Mengenal Apa itu Addon Domain : Defenisi, Fungsi, Keuntungan

Apa itu Addon Domain — Generasi milenial kini dihadapkan pada realita teknologi, dengan adanya teknologi ini kita sekarang harus cepat. Sebagai contoh, untuk membuat sebuah bisnis saat ini, kita membutuhkan sebuah aplikasi atau website yang dapat menunjang kebutuhan kita sehari-hari.

Untuk pemesanan ojek, saat ini kami lebih memilih aplikasi pemesanan ojek online, seperti: Gojek, Grab, Maxim. Selain harga termurah, kita juga bisa memperkirakan biaya perjalanan berdasarkan jarak dari tempat tujuan.

Oleh karena itu, tidak jarang banyak startup bermunculan menawarkan solusi bagi kehidupan masyarakat. Bisnis perusahaan digital sedang booming saat ini, terutama di Indonesia.

Nah, seperti halnya website traveloka, nama domain traveloka adalah untuk menerapkan website travel ke berbagai negara. Tetapi berapa banyak domain yang dimiliki sebuah situs web? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Addon Domain ?

Add-on domain adalah domain yang ditambahkan setelah domain utama ada. Add-on domain biasanya memiliki folder sendiri di direktori situs di server web Anda. Domain Addon kemudian terletak di subdirektori setelah direktori root.

Pada artikel Addon domain ini, saya akan membahas tentang fungsi Addon domain, perbedaan antara Addon domain dan subdomain, serta cara membuat Addon domain.

Fungsi Addon Domain

Add-on domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting di mana domain sudah diinstal. Jadi Addon Domain adalah yang kedua, ketiga dan seterusnya. Untuk apa fungsi Addon Domain? Berikut manfaat atau fitur Addon Domain yang bisa Anda manfaatkan.

  • Saat Anda membuat domain tambahan, beberapa akun seperti File Transfer Protocol (FTP) akan dibuat secara otomatis.
  • Tidak perlu membeli hosting baru untuk membuat situs web di domain baru.
  • Anda membuat folder baru di public_html khusus untuk meng-host file Domain Addon situs Anda, sehingga terpisah dari domain utama Anda.

Karena Addon Domain menambahkan domain baru ke domain hosting yang ada, sumber daya yang ada juga dibagi menjadi dua bagian. Semua sumber daya seperti ruang disk, bandwidth, dan sebagainya dibagi menjadi dua bagian.

Meskipun cPanel dipecah menjadi dua, hanya ada satu, sehingga domain Addon tidak dapat mengakses cPanel. Akses ke cPanel hanya dimungkinkan menggunakan akun domain utama.

Perbedaan Addon Domain dengan SubDomain

Pada bagian ini saya akan mencoba menulis tentang subdomain dan apa perbedaan antara subdomain dan add-on domain. Karena beberapa pengguna terkadang keliru atau bingung saat membedakan antara add-on domain dan subdomain.

Add-on domain adalah domain baru yang ditambahkan ke hosting Anda dan memiliki URL yang berbeda dari domain utama. Sedangkan subdomain adalah domain baru yang masih merupakan bagian dari domain utama. Jadi URL yang Anda gunakan masih berisi domain utama.
Misalnya, cerita sederhana seperti ini:

Sekilas memang hampir sama dengan domain Addon, karena sama-sama membuat folder baru di public_html. Namun, ada perbedaan yang signifikan antara kedua jenis domain. Di bawah ini adalah tabel perbedaan antara kedua rentang.

Addon Domain

  • Akun FTP dibuat saat domain tambahan ditambahkan.
  • Addon adalah domain terpisah dari domain utama. Jika domain utama tidak tersedia, domain -addon masih tersedia.
  • Tidak dapat ditambahkan ke URL yang sama dengan domain utama.

Subdomain

  • Tidak ada akun FTP yang dibuat, akun FTP sama dengan akun domain utama.
  • Jika domain primer mati, tidak semua subdomain dapat diakses.
  • Dapat ditambahkan ke URL yang sama dengan domain utama Anda, misalnya www.ekoblogger.com/payments.
  • Sementara ada dua jenis domain lainnya, yaitu domain terparkir. Domain terparkir, juga dikenal sebagai domain parkir, adalah domain yang ditautkan ke domain primer. Akibatnya, ketika mengakses domain terparkir, sama seperti domain web primer akan ditampilkan.

Keuntungan Addon Domain

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan suplemen, berikut ini akan kami jelaskan manfaat penggunaan suplemen dominan. Kemungkinan besar, mengetahui keunggulan ini, Anda akan tertarik untuk menggunakannya dan mengenalnya lebih dalam. Berikut informasinya,

  • Tidak Perlu Membuat Account Hosting Baru

Keuntungan yang menarik adalah Anda tidak perlu bersusah payah membuat host baru saat menggunakan add-on. Tentu saja, ini memudahkan Anda, karena membuat akun hosting baru membutuhkan banyak waktu dan lebih banyak uang.

  • Menggunakan Resource yang Sama

Apakah situs baru memiliki sumber daya yang sama dengan situs lama? Jika Anda menggunakan layanan tambahan, ini jelas terjadi. Karena inilah keuntungan yang kita dapatkan dengan menambahkan domain. Jadi masalah lokasi, bandwidth dan lainnya akan sama dengan situs utama.

  • Dapat Diakses Menggunakan Beberapa Alamat

Menariknya, menggunakan add-on ini jelas akan membantu Anda mengaksesnya dari mana saja. Artinya ada alamat berbeda yang mengarahkan pengunjung website ke lokasi yang sama. Hal ini tentunya akan mempermudah pemilik website yang memiliki target penjualan dan pengunjung setiap bulannya. Karena dalam kasus beberapa alamat, pengunjung diangkut ke tujuan yang sama.

  • Memiliki Fitur yang Dibuat Secara Otomatis

Masih berbicara tentang manfaat add-on, add-on tampaknya memiliki beberapa fitur menarik di luar kotak. Ini termasuk Manajer FTP, Cgi-bin, statistik situs web, dan layanan lainnya. Menariknya, semua layanan diinstal secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menginstal fitur ini secara manual.

Ituah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menambahkan domain ke situs web Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain? Jangan khawatir, kami belum selesai memuaskan Anda dengan informasi lebih lanjut. Lain kali kita akan membahas tentang fungsi menggunakan aksesoris.

Kelemahan Addon Domain

Menurut konsep dari Addon Domain itu sendiri, yaitu berbagi penggunaan sumber dayanya (ruang dan bandwidth) dengan domain utama. Oleh karena itu, domain primer atau domain tambahan tidak dapat mengambil terlalu banyak sumber daya (overrun) dalam bandwidth atau ruang.

Jika Anda menggunakan terlalu banyak bandwidth sehingga bandwidth bulanan untuk hosting utama Anda kedaluwarsa sebelum tanggal reset, domain primer Anda akan ditangguhkan, yang berarti domain sekunder Anda juga akan ditangguhkan. Penangguhan di sini berarti situs tidak tersedia hingga ditambahkan atau hingga awal bulan berikutnya bandwidth dipulihkan (penghitung penggunaan disetel ulang).

Selain bandwidth, jika ruang yang digunakan terlalu banyak untuk menyesuaikan ruang disk domain utama, itu akan mengganggu pengiriman email. Semua email yang masuk ke akun Anda akan ditolak karena ruangnya penuh.

Alasan untuk kasus sebelumnya adalah bahwa saat ini tidak ada fungsi untuk mengontrol jumlah domain tambahan yang dapat menggunakan sumber daya dari domain utama. Jadi terserah kepada pengguna domain Addon untuk menyeimbangkan penggunaannya.

Selain uraian di atas, masalah selanjutnya adalah kita semua tahu bahwa domain addon tidak memiliki panel kontrol (cpanel) sendiri. cpanel adalah cpanel dari hosting domain utama Anda.

Contoh ilustrasi yang sering muncul akibat permasalahan di atas, seperti webmaster memasuki website kliennya sebagai add-on untuk melayani klien lain. Misalnya, jika sewaktu-waktu terjadi pemutusan yang merupakan ciri seorang webmaster, maka administrasi website secara otomatis dialihkan kepada pelanggan.

Dimana customer perlu diinformasikan mengenai pengaksesan cpanel dari domain hosting agar kedepannya dapat dilakukan maintenance konten oleh customer. Anda dapat membayangkan kerumitan karena harus memindahkan situs web pelanggan, yang merupakan domain tambahan, ke host domain utama.

Atau tidak harus ribet, cukup masuk login cpanel hosting utama, tapi apakah keamanan data hosting utama bisa dipastikan? Melanjutkan uraian di atas, kasus ini juga berlaku jika hosting domain utama memutuskan untuk berhenti berlangganan hosting sementara memiliki domain tambahan lain dari pelanggannya. Tentu saja, domain tambahan harus digunakan sebagai hosting utama untuk melanjutkan langganan.

Kesimpulan Apa itu Addon Domain

Domain sangat penting dalam membangun sebuah website, tanpa domain kita akan sibuk menghafal ratusan bahkan ribuan angka yang berbeda untuk setiap website. Jadi penting untuk memiliki nama domain jika Anda ingin sebuah blog, bisnis atau bisnis.

Anda dapat menambahkan domain Anda ke subdomain jika Anda menginginkan lebih dari satu domain di sebuah situs web. Biasanya domain Addon digunakan dengan akun FTP yang dibuat saat domain Addon ditambahkan. Padahal, Addon adalah domain yang terpisah dari domain utama. Jika domain utama tidak tersedia.