Aplikasi untuk Buat Mockup Website / Prototype Website yang Mudah

Aplikasi untuk Buat Mockup Website–Sebuah gambar bernilai seribu kata. Kita semua tahu pepatah lama ini. Jauh lebih mudah untuk membagikan pesan Anda dengan orang lain jika Anda dapat melihatnya. Oleh karena itu, di bidang desain web, sangat penting untuk memiliki presentasi visual dari karya Anda, yang juga dikenal sebagai mockup.

Maket itu sendiri adalah cara untuk mengungkapkan kesalahpahaman dan kesalahan representasi. Menggunakan mockup memudahkan semua orang yang terlibat dalam proyek untuk memahami seperti apa situs web yang terbentuk sebelumnya dalam keadaan akhirnya. Dengan Mockup, Anda dapat dengan cepat mendapatkan kesan visual pertama dari situs web masa depan Anda. Aplikasi untuk Buat Mockup Website

Anda tidak perlu menunggu desain akhir, melainkan Anda dapat memproyeksikan ide-ide Anda dalam hitungan menit. Ini memberi Anda beberapa siklus pemeriksaan di awal proyek, menghemat waktu dan uang Anda. Pada artikel ini, Anda dapat mencoba beberapa alat mockup situs web gratis yang populer. Semua bisa Anda coba dan pilih berdasarkan kriteria yang akan Anda butuhkan nantinya. Tetapi sebelum kita masuk ke detailnya, penting untuk mendefinisikan apa arti mockup sebenarnya.

Mengenal Apa Itu Mockup Website

Dalam dunia desain web, mockup situs web adalah simulasi seperti apa tampilan situs web. Situs web mockup menggabungkan logika konstruksi dan gambar rangka, tetapi dengan gambar, grafik, dan elemen UI untuk produk akhir. Meskipun situs web mockup tidak menyertakan transisi dan fungsionalitas yang dapat digunakan seperti yang terlihat pada prototipe dan produk akhir, mereka biasanya menyertakan navigasi dan interaksi dasar.

Sederhananya, mockup dapat didefinisikan sebagai:

  • Sebagai arsitektur informasi tentang cara mengatur data situs web Anda secara logis dan hierarkis
  • Sebagai alur pengguna yang menjelaskan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan situs web dan UX navigasi Anda
  • Hirarki dan tata letak visual untuk tampilan semua elemen di halaman web, ukuran dan posisinya relatif satu sama lain, dan jarak di antara mereka
  • Petunjuk penggunaan warna menunjukkan kepada Anda kombinasi warna mana yang akan Anda gunakan dalam produk akhir
  • Tipografi yang digunakan berisi font, ukuran, dan ketebalan yang persis sama dengan produk akhir
  • Gunakan gambar yang menggunakan SVG dan gambar berkualitas tinggi yang secara akurat mencerminkan apa yang akan Anda sertakan dalam produk akhir
  • Interaksi yang Anda dapatkan nanti dari situs web Anda

Singkatnya, situs web mockup dapat membantu dalam menentukan semua faktor penting yang dibutuhkan produk Anda untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik sebelum memulai pengkodean yang mahal. Karena pada tahap itu, setiap perubahan membutuhkan banyak perubahan.

Daftar Aplikasi Mockup Website/Prototype yang Mudah dan Gratis

Ada banyak sekali situs web mockup / mockup gratis yang dapat Anda pilih dan coba. Namun, di bawah ini kami mencantumkan aplikasi paling umum dan populer yang dipilih oleh desainer web untuk pertimbangan Anda.

1. Adobe XD

prototype website
prototype website

Adobe XD adalah alat prototyping yang kuat yang memungkinkan Anda untuk tidak hanya membuat template untuk situs web Anda, tetapi juga membuat mockup yang berfungsi penuh berdasarkan template. Alat ini memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau maket pada layar berukuran berbeda seperti ponsel, tablet, atau desktop. Metode ini berguna ketika Anda perlu menguji tampilan situs web Anda di media yang berbeda.

Aplikasi Adobe XD ini dapat menyimpan semua data pengguna di folder Creative Cloud Files di desktop. Folder ini secara otomatis tersedia di cloud. Sistem menyinkronkan semua data secara otomatis, jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan data. Adobe XD dapat diunduh gratis untuk Windows dan Mac OS, serta untuk perangkat Android dan iOS.

2. Mockplus

Mockplus adalah desain yang menyoroti kekuatan platform all-in-one yang membantu Anda membuat template dalam hitungan menit. Penawaran dengan lebih dari 3000 ikon dan hampir 200 komponen. Desainer dapat menggunakan editor WYSIWYG yang intuitif untuk menarik dan melepas komponen apa pun yang mereka butuhkan ke kanvas. Mockplus memungkinkan desainer untuk langsung menguji pada perangkat nyata dan Anda dapat melihat daftar lengkap fitur Mockplus.

Fitur menarik dari aplikasi Mockplus adalah setiap proyek memiliki kode QR sendiri, yang juga dapat dipindai dari perangkat seluler, sehingga rencananya akan segera tersedia di perangkat dan mockup juga dapat dilihat di perangkat seluler. Paket gratis memungkinkan Anda membuat proyek dalam jumlah tidak terbatas, tetapi paket ini hanya untuk satu pengguna, yang bisa sangat cocok untuk desainer individu.

3. Moqups

Aplikasi Moqups adalah alat berbasis web yang memungkinkan Anda membuat gambar rangka, maket, diagram, dan prototipe. Moqups juga menawarkan pengalaman orientasi yang sangat keren karena Anda tidak perlu membuat akun untuk mencoba aplikasi. Segera setelah Anda mengklik tombol CTA besar di halaman beranda, editor Moqups akan muncul. Paket gratis Moqups menawarkan 1 proyek (terbatas pada 300 objek) dan penyimpanan 5MB, yang berarti Anda tidak dapat memiliki lebih dari 300 objek di kanvas Moqups Anda.

4. Mockplus Cloud

Mockplus Cloud adalah alat kolaborasi dan pengiriman desain online komprehensif yang memungkinkan desainer, pengembang, dan manajer produk untuk secara kolaboratif membuat, menguji, dan berbagi template desain secara online. Metode ini memberi pengguna kemampuan yang kuat untuk membuat prototipe interaktif dan presisi tinggi dengan metode drag-and-drop sederhana. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Mac dan Windows. Semua pelanggan mendapatkan 5 proyek gratis, 5 anggota tim, dan kolaborator tanpa batas.

5. Fluid UI

Flud UI adalah aplikasi berbasis web lain yang memungkinkan Anda membuat template di browser. Maket dibuat menggunakan widget (seret dan lepas) dan menu konteks yang muncul di layar saat Anda mengklik item. Koleksi widget berisi objek yang paling umum digunakan dalam desain web dan seluler. UI Fluid itu sendiri adalah produk berbasis web dan paket gratis dibatasi untuk 1 proyek dengan maksimal 10 halaman.

6. Marvel App

Aplikasi Marvel adalah alat yang dibuat oleh desainer untuk desainer. Semua desain dilakukan di browser dan tidak ada yang perlu diinstal, dan tersedia alat pelatihan yang mudah digunakan karena pengguna tidak memerlukan perangkat lunak atau pengalaman. Tentu saja, ini memungkinkan Anda untuk membuat desain yang indah dalam hitungan menit. Paket gratis hanya tersedia untuk 1 orang dan 2 proyek aktif (2 proyek sekaligus).

Kesimpulan

Aplikasi untuk Buat Mockup Website, Maket adalah cara visual menampilkan situs web (halaman situs web). Tergantung pada tingkat detailnya, mockup hanya dapat berisi beberapa elemen atau semua fitur visual dari solusi akhir dari keseluruhan desain situs web. Banyak desainer mengacaukan model dengan prototipe, tetapi mereka tidak sama. Prototipe harus menyerupai simulasi interaktivitas, sedangkan mockup adalah representasi statis dari desain.

Namun, terlepas dari alat dan aplikasi yang Anda pilih, ingat satu aturan sederhana: selalu periksa keputusan desain Anda sebelum meluncurkannya. Jalankan tes sesering mungkin dan perkirakan hasil akhirnya. Karena jika Anda membuat loop umpan balik yang stabil di awal proses desain, Anda membuat fondasi yang kuat untuk proyek Anda dan lebih mungkin untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.