Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow di WordPress untuk SEO

Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow  — Tidak jarang sebuah situs web menyertakan hyperlink atau tautan ke halaman webnya dan kontennya untuk ditautkan ke situs lain. Google merayapi setiap tautan atau pembuatan tautan tanpa kecuali. Baik itu internal link atau backlink, tidak mengherankan jika link building dapat membantu membangun reputasi situs web, tetapi juga bisa buruk.

Karena semua backlink yang terpasang juga mempengaruhi reputasi masing-masing. Jadi, jika Anda menautkan ke situs yang tidak memiliki reputasi baik, itu juga akan memengaruhi reputasi dan kredibilitas situs Anda. Jadi setiap backlink yang ingin Anda tambahkan harus terlebih dahulu diperiksa validitasnya karena reputasi situs Anda dipertaruhkan.

Karena Google sebelumnya telah merayapi setiap situs web dan tautan, reputasi Anda sangat bergantung pada peringkat Google. Juga, jika Anda masih ingin menautkan tautan, berikan tautan yang sesuai dan Anda juga dapat mengatur Tautan Ikuti dan Tidak Ada Tautan saat membangun pembuatan tautan. Pelajari lebih lanjut tentang dua istilah penautan baru ini.

Perbedaan Do Follow dan No Follow Link

Nofollow adalah atribut HTML yang dirancang untuk mengkodekan Google dan mesin pencari lainnya untuk mengabaikan nilai SEO dari tautan tertentu. Singkatnya, atribut HTML nofollow mencegah Google mengikuti tautan atau URL yang disematkan. Sedangkan No Follow Link umumnya tidak digunakan untuk link yang bagus. Misalnya, domain dengan persentase negatif atau tautan yang dapat menyebabkan spam, seperti tautan di kolom komentar.

Do Follow Link sebenarnya bekerja dengan memberi sinyal kepada Google untuk mengikuti tautan Anda. Jenis koneksi Do Follow sebenarnya sudah ditentukan sebelumnya atau tidak perlu dikonfigurasi lagi. Google akan secara otomatis mengikuti tautan apa pun yang disematkan di artikel atau halaman web. Biasanya, tautan dofollow disematkan dalam kata kunci yang ditargetkan. Tujuannya adalah untuk memperkuat nilai SEO konten.

Anda juga dapat mengetahui dan memeriksa secara manual apakah suatu tautan adalah Ikuti atau Tidak Ikuti dan lihat baris kodenya. Tautan Do Follow biasanya digabungkan untuk mendukung domain lain juga, sehingga mereka dapat memberikan dukungan SEO yang lebih kuat. Tentu saja, metode ini bermanfaat tidak hanya bagi penyedia tautan, tetapi juga bagi pemilik domain, yang juga mencantumkan tautan domain lain di halaman mereka. Berikut contoh penulisan link Do Follow : <a href=”https://idcloudhost.com/”> Best Web Hosting </a> atau <a href=”https://idcloudhost.com/”rel =” dofollow “> Hosting web terbaik </a>

Bagaimana jika domain yang Anda daftarkan memiliki reputasi yang buruk dan buruk? Anda dapat menggunakan opsi bantuan yaitu No Follow Link dengan format teks berikut: <a href=”https://idcloudhost.com/” rel=”nofollow”> Best Web Hosting </a>, perbedaan antara dua jenis link adalah a. Karena secara default semua link bertipe Do Follow dan jika ingin merubahnya menjadi No Follow Link bisa menambahkan variabel ref=”nofollow”.

Variabel ref = “nofollow” akan berguna nanti untuk mengonfirmasi Google Bot untuk berhenti dan tidak merayapi atau memperoleh tautan yang terdaftar. Namun, jika pengunjung situs web terus mengklik tautan yang disematkan, mereka akan tetap diarahkan ke situs web yang mereka klik dan ke tujuan mereka.

Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow
Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow

Manfaat Do Follow dan No Follow Link

Tentu saja kedua link ini dibuat untuk membantu para pengguna internet dan pemilik website.Kedua link tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan pengaturan antara link dofollow dan nofollow.

Do Follow Link.

Beberapa manfaat penerapan Do Follow Link di website Anda adalah:

  • Link di website bisa menjadi backlink.
  • Peringkat halaman situs Anda juga akan meningkat karena lalu lintas terus meningkat karena peringkat mesin pencari yang baik.

Kekurangan dari Do Follow Link:

  • Jumlah komentar yang dianggap spam atau tidak pantas atau tidak relevan dengan topik artikel akan ditambahkan ke bagian komentar.
  • Jika Anda menautkan terlalu banyak tautan sekaligus, Google akan menghukum pemilik situs web.

No Follow Link.

Tautan ini jarang digunakan, tetapi Tautan No Follow juga menawarkan manfaat seperti:

  • Mampu menjaga kualitas SEO di mesin pencari.
  • Anda dapat meminimalkan komentar spam yang masuk.
  • Tautan akan lebih stabil dan lebih mudah diikuti Google.

Meskipun, tentu saja, ada kelemahan pada opsi No Follow Link, yang tidak dapat memengaruhi nilai SEO dari tautan target. Jadi secara umum, baik dofollow maupun No Follow memiliki tempatnya masing-masing karena sebagian besar situs web lebih banyak menggunakan opsi dofollow di konten webnya. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan nilai SEO dan memudahkan pengunjung untuk melakukan navigasi dan crawling oleh Google Bot.

Cara membuat Link Do Follow/No Follow

WordPress menawarkan banyak kemudahan kepada penggunanya, termasuk menambahkan link Do Follow/No Follow. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan di WordPress.

 

Menambahkan Dofollow

Jika Anda menambahkan tautan ke konten Anda, tautan tersebut akan diikuti secara otomatis. Ikuti panduan di bawah ini untuk membuat tautan dofollow:

  • Pertama pilih kata/teks yang ingin di link nofollow atau link dofollow. Kemudian arahkan kursor ke editor blok Gutenberg dan klik ikon seperti yang ditunjukkan di bawah ini atau tekan CTRL + k.
  • Salin URL dan tempel ke bidang yang muncul.
  • Kemudian klik di dalam pengaturan tautan () dan klik tombol “Buka di tab baru” untuk membuka jendela baru dengan mengkliknya.

Membuat Nofollow Menggunakan Editor WordPress

Menambahkan link nofollow mirip dengan dofollow, hanya ada beberapa langkah lagi. Jadi, pertama-tama ikuti tiga langkah untuk membuat tautan dofollow lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah nofollow menjadi dofollow.

  • Klik ikon () di bagian atas blok dan pilih “Edit sebagai HTML”.
  • Anda kemudian dapat memeriksa kode HTML. Tambahkan variabel Rel = ‘nofollow’ ke baris koneksi sehingga nofollow mirip dengan baris baris berikut: <a href=”https://idcloudhost.com/aff cancep. >

Kesimpulan Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow 

Di mana pun Anda melihat di dunia online, selalu ada tautan yang Anda klik untuk membawa Anda dari satu tempat ke tempat lain. Google juga percaya bahwa situs kami harus mendapat peringkat dalam hasil pencarian, meskipun ini hanya sebagian kecil dari dunia Internet yang luas dan dinamis, dengan banyak kemungkinan.

Jika Anda memang ingin menggunakan SEO yang baik dan mendapatkan link terbaik dari Google, Anda perlu memahami dua hal di atas yaitu nofollow dan dofollow karena kedua link ini akan sangat membantu website Anda. Menautkan tautan yang benar akan memberi Anda dampak yang baik, dan tautan yang salah akan membawa nama situs web Anda ke daftar situs tidak tepercaya Google.

Pembahasan link dofollow dan nofollow sangat penting karena setiap pemilik website ingin meningkatkan kredibilitasnya dan mendapatkan posisi teratas pencarian di Google dan mesin pencari lainnya. Jadi Anda perlu memahami dan cara menggunakan tautan ini sebelum memberikan tautan tanpa mengetahui efeknya.