Cara Meningkatkan Traffic Website Terbukti Paling Ampuh

Meningkatkan Traffic Website Terbukti Ampuh — Apakah Anda memiliki situs web yang terlihat mengesankan dan profesional? Pernahkah Anda memikirkan nama domain yang unik dan menulis begitu banyak konten? Namun bagaimana jika semua ini tidak mendatangkan banyak pengunjung? Sebagai pemilik website, tentu Anda akan merasa sedih dan kecewa. Sebenarnya, ada banyak cara untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda, baik yang gratis maupun yang berbayar. Yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari lebih lanjut tentang internet dan pemasaran digital, terutama halaman-halaman mesin pencari seperti Google.

Ada beberapa cara agar webmaster dapat meningkatkan trafik atau trafik ke website mereka. Namun, sebagian besar waktu mereka menggunakan teknik SEO dan SEM, yang memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing. SEO (Search Engine Optimization) mengoptimalkan situs web dari konten hingga pembuatan tautan untuk hasil mesin pencari (SERP) yang baik. Sedangkan metode SEM (Search Engine Marketing) digunakan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari dengan biaya tertentu, seperti Google Ads dan sebagainya. Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda.

cara meningkatkan traffic di website
cara meningkatkan traffic di website

Perbedaan Tipe Traffic Website Organik dan Berbayar

Seperti disebutkan di atas, ada dua jenis lalu lintas itu sendiri, yaitu organik dan berbayar. Istilah kedua untuk “lalu lintas organik” adalah pengunjung yang dihasilkan oleh hasil mesin pencari (seperti Google atau Bing, dll.).

Sedangkan jenis trafik berbayar adalah pengunjung dari iklan seperti Google Adwords atau Facebook. Selain itu, lalu lintas berbayar dapat dihasilkan dari tautan berbayar.

Keduanya memiliki pro dan kontra, tetapi yang terbaik adalah lalu lintas organik.

Lalu lintas organik benar-benar gratis, yang bersifat jangka panjang di mesin pencari, tetapi membutuhkan waktu untuk menjangkau dan melibatkan beberapa proses. Sedangkan trafik berbayar hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik di pencarian Google. Bagi yang baru memulai bisnis online, teknik SEO adalah pilihan terbaik dan tepat. Namun, jika Anda sudah memiliki uang untuk dibelanjakan untuk iklan, tidak ada salahnya menggunakan strategi SEM terlebih dahulu. Atau bisa juga digunakan secara bersamaan di antara keduanya.

Ingatlah bahwa mendapatkan hasil yang instan memang dambaan semua orang, namun jika tidak sebanding dengan manfaat yang didapat, pasti akan merogoh kocek Anda.

Pilihan terbaik untuk Meningkatkan Traffic Website Terbukti Ampuh

Situs web Anda masih menerima lalu lintas minimal meskipun Anda menerima lalu lintas dengan berbagai cara. Untuk melakukan ini, terus ikuti panduan di bawah ini dan cari tahu cara meningkatkan lalu lintas situs web Anda nanti.

1. Melakukan Optimasi SEO

Optimasi SEO pada sebuah website merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan karena SEO sebenarnya merupakan strategi teknis yang selalu diterapkan oleh webmaster pada website. Tanpa optimasi SEO yang baik, website Anda tidak akan pernah ditemukan oleh pengunjung di mesin pencari. Optimasi yang baik memungkinkan website Anda mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian. Dengan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, Anda memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan klik dari pengunjung Anda.

Ini adalah saat pengoptimalan yang baik membuat perbedaan besar pada situs web Anda. Juga, teknik SEO yang baik akan muncul di mesin pencari untuk waktu yang lama tanpa mengeluarkan biaya apa pun.

Cara termudah untuk mengoptimalkan SEO adalah dengan memilih kata kunci yang tepat. Untuk menemukan kata kunci potensial, Anda dapat menggunakan salah satu alat Google, yaitu Google Keyword Planner, yang akan memberi Anda hasil untuk kata kunci target, pencarian media, persaingan, dan banyak lagi.

Hasil yang muncul ketika menargetkan kata kunci tertentu menghasilkan hasil dengan persaingan sedang, persaingan tinggi patut dihindari, karena kata kunci dengan persaingan tinggi sangat sulit dicapai. Dalam hal ini, pencarian rata-rata bulanan juga harus dipertimbangkan. Setelah Anda memiliki hasil penelitian kata kunci Anda, Anda dapat menerapkannya ke situs web Anda. Ada dua jenis optimasi SEO: SEO on-page dan SEO off-page.

  • SEO On-page, bila implementasinya dilakukan di situs itu sendiri, termasuk salah satunya di konten.
  • Optimasi SEO-Off page dilakukan di luar website, seperti pembuatan link, media sosial, dll. Intinya adalah optimasi off-page.

2. Tulis Konten Berkualitas dan Bermutu

Jika Anda pernah mengunjungi atau menemukan situs web dengan konten sederhana dan berkualitas buruk, abaikan segera. Untuk melakukan ini, sediakan konten yang berkualitas, komprehensif, mudah dibaca, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, panjang karakter yang diketik setidaknya harus 500-1000 kata. Di antara artikel atau konten yang panjang, Google cenderung memilih artikel yang memiliki jumlah kata yang lengkap untuk diberi peringkat. Jadi, semakin panjang artikel berkualitas, semakin baik untuk SEO.

Berkat kualitas dan konten yang berkualitas, pengunjung juga akan merasa nyaman dan nyaman dalam manfaat artikel. Ini akan membuat mereka lebih mungkin untuk kembali dan bahkan membagikannya dengan teman-teman mereka.

3. Jadikan Situs Anda Mobile Friendly

Saat ini, semua orang menjelajah internet untuk mencari informasi, terutama di ponsel atau smartphone. Jika situs web Anda tidak responsif atau bahkan lambat secara umum, banyak orang akan mengabaikannya hingga lalu lintas turun. Google sendiri merekomendasikan situs web yang responsif dan ramah seluler. Google juga telah merilis teknologi Google AMP (Accelerated Mobile Pages), yang bertujuan untuk membuat halaman web terbuka lebih cepat. Situs web yang sudah mendukung perangkat seluler lebih mudah diurutkan dalam pencarian Google.

4. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan sarana yang sangat efektif untuk meningkatkan traffic website mengingat pengguna media sosial juga sangat besar. Jika Anda dapat menggunakan media sosial dengan baik dan bijak untuk tujuan situs web Anda, kemungkinan besar Anda akan melihat peningkatan drastis dalam lalu lintas Anda.

5. Mengaudit atau Update Konten Lama

Tentu saja, konten perlu dikompilasi atau ditulis secara teratur di situs web, tetapi juga penting untuk memperbarui konten lama. Karena tidak semua artikel memiliki kualitas yang sama dan beberapa artikel memiliki lalu lintas yang sangat rendah, konten lama perlu diperbaiki atau diperbarui, yang tidak menghasilkan lalu lintas.

6. Gunakan Facebook Ads

Menggunakan media Facebook adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan traffic website Anda. Anda dapat membagikan tautan artikel dengan orang lain atau menggunakan iklan Facebook untuk meningkatkan lalu lintas Anda melalui media iklan. Seperti Google Ads, Facebook Ads memiliki alat periklanan yang nyaman dan mudah diakses oleh audiens tertentu.

Pada dasarnya pemilik website menginginkan traffic yang banyak untuk mengunjungi websitenya, namun ada beberapa cara yang memerlukan biaya. Namun solusi terbaik tetap menggunakan optimasi SEO yang baik. Karena SEO akan berdampak jangka panjang pada website Anda.

Demikian artikel tentang Meningkatkan Traffic Website Terbukti Ampuh semoga bermanfaat untuk anda, semoga sukses selalu, terima kasih.