Apa Itu One-Time Password (Kode OTP) Dan Tips Melindunginya

Apa Itu One-Time Password (Kode OTP) — Saat ini hampir semua orang bertransaksi secara online, yang sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat dipisahkan mengingat kemudahan dan kemudahan bertransaksi secara online. Di sini, jika Anda ingin melakukan transaksi online, Anda harus memasukkan kode OTP atau kata sandi satu kali. Biasanya, kode ini pertama kali dikirim ke nomor telepon Anda melalui SMS. Jadi, Anda harus memasukkan nomor OTP di aplikasi sebelum menggunakannya.

Kata sandi satu kali biasanya digunakan di hampir semua aplikasi. Ini berguna untuk melindungi pengguna dari masalah seperti pencurian dan penyalahgunaan akun. Kode OTP terdiri dari 4-6 digit dan dikirim langsung ke pengguna melalui SMS menggunakan nomor yang terdaftar, kode ini juga dapat dikirim melalui email.

Kode OTP ini sangat penting, namun sebenarnya banyak yang belum mengetahui tentang fungsi OTP ini. Jadi jelas itu bisa menimbulkan kebingungan, yang bisa mengarah pada kejahatan seperti pencurian uang. Oleh karena itu, sangat, sangat penting bagi setiap orang untuk memahami OTP sebaik mungkin, karena saat ini hampir semua orang terhubung ke internet dan smartphone dan merupakan pengguna aktif.

Apa Itu One-Time Password (Kode OTP)

one time password artinya
one time password artinya

OTP singkatan dari One Time Password adalah kode yang biasanya dikirimkan melalui email dan SMS, ini merupakan langkah awal untuk konfirmasi autentikasi saat memasukkan ID dan password. Saat ini OTP digunakan di semua aplikasi dan yang terpenting di aplikasi dompet digital untuk mencegah berbagai kejahatan dan kejahatan terhadap suatu pihak.

Sumber dieptic dari Detik menjelaskan bahwa one-time password pertama kali digunakan oleh bank Indonesia untuk meningkatkan keamanan ID. Setelah itu, OTP selalu digunakan dalam setiap transaksi dan kegiatan masyarakat umum, sehingga semakin banyak orang yang mengenal kode OTP ini.

Seperti namanya, one-time password hanya bisa digunakan satu kali, karena diyakini dapat mencegah berbagai kejahatan dan pencurian. Pasalnya, kode OTP tidak bisa digunakan lebih dari satu kali, hanya sekali. Namun pada kenyataannya, semakin banyak jenis kejahatan dan cara-cara di mana penjahat dapat mengeksploitasi calon korban untuk mendistribusikan kode OTP yang berbeda.

One-Time Password Mulai Transfer Bank Sampai Dompet Digital

Saat ini, banyak orang menggunakan m-banking untuk transaksi keuangan yang mereka anggap lebih mudah daripada harus bolak-balik ke bank. Hal lainnya adalah berbagai transaksi dilakukan secara online, yang telah menjadi kehidupan masyarakat modern. Di sini Anda perlu mengetahui token bank. Token berguna untuk menghasilkan beberapa nomor yang dapat digunakan untuk otentikasi. Kemudian proses otentikasi selanjutnya dikembangkan, digunakan oleh banyak orang dan terutama oleh dompet digital.

Kelahiran dompet digital ini menjadi salah satu alat pembayaran yang membutuhkan OTP, yang digunakan sebagai kata sandi, untuk meningkatkan keamanan yang diberikan. Ini akan menjaga ID yang Anda gunakan aman dan menghindari berbagai masalah.

Saat ini one-time password dapat digunakan tanpa menggunakan token, bahkan hanya menggunakan SMS dan email. Setelah login, Anda akan secara otomatis menerima kode OTP, yang akan dikirim melalui email dan SMS. Jadi pengguna hanya perlu memasukkan kode OTP dan kemudian Anda bisa memasukkan ID yang Anda gunakan.

Karakteristik Yang Dimiliki Oleh One-Time Password

Ternyata one time password memiliki ciri khas tersendiri, yaitu:

  • Penggunaannya dilakukan satu kali

Seperti namanya, one-time password hanya dapat digunakan satu kali jika Anda menggunakan sistem terlepas dari aplikasi transaksinya. Ini sangat berguna untuk mencegah berbagai penyadapan kata sandi yang dapat digunakan siapa saja. Jadi jika Anda menggunakan kode OTP, Anda perlu meminta kode OTP lain yang akan melakukan transaksi berikutnya dan seterusnya.

  • Hanya dapat digunakan di rentang waktu tertentu

Biasanya, kata sandi satu kali dikeluarkan dan digunakan hanya dalam jangka waktu tertentu. Misalnya Anda meminta kode OTP dan Anda mendapatkan kode OTP yang ada di token dan hanya bisa digunakan selama 3-6 menit. Jika sudah lewat waktunya, sudah bisa dipastikan kode OTP sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diminta lagi.

  • Konteksnya cukup sempit

Password satu kali hanya dapat digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya kode OTP pada rekening bank hanya dapat digunakan satu kali dan hanya untuk transaksi yang maksudnya ini saja. Ini mengurangi risiko penipuan atau kejahatan lainnya.

Fitur-fitur di atas biasanya belum banyak diketahui masyarakat, namun siapapun yang pernah menggunakan kode OTP pasti akan mengerti. Padahal mereka hanya mengikuti prosedur yang ada.

Tips Melindungi One-Time Password Supaya Tetap Aman

Ketika Anda mendapatkan kode OTP, Anda hanya perlu melakukan tindakan pengamanan yang ketat agar kode OTP Anda dapat diamankan agar transaksi Anda benar-benar baik. Untuk melindungi akun Anda, Anda dapat:

  1. Selalu waspada dan penuh perhatian. Katakanlah nomor asing menelepon Anda dan mengaku sebagai bank, misalnya. Anda patut curiga karena pihak bank menggunakan nomor yang jelas dan alamat yang cukup jelas saat menghubungi Anda. Ada nomor di situs web bank, bahkan dari alamat Twitter, halaman Facebook, Instagram atau email. Sedangkan ponsel bisa dilihat di situs resminya. Saat ini, perusahaan telah membuat situs resmi sendiri, yang memudahkan masyarakat untuk menghubungi bank.
  2. Jangan memberikan kode OTP yang diterima kepada siapa pun, karena dikhawatirkan akan digunakan sebagai jalan keluar untuk penipuan, dll.
  3. Harap ubah kata sandi dan PIN Anda dari waktu ke waktu. Cobalah untuk membuat PIN yang berbeda dari yang sebelumnya dan itu harus berbeda untuk semua kartu Anda. Jangan gunakan PIN yang mudah didekripsi seperti tanggal lahir dan lainnya karena dapat dengan mudah ditebak oleh orang lain.
  4. Jangan meninggalkan kartu Anda di tangan orang lain tanpa izin Anda. Misalnya, saat membayar di kasir. Hal ini dilakukan untuk mencegah orang lain memperoleh dan merekam informasi. Meski dilengkapi dengan teknologi chip, informasi kartu, seperti nomor ATM, dll, dapat dengan mudah digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
  5. Blokir sementara saat kartu Anda tidak digunakan.
  6. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas aplikasi agar transaksi yang terjadi dapat terlacak di aplikasi yang Anda gunakan.

Kesimpulan Apa Itu One-Time Password (Kode OTP

Menggunakan OTP jauh lebih aman daripada kata sandi statis tradisional, terutama kata sandi yang dibuat pengguna yang dapat dilemahkan atau digunakan kembali di banyak akun yang berbeda. OTP memiliki keuntungan karena dapat menggantikan kredensial otentikasi atau digunakan untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan.

Jenis kata sandi satu kali ini menghindari jebakan umum yang dihadapi administrator dan manajer keamanan TI dalam hal keamanan kata sandi. Mereka tidak lagi perlu khawatir tentang menggabungkan aturan, kata sandi yang diketahui buruk dan lemah, berbagi kredensial, atau menggunakan kembali kata sandi yang sama di beberapa akun dan sistem.

Manfaat lain dari kata sandi satu kali adalah menjadi tidak valid dalam beberapa menit, mencegah penyerang mendapatkan kode rahasia dan menggunakannya kembali. Hal ini tentunya dapat memastikan bahwa akun dan data Anda tidak dapat diakses oleh orang lain karena keterbatasan waktu.