Apa Itu AdSense dan Cara Memanfaatkannya Untuk Mendapatkan Uang

Apa Itu AdSense — Bagi mereka yang memiliki situs web atau blog, ada banyak peluang untuk memanfaatkan dan memonetisasi lalu lintas situs web Anda. Sebagian besar metode periklanan ini umumnya melibatkan iklan produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung situs web. Ada banyak program periklanan untuk dipilih dan menghasilkan uang, meskipun yang paling populer dan dikenal adalah Google AdSense.

Diluncurkan oleh Google pada pertengahan 2003, AdSense telah menjadi program periklanan paling populer di Internet dan pilihan terbaik bagi pemilik blog dan situs web. Ini adalah peluang besar bagi webmaster dan pemilik situs web untuk memonetisasi lalu lintas mereka karena Google membayar lebih dari $ 10 miliar kepada orang-orang yang melihat iklan di halaman situs web mereka.

Meskipun Google AdSense adalah cara populer untuk mendapatkan uang melalui iklan di situs web atau blog online Anda, ada banyak alternatif AdSense yang harus Anda coba, seperti Adversal, PopCash, Adbuff, dan lainnya. Namun, jika Anda ingin mencoba program periklanan yang dapat dimasukkan ke dalam situs Anda, mari kita lihat penjelasan AdSense berikut sebagai cara tambahan untuk mendapatkan uang.

Apa Itu AdSense
Apa Itu AdSense

Mengenal Apa Itu AdSense dan Cara Kerjanya

Apa Itu AdSense ? AdSense, atau lebih dikenal dengan Google AdSense, adalah program periklanan yang dapat Anda gunakan untuk memonetisasi konten seperti blog, situs web, atau video YouTube. Pelanggan membayar untuk beriklan di Google dan Anda akan memperoleh sebagian dari pembayaran itu dengan menampilkan iklan di situs web, blog, atau saluran Anda. Keanggotaan dan pendaftaran AdSense sepenuhnya gratis, jadi berhati-hatilah jika terjadi sebaliknya. Hanya saja sebelum Anda dapat menyematkan iklan di situs Anda, Google harus terlebih dahulu menyetujui situs Anda. Sayangnya, Google tidak mengungkapkan kriteria persetujuan, tetapi jika situs Anda memiliki konten unik dan memenuhi pedoman AdSense, Anda dapat mendaftar. Google juga memiliki batasan usia, yang ingin mendaftar harus berusia minimal 18 tahun.

Setelah permohonan Anda disetujui, Anda dapat mengatur iklan mana yang akan ditampilkan di situs Anda dan memilih jenis iklan yang ingin Anda jalankan dan di mana iklan tersebut akan muncul di situs Anda. Tetapi mereka yang memiliki iklan dan muncul di situs Anda menawar hak mereka untuk berada di sana. AdSense sendiri memungkinkan pengiklannya bersaing untuk mendapatkan ruang di situs Anda berdasarkan konten Anda dan kemungkinan pengunjung mengklik iklan Anda. Google menentukan iklan ini berdasarkan Angka Mutu pengiklan.

Perlu diingat bahwa ada dua faktor yang berperan di sini, yaitu rasio klik-tayang atau rasio klik-tayang (CTR), yang merupakan persentase pengunjung situs web Anda yang menurut Google akan mengklik iklan Anda. Sedangkan rasio lainnya adalah apa yang disebut sebagai faktor yang mempengaruhi kualitas pengalaman pengguna dari melihat iklan. Meskipun Google tidak mengungkapkan faktor terakhir saat menautkan ke situs resmi Anda, pengalaman beriklan dan relevansi halaman arahan adalah kuncinya.

Memahami Kelebihan dan Kekurangan AdSense

Bagi mereka yang ingin mendaftar AdSense, pahami sekali lagi bahwa AdSense memiliki aturan yang ketat dan merupakan tanggung jawab pengiklan untuk memahami dan mematuhi aturan tersebut. Tetapi meskipun AdSense adalah ide yang brilian untuk ketiga pihak, Google, pemilik iklan, dan Anda, pemilik situs web dan blog tempat iklan akan muncul nanti, AdSense memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan AdSense

  • Siapa pun dapat mendaftar dan memenuhi persyaratan, bahkan situs baru dapat bergabung secara gratis.
  • Anda dapat menyesuaikan tampilan iklan dan memilih dari berbagai format iklan yang tersedia.
  • Gunakan akun AdSense yang sama untuk menampilkan iklan di beberapa situs.
  • Iklan juga aktif berjalan di umpan RSS dan perangkat seluler.
  • Setelah Anda mencapai ambang $100, Google akan membayar Anda setiap bulan.
  • Untuk pendaftar akun YouTube, jika akun YouTube Anda memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, publisher dapat menggunakan AdSense di akun YouTube Anda.

Kekurangan AdSense

  • Penerbit membutuhkan lalu lintas murni untuk menghasilkan uang.
  • Jika Anda melanggar salah satu aturan atau kebijakan, Google akan segera menutup akun Anda.
  • Butuh waktu untuk mendapatkan dolar yang signifikan, dan sayangnya, tidak semua orang menyukai metode ini.
  • Untuk penayang yang juga mempromosikan produk mereka sendiri atau afiliasi, iklan AdSense dapat bersaing di situs Anda dengan produk atau layanan lain yang membayar lebih tinggi.

Cara Memanfaatkan AdSense Untuk Mendapatkan Uang

Ini populer dan sederhana, untuk menghasilkan banyak uang dengan AdSense, Anda memerlukan rencana terpisah. Berikut adalah beberapa kiat untuk memaksimalkan pendapatan AdSense dan menghasilkan lebih banyak:

  1. Webmaster harus mematuhi Kebijakan Webmaster Google dan Kebijakan Program AdSense.
  2. Buat konten hebat yang akan disukai pasar target Anda karena pada akhirnya Anda akan menghasilkan uang, melalui AdSense atau metode monetisasi lainnya, dengan mengirimkan konten yang berharga dan lalu lintas berkualitas ke blog atau situs web Anda.
  3. Anda diizinkan tiga penempatan iklan standar per halaman, jadi manfaatkan sebaik-baiknya.
  4. Jangan mengklik iklan Anda atau meminta orang lain untuk mengkliknya, itu bisa berbahaya. Tidak membeli layanan bayar per klik (PPC) atau menggunakan program yang mengarahkan lalu lintas ke halaman AdSense adalah melanggar aturan. Ingatlah bahwa Google tidak terlalu lunak dalam melanggar aturan, jadi pastikan untuk mengikutinya agar tidak diblokir.
  5. Google dapat membanjiri Anda dengan alat dan umpan balik, tetapi akan melakukan yang terbaik untuk menganalisis data untuk melihat apa yang dikatakan hasilnya sehingga Anda dapat memaksimalkan upaya Anda.
  6. Gunakan teknik pemasaran situs web yang jujur ​​untuk menciptakan lalu lintas organik. Manfaatkan SEO atau optimisasi mesin pencari dan pemasaran artikel efektif untuk mengarahkan lalu lintas gratis ke situs web Anda.
  7. Pastikan situs web atau blog Anda ramah seluler, responsif terhadap banyak orang yang menggunakan perangkat seluler. Selain itu, pastikan

Gunakan Iklan Responsif

  1. Anda menggunakan iklan responsif sehingga Google dapat menayangkan iklan dengan ukuran yang tepat ke perangkat seluler yang melihat situs Anda.
  2. Sertakan iklan di konten Anda untuk visibilitas, yang berarti menempatkan iklan di artikel Anda, yang dapat meningkatkan klik karena akan terlihat saat membaca posting.
  3. Uji jenis dan penempatan iklan untuk menemukan opsi yang menghasilkan pendapatan terbanyak – mulai dengan ukuran standar yang disarankan, lalu lanjutkan untuk melihat apakah satu ukuran menghasilkan lebih banyak klik daripada yang lain.
  4. Membaca email Google bisa menjadi sangat penting jika Google mengirimi Anda peringatan tentang sesuatu yang tidak mereka sukai dari situs Anda. Kegagalan untuk mengeluh ke Google akan mengakibatkan penghentian program AdSense dan akan berdampak buruk bagi Anda.

Kesimpulan Apa Itu AdSense 

Cara umum untuk memonetisasi blog atau situs web Anda adalah dengan menggunakan Google AdSense. Meskipun ini bukan cara cepat untuk menghasilkan uang, butuh waktu lama untuk mendapatkan beberapa hasil jika Anda menempatkan iklan di halaman Anda. Namun, mengetahui cara menggunakan Google Adsense juga dapat menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Mendaftarkan dan mengamankan situs web dan blog untuk menampilkan iklan AdSense adalah pekerjaan yang cukup rumit, meskipun itu tidak berarti bahwa ini adalah teknik monetisasi yang buruk. Anda hanya perlu lebih berhati-hati dan menghindari cara-cara kotor di AdSense agar Google tidak mem-blacklist website dan blog Anda.