Tips dan Trick Membangun Website Kuliner Yang Baik

Tips dan Trick Membangun Website Kuliner — Di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali website baru yang dibuat dengan tema dan tujuan yang berbeda-beda. Salah satu jenis website yang juga sedang marak adalah website kuliner, yang tidak hanya melakukan branding tetapi juga menjual produknya secara online.

Mengingat ketersediaan internet yang tidak terbatas, para pengusaha kuliner dapat berbagi informasi tentang bisnis mereka di bidang apa pun. Konsumen dapat menemukan berbagai referensi makanan dan informasi tambahan lainnya, seperti ulasan konsumen tentang masakan dan layanan restoran, alamat dan jam buka, serta variasi menu yang tersedia.

Sebuah bisnis kuliner atau restoran dengan website sendiri membantu konsumen lebih banyak dan biasanya memiliki brand yang solid. Bisnis kuliner dengan website yang stabil juga memiliki desain tematik yang konsisten dan harmonis.

Website kuliner yang selalu up to date dan dengan konten yang menyenangkan mendapatkan lebih banyak perhatian dan menarik lebih banyak pengunjung. Jika Anda ingin membuat website kuliner untuk bisnis Anda, Anda bisa mencoba berbagai layanan domain dan web hosting gratis dan berbayar.

Demikian juga, platform pembuat situs web dari Blogger (blogspot) hingga WordPress menawarkan kepada pengguna berbagai opsi tema premium.

Tips dan Trick Membangun Website Kuliner
Tips dan Trick Membangun Website Kuliner

Elemen- elemen dasar sebuah website kuliner

Mempersiapkan segala kebutuhan, baik yang mendasar maupun pengembangannya, akan membuat website kuliner Anda lebih siap dan profesional. Berikut adalah beberapa item dukungan situs web penting yang perlu Anda selesaikan:

  • Pilihan platform website

Blogger dan WordPress adalah dua opsi penting untuk pengembangan situs web, karena kedua platform ini tidak hanya menawarkan desain yang menarik dan opsi tambahan, tetapi juga gratis. Saat memilih platform untuk sebuah website, Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah yang akan dilakukan, karena setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Domain dan hosting

Domain adalah nama yang Anda gunakan sebagai brand kuliner atau citra perusahaan Anda, jadi pilihlah nama domain yang singkat, unik dan mudah diingat untuk membangun citra perusahaan Anda lebih cepat. Meskipun hosting merupakan support untuk domain Anda, sebaiknya carilah penyedia domain yang stabil dan kuat sebagai wadah untuk domain Anda.

  • Pengaturan konten

Hindari tema dan pola berat dengan latar belakang hitam dan kontras. Disarankan untuk menggunakan latar belakang yang terang dengan tata letak yang mudah diakses. Karena jika anda menggunakan tema website yang terlalu rumit akan mempengaruhi login dan SEO anda.

  • Pengaturan konten

Buat dan atur konten Anda dengan cara terbaik untuk melihat dan menggunakan tema sederhana dan kompatibel saat mengakses dari desktop, laptop, atau perangkat seluler.

Tips dan trick membuat website kuliner menarik

Setelah memastikan elemen dasar website kuliner di atas terpenuhi, Anda bisa menerapkan tips dan trik berikut ini:

1. Pajang foto menu makanan semenarik mungkin

Sebuah situs kuliner tentu tidak lengkap tanpa mengunggah foto masakan yang menggugah selera. Edit dan beri tanda air pada setiap foto yang Anda unggah untuk mencegah siapa pun yang ingin mencuri foto Anda.

Ambil foto dengan positioning, lighting, dan elemen pendukung lainnya yang bisa Anda gunakan untuk melihat ide dan tema melalui foto Instagram dan media sosial lainnya. Jangan gunakan warna fotografi yang terlalu soft atau overexposed, melainkan gunakan pencahayaan yang lambat tanpa menghilangkan warna asli dan nilai jual makanan tersebut.

2. Cantumkan infomasi kontak dan foto keseluruhan restaurant

Foto interior dan tampilan keseluruhan restoran Anda dengan bidadari foto gigi. Sesuaikan pencahayaan dan penempatan kursi dan meja. Jangan lupa sertakan alamat, nomor kontak dan peta yang bisa dihubungkan langsung secara online dan GPS untuk memudahkan calon pelanggan melacak kedatangan restoran Anda.

3. Buatlah kolom testimoni pelanggan dan rating yang mereka berikan

Saat ini review atau rekomendasi sangat berpengaruh terhadap daya tarik pengunjung. Dengan pesatnya perkembangan media sosial, orang tidak perlu lagi mencoba semuanya sendiri, tetapi percayalah kepada mereka yang telah mencoba produk tersebut sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Rating juga berperan penting dalam penjualan makanan, Menu A belum tentu semenarik Menu B, karena Menu A mendapat lebih banyak bintang. Jika restoran Anda menggunakan fitur penilaian ini, Anda dapat dengan jelas melihat dan membuat strategi pemasaran untuk meningkatkan dan menjualnya nanti.

4. Buatlah artikel yang menarik

Selain mengunggah foto makanan dan menu yang tersedia, artikel merupakan tips promosi yang baik, terutama yang menyertakan kata kunci dan optimisasi mesin pencari. Di sini Anda juga dapat berbagi resep dan informasi tentang tren bahan atau pengolahan makanan yang sedang populer saat ini.

5. Tautkan semua link social media yang ada

Sertakan tautan ke semua tautan media sosial di situs web Anda. Anda dapat mengubah pengaturan secara real time, sehingga pengunjung dapat melihat atau melihat pratinjau informasi media sosial terbaru tanpa membuka tautan. Manfaat menyertakan tautan media sosial adalah pengunjung lain hanya dapat melihat interaksi Anda dengan pengunjung media sosial lain melalui situs web.

6. Memberi Tawaran dan Voucher

Untuk menarik lebih banyak pengunjung yang akan membeli produk Anda, salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan memberikan diskon atau kupon. Misalnya, Anda dapat menarik minat mereka dengan menawarkan diskon jika pelanggan melakukan reservasi online atau mencoba menu tertentu.

7. Jalin kerjasama dengan aplikasi makanan dan food blogger

Kemudahan yang ada saat ini juga mencakup banyaknya aplikasi makanan yang tumbuh seperti jamur dengan keuntungan bekerja sama dengan beberapa merchant dalam satu aplikasi. Jika Anda tidak memiliki aplikasi sendiri, Anda dapat bergabung dengan aplikasi yang lebih besar dan lebih profesional.

Selain kompetisi makanan, kamu juga bisa mengajak dan mendukung orang-orang yang berkompeten di bidangnya yaitu food blogger (vlogger atau influencer). Food blogger adalah mereka yang menyukai bidang kuliner dan memiliki keterampilan yang berkembang dengan baik dalam penjelasan produk, fotografi, dan interaksi online.

Anda juga bisa menggunakan jasa micro-influencer, orang yang juga melakukan pemasaran produk secara online, sehingga produk Anda banyak mendapat perhatian, karena banyak orang yang terus-menerus memuat produk makanannya.

Kesimpulan Tips dan Trick Membangun Website KulinerĀ 

Memulai website restoran tidak sesulit yang Anda bayangkan, Anda hanya perlu konsisten. Perhatikan semua elemen esensial tanpa terkecuali, karena semua elemen tersebut merupakan penopang hidup website.

Bijaksanalah saat memilih platform, nama domain, tagline, dan hosting Anda. Anda dapat melakukan riset di situs kuliner itu sendiri dan mencatat pro dan kontra dari tema dan tata letak yang Anda cari.

Dari sini Anda dapat memilih desain yang tepat untuk situs web kuliner Anda, karena tema dan tata letak tidak lagi dapat diubah setiap saat untuk menjaga kecepatan lalu lintas dan minat pengunjung situs web kuliner Anda.

Pertahankan profesionalisme dan leitmotif website makanan Anda, hindari menyisipkan artikel atau foto yang tidak ada hubungannya dengan restoran Anda. Hubungan kerja yang baik dengan food apps dan kuliner influencer juga harus selalu dijaga dengan baik karena ini adalah zaman di mana orang mempercayai testimoni dan review dari mereka yang menggunakan media sosial sebagai alat promosi daripada yang lain metode tradisional.