Apa Itu Virtual Machine? Pengertian, Jenis, & Kelebihannya

Apa Itu Virtual Machine — Di era yang semakin digital ini, mesin virtual merupakan salah satu teknologi yang sudah menjadi hal yang esensial bagi perusahaan, terutama yang bersifat teknologi.

Seiring waktu berubah dengan cepat, semua kebutuhan bisnis kini disimpan dan diintegrasikan ke dalam sistem virtual dan layanan cloud.

Bagi yang ingin mengetahui lebih jauh apa itu virtual machine, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Virtual Machine?

Singkatnya, mesin virtual adalah bagian dari perangkat lunak (software) pada komputer yang bekerja seperti komputer fisik dengan blok penuh.

Software ini dapat melakukan tugas seperti komputer biasa. Membuat file, pembaruan sistem, menginstal aplikasi, menjalankan program, dll.

Meskipun mesin virtual biasanya digunakan pada satu perangkat keras, penggunaannya dapat memanfaatkan perangkat lunak hypervisor untuk mengisolasi sumber daya mesin virtual dari perangkat keras.

Mesin virtual juga dapat digunakan untuk menginstal dan menggunakan sistem operasi selain sistem operasi perangkat keras.

Teknologi mesin virtual banyak digunakan di lingkungan komputasi awan. Karena mesin virtual dapat menjalankan sistem operasinya sendiri dan berfungsi secara terpisah dari perangkat.

Anda bahkan dapat menjalankan beberapa sistem operasi yang berbeda secara bersamaan di host atau perangkat yang sama.

Saat ini, layanan cloud publik sering menggunakan mesin virtual sebagai sumber daya aplikasi virtual yang berjalan di server mereka.

Berkat fleksibilitas dan efisiensinya, mesin virtual dapat menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan dan penggunaannya.

Jenis Virtual Machine

Mesin virtual itu sendiri memiliki beberapa teman Qwords. Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih jelasnya!:

Process Virtual Machine

Jenis mesin virtual ini memungkinkan sistem operasi berjalan sebagai aplikasi utama pada mesin host.

Jenis mesin virtual ini dapat menyediakan lingkungan pemrograman yang independen dari platform perangkat lunak apa pun.

Ini karena dapat menyembunyikan informasi dari sistem operasi atau perangkat keras yang mendasari perangkat. Dengan demikian, tampilan dan kegunaan perangkat dapat diubah sepenuhnya.

Contoh dari jenis mesin virtual ini adalah Java Virtual Machine, yang memungkinkan sistem operasi apa pun untuk menjalankan aplikasi Java seolah-olah aplikasi tersebut berasal dari perangkat yang digunakan.

System Virtual Machine

Tipe kedua adalah sistem mesin virtual. Jenis ini sepenuhnya tervirtualisasi dan dapat menggantikan kinerja komputer fisik.

Jenis mesin virtual ini juga mendukung berbagi sumber daya dari mesin host ke beberapa mesin virtual. Selanjutnya, setiap mesin virtual dapat menjalankan instance independen dari sistem operasi.

Proses virtualisasi ini bergantung pada kinerja Hypervisor. Yang dapat berjalan di perangkat keras atau di tingkat yang lebih tinggi adalah sistem operasi.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Machine

Seperti disebutkan di atas, mesin virtual adalah teknologi canggih multifungsi yang mampu meningkatkan produktivitas dan kolaborasi proyek.

Tapi apa kelebihan dan kekurangan dari mesin ini? Berikut pembahasan selengkapnya:

Kelebihan VM

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan dibandingkan sistem komputer tradisional, seperti:

  • Efisien dan fleksibel: dalam satu perangkat, pengguna dapat menggunakan sistem operasi yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda.
  • Kemudahan Pemeliharaan: Tidak seperti komputer fisik, perangkat lunak mesin virtual lebih mudah dikelola. Selain itu, biaya perawatan untuk mesin virtual juga lebih rendah.
  • Performa Kuat: Memungkinkan pengguna mencapai tujuan akhir mereka dengan performa dan kualitas yang melampaui sistem komputasi tradisional.

Kelebihan VM

Seperti yang kita ketahui, setiap fungsi yang optimal selalu membawa risiko yang terkait dengan keberlanjutan sumber daya inti.

Mesin virtual ini dapat membuat virtualisasi sistem yang cukup kompleks dan memakan banyak ruang perangkat keras pada komputer utama.

Ini juga memakan banyak memori virtual dan beberapa fungsi prosesor dan RAM.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan virtualisasi mesin untuk perangkat spesifikasi tinggi untuk mencapai fungsi yang diinginkan oleh pengguna.

Fungsi Virtual Machine

Selain menjalankan beberapa sistem operasi dalam satu perangkat, mesin virtual memiliki banyak fungsi lho sob dari Qwords! Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Menguji Sistem Operasi

Fungsi pertama digunakan untuk menguji sistem operasi. Jika Anda ingin menginstal sistem operasi di komputer Anda, ada baiknya mencoba file sistem operasi di mesin virtual ini.

Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah sistem operasi kompatibel atau tidak dan menemukan masalah selama instalasi atau tidak.

Oleh karena itu, Anda dapat menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama penginstalan sistem operasi.

2. Memperbarui Sistem Operasi

Proses memperbarui sistem operasi tidak mudah. Ada banyak masalah yang dapat terjadi selama pembaruan. Mulai dari blue screen, no boot, hingga kerusakan permanen.

Nah, mesin virtual memungkinkan Anda untuk melakukan pembaruan sementara dan menguji sistem Anda. Dengan begitu Anda tahu apa yang akan terjadi ketika ada pembaruan.

Penutup

Demikian pembahasan lengkap tentang mesin virtual. Singkatnya, mesin virtual adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan.

Semoga artikel ini bermanfaat! Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang mesin virtual, tinggalkan komentar di bawah!