Tips Menggunakan WordPress Hosting Gratis untuk Blog & Website

Tips Menggunakan WordPress Hosting–Jika Anda ingin menjadi seorang blogger, tentunya Anda perlu mempersiapkan diri untuk membuat website atau blog tempat Anda bisa mempublikasikan tulisan-tulisan Anda. Bagi para blogger, website merupakan hal atau senjata utama yang sangat penting karena merupakan tempat mereka berbisnis. Jadi, jika Anda seorang blogger pemula, Anda harus bisa memilih dan menentukan platform situs web yang tepat yang sesuai dengan semua kebutuhan blogger Anda.

Salah satu platform penulisan yang dapat dipilih adalah WordPress, yang sangat populer dan sangat mudah digunakan. WordPress juga menyediakan hosting gratis sehingga Anda dapat mulai membangun situs web pertama Anda dan mencobanya. Tidak heran, banyak blogger pemula memilih hosting WordPress gratis.

Namun tidak hanya para blogger, tetapi juga banyak pebisnis online, pebisnis dan lain-lain yang menggunakan WordPress untuk membuat website mereka. Karena keunggulan WordPress adalah platform yang fleksibel yang dapat memenuhi kebutuhan blogger. Jika Anda ingin memilih platform WordPress untuk mendukung pekerjaan Anda, Anda perlu mengetahui kebutuhan Anda dan mengatur semuanya terlebih dahulu untuk mendapatkan situs web yang Anda inginkan.

Cara Install WordPress Hosting Gratis

Saat memilih platform hosting WordPress gratis, Anda harus menekankan desain, fitur, dukungan, kemudahan penggunaan, dan banyak lagi. Jadi, sebelum mengetahui cara menginstal WordPress, Anda harus tahu bahwa wordpress adalah platform yang dibuat oleh perangkat lunak WordPress. Pengguna dapat mengunduh perangkat lunak WordPress dan kemudian menginstalnya sendiri.

WordPress sendiri menawarkan 3 paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, yaitu:

  • Paket gratis cocok untuk pemula karena gratis.
  • Paket blogger pro berharga $ 99.
  • Paket ketiga adalah WordPress untuk eCommerce, biaya administrasi $299.
Tips Menggunakan WordPress Hosting

Setelah Anda memilih paket yang ingin Anda gunakan, lanjutkan dengan menginstal WordPress. Instalasi WordPress ternyata sangat sederhana seperti yang dapat Anda bayangkan bahkan untuk pemula yang sangat baru. Ada dua cara untuk menginstal WordPress. Metode pertama adalah dengan menggunakan penginstal otomatis. Cara ini sangat cocok untuk siapa saja yang ingin membuat website online, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama install WordPress menggunakan Auto Installer, verifikasi alamat email Anda kemudian coba login ke Cpanel.
  • Metode kedua adalah menginstal hosting WordPress gratis secara manual. Menggunakan cara manual memang sedikit merepotkan, tetapi memiliki kelebihan. Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan informasi tentang proses instalasi WordPress.
  • Metode instalasi manual adalah dengan mengunduh WordPress versi terbaru. File dapat diunduh dari situs web resmi WordPress.
  • Setelah mendownload file WordPress, kompres file tersebut menjadi file zip untuk memudahkan FTP (File Transfer Protocol). Aktifkan FileZilla dan kemudian temukan kredensial Anda di pengaturan umum. Masukkan nama host, kata sandi, dan nama pengguna. Usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata yang sama dengan pemilik website lain. Buat kata sandi yang kuat untuk menjaga keamanan situs WordPress Anda.

Setelah informasi diisi, kredensial akan ditampilkan dan dimasukkan dalam FileZilla yang sesuai. Lanjutkan untuk menyelesaikan proses instalasi situs web WordPress Anda seperti yang dijelaskan. Jika berhasil, halaman baru dapat diakses di bagian bawah halaman. Ini menyelesaikan instalasi WordPress manual. Anda dapat menikmati hosting WordPress gratis.

Keunggulan Memakai WordPress Hosting Gratis

Tanpa disadari, banyak orang di sekitar Anda yang merekomendasikan untuk menggunakan hosting WordPress gratis. Ini adalah tanda bahwa WordPress dikenal luas, sehingga orang yang telah menggunakannya akan merekomendasikannya kepada Anda. Pro dan kontra dari WordPress pasti dapat meningkatkan tampilan situs web Anda.

Salah satu keunggulan WordPress yang sangat diminati pengguna adalah fungsionalitas situs seluler yang responsif. Artinya website WordPress dapat digunakan berdasarkan bentuk dan variasi layar smartphone. Manfaat selanjutnya adalah desain yang dapat disesuaikan, yang berarti WordPress menawarkan tampilan yang dapat disesuaikan dengan tema, teks, animasi, dan elemen situs web lainnya yang meningkatkan tampilan.

Selain itu, manfaat selanjutnya yang paling penting adalah kompatibilitas SEO, sehingga situs WordPress dapat meningkatkan kinerjanya untuk menarik pengunjung dengan mudah. Tidak hanya dengan solusi SEO friendly, website Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencari Google. Ini adalah tiga manfaat yang WordPress umumnya dikenal dan paling terkenal, tetapi ada manfaat lain juga, seperti kinerja tinggi, manajemen saat bepergian, keamanan tinggi, dan manajemen media yang efektif.

Cara Membuat Blog WordPress Hosting Gratis

Apakah Anda menantikan untuk menggunakan WordPress? Pertama, mari kita buat blog dan pastikan koneksi internet lancar agar proses blogging tidak terputus. Untuk memudahkan Anda dalam membuat blog, inilah yang perlu Anda ketahui tentang cara membuat blog WordPress.

  • Download WordPress

Langkah pertama adalah mengunduh file WordPress dari situs resminya: https://wordpress.org/download/. Setelah proses pengunduhan selesai, segera ubah file yang tidak di-zip.

  • Database

Saya memiliki file WordPress. Langkah kedua siapkan database di komputer atau laptop anda dan sudah ditentukan php, web server, mysql atau game. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan blogger, yang terbaik adalah menggunakan server web XAMPP. Pasalnya, pemula pun bisa menggunakannya dengan mudah. Jika sudah memilih XAMPP, buat database dan tulis nama database, password dan username agar tidak lupa.

  • Taruh WordPress Hosting Gratis di Web Server

Setelah menyelesaikan langkah pertama atau kedua, langkah ketiga adalah menempatkan folder WordPress yang sudah selesai di web server. Untuk upload pastikan menggunakan XAMPP atau bisa juga dengan LAMPP. Pastikan Apache dan MySQL diaktifkan sebelum memuat. Unggah file dan taruh di folder C:\xampp\htdocs yang mudah ditemukan.

  • Buat Akses WordPress

Langkah keempat adalah membuat login WordPress bernama localhost/folder_name_WordPress. Jika Anda masih menggunakan folder default, alamat yang bisa Anda gunakan adalah localhost/wordpress. Setelah berhasil menyelesaikan, Anda akan menerima pemberitahuan bahwa file konfigurasi telah dibuat. Klik segera dan lanjutkan dengan tombol Let’s Go Masukkan nama database, password dan username seperti yang telah dibuat. Klik Submit dan jangan lupa klik Run Setup.

  • Mengelola WordPress

Langkah kelima adalah mengelola hosting WordPress gratis Anda dengan membuka pengaturan database. Jika Anda ingin mengubah nama, kata sandi, dan nama pengguna Anda, Anda dapat mengubahnya di langkah ini. Masukkan email aktif untuk menerima pemberitahuan lebih lanjut dari situs. Setelah Anda mengisinya dengan lengkap, klik tombol dan kemudian instal WordPress. Dari sana, WordPress sudah ada di localhost. Masuk lagi dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.

  • Atur Desain Website

Pada langkah kelima, Anda dapat menggunakan blog WordPress Anda. Satu-satunya hal yang hilang adalah desain tampilan. Mempercantik tampilan website agar banyak pengunjung yang tertarik dengan blog anda.

Kesimpulan

Berikut beberapa cara membuat blog dari tahap desain website WordPress yang bisa dipelajari dan dilakukan siapa saja. WordPress, yang tidak hanya mudah dan intuitif untuk digunakan, juga menawarkan banyak fitur dan plugin yang fungsional, praktis, sederhana dan fleksibel. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan tema atau tata letak situs Anda agar menarik dan berbeda dari kebanyakan situs lain.

Namun anda harus selalu bersabar saat membuat blog, karena anda perlu kejelian dalam menjalani proses pembuatan website. Anda juga harus rajin menggali dan menemukan apa yang Anda butuhkan dan butuhkan untuk membangun website impian Anda. Semoga dengan mengetahui tips ini dan menggunakan hosting WordPress gratis akan membuat pengalaman menulis blog dan situs web Anda menjadi lebih baik.