Cara Membuka Situs Yang Di Blokir Untuk Laptop/Smartphone

Cara Membuka Situs Yang Di Blokir–Saat ini Kominfo sedang memantau situs-situs ilegal yang dianggap merugikan negara. Dengan blok ini, ada situs web yang rusak dan tidak dapat diakses dengan Google Chrome atau browser Internet.

Memang web yang diblokir oleh pemerintah melalui Kominfo berfungsi untuk melindungi masyarakat agar dapat menggunakan internet dengan aman dan nyaman. Namun, tampaknya beberapa orang tidak senang dengan pembatasan karena mekanisme pemblokiran IP.

Situs yang diblokir ini tidak hanya untuk laptop, smartphone juga mengalami hal yang sama. Banyak situs web tidak dapat dibuka karena diduga elemen Internet negatif. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara untuk mengakses situs yang diblokir tersebut. Jadi bagaimana Anda mengakses halaman ini? Yuk, simak artikel selanjutnya.

Mengapa Ada Situs/Website Yang di Blokir ?

Jika Anda masih tidak tahu mengapa situs yang Anda cari tidak dapat dibuka atau diblokir, Anda pasti telah membuka situs web yang telah diklasifikasikan sebagai negatif oleh pemerintah. Baik itu website dengan konten negatif, hal ini dilakukan dengan harapan pemerintah dapat mencegah anak di bawah umur mengakses website yang tidak pantas tersebut.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 19 tahun 2014 tentang pengelolaan situs web negatif di internet, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan ISP untuk menutup situs web yang masuk daftar hitam.

Sedangkan untuk website yang masuk daftar hitam, pemerintah Indonesia memberikan perlindungan untuk domain, konten/term/keyword, dan top-level URL. Jadi, jika situs web Anda memiliki domain, URL, atau konten negatif, Anda harus bersiap-siap agar situs web Anda nantinya masuk daftar hitam. Berikut cara membuka situs yang diblokir.

Cara Membuka Situs Yang Di Blokir Untuk Laptop/Smartphone

1. Membuka Situs Terblokir dengan VPN

Cara membuka situs yang diblokir adalah dengan memasang aplikasi VPN (virtual private network) di perangkat Anda. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan umum bagi pengguna Android.

Aplikasi VPN bekerja dengan menghubungkan internet Anda ke jaringan lain melalui alamat IP yang berbeda. Menggunakan VPN memudahkan pengguna untuk menjelajah internet dengan bebas dan aman. Anda dapat membuka semua jenis situs web.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Zen Mate VPN. Untuk menemukan Zen Mate VPN, ketikkan namanya ke dalam kotak pencarian di sisi kiri layar Toko Web Chrome.

  • Kemudian, ketika Anda menemukannya, klik tombol “Tambahkan ke Chrome”.
  • Klik “Tambahkan Ekstensi” untuk melihat ikon biru di ujung kanan browser Chrome.
  • Untuk versi premium langsung klik “Activate Instantly” dan untuk versi gratis klik “Restrict”.
  • Kemudian klik tombol “Login” dan masukkan alamat email dan kata sandi Anda untuk mengaktifkan Zen Mate.
  • Terakhir, pilih dari server VPN tempat Anda ingin mengakses situs web yang sebelumnya diblokir.
  • Siap.

2. Membuka Situs Diblokir dengan SSH

Anda juga dapat membuka situs web yang diblokir menggunakan SSH (Secure Shell). SSH berfungsi sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus. Baik VPN maupun SSH memiliki karakteristik yang hampir sama. Perbedaannya adalah Anda akan menggunakan pihak ketiga di sini, khususnya untuk proses tunneling SSH.

Jika Anda terbiasa dengan pengaturan ponsel cerdas Anda, tidak ada masalah menggunakan SSH dengan beberapa enkripsi, yang merupakan metode membuka blokir situs web yang diinginkan. Anda bisa menggunakan SSH di smartphone selain laptop/PC.

3. Membuka Situs Terblokir di Firefox PC

Salah satu browser web yang paling banyak digunakan, Mozilla Firefox, juga memiliki fungsi VPN. Artinya, Anda tinggal menginstal add-on di pengaturan fungsi vpn di mozilla firefox ini. Jika Anda ingin mengakses halaman yang diblokir melalui komputer, Anda hanya perlu menginstal add-on Anonymox di browser yang diinstal di komputer Anda.

Anonymox menawarkan sejumlah opsi proxy yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Setelah ekstensi ini aktif di browser Anda, Anda dapat dengan bebas membuka situs web apa pun tanpa diblokir.

4. Membuka Situs Terblokir Tanpa Aplikasi

Hal berikutnya adalah Anda dapat menggunakan hide.me untuk mencoba membuka situs web yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi. Caranya sangat sederhana dan tidak mengganggu kenyamanan Anda. Untuk melakukannya, buka browser web Anda dan buka tautan berikut: hide.me/en/proxy.

Saat halaman web terbuka, masukkan alamat situs web yang ingin Anda buka. Anda juga dapat mengubah lokasi proxy. Jika sudah, tekan tombol kuning berlabel “Anonymous Visit”. Silahkan tunggu sampai website yang diinginkan terbuka dengan sempurna.

5. Membuka Situs Terblokir dengan Browser Opera

Jika Anda menginstal browser web Opera di komputer atau laptop Anda, Anda tidak perlu menambahkan add-on atau aplikasi apa pun untuk mengakses situs web yang diblokir. Nah, Anda tidak perlu khawatir karena Opera telah memiliki fitur VPN bawaan, sehingga Anda dapat menyalakannya kapan pun Anda ingin mengunjungi situs-situs yang masuk dalam daftar blokir internet positif.

Ia bekerja dengan membuka browser Opera di komputer Anda. Lihat di sebelah bidang URL. Klik VPN dan aktifkan (Aktif). Dan jika Anda menggunakan browser seluler Opera Mini, berikut cara membuka situs web yang diblokir dengan Opera Mini. Buka Operamini. Ketuk ikon Pengaturan atau ikon Pengaturan. Aktifkan VPN.

Jika Anda merasa dibatasi karena akses ke situs yang Anda cari diblokir, Anda tidak perlu khawatir sama sekali. Ada banyak cara untuk membuka situs yang diblokir, juga seperti yang Anda lihat pada gambaran umum di atas.

Terlepas dari jenis perangkat yang Anda gunakan, baik itu komputer, laptop, tablet, atau smartphone, Anda dapat dengan mudah mengakses beberapa halaman yang terkunci saat Anda perlu membuka halaman tersebut.

Kesimpulan

Saat menangani informasi, kita harus membaca dengan cermat dan mengetahui apakah informasi yang kita terima adalah konten Internet positif atau konten negatif. Jika Anda ingin membuka halaman tetapi tidak dapat mengaksesnya, kemungkinan besar pemerintah telah memblokir halaman tersebut.

Ada banyak cara untuk membuka blokir situs web ini, salah satunya adalah dengan menginstal aplikasi VPN. Atau, jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, instal opera. Opera telah menyiapkan fitur VPN di dalamnya, sehingga Anda dapat menyalakannya kapan pun Anda ingin mengunjungi situs web yang masuk dalam daftar blokir internet positif.

Langkah pemerintah untuk memblokir situs yang ditandai sebagai negatif patut dicontoh. Agar tidak lalai saat membuka halaman internet. Apalagi jika mereka masih di bawah umur. Konten negatif ini nantinya akan menyebabkan gangguan jiwa pada anak yang belum cukup umur.

Oleh karena itu, wajar jika Anda sebagai orang tua memahami bahwa Anda tidak perlu mengakses situs web yang dilarang pemerintah. Ini mungkin berguna.