Tak Banyak Yang Tahu, 5 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Liputanberitaku.com — Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Lantas, apa manfaat buah naga? Kandungan buah naga itu penting untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Mengutip dari Lifehack (lifehack.org), buah naga adalah salah satu jenis buah yang mengandung sedikit kalori. Hanya terdapat 60 kalori dalam satu buah tersebut. Artinya, tubuh lebih mudah untuk mencerna buah naga sehingga nutrisi pun bisa terserap secara maksimal.

 

Banyaknya kalori juga menunjukkan bahwa buah naga cocok untuk diet sehat. Anda akan merasa kenyang, jadi Anda ingin mengurangi makan makanan tidak sehat. Selain cocok sebagai menu diet, buah naga memiliki banyak manfaat lainnya.

 

Radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, seperti buah naga. Antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker atau penyakit lainnya.

 

Tidak berhenti sampai disitu saja, manfaat buah naga berasal dari kandungan seratnya. Serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Mencegah tanda-tanda penuaan

Selain menimbulkan berbagai penyakit, radikal bebas juga bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan kulit. Untuk menghindarinya, coba gunakan masker yang terbuat dari buah naga dan madu. Coba lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengobati Jerawat

Manfaat buah naga yang tidak boleh anda lewatkan adalah buah jenis ini cocok untuk obat jerawat. Anda hanya perlu mengolah buah naga menjadi pasta dan mengoleskannya pada area kulit yang rawan berjerawat. Selanjutnya bilas dengan air hangat. Lakukan langkah ini dua kali sehari agar jerawat cepat hilang.

Mengatasi diabetes

Manfaat buah naga lainnya juga bermanfaat untuk penderita diabetes. Lifehack menyebutkan bahwa serat dalam buah naga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter untuk menghindari efek samping.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah naga selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Tak hanya itu, kandungan buah naga juga dapat mengontrol kandungan kolesterol dalam tubuh.