Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik

Tips Membuat Web Design — Situs web telah menjadi bagian integral dari masyarakat modern, di mana berbagai situs web ada dengan tujuan dan industrinya sendiri. Selain untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dan niche yang berbeda, ternyata membangun sebuah website harus menarik. Desain web atau desain web yang Anda gunakan harus mencerminkan tujuan sebenarnya dari situs web yang Anda mulai.

Web design sendiri merupakan proses pengembangan web yang bertujuan untuk membuat website yang berfokus pada faktor estetika seperti layout, user interface dan gambar visual lainnya agar website lebih menarik dan sederhana. Dalam proses desain web, berbagai program dan alat digunakan untuk mencapai tampilan yang diinginkan, seperti Dreamweaver, Photoshop, dan banyak lainnya.

Untuk membuat desain yang unggul, desainer web perlu memikirkan audiens mereka, tujuan situs web, dan daya tarik desain. Anda tidak dapat membuat website tanpa banyak berpikir karena akan berdampak negatif, misalnya jika Anda membuat website toko online tanpa mempertimbangkan aspek penting dari penjualan, pelanggan tidak akan membeli dari toko online Anda. Nah, yuk simak tips membuat desain web interaktif yang menarik banyak pengunjung di bawah ini.

Memahami Definisi Web Design

website interaktif
website interaktif

Sederhananya, desain web adalah proses pembuatan situs web. Adapun desain ini bisa untuk situs e-commerce, situs web bisnis, portal berita, atau bahkan blog, tetapi apa pun yang terkait dengan tampilan dan nuansa situs web disebut desain. Untuk mendesain sebuah website, seorang developer harus menggunakan bahasa coding seperti:

  • Hypertext Markup Language

Tim pengembangan web menggunakan tag HTML untuk membuat struktur situs web yang menggunakan tag seperti <head>, <title>, dan <br> untuk melampirkan elemen desain tertentu ke area halaman. Karena berada di belakang layar, ini disebut backend situs web.

  • Cascading Style Sheets (CSS)

Kode CSS digunakan untuk mengubah tampilan tag HTML yang baru dibuat. CSS dapat mengubah warna, font, dan ukuran tag HTML apa pun. Dengan kode ini, Anda secara aktif mengubah tampilan antarmuka situs web Anda.

Tugas Web Designer dalam Merancang Situs Web

Memiliki desain web yang bermakna dapat mengidentifikasi tujuan situs web atau halaman web dan mempromosikan aksesibilitas untuk semua pengguna potensial. Proses ini termasuk mengatur konten dan gambar di beberapa halaman, mengintegrasikan aplikasi, dan elemen interaktif lainnya. Profesional yang melakukan proses ini disebut desainer web, dan pekerjaan mereka mencakup tugas-tugas seperti:

  • Gunakan font yang mudah dibaca
  • Pilih skema warna yang menarik yang juga memungkinkan font yang mudah dibaca
  • Kemampuan untuk menerapkan identitas merek perusahaan atau perusahaan dalam warna, font, dan tata letak
  • Buat peta situs untuk navigasi intuitif
  • Tempatkan gambar, logo, teks, video, aplikasi, dan lainnya secara strategis
  • Kemampuan untuk menggunakan bahasa pengkodean seperti HTML dan CSS untuk tata letak dan gaya halaman
  • Buat versi situs web dan halaman yang dioptimalkan untuk tampilan desktop dan seluler

Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik

Desain web dapat menjadi bagian dari presentasi bisnis yang kuat serta tulang punggung menjalankan bisnis e-commerce. Namun, seperti setiap aspek lain dari strategi Anda, itu harus didasarkan pada keputusan yang tepat yang dibuat selama fase perencanaan dan pelaksanaan. Pilihan yang salah dapat berdampak negatif pada seluruh keberadaan online Anda. Beberapa faktor perlu dipertimbangkan ketika merancang sebuah situs web untuk memastikan kualitasnya. Di bawah ini adalah aspek terpenting dalam merancang desain web yang interaktif dan menarik.

  • Hindari menggunakan skema warna yang bertabrakan

Dengan begitu banyak corak dan corak yang indah, tantangannya adalah memilih pola yang cocok dengan web yang Anda desain. Sementara kombinasi warna yang cerah dan berani adalah landasan dari banyak estetika desainer, ketika Anda menempatkan terlalu banyak warna terlalu berdekatan, kebisingan visual yang mereka ciptakan menguasai desain web lainnya.

Tetap berpegang pada palet warna sederhana dan warna latar belakang netral. Latar belakang yang lembut membuat contoh warna lebih menonjol, seperti warna pada tombol CTA (ajakan bertindak), item menu, atau elemen desain lainnya, dan mendapatkan perhatian yang layak mereka dapatkan. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah latar belakang putih, hitam, atau netral sederhana untuk membuatnya jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung Anda.

  • Mempelajari dan menerapkan kaidah SEO

Tampaknya mustahil untuk membuat desain web tanpa campur tangan dari optimasi mesin pencari (SEO). Bagaimana Anda menyusun desain web Anda dapat berdampak besar pada SEO. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang optimasi mesin pencari:

a) Cara menggunakan tag header seperti <h1>, <h2> dan <h3> dengan benar.
b) Bagaimana bagian tautan yang mengidentifikasi halaman atau siput tertentu dapat memengaruhi peringkat pencarian organik.
c) Cara mengoptimalkan gambar untuk mempercepat waktu pemuatan dan mengurangi rasio pentalan, yaitu persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman situs Anda dan kemudian pergi tanpa melakukan tindakan apa pun.

  • Mengoptimalkan desain yang responsif

Ada banyak perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. Terlepas dari bagaimana seseorang mengakses desain web Anda, situs Anda harus memberikan pengalaman serupa apa pun yang mereka lihat. Daripada berusaha keras pada efek kompleks yang mungkin tidak berfungsi di semua perangkat, lebih baik luangkan waktu untuk meningkatkan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna untuk semua orang yang mengunjungi situs Anda dari beberapa perangkat. Mematuhi prinsip-prinsip desain responsif berarti situs web Anda harus intuitif dan menawarkan pengalaman yang dioptimalkan di desktop dan perangkat seluler.

  • Gunakan gambar dan video pendukung dengan kualitas terbaik

Foto dan gambar yang terintegrasi ke dalam tata letak desain web Anda memiliki dampak besar pada tampilan keseluruhan situs web Anda. Foto yang diambil dengan buruk dengan fokus buram dan komposisi yang meragukan dapat menggagalkan rencana terbaik sekalipun. Jika Anda tidak memiliki stok foto sendiri, menggunakan foto berkualitas tinggi adalah cara mudah untuk menyempurnakan proyek Anda.

Selain itu, pastikan gambar apa pun yang Anda pilih sesuai dengan konteks konten yang Anda lihat. Jika foto tidak berhubungan sama sekali dengan bagian tempat foto tersebut ditempatkan, Anda mungkin perlu mencari foto yang paling sesuai dengan isinya. Terakhir, perhatikan jenis file yang Anda gunakan, karena Anda tahu perbedaan antara JPG dan PNG. Menerapkan jenis file yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam kecepatan pemuatan halaman Anda.

  • Memahami prinsip-prinsip desain web

Luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar UI, UX, tipografi, komposisi, dan teori warna. Pelajari tentang hierarki visual, dasar-dasar teori Gestalt, dan rasio emas. Benamkan diri Anda dalam aspek desain yang lebih otak untuk mempraktikkannya segera jika Anda ingin mendesain situs web yang Anda inginkan.

Kesimpulan Tips Membuat Web Design

Karena dunia terus berubah dengan berbagai inovasi dan terobosan, desain web terus berkembang dengan alat baru dan teknik desain baru. Dengan begitu banyak desain web yang menginspirasi, mengapa tidak membuat sesuatu yang istimewa? Berusahalah untuk menghasilkan sesuatu yang unik atau tidak biasa. Ambil salah satu situs web yang tersedia dan buat desain ulang Anda sendiri yang memiliki kepribadian unik.

Setiap desainer yang baik tahu bahwa keluar dari zona nyaman Anda memaksa Anda untuk mendekati pekerjaan desain Anda secara berbeda. Jangan takut gagal bahkan jika Anda memasuki wilayah desain yang belum dipetakan karena Anda mungkin menemukan fitur desain yang tidak Anda miliki sebelumnya. Mengingat website baru muncul setiap hari dengan keunikannya masing-masing, semoga salah satunya adalah desain Anda.