Mengenal Apa Itu Web Design dan Elemen Pembuatannya

Mengenal Apa Itu Web Design–Situs web telah menjadi umum akhir-akhir ini, dengan berbagai jenis situs yang menargetkan berbagai industri bermunculan setiap hari. Konsep desain dan pengembangan web telah ada sejak awal situs web pada tahun 1990. Istilah ini memiliki definisi yang lebih sederhana, karena membuat situs web adalah proses yang jauh lebih sederhana daripada sekarang.

Jika Anda membandingkan situs web awal tahun 1991 dengan situs web modern, Anda dapat melihat seberapa banyak situs web telah berevolusi. Saat ini, pembuatan dan pemeliharaan situs web lebih kompleks dan mencakup seluruh ekosistem, baik peran maupun keterampilan. Proses desain web mencakup perencanaan, pembuatan konsep, dan pengelolaan konten online. Saat ini, desain situs web melampaui estetika dan mencakup fungsionalitas situs web secara keseluruhan.

Desain web mencakup aplikasi web, aplikasi seluler, dan desain UI. Mempertimbangkan bahwa pengguna online lebih suka menjelajahi dunia maya di ponsel mereka daripada komputer desktop mereka, desainer web harus memikirkan hal ini juga. Selanjutnya, mari kita cari tahu apa itu desain web dan apa saja elemen penting dalam pembuatannya.

Mengenal Apa Itu Web Design

Desain web atau desain web adalah apa yang menciptakan tampilan keseluruhan saat menggunakan situs web. Ini adalah proses merancang dan membangun elemen situs web, mulai dari struktur hingga tata letak, gambar, warna, font, dan grafik. Desain web yang agak rumit memiliki banyak komponen yang digabungkan untuk menciptakan pengalaman situs web terbaik, termasuk desain grafis, desain pengalaman pengguna, desain antarmuka, optimisasi mesin pencari (SEO) dan pembuatan konten.

Elemen-elemen ini menentukan tampilan situs web Anda, bagaimana tampilannya dan fungsinya pada perangkat yang berbeda. Ingatlah bahwa desain web berbeda dari pengembangan web, yang merupakan pengkodean aktual yang membuat situs web berfungsi. Saat Anda membuat situs web, Anda memerlukan desain web dan pengembangan web. Meskipun Anda mungkin menemukan desainer web yang juga merupakan pengembang web dan UX, ini adalah dua keterampilan yang berbeda namun saling melengkapi.

Skill yang Harus Dikuasai Web Designer dalam Mengembangakan Website

Banyak desainer muda sering salah paham dengan konsep desain web, desain web adalah tentang desain, bukan coding dan pengembangan front-end. Tentu, akan sangat bagus jika Anda mengetahui beberapa bahasa pengkodean seperti HTML, CSS, Java, tetapi Anda tidak bisa masuk ke pengembangan front-end, yang bukan merupakan inti dari desain web. Tujuan dari desain web adalah untuk memecahkan masalah komunikasi antara pengguna dan informasi di situs web. Ketahui keterampilan yang perlu Anda pelajari saat mengembangkan situs web:

  • Pelajari aturan dasar desain visual
  • Pelajari desain tata letak
  • Pelajari bahasa pengkodean dasar seperti HTML dan CSS
  • Pelajari prinsip warna
  • Pelajari dasar-dasar desain interaksi
  • Harus menguasai PS dan alat mockup UI web lainnya
  • Pelajari dan pahami SEO
  • Mengetahui produk perusahaan dan grup pengguna
  • Minimal, desainer harus menguasai salah satu perangkat lunak pengedit kode front-end.

Elemen Penting Pembuatan dan Perancangan Situs Web

web design adalah
web design adalah

Desain atau perencanaan adalah proses pengumpulan ide-ide dan penciptaan dan aplikasi estetika mereka, dipandu oleh prinsip-prinsip tertentu, untuk tujuan tertentu. Desain web adalah proses pembuatan serupa yang bertujuan untuk menampilkan konten di situs web elektronik yang dapat diakses pengguna akhir melalui Internet menggunakan browser web. Oleh karena itu, membuat unit web yang menarik memerlukan elemen pendukung dasar seperti:

  • Tata Letak (layout)

Elemen ini adalah tata letak grafik, iklan dan teks. Di dunia web, tujuan utamanya adalah agar pemirsa menemukan informasi yang mereka cari secara sekilas, yang mencakup menjaga keseimbangan, konsistensi, dan integritas desain.

  • Warna

Pilihan warna tergantung pada tujuan dan klien, di mana ia dapat bervariasi dari desain hitam putih sederhana hingga warna-warni. Warna juga dapat digunakan untuk menyampaikan kepribadian seseorang atau merek perusahaan, meskipun Anda hanya ingin menggunakan warna yang aman untuk internet.

  • Grafis

Grafik dapat mencakup logo, foto, clipart, atau ikon, yang menyempurnakan desain web Anda. Agar user-friendly, grafik harus diposisikan dengan benar, berdasarkan warna dan konten situs, sementara pemuatan tidak boleh terlalu ramai atau lambat.

  • Font

Menggunakan font yang berbeda dapat meningkatkan tampilan situs web Anda. Sebagian besar browser web hanya dapat membaca sejumlah font tertentu, yang dikenal sebagai font web-safe, sehingga desainer biasanya bekerja dengan font yang diterima secara luas ini.

  • Konten dengan kaidah SEO

Konten dan desain dapat bekerja sama untuk meningkatkan pesan situs web secara visual dan melalui teks. Teks tertulis Anda harus selalu relevan dan berguna agar tidak membingungkan pembaca dan memberi mereka apa yang mereka inginkan agar mereka tetap berada di halaman. Oleh karena itu, konten harus dioptimalkan untuk mesin pencari dan panjang yang memadai, dengan kata kunci yang relevan.

  • Kecepatan akses

Tahukah Anda bahwa orang dapat menyerah pada bisnis Anda jika situs web Anda tidak dimuat dengan cepat? Penelitian telah menunjukkan bahwa rasio pentalan meningkat sebesar 38% ketika waktu pemuatan halaman melebihi 3 detik, yang dapat menjadi berita buruk bagi pemilik situs web. Faktor lain dalam desain web berkaitan dengan kecepatan memuat, yang melibatkan menemukan keseimbangan antara semua elemen situs web Anda menempati browser pengunjung Anda dan koneksi internet Anda.

  • Ramah seluler

Menurut data terbaru, perangkat seluler menyumbang lebih dari 50% dari semua lalu lintas online. Ini berarti bahwa jika situs web Anda tidak dimuat dengan benar di ponsel cerdas dan tablet, Anda dapat kehilangan banyak pengunjung dan lalu lintas, yang akan memengaruhi bisnis Anda. Untuk menghindari hal ini, strategi desain web Anda harus memastikan bahwa konten Anda dioptimalkan untuk perangkat seluler, yang berarti situs web Anda harus memiliki halaman yang dapat dimuat dan beradaptasi dengan baik ke berbagai ukuran layar dan kondisi akses. .

Kesimpulan

Mengenal Apa Itu Web Design, Tidak dapat disangkal bahwa pengguna seluler mendominasi dunia maya, sehingga dua cara paling umum untuk mendesain situs web yang berfungsi baik di desktop maupun seluler adalah desain responsif dan adaptif. Tampilan yang Anda buat di versi desktop halaman situs web Anda akan terlihat sama bagusnya saat seseorang membukanya dari layar ponsel atau tablet, tanpa memperkecil tampilan untuk mengecewakan pengunjung.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat situs, dengan berpartisipasi langsung dalam proses desain situs web, Anda dapat menjamin bahwa Anda akan menerima situs web yang memenuhi atau melebihi harapan Anda. jadi, jika Anda mempekerjakan seorang profesional, beri tahu perancang web Anda tentang merek Anda, suara Anda, dan apa yang ingin Anda capai di situs. Semakin banyak informasi dan ide yang Anda berikan kepada desainer web Anda, semakin siap mereka untuk menyediakan desain web yang sempurna untuk kebutuhan Anda.