Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya di Browser

Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya — Pengguna mungkin tidak menyadari bahwa setiap aplikasi atau situs web yang mereka kunjungi memiliki cache. Data cache itu sendiri adalah kumpulan informasi yang disimpan komputer atau perangkat Anda setelah Anda mengunjungi situs web atau aplikasi. Pengembang menggunakan data cache untuk meningkatkan pengalaman online pengguna, dan sebagian besar pengunjung mengharapkan situs web dimuat hanya dalam 2-3 detik.

Hal ini dikarenakan banyaknya website dan aplikasi sehingga terjadi persaingan dimana proses upload sangat berpengaruh. Website atau aplikasi yang sulit dimuat akan menyebabkan pengunjung kehilangan minat dan mereka akan pergi. Di sini, cache sangat penting karena cache membantu situs web dan aplikasi untuk memuat dengan cepat. Perangkat Anda tidak akan lama mendaftar ke server untuk mengunggah semua teks, gambar, dan formulir ke situs web.

Cache memiliki latensi yang sangat rendah, sehingga sangat cepat untuk diakses. Semua perangkat populer saat ini, seperti laptop, tablet, dan ponsel cerdas, memiliki ruang kosong untuk menyimpan jenis data ini untuk akses cepat. Teknik menyimpan data yang di-cache atau file yang di-cache sebagai riwayat di ponsel atau browser web untuk meningkatkan pengalaman pengguna selama kunjungan mendatang ke situs web atau aplikasi disebut caching.

Mengenal Apa yang Dimaksud dengan Cache Data

Alasan utama untuk data yang di-cache adalah untuk mempercepat waktu pemuatan. Oleh karena itu, jika perangkat sudah memiliki tata letak situs web berupa data cache, perangkat tidak perlu memuat ulang data yang sama, membantu mempercepat proses pemuatan situs web. Meskipun data cache berguna untuk komputer, smartphone, dan tablet, sayangnya , cache dapat menghabiskan ruang di perangkat Anda dan menjadi rusak seiring waktu.

Memiliki data cache pada perangkat Anda dapat membantu dengan situs yang Anda kunjungi secara teratur, tetapi juga dapat menjadi pemborosan untuk situs yang hanya Anda kunjungi sekali. Sedangkan data yang di-cache berupa file, gambar dan script yang secara otomatis tersimpan di komputer atau ponsel Anda ketika Anda browsing web. Caching mempercepat proses browsing dengan menyediakan item-item tersebut pada saat Anda membuka website tertentu lagi.

Cara Kerja Data Cache

Data cache bekerja dengan menyimpan data dalam memori perangkat untuk akses nanti. Data disimpan tinggi di memori komputer, langsung di bawah unit pemrosesan pusat (CPU). Itu kemudian disimpan dalam beberapa tingkatan, dengan tingkat cache utama dibangun ke dalam chip mikroprosesor perangkat, diikuti oleh dua tingkat sekunder lagi yang memberi daya pada tingkat utama. Kami menyimpan data ini hingga masa pakainya (TTL), yang menunjukkan berapa lama konten perlu di-cache, berapa lama akan kedaluwarsa, atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk men-cache disk atau hard drive perangkat. Data normal biasanya di-cache dengan dua cara: melalui cache atau memori browser, atau melalui CDN beranotasi:

1. Cache browser dan memori

Cache memori menyimpan data secara lokal di komputer yang menjalankan aplikasi atau browser. Saat browser aktif, sumber daya yang diunduh disimpan dalam memori akses acak (RAM) atau di hard drive. Lain kali sumber daya diperlukan untuk memuat halaman web, browser menariknya dari cache alih-alih server jarak jauh, membuatnya lebih cepat untuk mengambil sumber daya dan memuat halaman.

2. CDN

Caching adalah salah satu aktivitas CDN, yang menyimpan data di lokasi yang terdistribusi secara geografis untuk mengurangi waktu muat, menangani lalu lintas dalam jumlah besar, dan melindungi dari serangan dunia maya. Permintaan browser dirutekan ke CDN lokal, yang pada gilirannya mengurangi jarak yang ditempuh oleh data respons dan mentransfer sumber daya lebih cepat.

Memahami Penting dan Manfaat Data yang di Cache

Setiap kali pengguna mengunjungi situs web baru, browser mereka harus mengunduh data untuk memuat dan melihat konten halaman. Untuk mempercepat proses ini, selama kunjungan pengguna di masa mendatang, browser menyimpan konten halaman dalam cache dan menyimpan salinannya di hard drive perangkat. Akibatnya, ketika pengguna mengunjungi situs lagi, konten sudah disimpan di perangkatnya dan halaman dimuat lebih cepat.

Karena cache menawarkan latensi yang sangat rendah, yang berarti tersedia dengan cepat, cache akan mempercepat pemuatan saat pengguna mengakses aplikasi atau situs web berikutnya. Namun, cache tidak dapat menampung banyak memori, sehingga hanya menyimpan file kecil. seperti gambar dan teks web. Data itu sendiri dapat di-cache dengan banyak cara, tetapi biasanya pemilik situs web menentukan header yang memberi tahu alat ini data apa yang dapat di-cache dan untuk berapa lama. Ini memberi tahu browser pengguna informasi apa yang harus diunduh dan di mana menyimpan file sementara. Pengguna kemudian dapat membuat kebijakan dan pengaturan data cache dan bahkan menghapus seluruh cache untuk mengurangi jumlah data yang disimpan di perangkat mereka.

Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya
Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya

Cara Menghapus Cache Data di Browser

Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya, Tidak dapat disangkal bahwa caching data penting karena membantu mempercepat kinerja aplikasi dan meningkatkan efisiensi. Proses ini menyimpan data secara lokal, yang berarti browser dan situs web memuat lebih cepat karena item login, seperti gambar halaman beranda, telah diunduh lebih awal. Pengguna internet biasanya meninggalkan situs web yang memuat terlalu lambat, menjadikan caching penting bagi pemilik situs web untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong orang untuk menggunakan situs web mereka.

Selain kelebihan, penyimpanan data juga memiliki kekurangan. Caching dapat meningkatkan kinerja browser, tetapi juga berisiko memaparkan data rahasia atau sensitif pengguna kepada penjahat dunia maya. Selain itu, cache data dapat membuat kredensial, riwayat penelusuran, atau token sesi rentan, terutama jika browser tetap terbuka atau pengguna lain mengaksesnya. Sementara itu, membersihkan cache dapat bervariasi tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Data cache dapat dihapus di browser web apa pun menggunakan prosedur berikut:

1. Apple Safari

Buka Safari dan pilih History, lalu Clear History untuk menghapus semua data yang tersimpan di browser. Ini kemudian akan memuat menu tarik-turun yang memungkinkan Anda memilih data dari jam terakhir, hari terakhir, dua hari terakhir atau seluruh riwayat pengguna, yang akan menghapus seluruh riwayat penelusuran, semua cookie, dan seluruh cache browser . Pengguna Safari juga dapat memilih situs web individual dalam riwayat mereka, klik kanan pada mereka dan menghapusnya.

2. Google Chrome

Buka Chrome dan pilih ikon Pengaturan, yang memiliki tiga titik vertikal di sudut kanan atas browser. Pilih “Alat lainnya” dan kemudian “Hapus data penelusuran”. Pada halaman berikutnya, centang kotak untuk gambar dan file yang di-cache, cookie, dan situs web dan data plug-in. Kemudian gunakan opsi untuk memilih jumlah data yang akan dihapus dari hari terakhir hingga awal jam. Setelah selesai, pilih Hapus data penelusuran. Proses ini berfungsi di komputer Chrome dan perangkat Android dan iOS.

3. Mozilla Firefox

Buka Firefox, klik tombol Library, lalu pilih “History”, lalu “Clear recent history”. Pilih periode waktu untuk menghapus data cache, lalu klik panah di samping “Detail” untuk memilih informasi yang ingin Anda hapus. Pilih “Hapus Sekarang” untuk menghapus data cache.

Kesimpulan Mengenal Cache Data dan Cara Menghapusnya

Membersihkan cache dapat menjadi tindakan untuk menjaga keamanan data dan informasi Anda, meskipun menyimpan cache juga dapat membuat pengalaman login menjadi lebih mudah. Tetapi ada banyak alasan lain untuk menghapus cache, terutama di aplikasi, karena dapat mengosongkan penyimpanan tambahan untuk mencegah ponsel dan aplikasi Anda melambat seiring waktu. Sementara itu, jika menghapus data yang tersimpan di browser berarti menghapus informasi yang tersimpan di cache CPU.

Ini dapat berguna jika pengguna kehabisan ruang penyimpanan di perangkat mereka atau jika mereka telah menyimpan informasi dari situs web yang tidak lagi mereka gunakan. Menghapus cache juga dapat memperbaiki halaman yang tidak dimuat dengan benar, tetapi memperlambat waktu pemuatan halaman untuk situs yang dikunjungi sebelumnya. Jelas, ini akan memuat situs web apa pun seolah-olah pengguna belum pernah mengunjunginya sebelumnya dan dapat menghapus data yang disimpan, login situs web, dan lainnya, jadi pengguna harus berhati-hati dengan apa yang mereka hapus sebelum melanjutkan dengan penghapusan data yang di-cache.