Apa Itu JavaScript? Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu JavaScript–Mereka yang baru belajar pemrograman dapat meneliti bahasa pemrograman mana yang tepat untuk pembelajaran Anda. JavaScript adalah opsi yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Bahasa pemrograman situs web ini adalah salah satu yang paling populer di dunia.

Jika Anda seorang pemula, Anda seharusnya sudah belajar HTML. Jika situs web Anda yang dihasilkan HTML masih statis, JavaScript dapat membuatnya lebih interaktif dan menarik. Bahasa pemrograman ini membuat web lebih dinamis dan kaya.

Mari kita kenali bahasa pemrograman ini sebelum kita mulai belajar. Pertama Anda perlu mengetahui arti, fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Apa Itu JavaScript? 

apa itu javascript
apa itu javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang perlu Anda pelajari jika Anda ingin masuk ke pengembangan web. Hampir 70% pengembang web di seluruh dunia menggunakan JavaScript untuk membuat situs web dan aplikasi mereka.

Saat ini hampir semua aplikasi memiliki antarmuka yang dinamis dan interaktif. Itu membuat Internet dan perangkat lunak lebih mudah digunakan dan lebih menarik bagi pengguna, membuatnya lebih nyaman untuk digunakan. Contoh tampilan dinamis di situs web dan aplikasi termasuk tayangan slide foto, animasi, survei, tampilan gulir tanpa memuat ulang halaman, dan banyak lagi. Apa Itu JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman front-end yang dapat Anda gunakan dengan HTML dan CSS. Sementara HTML membentuk struktur dasar situs web, CSS aspeknya, JavaScript menambahkan fungsionalitas yang lebih kaya ke aspek itu.

Meski dulu digunakan untuk front end, kini JavaScript bisa digunakan di server side juga lho. Anda perlu menggunakan berbagai kerangka kerja seperti React.js, Node.js, dan lainnya.

Sejarah JavaScript

JavaScript dibuat oleh Brendan Eich, seorang karyawan Netscape, pada tahun 1995. Saat itu, Internet baru mulai berkembang dan Eich diminta untuk membuat bahasa skrip berbasis Java. Bahasa pemrograman ini awalnya digunakan di lingkungan perusahaan Netscape dan fungsinya masih terbatas.

Awalnya, JS bernama Mocha. Kemudian berubah menjadi Mona, Livescript, hingga menggunakan nama JavaScript hingga sekarang. Bahasa pemrograman ini terus berkembang hingga saat ini, dengan perpustakaan yang besar, kerangka kerja yang beragam, dan komunitas pengguna yang besar.

Fungsi JavaScript

Setelah memahami sejarah dan artinya, Anda juga harus memahami apa yang dilakukan JavaScript. Di bawah ini adalah beberapa fitur yang harus Anda ketahui.

  • Menjalankan web server

Saat ini terdapat berbagai framework JavaScript yang dapat digunakan di sisi server, salah satunya adalah Node.js. Menggunakan JS di sisi server memungkinkan Anda menjalankan situs web dan aplikasi berdasarkan bahasa pemrograman tunggal ini. Node.js dikenal sebagai framework yang memiliki kemampuan multitasking yang kuat, membuat pekerjaan Anda lebih efisien.

  • Membuat game

Pernahkah Anda bermain game online dengan browser? Untuk membuatnya, Anda perlu menggunakan JavaScript. Biasanya, JS digabungkan dengan HTML5 untuk game browser ini. Ada juga kerangka kerja khusus untuk membuat game, seperti Panda.js dan Quintus.

  • Mengembangkan aplikasi mobile

JavaScript juga memainkan peran penting dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi seluler. JavaScript sekarang dapat diintegrasikan ke dalam API seluler, sehingga Anda dapat membuat aplikasi seluler di Android dan iOS. Salah satu kerangka kerja JavaScript paling populer adalah React Native, yang dapat membantu Anda membangun aplikasi yang ramah seluler.

  • Membuat website interaktif

Fungsi utama JavaScript adalah untuk membuat antarmuka dan aplikasi web dinamis. Tampilan dinamis ini dinilai lebih intuitif, interaktif dan menarik untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik kepada pengguna aplikasi.

Contoh penggunaan JavaScript untuk membuat tampilan dinamis dari scrollview dan proses lain yang tidak memerlukan pemuatan ulang setiap kali Anda memuat atau mengklik sesuatu. Selain itu, tombol, navigasi, animasi, dan lainnya dapat digunakan untuk membuat situs lebih dinamis.

Keunggulan JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang paling populer. Popularitas ini tentu saja karena JS memiliki banyak kelebihan. Apa keuntungan ini? Penjelasan berikut adalah untuk referensi.

  • Fleksibel

Dalam perkembangannya, JS dapat digunakan tidak hanya di sisi klien, tetapi juga di sisi server. Selain itu, Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman ini untuk membangun aplikasi dan web di berbagai platform, mulai dari smartphone hingga PC. Produk yang bisa dihasilkan menggunakan JS juga sangat beragam, mulai dari aplikasi mobile, manajemen server, game, dan lainnya.

  • Responsif

Aplikasi atau situs web yang dibuat dan dikembangkan menggunakan JavaScript biasanya memiliki nuansa interaktif dan responsif. Ini sangat penting di dunia saat ini, di mana bisnis dan pengembang aplikasi sangat mementingkan pengalaman pengguna.

  • Banyak digunakan oleh perusahaan besar

Bagi yang belajar coding, pasti banyak yang ingin berkarir di bidang development. Jika demikian, maka JavaScript adalah bahasa pemrograman yang harus Anda pelajari. Salah satu kelebihan JavaScript adalah banyak digunakan oleh perusahaan besar.

Karena popularitasnya, mempelajari JS dapat membantu Anda menemukan pekerjaan di perusahaan teknologi atau startup. Karena mempelajari JavaScript sangat menantang sebagai seorang developer.

Pada tahun 2018, JavaScript adalah pengembang dengan bayaran tertinggi ke-4. Sangat menjanjikan bukan? Hal ini dikarenakan banyak perusahaan teknologi yang menggunakan JS untuk mendukung teknologinya, sehingga para developer yang menguasainya akan sangat berguna bagi perusahaan tersebut.

  • Sangat mudah untuk dipelajari

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dibandingkan dengan bahasa lain, JavaScript mudah dipelajari. Salah satu faktornya adalah bahasa pemrograman ini memiliki sintaks yang sederhana dan jauh lebih pendek dibandingkan bahasa pemrograman lain seperti C++.

Oleh karena itu, tidak sulit untuk mengingat dan menerapkan perintah JavaScript di aplikasi atau situs web Anda. Selama Anda belajar secara konsisten, tidak akan terlalu lama untuk menguasai bahasa pemrograman ini.

  • Library besar

Banyak pilihan kerangka kerja dan sejumlah besar perpustakaan adalah keuntungan dari JavaScript yang sangat membantu kinerja pengembang. Kerangka kerja memungkinkan mereka untuk mengembangkan aplikasi yang lebih terstruktur dengan JavaScript. Sementara itu, library dapat menyediakan berbagai komponen untuk mendukung aplikasi yang dinamis dan responsif.

  • Komunitas pengguna yang luas

Seperti dibahas di atas, JavaScript digunakan oleh hampir 70% pengembang web di seluruh dunia. Hal ini menunjukkan bahwa bahasa pemrograman JS memiliki jumlah pengguna terbesar. Popularitas JavaScript telah membuatnya mendapatkan komunitas pengguna yang besar.

Komunitas pengguna ini sangat berguna untuk berbagi sumber daya dan pengetahuan JavaScript. Sehingga yang sedang belajar sekarang akan lebih mudah memahaminya. Juga, mereka yang telah menggunakannya mungkin bertanya-tanya apakah mereka memiliki masalah dalam menggunakan bahasa pemrograman ini.

Kekurangan JavaScript

Setiap bahasa pemrograman memiliki kekurangan, termasuk JavaScript. Berikut penjelasan lengkapnya sebagai bahan pertimbangan Anda.

  • Tidak cocok untuk aplikasi standalone

Aplikasi standalone adalah aplikasi standalone dan biasanya dibuat hanya dengan satu bahasa pemrograman. Contoh bahasa pemrograman yang cocok untuk aplikasi standalone adalah C++ dan Java yang kompleks dan memiliki banyak objek dan fungsi. Dengan C++ dan Java, Anda hanya dapat membangun aplikasi dalam bahasa tersebut.

Namun, jika Anda menggunakan JavaScript, Anda perlu menggabungkannya dengan bahasa pemrograman lain. Bahasa pemrograman yang paling umum digunakan bersama dengan JS adalah HTML dan CSS.

  • Objek terbatas

Kelemahan lain dari JavaScript adalah objek yang dibatasi. Untuk alasan ini, JavaScript cukup sederhana dan tidak memiliki banyak fitur. Keadaan umum JS membuatnya tidak cocok untuk eksekusi otomatis dari aplikasi kompleks.

  • Keamanan rendah

Kelemahan lain dari JavaScript adalah keamanan. Ini karena ada banyak JavaScript yang berjalan di sisi klien, jadi pelacakan peretas tidak bagus. Kemampuan enkripsi bahasa pemrograman ini juga tidak terlalu bagus. Hal ini membuat kode aplikasi dan data dapat diakses oleh banyak pihak dan rentan terhadap eksploitasi.

Penutup

Ini adalah penjelasan tentang JavaScript, fitur-fiturnya, sejarah, pro dan kontra. Apakah Anda tertarik untuk membuat web atau aplikasi dengan bahasa pemrograman ini? JavaScript mudah dipelajari jika Anda konsisten dan sabar dalam mempelajarinya.

Jika Anda telah membuat aplikasi, Anda pasti memerlukan layanan hosting agar aplikasi Anda online dan dapat diakses oleh pengguna. Datang dan alami NVME VPS IDCloudHost yang cepat dan andal dengan sistem pembayaran bayar sesuai penggunaan yang fleksibel, sempurna untuk mengimplementasikan proyek terbaru Anda.