Cara Mengirim File Besar via Email Dengan 3 Metode

Cara Mengirim File Besar via Email — Teknologi memudahkan pengiriman dokumen digital. Dari dokumen di tempat kerja hingga foto bersama keluarga saat liburan. Namun bagaimana jika file yang akan dikirim berukuran sangat besar? Ini bisa menjadi masalah.

Salah satu cara paling populer untuk berbagi dokumen adalah email. Anda harus tahu bahwa platform email sering membatasi ukuran file yang dapat Anda kirim. Termasuk Gmail, platform email yang paling banyak digunakan saat ini.

Tentu saja, ada cara untuk mengatasi kendala ini. Anda masih dapat mengirim file besar melalui email.

Untuk tujuan ini, dalam artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda cara mengirim file besar melalui email. Kami juga menjelaskan batas ukuran file yang dapat Anda kirim melalui email dan mengapa platform email menerapkan batas ini.

Mengapa Email Membatasi Ukuran File?

Keterbatasan ukuran lampiran dapat menghambat kinerja. Misalnya, ketika mengirim video atau file PDF, yang cenderung memiliki file besar, pembatasan ini jelas dapat mengganggu.

Apalagi jika Anda menggunakan email untuk bisnis dan pekerjaan. Misalnya, Anda adalah seorang digital marketer yang secara rutin mengirimkan email marketing kepada pengguna.

Namun, platform email membatasi ukuran file terlampir yang dapat dikirim karena suatu alasan.

Server email memproses sejumlah besar permintaan. Dengan cara ini, Anda tidak akan dapat menangani ribuan email besar secara bersamaan. Pengiriman email besar secara bersamaan dapat menyebabkan server mogok.

Inilah sebabnya mengapa file yang dilampirkan ke email terbatas.

Batas Ukuran Penyedia Email Terkemuka

Beberapa layanan email sebenarnya memiliki batas ukuran file. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berapa banyak batasan yang ditentukan oleh setiap penyedia email:

  • Gmail: 25MB. Faktanya, lampiran Gmail dibatasi hingga 25MB. Namun, ini bisa menyesatkan karena Google memformat email dalam format tertentu sebelum mengirimnya. Proses ini dapat menggandakan ukuran lampiran. Oleh karena itu, ukuran sebenarnya dari file lampiran Gmail hanya 12MB
  • Microsoft Outlook: 20 MB di semua versi
  • Hotmail 10 MB
  • Mail.com: 50 MB. Namun, setiap file dikompresi hingga maksimum 10MB.
  • Yahoo: 25MB.
  • Zoho: 12 MB. Setiap file hanya 10MB.
  • AOL: 25 MB.
  • ProtonMail: 25 MB. Anda dapat mengirim hingga 100 email individu.

Seperti yang Anda lihat, setiap penyedia email memiliki kebijakan pembatasan yang berbeda untuk mengirim file. Kemudian pertimbangkan aplikasi email yang ingin Anda gunakan.

Batas Ukuran Client Email 

Pembatasan email tidak hanya berlaku untuk penyedia email tradisional, tetapi juga untuk aplikasi klien email. Di bawah ini adalah batasan email yang diberlakukan oleh aplikasi klien email paling populer:

  • Mozilla Thunderbird: Tidak Terbatas.
  • Windows Live Mail: 10 GB per pesan. Dan file tidak boleh lebih besar dari 50MB.
  • The Bat!: 25 MB.

Aplikasi klien email umumnya digunakan secara luas oleh bisnis dan bukan individu. Jika Anda ingin menggunakan klien email, Anda harus tahu bahwa setiap aplikasi klien email memiliki keterbatasan.

Cara Mengirim File Besar via Email Dalam 4 Metode

Di bagian sebelumnya, kami melihat bahwa semua aplikasi email memiliki batas pengiriman file. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana jika Anda ingin mengirim file berukuran besar sementara ada batasannya?

Jangan khawatir, Anda tetap dapat mengirim file berukuran besar melalui email dengan cara berikut:

1. Menggunakan Cloud Storage

Penyimpanan cloud adalah teknologi yang dapat menyelamatkan nyawa banyak orang. Selama Anda dapat terhubung, Anda dapat mengakses penyimpanan cloud Anda dari mana saja.

Itu sebabnya Anda dapat memberikan hak akses kepada orang lain untuk mengakses file di penyimpanan cloud Anda. Untuk memberikan hak akses, Anda dapat mengirim tautan ke teman yang ingin Anda ajak berbagi.

Banyak layanan penyimpanan cloud menawarkan layanan ini. Yang paling populer tentu saja adalah Google Drive.

Berikut cara mengirim email file besar menggunakan Google Drive:

Pertama, buka halaman Google Drive Anda. Kemudian klik tombol Baru di sudut kiri atas halaman. Anda akan memiliki lebih banyak pilihan.

Misalnya, Anda mengunggah file ke komputer Anda. Lalu pergi ke file yang ingin Anda bagikan. Klik tombol Bagikan di sudut kanan atas halaman. Tambahkan orang yang Anda ajak berbagi. Orang yang Anda referensikan akan menerima undangan melalui email.

2. Kompres File 

Cara lain untuk berbagi file besar adalah melalui kompresi. Juga, hampir semua komputer memungkinkan pengguna untuk mengompres file dalam format .zip.

Format .zip adalah versi dokumen yang dikompresi. Ukuran file .zip biasanya lebih kecil dari file aslinya. Anda hanya perlu meng-unzip file tersebut untuk mendapatkan file aslinya.

Jadi bagaimana Anda membuat file .zip?

Pertama, cari file yang ingin Anda kompres. Kemudian klik kanan dan pilih Send > Compressed (zip) folder.

Tapi ingat bahwa kompresi file ini hanya dapat mengurangi ukuran hingga 40% dari ukuran aslinya. Karena itu juga tergantung pada ukuran file yang Anda kompres.

3. Memisahkan File Menjadi File-File Berukuran Kecil 

Memisahkan file besar menjadi file yang lebih kecil sedikit merepotkan. Pengirim tidak hanya akan merepotkan, tetapi penerima file juga akan kesulitan karena harus mengumpulkan file satu per satu.

Itu sebabnya Anda dapat menggunakan alat untuk membagi file besar menjadi file kecil. Anda dapat menggunakan GSplit.

Gsplit adalah alat gratis yang dapat secara otomatis membagi file menjadi beberapa bagian. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memulihkan file.

Penerima juga dapat menggunakan GUnite untuk mengkompilasi file. Namun cara ini tidak disarankan untuk bekerja karena terlihat kurang profesional.

Namun jika untuk keperluan pribadi seperti berbagi file dengan teman, maka boleh saja menggunakan cara berbagi file ini.

Penutup Cara Mengirim File Besar via Email

Alat seperti email membuat hidup lebih mudah bagi orang modern. Dengan menggunakan email, kita dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain. Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat mengirim email karena filenya terlalu besar?

Semoga artikel ini memberikan pengetahuan baru kepada kita semua tentang cara mengirim file berukuran besar melalui email.