Apa itu Moodle dan Cara Kerjanya untuk Website

Apa itu Moodle dan Cara Kerjanya — Pendidikan di era serba digital ini tumbuh dan berkembang karena ditunjang oleh perkembangan teknologi yang pesat, terutama di masa pandemi ketika siswa masih belajar secara online. LMS atau Learning Management System merupakan salah satu dari sekian banyak bukti evolusi teknologi pendidikan, yaitu software yang digunakan untuk proses pembelajaran. Dengan bantuan LMS ini proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif, dengan harapan siswa dan guru dapat sangat membantu kinerjanya dengan LMS ini.

LMS ini tidak hanya digunakan oleh orang-orang di dunia pendidikan. Banyak perusahaan menggunakan LMS ini sebagai alat untuk melatih karyawan mereka. Salah satu LMS yang paling banyak digunakan adalah Moodle yang merupakan platform layanan pendidikan online yang dapat digunakan oleh institusi pendidikan, perusahaan atau lembaga kursus online yang menawarkan dan memiliki banyak keunggulan dalam hal penggunaan.

Moodle dikenal sebagai platform LMS gratis dan open source. Jadi semua pengguna dapat mengaktifkan penggunaan Moodle secara gratis. Bahkan, pengguna dapat mengembangkan Moodle sesuai dengan kebutuhannya. Di bawah ini kami jelaskan apa itu Moodle, fitur, fungsi, manfaat dan cara kerjanya. Mari kita lihat apakah sekolah atau bisnis Anda membutuhkan bantuan dari Moodle ini.

Apa itu Moodle dan Cara Kerjanya untuk WebsiteMengenal Apa Itu Moodle

Moodle adalah platform pelatihan online yang dibuat untuk mengelola sistem manajemen pembelajaran. Moodle adalah singkatan dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment. Inti dari singkatan tersebut adalah Moodle merupakan platform LMS yang digunakan untuk mengelola sebuah sistem pembelajaran. Dalam hal pendidikan, manfaat yang diberikan Moodle sangat besar baik bagi siswa maupun guru.

Dengan menggunakan LMS ini, guru dapat mengatur sistem pembelajaran siswanya, baik itu pekerjaan rumah, penyampaian materi, kuis dan lainnya. Moodle untuk siswa juga membantu siswa lebih disiplin dalam menyelesaikan tugas, mengerjakan ujian, berkolaborasi dengan teman, dan lainnya. Sebagai sistem pendidikan multifungsi, Moodle tidak hanya digunakan oleh mereka yang bekerja di bidang pendidikan. Namun, banyak perusahaan menggunakan layanan Moodle untuk membantu mereka mengatasi masalah pendidikan di lingkungan kerja mereka.

Perusahaan dapat menggunakan Moodle sebagai alat pelatihan atau pengembangan keterampilan bagi karyawan mereka. Selain itu, Moodle juga dapat digunakan oleh penyedia kursus online. Karena mudah digunakan dan mudah digunakan, layanan LMS ini juga dapat dijalankan dalam kursus online. Moodle terdiri dari 3 versi model yang dapat digunakan oleh calon pengguna yang tertarik dengan layanan LMS.

Versi Moodle 

Versi Moodle adalah Moodle (dot) com, Moodle (dot) org dan Moodlecloud.(Dot) om. Ketiga jenis ini memiliki perbedaannya masing-masing. Moodle (dot) com adalah produk komersial dari Moodle HQ, di mana Anda dapat melihat mitra dan produk Moodle secara detail di alamat ini. Dengan masuk ke Moodle (dot) org, sebuah situs tempat para pengguna Moodle berkumpul, pengguna dapat mengunduh plugin dan kode sumber dari situs ini.

Yang ketiga adalah Moodlecloud (dot) com, jenis Moodle ini adalah situs yang dapat digunakan untuk membuat platform pendidikan berbasis web. Oleh karena itu, pengguna Moodle dapat dengan mudah membuat platform pendidikan online menggunakan Moodlecloud (dot) com. Sedangkan sejarah singkat Moodle pertama kali dibuat oleh Martin Dougiamas, webmaster di Curtin University of Technology di Australia. Ketika Moodle versi 1.0 dirilis, fitur-fiturnya masih sangat mendasar dan penggunaannya masih terbatas pada lingkup kecil. Baru pada rilis kedua Moodle benar-benar melihat peningkatan fitur, pengguna, skalabilitas, dan banyak lagi.

Mengenal Fitur-Fitur LMS Moodle

cara menggunakan moodle
cara menggunakan moodle

Platform LMS bernama Moodle ini memiliki banyak sekali fitur. Banyak fitur dan fungsi menjadikan Moodle salah satu dari 20 LMS yang paling banyak digunakan di dunia. Memang, apa saja fitur khusus yang ada di Moodle ini? Moodle memiliki fitur-fitur canggih seperti manajemen file, dasbor khusus, pelacakan kemajuan, umpan balik bawaan, dan integrasi multimedia. Di bawah ini adalah penjelasan dari fitur-fitur Moodle.

  • Inline Feedback

Fitur ini menyederhanakan penggunaan platform Moodle untuk pengajar dan pengajar. Dengan Umpan Balik Sebaris, pengajar tidak perlu khawatir untuk memberikan umpan balik kepada siswanya. Ketika siswa mengunggah pekerjaannya, umpan balik langsung ditampilkan, umpan balik dapat berupa komentar atau koreksi dari guru.

  • File Management

Berikutnya adalah fungsi manajemen file, seperti namanya, fungsi ini bertanggung jawab untuk menangani semua bentuk file, file atau dokumen. Fitur ini memudahkan untuk masuk ujian atau tugas. Masalah yang berkaitan dengan pekerjaan rumah dan ujian siswa hanya dapat diselesaikan dengan menyeret. Selain fungsi drag and drop, ada juga metode untuk menautkan sumber materi dari kursus lain, seperti file, URL, dokumen, dan lainnya.

  • Personalized Dashboard

Dasbor adalah halaman yang dapat disesuaikan untuk memberikan detail kepada pengguna tentang perkembangan dan tenggat waktu yang akan datang. Di tengah adalah blok pemilihan kursus yang memungkinkan siswa dan guru untuk dengan mudah melacak aktivitas yang diperlukan dan menyaring kursus. Dasbor Moodle terlihat sangat sederhana dan mudah digunakan. Dasbor ini mencakup daftar kursus, kalender aktivitas, pengguna aktif, dan banyak lagi.

  • Progress Tracking

Penting bagi seorang guru atau tutor untuk mengetahui perbaikan apa yang telah dilakukan siswa mereka. Untuk Moodle ini memiliki fitur yang membantu guru dan tutor yaitu fungsi progress monitoring, dimana fitur ini memungkinkan anda untuk melacak kemajuan setiap siswa, menampilkan apa yang sudah dicapai dan apa yang masih ingin dicapai. Fungsi ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu untuk kursus dan keterampilan.

  • Multimedia Integration

Bagi pengajar atau guru yang ingin menambahkan beberapa jenis media seperti video, musik, audio atau lainnya, benar-benar harus menggunakan fitur ini. Fitur ini disebut Integrasi Media, yang digunakan untuk mengintegrasikan media yang ingin Anda lihat dalam kursus. Dukungan multimedia bawaan Moodle memudahkan untuk menemukan dan menambahkan file video dan audio ke kursus Anda.

Fungsi Moodle sebagai LMS

Moodle sebagai fungsi LMS jelas digunakan sebagai platform pendidikan baik di lembaga pendidikan maupun untuk perusahaan. Jika LMS ini digunakan dalam dunia pendidikan, jelas fungsinya untuk mendukung program pendidikan berbasis teknologi informasi yang memudahkan guru dan siswa. Sementara itu, perusahaan dapat menggunakan platform ini untuk mengembangkan keterampilan karyawannya. Fungsi-fungsi tersebut dirinci sebagai berikut:

  • Moodle sebagai LMS Sekolah

Di era sekarang ini, sudah menjadi kewajiban bagi sekolah dan lembaga pendidikan lainnya untuk mencoba terus menggunakan LMS atau Learning Management System. Karena keuntungannya akan banyak. Salah satunya adalah proses pembelajaran akan lebih langsung, efisien dan efektif. Dengan bantuan ini, peran guru sebagai guru didukung dalam pekerjaannya. Guru dapat dengan mudah memberikan tugas dan memeriksa siswa mereka secara teratur. Selain itu, siswa diajarkan untuk menggunakan platform Moodle dengan cara yang lebih disiplin.

  • Moodle sebagai LMS Perusahaan

Sebagai platform LMS, tentunya manfaat Moodle tidak berhenti di institusi pendidikan. Namun, segala sesuatu yang berkaitan dengan fasilitas pendidikan dan pelatihan dapat memanfaatkan layanan ini sekali. Perusahaan dapat memanfaatkan layanan Moodle untuk mempelajari keterampilan karyawan mereka. Banyak perusahaan menggunakan platform ini. Perusahaan yang menggunakan platform Moodle sebagai LMS termasuk Microsoft, Allianz, Shell, dan banyak lagi.

  • Moodle sebagai LMS Kursus Online

Sebagai platform berbasis web atau browser, Moodle tentunya juga cocok untuk mendukung pilihan kursus online. Fitur-fitur Moodle sangat berguna dalam membuat kursus online. Banyak kursus online yang menggunakan layanan Moodle ini.

Keunggulan dari LMS Moodle

Menjadi platform yang banyak digunakan tentunya tidak bisa dipisahkan, karena Moodle menawarkan kenyamanan bagi penggunanya. Platform Moodle memiliki banyak manfaat ramah pengguna, yang paling umum adalah kemudahan penggunaan. Selain itu, Moodle menawarkan manfaat menarik seperti ketersediaan offline, komunitas pengguna yang besar dan banyak lagi. Manfaat Moodle dijelaskan di bawah ini.

  • Gratis dan Open Source

Moodle adalah platform open source, yang berarti kode sumbernya tersedia untuk semua orang. Didistribusikan di bawah Lisensi Publik Umum. Sederhananya, pengguna dan administrator bebas menjalankan, berbagi, dan memodifikasinya untuk memenuhi kebutuhan komersial atau non-komersial spesifik mereka. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan versi modifikasinya, karena Moodle ini dapat digunakan dan diunduh secara gratis bagi yang berminat.

  • Moodle Mudah Digunakan

Alasan utama organisasi menyukai Moodle adalah karena Moodle dapat dikonfigurasi, sangat fleksibel, dan kaya fitur. Selain dapat memodifikasi kode sumber terbuka Moodle, ratusan plugin Moodle memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi Moodle agar berfungsi seperti yang Anda inginkan. Dengan lebih dari 500 ekstensi Moodle yang dikembangkan oleh komunitas global, siswa, pemimpin, dan administrator Anda memiliki kekuatan untuk berkembang dalam lingkungan yang membuat pembelajaran menjadi kolaboratif, menarik, dan menyenangkan.

  • Bisa diakses Offline

Untuk negara berkembang, bandwidth internet bisa menjadi masalah serius saat pelatihan online. Bahkan di negara maju, ini bisa menjadi masalah di daerah terpencil. Dengan Moodle, Anda mendapatkan fitur login offline yang memungkinkan karyawan jarak jauh Anda mengunduh kursus ke perangkat mereka dan mengaksesnya secara offline nanti. Manfaat ini menjadikan Moodle salah satu dari 20 sistem manajemen pembelajaran paling populer di dunia. Navigasi intuitif, fitur hebat, kenyamanan, dan akses offline adalah beberapa dari banyak alasan mengapa manajer pelatihan mencari Moodle.

  • Tampilan yang Sederhana

Sebuah studi 2016 oleh Brandon Hall Group menemukan bahwa sekitar 44% perusahaan yang menggunakan LMS sedang mempertimbangkan untuk menggantinya dengan perusahaan yang dapat memberi mereka pengalaman pengguna yang lebih baik. Sangat penting bahwa LMS memiliki antarmuka intuitif dengan fungsi navigasi deskriptifnya sendiri dan LMS berbasis Moodle menyediakan ini. LMS mudah digunakan, yang berarti pelatihan dan waktu pembelajaran minimal diperlukan untuk membiasakan karyawan dengan cara menggunakannya secara efektif.

  • Komunitas yang Besar

Moodle memiliki komunitas yang begitu besar berkat jaringannya yang kuat dari 88 mitra (saat tulisan ini dibuat) dan ratusan juta pengguna, pengembang, administrator, guru, dll. Selain Moodle LMS, tidak ada sistem pendidikan lain yang memiliki jaringan profesional yang berdedikasi. Selain itu, Pusat Moodle menyelenggarakan Moodle Moots di seluruh dunia untuk memperkuat komunitas dan mendiskusikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Moodle.

Cara Kerja dari LMS Moodle

Tentu saja, Moodle umumnya berfungsi sebagai alat pendidikan atau platform pendidikan berbasis web di mana pengguna dapat menggunakannya melalui halaman web yang dilihat di browser. Moodle mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan sistem pembelajaran online. Contohnya termasuk mengatur kursus baru, materi tambahan, menetapkan tugas, tenggat waktu, melacak aktivitas belajar siswa, dan banyak lagi. Moodle dikembangkan sebagai platform open source, jelas ini merupakan keuntungan bagi pengguna yang dapat mengembangkan platform pendidikan online sesuai dengan kebutuhannya.

 

Kesimpulan Apa itu Moodle dan Cara Kerjanya

Moodle adalah platform pendidikan serbaguna yang dapat digunakan siapa saja dengan mudah. Moodle dapat digunakan sebagai platform pembelajaran oleh berbagai pihak, baik itu lembaga pendidikan, perusahaan atau lembaga kursus online. Banyaknya keunggulan Moodle menjadikannya salah satu platform yang paling banyak digunakan saat ini. Platform Moodle menawarkan keuntungan bagi penggunanya seperti manajemen platform yang mudah, antarmuka yang sederhana dan komunitas yang siap membantu bahkan menjadi tempat konsultasi.

Semoga dunia pendidikan berangsur membaik dengan adanya Moodle ini. Karena jelas teknologi pendidikan baru muncul dari waktu ke waktu. Bukan tidak mungkin Moodle terus berkembang dan memberikan manfaat lebih di kemudian hari. Demikian artikel tentang apa itu Moodle, fitur, fungsi, manfaat dan cara kerjanya.