemukan diri Anda menghabiskan anggaran Anda secara berlebihan. Mulailah melacak pengeluaran Anda untuk menemukan tempat-tempat di mana Anda tanpa sadar mengeluarkan uang terlalu banyak.

Ingatlah untuk selalu menyimpan tanda terima Anda dan memasukkan pembelian Anda ke dalam daftar pengeluaran khusus. Ingatlah untuk memberi peringkat anggaran Anda untuk mengidentifikasi area di mana Anda kesulitan mengendalikan pengeluaran Anda.

5. Pastikan Anda membeli sesuai dengan harga yang tepat

Anda bisa memanfaatkannya dan mendapatkan penawaran terbaik jika ingin membandingkan penawaran dan harga produk yang ingin Anda beli. Dengan tips sederhana ini, Anda dapat yakin bahwa Anda hanya membayar harga terendah dari penawaran yang kurang lebih sama. Jangan malu, cari diskon, kupon, dan alternatif yang lebih murah kapan pun Anda bisa.

6. Hindari tagihan bulanan berulang yang baru

Pembayaran sederhana seperti kartu kredit dan aplikasi pembayaran saat ini akan menjebak siapa pun yang menggunakannya dalam utang di masa depan. Jadi, hanya karena pendapatan dan kredit Anda memenuhi syarat untuk pinjaman tertentu tidak berarti Anda harus melakukannya.

Orang sering berpikir bahwa bank tidak akan menyetujui aplikasi kartu kredit atau pinjaman yang tidak mampu mereka bayar. Sebaliknya, bank hanya mengetahui kwitansi dan utang yang dinyatakan dalam laporan kredit Anda, bukan kewajiban yang dapat mencegah Anda membayar tepat waktu. Anda memutuskan apakah pembayaran bulanan nyaman berdasarkan penghasilan Anda dan kewajiban bulanan lainnya.

7. Menabung untuk masa depan

Kemampuan untuk menunda pembelian yang tidak penting benar-benar dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik. Jika Anda menabung daripada menggunakan kartu kredit atau membayar nanti, Anda menghindari membayar bunga atas pembelian ini. Perlu diingat juga bahwa jika Anda melebihi batas kredit dan membayar kemudian, melewatkan akun memiliki beberapa konsekuensi yang harus Anda hadapi nanti.

8. Batasi pembelian dan penggunaan kartu kredit atau pay later Anda

Kartu kredit dan keterlambatan pembayaran adalah musuh terburuk para pembelanja. Tahan keinginan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk pembelian yang tidak mampu Anda beli, terutama untuk hal-hal yang tidak terlalu Anda butuhkan.

9. Tetap menabung secara teratur

Menempatkan uang ke rekening tabungan setiap bulan dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan keuangan yang sehat. Anda juga dapat mengatur agar uang ditransfer secara otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan Anda. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat untuk melakukan transfer kawat setiap bulan.

10. Selalu disiplin dan konsisten dalam menerapkan anggaran keuangan

Pada awalnya Anda mungkin tidak terbiasa merencanakan anggaran keuangan setiap bulan, terlebih lagi karena Anda benar-benar harus berhati-hati dengan detail terkecil dari pengeluaran Anda. Tetapi semakin Anda menjadikan kebiasaan ini sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari Anda, semakin mudah mengelola uang Anda dan semakin baik keuangan Anda nantinya.

Kesimpulan Tips & Cara Mengatur Keuangan Pribadi 

Tidak selalu mudah untuk menulis anggaran yang menunjukkan bagaimana penghasilan Anda dibelanjakan dan disimpan setiap bulan. Tetapi Anda harus melakukannya untuk menghindari dan melakukan pembelian impulsif, jika tidak, Anda benar-benar ingin melunasi hutang yang telah Anda kumpulkan.

Meskipun memulai anggaran agak sulit, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi keuangan dan kesehatan mental Anda. Cara ini menghilangkan dan mengurangi risiko utang dan juga memungkinkan Anda menabung untuk pertama kalinya. Selain itu, akan lebih mudah untuk mengikuti anggaran tertulis dengan mempertimbangkan prioritas dan tujuan Anda.