Pengertian HTTP Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian HTTP Beserta Fungsi  — Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa situs web hanya dapat diakses dengan alamat domain? Tahukah Anda bahwa semua ini dimungkinkan berkat HTTP? Ya, itu adalah HTTP. HTTP merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari browsing, mengirim file, dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi web. Mengapa penting? Yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian HTTP Beserta Fungsi dan cara kerjanya

apa itu http
apa itu http

Apa itu HTTP? HTTP adalah lapisan aplikasi (application layer) protokol jaringan yang dikembangkan untuk memudahkan proses transfer antar komputer. Protokol ini berguna untuk mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar dan video antar komputer.

Seperti namanya, penggunaan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) menangani hypertext, mencuri banyak sumber daya dari tautan – jenis file ini bertindak sebagai tautan ke file atau direktori lain.

Protokol HTTP menyediakan satu set perintah untuk komunikasi antar jaringan. Komunikasi terjadi antara server web dan komputer klien, atau sebaliknya. Dalam komunikasi ini, komputer klien membuat permintaan dengan mengakses alamat IP atau domain (URL). Server web kemudian menangani permintaan berdasarkan kode yang dimasukkan.

Contoh paling sederhana dari penggunaan protokol HTTP adalah komunikasi antara komputer klien dan server web.

Komputer klien meminta server web menggunakan browser. Web server kemudian merespon permintaan tersebut dengan mengirimkan data/dokumen yang tersedia di web server sesuai permintaan pelanggan.

Padahal, ada protokol lain untuk pertukaran data dan informasi, seperti SMTP, FTP, IMAP atau POP3. Tetapi protokol HTTP adalah yang paling banyak digunakan daripada yang lain. Ini karena HTTP pada awalnya dirancang untuk menangani dokumen HTML dan mengirimkannya ke klien.

Selain itu, protokol HTTP cukup fleksibel dan saat ini sedang dikembangkan dengan banyak fitur baru. Ini menjadikan protokol HTTP sebagai protokol yang paling andal dan pertukaran data tercepat.

Fungsi HTTP

Fungsi HTTP adalah untuk mengontrol format dan metode transfer data. HTTP juga mengontrol bagaimana server web dan browser memproses berbagai perintah yang masuk.

Misalnya, ketika Anda memasukkan domain (URL) di browser. URL yang Anda masukkan adalah perintah ke server web untuk memberikan informasi di situs web yang sesuai dengan alamat yang dicapai. Hasil dari perintah tersebut adalah halaman web yang dilihat melalui web browser.

Fungsi lain dari HTTP adalah untuk melindungi data dari pencurian dan hacker. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS). Fungsinya sama, yaitu pengaturan pengolahan data. Namun, HTTPS adalah versi protokol yang aman dibandingkan dengan HTTP.

Data yang diproses dengan HTTPS dienkripsi terlebih dahulu. Tujuan dari metode ini adalah untuk mencegah peretas atau pengguna mencoba mencuri atau memata-matai proses pertukaran data yang sedang berlangsung. Data yang tidak terenkripsi akan lebih mudah dibaca dan, tentu saja, berbahaya. Selanjutnya data tersebut merupakan data penting seperti username, password, PIN, personal ID, dll.

Cara Kerja HTTP

Berbicara tentang cara kerja HTTP tidak pernah lepas dari cara kerja aplikasi web. Oleh karena itu, untuk lebih mudah memahaminya, mari kita bahas dulu apa itu aplikasi web, browser, dan protokol.

Aplikasi Web dan Browser

Selama proses pengembangan situs web, Anda harus terbiasa dengan aplikasi web. Aplikasi web adalah perangkat lunak yang diakses melalui browser. Tahukah Anda apa itu browser? Browser adalah aplikasi yang Anda gunakan untuk mengakses (menjelajah) data di Internet. Contoh web browser antara lain Firefox, Chrome, Safari, Internet Explorer, dan sejenisnya.

Sekarang! Untuk mempermudah, mari kita asumsikan bahwa aplikasi web adalah server web, meskipun secara teknis ada beberapa aplikasi web di server web. Server web adalah aplikasi jaringan yang berjalan pada mesin (server) yang terhubung ke port jaringan. .

Sedangkan browser dalam hal ini lebih dikenal sebagai web client. Namun, klien web secara teknis bukan hanya browser, tetapi aplikasi apa pun yang dapat berkomunikasi dengan server seperti cURL dan Telnet.

Protokol

Klien web (browser) dan server web (aplikasi web) memerlukan aturan standar untuk berkomunikasi satu sama lain, ini disebut protokol. Apakah Anda ingat protokol apa itu?

Protokol komunikasi adalah media yang dapat menghubungkan dua pihak. Misalnya, komunikasi antara dua orang yang membutuhkan bahasa atau tata bahasa yang sama untuk berkomunikasi satu sama lain.

Nah, dalam komputasi, ketika dua aplikasi ingin berkomunikasi satu sama lain, mereka membutuhkan aturan yang disebut protokol. Saat ini, browser mengenali banyak protokol standar seperti FTP, WebSocket dan HTTP.

Cara Kerja HTTP Memproses Data

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah sumber daya web. Contoh sumber daya web tersebut adalah HTML, PDF, JSON dan file lain yang disimpan di server web.

Untuk klien web untuk mengakses berbagai sumber daya di server web, URL digunakan. Sekarang! Protokol HTTP memfasilitasi koneksi yang membantu klien web untuk mengambil sumber daya web dalam aplikasi web.

Melalui URL, tugas protokol HTTP adalah mengirimkan permintaan (request) dan memberikan respon (respon) terhadap permintaan URL yang diberikan. Misalnya menghapus, memperbarui, atau mengganti file di server.

Setelah permintaan dan tanggapan dibuat, server web tidak memiliki memori dari koneksi yang dibuat. Jadi ketika HTTP mengirimkan permintaan ulang, server web memprosesnya sebagai permintaan asli, sehingga HTTP disebut protokol stateless.

Sedangkan seluruh proses request dari web client ke respon dari web server merupakan transaksi HTTP.

Sayangnya, HTTP tidak lepas dari kesalahan saat memproses data. Lihat daftar kode status HTTP dan solusinya untuk lebih jelasnya. Anda juga dapat mempelajari cara memperbaiki kesalahan HTTP 500 dan kesalahan HTTP 503.

Penutup Pengertian HTTP Beserta Fungsi 

HTTP adalah komponen situs web yang mengatur pertukaran data di Internet. Protokol ini memungkinkan koneksi klien web (browser) dan server web (aplikasi web). Protokol HTTP mengontrol proses transfer dan bagaimana format data dikirim.

Inilah mengapa ini merupakan bagian penting dari protokol HTTP. Mengingat pentingnya HTTP, pengembangan terus berlanjut, ditandai dengan munculnya protokol HTTPS, yang menggantikan versi HTTP lama. Pada dasarnya, HTTPS menggunakan teknologi yang disebut HSTS. HSTS adalah metode memaksa browser untuk menggunakan koneksi HTTPS untuk sebuah situs web.

Demikian sekilas tentang pengertian, fungsi, dan pengoperasian HTTP. Semoga artikel ini mudah dipahami. Jangan lupa untuk mendaftar untuk menerima informasi terbaru tentang teknologi, pemasaran digital, dan bisnis dari kami.