Apa Itu Organic Traffic dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Organic Traffic –Traffic adalah jumlah pengunjung atau orang yang telah mencapai, mengunjungi, membaca dan kebutuhan pengunjung lainnya yang didaftarkan oleh domain Anda. Sebuah situs web memiliki lalu lintas organik dan lalu lintas berbayar.

Lalu lintas situs web adalah bagian penting dari kelangsungan situs web. Karena lalu lintas ini, situs dikatakan hidup. Semakin tinggi trafik, website dapat memaksimalkan tujuan dan kebutuhan pemiliknya, seperti pemasaran produk, branding, referensi pelanggan, dan lainnya.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas organic traffic ke website anda.

Ada alasan mengapa lalu lintas organik sangat penting untuk sebuah situs web. Karena dalam bisnis, akan lebih mudah untuk memasarkan, menawarkan, mempresentasikan produk atau jasa Anda.

Jadi, pengunjung yang tertarik dan mendapat manfaat dari situs Anda kemungkinan besar akan mengikuti Anda dan mendaftar untuk mendapatkan buletin atau promosi apa pun yang Anda tawarkan.

Semakin besar kemungkinan mereka menjadi konsumen jangka panjang dari produk yang Anda tawarkan. Traffic website yang tinggi meningkatkan baik DA (domain authority) maupun PA (page authority), sehingga popularitas website Anda akan bagus di mata mesin pencari Google.

Anda tentu penasaran dengan pembahasan lalu lintas organik ini, bukan?

Karena pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada anda pengertian dari trafik organik, manfaatnya dan cara mendapatkan trafik organik. Daripada bertanya pada diri sendiri, mari kita bahas apa itu lalu lintas organik.

Yuk, simak percakapan di bawah ini!

Apa Itu Organic Traffic?

organic traffic
organic traffic

Lalu lintas organik adalah lalu lintas dari pengunjung atau pengunjung situs web yang berasal dari hasil pencarian organik mesin pencari, tanpa menggunakan iklan.

Pencarian dikatakan organik ketika pengguna mencari informasi atau konten tertentu dengan mengetikkan kata kunci ke mesin pencari seperti Google atau Bing. Dan ketika Anda menemukan apa yang Anda cari dan mengklik tautan situs web dan mengunjunginya, itu adalah lalu lintas organik.

Salah satu upaya untuk mendapatkan traffic organik adalah SEO (Search Engine Optimization) di website Anda. Dan lalu lintas organik tidak dikenakan biaya atau gratis.

Bahkan, mendapatkan jenis lalu lintas ini membutuhkan lebih banyak usaha. Waktu yang dibutuhkan juga relatif lama, karena mesin pencari mengatur kualitas dan kualitas konten website.

Intinya adalah mendapatkan banyak lalu lintas organik membutuhkan lebih banyak usaha daripada mendapatkan lalu lintas berbayar. Tentunya dengan banyak penerapan teknik SEO yang baik dan benar.

Manfaat Organic Traffic Untuk website Anda

Selain sayuran organik yang memiliki efek menguntungkan bagi tubuh manusia. Demikian juga, lalu lintas organik ke situs web Anda dapat membawa manfaat yang baik untuk situs web Anda. Jadi, berikut adalah manfaat dari lalu lintas organik:

1. Jangkauan Pelanggan yang Semakin Luas

Seperti yang telah kita lihat, lalu lintas organik berasal dari hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang diketik pengunjung ke mesin pencari. Oleh karena itu, hasil pencarian menunjukkan permintaan pencarian pengunjung.

Semakin tinggi peringkat mereka dalam hasil pencarian, semakin besar kemungkinan pengunjung untuk mengklik. Misalnya, Anda mencari “paket hosting murah” dan mengetiknya di halaman pencarian Google.

Begitu juga dengan situs e-commerce dengan trafik tinggi. Tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk yang dijual.

2. Popularitas Website akan Terus Meningkat

Popularitas bukan hanya untuk artis. Juga di situs. Semakin banyak orang mencari dan mengakses situs Anda, semakin Google akan menilai bahwa situs Anda memiliki konten yang akan dipilih pengunjung.

Oleh karena itu, Google akan selalu menampilkan situs web Anda terlebih dahulu sebagai konten yang direkomendasikan yang relevan dengan pencarian pengunjung.

Cara Mendapatkan Organic Traffic

Apa Itu Organic Traffic  — Cara terbaik untuk mendapatkan traffic organik adalah dengan menerapkan teknik optimasi SEO pada konten website Anda. Semakin baik kualitas optimasi SEO Anda, semakin baik peluang Anda untuk mencapai posisi teratas dalam hasil pencarian. Karena jika konten Anda berada di bagian atas hasil pencarian, lalu lintas Anda akan lebih tinggi.

Indikator yang menentukan jumlah lalu lintas adalah kualitas konten yang dihasilkan dan disediakan oleh situs web. Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas?

Konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan nilai tambah bagi pembaca dan informasi yang disampaikan dapat dipahami oleh pembaca. Jika pembaca Anda puas dan diuntungkan, Anda dapat yakin mereka akan kembali ke situs Anda.

Menerapkan Optimasi SEO On-Page dan SEO Off-Page

Yang perlu Anda lakukan sebelum membuat konten adalah meneliti kata kunci dan menelitinya. Riset kata kunci dapat dilakukan dengan menggunakan alat gratis yang tersedia. Misalnya, Google Keyword Planner, Ubersuggest, Ahrefs, dan lainnya.

Saat menargetkan kata kunci tertentu, pastikan untuk mencari dengan volume pencarian tinggi tetapi persaingan rendah. Mengapa memilih volume pencarian tinggi dan persaingan rendah? Karena jika Anda membelinya dalam kompetisi besar, maka akan sulit untuk memiliki kesempatan untuk berada di urutan teratas hasil pencarian.

Seperti disebutkan di atas, cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas organik adalah dengan mengoptimalkan SEO. Lalu bagaimana penerapan SEO untuk meningkatkan trafik organik? Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan.

  • SEO On Page

SEO On-page adalah optimasi yang dilakukan pada halaman atau konten website. Ini berarti mengoptimalkan konten Anda, misalnya membuat kata kunci yang relevan dengan situs web Anda. Kemudian tempel artikel di judul, deskripsi, tautan permanen, tambahkan gambar alternatif, dan lainnya.

  • SEO Off Page

SEO Off-page adalah proses optimasi yang dilakukan di luar situs, meskipun pengoptimalan dilakukan di luar situs. Namun teknik ini juga merupakan bagian dari faktor SEO. Tujuannya adalah untuk meningkatkan lalu lintas dan meningkatkan peringkat mesin pencari. Biasanya, metode yang paling sering digunakan adalah membuat backlink untuk situs web Anda.

Kesimpulan Apa Itu Organic Traffic 

Demikian pembahasan kali ini adalah tentang organic traffic. Jangan lupa nantikan artikel menarik lainnya dari kami.