Cara Mengatasi Autentikasi Google di Play Store

Cara Mengatasi Autentikasi Google–Sahabat, pernahkah Anda mendengar istilah otentikasi? Otentikasi Google adalah proses dimana identitas pengguna diverifikasi (verified) pada saat masuk (akses) ke sistem. Dimana proses validasi biasanya menggunakan username dan password yang nantinya berfungsi sebagai indikator (kontrol) bahwa seseorang berwenang untuk masuk ke dalam sistem.

Pentingnya Autentikasi Google

Tentu saja, bukan kebetulan bahwa Google ingin meminta otentikasi. Google umumnya memerlukan autentikasi untuk aktivitas pengguna yang terkait dengan keamanan akun. Contohnya adalah ketika Anda ingin mendownload aplikasi dari Play Store, yaitu Google app store.

Dari perkembangan internet yang pesat, pencurian data pengguna sangat sering terjadi. Selalu ada masalah dengan pencurian data setiap tahun. Kita sering mendengar laporan tentang pencurian data yang mempengaruhi pengguna internet.

Orang jahat yang berhasil meretas data pengguna pasti akan dianiaya. Misalnya, mengosongkan akun pribadi Anda, menemukan data sensitif, melakukan penipuan atas nama Anda.

Jutaan data pengguna beredar di deep web. Ini bukan satu-satunya atau dua kali media besar dunia mengangkat kasus ini. Dan tentunya bukan tidak mungkin kita di Indonesia mengalami nasib serupa.

Ini berarti bahwa penting untuk membuat kata sandi yang valid dan aman. Di sini Anda membutuhkan alat yang dapat membantu Anda memperkuat keamanan akun Google Anda. Dan Google memilikinya dalam bentuk Google Authenticator.

Bagaimana Cara Kerja Google Authenticator?

Jadi bagaimana cara kerja Google Authenticator? Bagaimana cara mengautentikasi akun Google menggunakan Google 2FA?

Otentikasi dua faktor menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda. Hal ini mempersulit orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses akun Anda.

Dengan 2FA, mengetahui nama pengguna dan kata sandi Anda tidak cukup untuk masuk. Anda juga memerlukan faktor lain, seperti nama gadis ibu Anda, kode yang dikirim melalui SMS ke pembaca sidik jari Anda.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara mengatasi autentikasi Google yang gagal di Play Store. Masalah seperti ini biasanya ditunjukkan dengan pesan peringatan berikut; “Otentikasi diperlukan. Anda harus masuk ke akun Google Anda. Silakan coba lagi” atau yang diartikan sebagai; “Diperlukan otentikasi. Anda harus masuk ke akun Google Anda. Coba lagi”.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba sendiri jika toko mainan Anda mengalami situasi yang sama.

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Google

Setidaknya ada empat cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah otentikasi Google. Keempat metode tersebut adalah wipe data, delete akun, lalu login kembali, update sync, dan uninstall update Play Store. Berikut cara mem-bypass autentikasi Google Play Store:

Metode hapus data

Cara pertama untuk mengatasi otentikasi gagal di Google Play Store adalah dengan menghapus data Play Store. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, nonaktifkan paket data internet di ponsel cerdas Anda.
  • Setelah menonaktifkan koneksi internet, buka menu Pengaturan atau Pengaturan atau Pengaturan di ponsel.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi. Pilih Semua aplikasi. Temukan dan klik di Google Play Store.
  • Temukan informasi di Play Store. Klik tombol Berhenti Paksa.
  • Jika Anda telah memaksa aplikasi untuk berhenti, sekarang pilih tombol Hapus Data.
  • Jika Anda telah menghapus data, kembali ke Menu Utama dan restart smartphone Anda.
  • Setelah me-restart smartphone Anda, pergi ke Play Store. Anda harus masuk lagi. Masuk dengan akun Google Anda.

Hapus akun lalu login ulang email Google

Sekarang cara kedua. Caranya sendiri cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dari level utama smartphone, akses menu Settings.
  • Kemudian pilih akun Google.
  • Kemudian ketuk tiga titik di atas. Hapus akun.
  • Jika sudah, masuk kembali ke Play Store, lalu masuk dengan akun Google Anda.
  • Menghapus akun Anda tidak menghapus akun Google Anda secara permanen. Sebaliknya, akun itu secara otomatis keluar. Anda hanya perlu login lagi.

Refresh sinkronisasi

Sangat mungkin bahwa kesalahan otentikasi Android Play Store disebabkan oleh akun Google yang tidak disinkronkan. Bisa saja terjadi saat smartphone low power dan masuk ke mode hemat daya, semua sinkronisasi berhenti. Metode memperbarui sinkronisasi secara manual cukup sederhana. Berikut langkah-langkahnya:

  • Dari menu utama ponsel cerdas Anda, akses menu Pengaturan.
  • Dari menu Pengaturan, buka menu Akun.
  • Masuk ke Google, pilih alamat email Anda, lalu klik Sinkronkan Semua.

Uninstall Update Play Store

Dalam beberapa kasus, masalahnya bukan pada kredensial, tetapi dengan Play Store itu sendiri. Yang dapat Anda lakukan adalah menghapus pembaruan dari Google Play Store. Ini akan mengembalikan Play Store ke versi aslinya seperti yang pertama kali diinstal pada ponsel cerdas Anda. Begitulah:

  • Pada menu utama smartphone, masuk ke menu Setting atau Setting atau Setting.
  • Jika demikian, buka Aplikasi dan klik Uninstall Updates.
  • Otentikasi Sebenarnya ada dua cara untuk mengatasi kesalahan otentikasi Google Play Store. Cara pertama adalah mengunduh aplikasi yang diinginkan menggunakan browser seluler. Coba unduh aplikasinya tanpa menggunakan Play Store.

Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke akun Google Anda menggunakan browser seluler, lalu masuk ke Play Store di browser Anda. Kemudian unduh aplikasi yang Anda inginkan.

Meskipun cara kedua ini bisa dikatakan sebagai langkah terakhir. Yaitu, lakukan reset pabrik pada smartphone Anda. Dan ini bisa menjadi solusi untuk semua masalah yang diakibatkan oleh Play Store yang gagal melakukan otentikasi.

Berikut cara memperbaiki kesalahan autentikasi Google di Play Store. Jika kedua cara di atas tidak berhasil, tidak ada salahnya mencoba aplikasi market selain Play Store. Autentikasi Google dapat menjamin data dan keakuratan akun Anda. Begitu pula jika Anda menggunakan layanan web hosting yang dapat menjaga keamanan data dan bisnis Anda di website atau blog Anda.