Mengenal dan Memahami Apa Itu Programming Language

Apa Itu Programming Language — Bahasa pemrograman digunakan untuk membuat perintah untuk perangkat komputasi untuk mencari tahu apa yang Anda inginkan. Anda tidak dapat berkomunikasi dengan perangkat Anda seperti Anda dapat berkomunikasi dengan teman-teman Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat aplikasi atau situs web, Anda memerlukan bahasa pemrograman untuk menjalankan web atau aplikasi tersebut.

Ada banyak bahasa pemrograman di dunia ini yang bisa Anda gunakan seperti Ruby, Python, JavaScript dan masih banyak varian bahasa lainnya. Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Mempelajari ini membutuhkan waktu lama, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk itu.

Bagi yang tertarik mempelajari bahasa pemrograman, perlu mengetahui dan memahami apa itu bahasa pemrograman, artikel kali ini membahas tentang bahasa pemrograman atau bahasa pemrograman. Baca artikel ini sampai akhir untuk mempelajari lebih lanjut tentang bahasa pemrograman.

Apa Itu Programming Language

Saat menginstruksikan komputer untuk melakukan tugas tertentu, komputer perlu diinstruksikan menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa komputer untuk menjalankan perintah tertentu. Bahasa pemrograman dirancang untuk membantu komputer Anda melakukan tugas yang Anda perintahkan. Misalnya, jika Anda ingin menghapus file di komputer Anda, tombol “hapus” akan berjalan karena komputer Anda dikonfigurasi untuk menggunakan bahasa pemrograman bawaan komputer.

Bahasa pemrograman digunakan tidak hanya untuk mengontrol perangkat komputer, tetapi juga untuk membuat situs web, aplikasi, dan perangkat lunak online. Ada beberapa jenis bahasa pemrograman untuk mengeksekusi perintah tertentu. Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis-jenis bahasa pemrograman tercantum di bawah ini.

  • Low-level Programming Language

Bahasa tingkat rendah atau low level adalah bahasa pemrograman yang tidak memerlukan compiler, sehingga bahasa tingkat rendah dapat berjalan dengan sangat cepat. Apa Itu Programming Language atau Bahasa pemrograman sangat bergantung pada mesin prosesor. Bahasa pemrograman dibagi menjadi dua bagian: bahasa mesin dan bahasa rakitan. Bahasa mesin dikenal sebagai kode mesin atau kode objek. Sedangkan bahasa assembly (ASM) dirancang untuk prosesor tertentu.

  • High-level Programming Language

Tidak seperti High-level Programming Language, bahasa pemrograman tingkat tinggi atau bahasa tingkat tinggi memerlukan kompiler atau juru bahasa untuk menerjemahkan program ke dalam bahasa mesin atau untuk menjalankan program. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Python, Java, JavaScript, PHP, C#, C++, Objective C, Cobol, Perl, Pascal, LISP, FORTRAN, dan bahasa pemrograman Swift.

  • Middle-level Programming Language

Middle-level Programming Language terletak di antara bahasa pemrograman tingkat tinggi dan tingkat rendah. Bahasa pemrograman ini sering dikenal sebagai bahasa perantara atau bahasa semu. Keunggulan bahasa ini adalah mendukung bahasa tingkat tinggi, mudah digunakan dan sangat dekat dengan bahasa mesin dan bahasa manusia, sehingga masih mudah dipahami.

6 Bahasa Pemrograman yang Populer di Tahun 2022

Setelah mempelajari berbagai jenis bahasa pemrograman, perlu diketahui bahwa ada berbagai bahasa tingkat tinggi yang sering digunakan untuk memprogram aplikasi atau situs web, sekarang saatnya untuk mengetahui bahasa pemrograman mana yang populer di tanah air. 2022. Anda dapat mempelajarinya ketika Anda sudah tahu bahasa pemrograman mana yang akan digunakan. populer tahun ini. Di bawah ini adalah 6 bahasa pemrograman populer di tahun 2022.

  • JavaScript

Beberapa tahun belakangan ini muncul berbagai bahasa pemrograman di dunia, bahasa pemrograman JavaScript masih umum digunakan dan diteliti oleh berbagai developer. Faktanya, JavaScript tetap menjadi bahasa pemrograman yang populer secara konsisten. Ini karena banyak perusahaan teknologi besar menggunakan JavaScript, termasuk Facebook, Google, Microsoft, dll.

  • Python

Dalam beberapa tahun terakhir, Python telah menjadi bahasa populer pada tahun 2022. Penggunaan Python telah tumbuh 18-19% selama 5 tahun terakhir. Bahasa pemrograman Python digunakan untuk AI (kecerdasan buatan) dan ML (pembelajaran mesin). Kerangka kerja atau kerangka kerja Python termasuk Django, Flask, Piramida, dan banyak kerangka kerja lain yang bekerja dengan bahasa pemrograman Python.

  • C atau C++

Menurut beberapa survei, penggunaan bahasa pemrograman C atau C++ meningkat sebesar 0,1%. C atau C++ ternyata cukup menarik, walaupun bahasa pemrograman ini masih sulit untuk dipahami. Bahasa pemrograman C atau C++ digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti Adobe, Oracle, Microsoft, Nvidia, dll. Jadi secara langsung, jika Anda bisa menggunakan C atau C++, itu akan mendongkrak karir Anda karena Anda bisa melamar pekerjaan di beberapa perusahaan hebat tersebut.

  • Java

Ada sekitar 8 juta pengembang Java di seluruh dunia, yang masih menempatkan Java pada posisi yang cukup tinggi untuk menjadi bahasa populer pada tahun 2022. Penggunaan Java masih diminati karena bahasa ini menggunakan orientasi objek, memungkinkan penggunaan kode Java. pada platform lain yang mendukung JAVA, mereka dapat dijalankan tanpa kompilasi ulang. Selanjutnya bahasa pemrograman Java dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti aplikasi web, aplikasi desktop, aplikasi ilmiah dan sejenisnya. Anda juga dapat meningkatkan peluang karir Anda dengan mempelajari bahasa pemrograman Java karena banyak perusahaan terkemuka seperti Adobe, Amazon, Flipkart dan banyak lainnya masih menggunakan bahasa pemrograman Java.

  • Bahasa R

Banyak developer yang masih asing dengan bahasa pemrograman R, bahasa pemrograman R masih jarang didengar oleh orang awam, bahkan developer jarang menggunakannya. Namun, bahasa R dapat memajukan karir Anda karena bahasa pemrograman R sangat berguna untuk ilmu data, analisis statistik, dan pembelajaran mesin serta menyediakan banyak perpustakaan dan kerangka kerja yang Anda inginkan. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti Google, Facebook, Uber dan lain-lain. Belajar bahasa pemrograman R dapat dilakukan dari sistem operasi (OS) apapun seperti Linux, Microsoft atau Windows. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah fitur pemrosesan data seperti Hadoop dan Spark, terjemahan lintas platform, kemampuan grafis yang kuat, pemrosesan terdistribusi, dan banyak lagi. Untuk alasan ini, bahasa pemrograman R tetap diminati oleh pengembang di seluruh dunia. Anda dapat mulai belajar sekarang untuk meningkatkan karir Anda di masa depan.

Kesimpulan Apa Itu Programming Language

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dirancang untuk membuat mesin atau perangkat komputer bekerja seperti yang Anda inginkan. Anda tidak dapat memberi tahu komputer untuk melakukan apa yang Anda inginkan dalam bahasa manusia. Misalnya, jika Anda ingin mengunduh file dari situs web, klik tombol “unduh” dan situs web itu sendiri dibuat menggunakan bahasa pemrograman.

Secara umum, bahasa pemrograman terbagi menjadi tiga jenis, yaitu bahasa tingkat tinggi, tingkat menengah, dan tingkat rendah. Perbedaan antara keduanya terletak pada fungsi ketiganya, tingkat tinggi membutuhkan terjemahan saat mengeksekusi kode program aplikasi, sedangkan tingkat rendah tidak memerlukan terjemahan, dan tingkat menengah menggunakan fungsi bahasa tingkat tinggi dan posisinya antara tinggi nilai-nilai. bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat rendah.