Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer

Aplikasi Text Editor untuk Programmer — Apakah Anda seorang pengembang web baru atau pemrogram veteran, Anda memerlukan editor kode yang cukup kuat untuk menangani semua yang dapat Anda lakukan. Fakta bahwa Anda secara alami membutuhkan dukungan editor teks terbaik membuat penyandian menjadi mudah tanpa masalah pemformatan yang merusaknya. Terutama ketika kebanyakan orang yang tidak terbiasa dengan pemrograman belajar dengan cara yang sulit bahwa pilihan pengkodean pertama mereka menyebabkan masalah dengan kode itu sendiri, seperti tidak menampilkan pemformatan dengan benar.

Intinya, editor teks terbaik tidak hanya sederhana, tetapi juga fungsional dan mudah digunakan. Tidak masalah jika Anda memprogram di Linux, Mac, atau PC Windows, editor teks Anda harus mudah digunakan dan melakukan pekerjaan yang dirancang untuknya. Sebagai seorang programmer atau programmer, membuka editor teks favorit Anda pasti akan membuat pekerjaan Anda lebih lancar dan cepat.

Baik Anda mencari aplikasi latar belakang untuk ditempelkan ke cuplikan kode, atau Anda memerlukan editor teks yang kuat dengan fungsionalitas gaya IDE, Anda akan menemukannya di kumpulan editor teks terbaik kami. Berikut adalah beberapa tips aplikasi pengolah kata untuk programmer, baik berbayar maupun gratis, untuk semua level programmer baru dan berpengalaman.

Aplikasi Text Editor untuk Programmer
Aplikasi Text Editor untuk Programmer

Mengenal Apa Itu Text Editor

Pengolah kata adalah program komputer yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan, mengedit, menyimpan, dan umumnya mencetak teks (karakter dan angka yang dikodekan oleh komputer dan perangkat input dan outputnya, diatur dengan cara yang berarti bagi pengguna atau program lain). Pengolah kata biasanya menyediakan layar kosong atau halaman yang dapat digulir dengan panjang baris tetap dan nomor baris yang terlihat. Anda kemudian dapat mengisi baris dengan teks satu per satu.

Perintah khusus memungkinkan Anda membuka halaman baru, menggulir maju atau mundur, membuat perubahan global pada dokumen, menyimpan dokumen, dan banyak lagi. Setelah menyimpan dokumen, Anda dapat mencetak atau melihatnya. Anda dapat memformatnya untuk perangkat keluaran tertentu atau kelas perangkat keluaran sebelum mencetak atau melihat. Anda juga dapat menggunakan editor teks untuk menentukan sumber daya bahasa pemrograman atau membuat dokumen seperti manual teknis.

Biasanya editor teks populer pada mainframe atau mainframe IBM disebut XEDIT. Pada sistem UNIX, dua editor teks yang paling umum digunakan adalah Emacs dan Vi. Pengolah kata lebih umum daripada editor teks di sistem komputer pribadi. Namun, editor teks mainframe dan UNIX memiliki versi yang dapat digunakan pada komputer pribadi, contohnya adalah KEDIT, yang pada dasarnya adalah XEDIT untuk Windows.

Rekomendasi Aplikasi Text Editor Terbaik

Aplikasi Text Editor untuk Programmer , Bagi banyak programmer, editor teks adalah pilihan individu berdasarkan kebutuhan dan preferensi pribadi. Berikut beberapa rekomendasi editor teks favorit banyak programmer yang bisa Anda coba nanti.

  • Sublime Text

Untuk beberapa programmer, Sublime Text adalah editor teks standar. Sebagai editor teks kaya fitur yang indah untuk mengedit kode yang mengutamakan pengalaman pengguna, fitur-fiturnya mencakup kebingungan dan pengeditan terpisah, serta pintasan dan pencarian cepat. Ada banyak pintasan keyboard yang dapat melakukan apa saja mulai dari membuka file hingga menampilkan dan menyembunyikan bilah sisi, menggandakan baris, membuka nomor baris tertentu, membuka pemeriksa ejaan. Sublime memiliki repositori yang sangat aktif yang terus menambahkan fitur baru lama setelah pengunduhan awal. Meskipun tidak gratis dan Anda harus membayar $80 untuk mendapatkan lisensi untuk menggunakannya, Sublime Text dapat diandalkan karena penggunanya mendapatkan fitur tambahan.

  • Visual Studio Code by Microsoft

Sejak dirilis pada tahun 2015, Visual Studio Code (atau VS Code) dengan cepat menjadi standar untuk pengembangan perangkat lunak. Seperti kebanyakan produk Microsoft, VS Code tersedia di semua platform utama. Ini berarti bahwa pengembang Mac, Windows dan Linux dapat menggunakan alat yang sangat kuat ini. Meskipun sebenarnya bukan IDE, yang sebenarnya merupakan produk terpisah, VS Code dapat menangani sebagian besar tugas IDE dengan konfigurasi dan pustaka plugin yang benar.

Komunitas VS Code sangat sibuk dan bekerja untuk kepentingan semua orang. Karena VS Code adalah open source, komunitas bekerja sangat keras untuk menjaga VS Code tetap kompetitif dengan bidang lain. Dengan kode yang ditulis dalam Node.js dan Electron, Anda dapat yakin bahwa kode tersebut tidak akan ketinggalan zaman atau ketinggalan zaman dalam waktu dekat, dan sepenuhnya gratis dan berjalan pada sistem operasi apa pun yang ada.

  • Notepad++

Tidak diragukan lagi, editor teks canggih paling populer di pasaran adalah Notepad ++, yang hadir dalam paket ringkas dan komponen pengeditan yang kuat tanpa biaya. Kami menyediakannya secara gratis di bawah Lisensi Publik Umum, yang berarti bahwa semua pengembang dan pembuat konten dapat segera memanfaatkan editor teks setelah mengunduh dengan cepat. Notepad ++ bekerja dengan baik di Microsoft Windows dan mencoba menggunakan daya komputasi yang lebih sedikit daripada editor teks rata-rata. Salah satu kelebihan Notepad ++ adalah fakta bahwa Notepad ++ telah diterjemahkan ke lebih dari 80 bahasa, sehingga dapat diakses oleh orang-orang di seluruh dunia. Juga, Anda dapat menerjemahkan Notepad ++ ke dalam bahasa asli Anda jika Anda tidak dapat menemukan bahasa tersebut dalam daftar terjemahan.

  • Espresso

Espresso adalah editor kode khusus Mac yang kuat dan lancar yang membantu penggunanya mengedit CSS dalam waktu yang lebih singkat, sebagian berkat antarmuka pengeditannya. Dibuat untuk pengeditan waktu nyata, editor teks unik ini dibagi menjadi tiga kolom yang terdiri dari File, Editor Kode, dan Navigator, yang memungkinkan Anda melihat berbagai bagian kode yang sedang Anda kerjakan. Spa yang dimodifikasi di jendela akan selalu muncul di browser dan Anda dapat menarik dan melepas konten ke antarmuka Espresso untuk memperbaruinya secara real time di backend.

  • Brackets

Editor open source gratis lainnya adalah Brackets, yang memudahkan untuk mendesain di browser. Untuk desainer web dan pengembang front-end, editor Brackets bawaan menawarkan berbagai alat pengkodean, termasuk tampilan waktu nyata dari situs web yang sedang berjalan, dengan perubahan yang tercermin dalam waktu nyata. Bracket dikembangkan oleh Adobe dan tentu saja memungkinkan pengguna untuk mengekstrak informasi seperti warna, gradien, font, dan pengukuran langsung dari file PSD sebagai CSS murni. Dengan demikian, ini adalah alat yang sangat diperlukan untuk setiap desainer UI sebagai salah satu alat andalan mereka.

  • Coda 2

Sudah ada sejak lama, Coda 2 sudah ada dan memiliki antarmuka pengguna yang indah yang merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak yang terus diperbarui. Seperti Atom dan Sublime Text, ia memiliki perpustakaan plugin yang berkembang pesat sehingga siapa pun dapat berkontribusi. Fitur yang menarik adalah Anda dapat menyinkronkan ruang kerja Anda, termasuk klip dan pengaturan, dengan perangkat lain yang sedang Anda kerjakan, sehingga Anda tidak akan pernah melupakan proyek yang sedang Anda kerjakan. Aplikasi versi Mac hadir dengan versi iOS pelengkap yang memungkinkan Anda memeriksa dan mengubah kode dan menemukan masalah saat bepergian.

Kesimpulan Aplikasi Text Editor untuk Programmer 

Definisi formal pengolah kata adalah program yang digunakan untuk mengedit file teks biasa. Pada dasarnya, editor teks adalah program di komputer Anda yang memungkinkan Anda membuat dan mengedit berbagai file bahasa pemrograman tempat Anda menulis kode. Selain itu, editor teks juga menangani pengkodean manual dalam berbagai bahasa yaitu HTML, CSS, JavaScript, PHP, Ruby, Python, dll.

Karena ada banyak vendor pengolah kata di luar sana, setiap programmer harus memiliki preferensi mereka sendiri atau, untuk programmer baru, mereka akan mencari yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Itu sebabnya Anda dapat bertualang untuk menemukan editor teks yang menyederhanakan pekerjaan Anda dan memenuhi kriteria Anda, baik itu gratis, berbayar, mudah digunakan, dapat disesuaikan, dan lain-lain.