Resapi Hal Ini, Biar Tak Terus Hidup Demi Gengsi Soal Materi

Liputanberitaku.com — Melihat temanmu punya HP baru, kamu pun merasa “terinspirasi” untuk membeli yang tak kalah canggih. Padahal, HP kamu yang sekarang juga masih berfungsi dengan baik.

Memang mengejar gengsi merupakan hal yang wajar. Namanya juga Makhluk sosial.  masih muda dan perlu diakui. Tapi hati-hati, kredibilitas bukanlah tanda kebanggaan.

Faktanya, gengsi bisa menjadi penyebab kesulitan dalam kehidupan Anda di masa depan. Oleh karena itu, agar Anda tidak tertarik dengan gengsi, tidak ada salahnya membaca artikel berikut ini. Semoga dapat membantu !

Daripada dipakai memenuhi gengsi, lebih baik uangmu ditabung saja.

Di umur yang masih muda, wajar kalau kamu belum punya harta yang bisa dibanggakan. Proses untuk meraih kemandirian finansial masih panjang. Lah, lulus saja barusan.

Oleh karena itu, Anda benar-benar memahami bahwa Anda belum bisa memiliki barang mahal. kamu masih bisa naik angkutan umum dan naik bus di tempat-tempat sederhana, yang sangat bisa dimaklumi. Jadi, daripada membelanjakan uangmu, lebih baik ditabungsaja. Lagipula, bukankah kamu yang akan mendapat manfaatnya?

Gengsi hanya akan membeli kepuasan sementara

Gengsi yang tinggi memang  bisa membuatmu bahagia. Tapi apakah kamu yakin kepuasan ini akan berlanjut di masa depan? Tas cantik, sepatu lucu, dan barang-barang bergengsi hanya akan membuatmu senang jika dipuji.
Seiring bertambahnya usia, kebutuhan masa depanmu akan meningkat juga. Jika kamu tak terlatih berhemat, bukankah akan sulit memenuhi semua pengeluaran ini?

Gengsi tidak akan bisa membuatmu kaya

Semua orang bisa kelihatan punya uang, tetapi tidak semua orang benar-benar bisa kaya. Dengan gaji Anda saat ini, Anda sebenarnya bisa membeli banyak barang mahal, bukan? Anda juga bisa mengganti sepatu setiap bulan. Tidak apa-apa jika Anda punya uang.
Tapi setelah kamu mengerti, setelah membeli banyak barang untuk gengsi, kamu tak akan lagi punya sisa uang. Artinya, kalau memilih kelihatan punya uang, kamu tak akan bisa benar-benarpunya uang.

Pintar-pintar mencari teman

Gengsimu bisa tumbuh juga karena faktor pergaulan. Makanya, persoalan mencari teman harus benar-benar kamu perhatikan. Cari mereka yang benar-benar bisa diajak susah senang bersama. Percaya deh, teman atau sahabat yang baik itu nggak akan menilai sesuatu hanya dari materi.

Banyak orang  yang dari luar  terlihat mewah-mewahan, tapi diam-diam terlilit hutang

Gaya hidupnya memang kelihatan mewah dari luar, tapi apa kamu tahu kehidupan di dalamnya seperti apa? Kadang kamu juga bertanya, kok dengan pekerjaannya dia bisa hidup layaknya orang yang punya pekerjaan . Wah, pelajaran seperti ini yang harusnya membuka matamu untuk lebih berhati-hati melihat dan menilai.

Bisa saja di balik kemewahan itu, mereka terlilit hutang yang kamu sendiri nggak bisa membayangkannya.

Menahan gengsi sudah harus kamu latih sejak dini

Kesederhanaan Materi yang Anda miliki tidak perlu disembunyikan. Oleh karena itu, agar kehidupan masa depan Anda tidak berbelit-belit, Anda harus menahan gengsi sejak dini. Percayalah, kalau nggak dari sekarang juga kamu lakukan, sampai kapan pun kamu akan dikejar dengan kata gagal.

Kamu tidak perlu khawatir tentang gengsi tentang hal materi. Hidupmu hanya sekali, nikmati tanpa perlu memaksakan ini itu. Jalani hidup sesuai dengan kemampuanmu.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli