Cara Menghemat Kuota Gratis dari Kemendikbud

liputanberitaku.com- Pemberian dukungan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimulai pada tahun 2021. Apakah kalian yang mendapat bantuan kuota internet saat ini? Bagaimana Cara Menghemat Kuota Gratis ?

Nah, seperti yang kita ketahui, dukungan kuota internet ini berbeda dengan sebelumnya. Jika sebelumnya dukungan kuota internet dipecah menjadi kuota umum dan kuota belajar, kali ini hanya ada kuota umum guys. Volume bagiannya lebih sedikit dari sebelumnya.

Makanya penting untuk menghemat saat menggunakan subsidi iuran ini ya guys. Nah berikut beberapa tips yang kalian bisa rangkum dari berbagai sumber:

Berfokuslah pada kebutuhan penelaahan di rumah

Dukungan kuota internet Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus dimaksimalkan. Bahkan jika kalian perlu menghemat uang untuk memiliki cukup kuota untuk kebutuhan belajar kalian selama 30 hari.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merekomendasikan untuk memprioritaskan penggunaan kuota untuk pembelajaran di rumah.

Contohnya antara lain seminar atau video call dengan guru atau pelatih, mencari referensi atau sumber belajar, dan mengakses hal-hal lain yang berkaitan dengan kurikulum.

 

Aktifkan Peringatan dan Batas Penggunaan Kuota Internet

Tahukah kalian bahwa kalian dapat membatasi penggunaan data kuota internet? Ya, kalian dapat melacak penggunaan kuota harian dengan mengaktifkan batas penggunaan kuota online.

Untuk memastikan bahwa ketika penggunaan telah melebihi batas, peringatan akan ditampilkan.

Untuk Mengaktifkan Batas Penggunaan Kuota Internet Ada beberapa cara:

– Buka menu Pengaturan di ponsel kalian
– Pilih menu Jaringan dan Internet dan klik Penggunaan data.
– Pilih Penggunaan Data Seluler dan klik tombol Pengaturan.
– Pilih Peringatan data. Jika perlu, aktifkan dulu peringatan setelan data dengan memasukkan angka. – Kemudian klik tombol Konfigurasi.

Oleh karena itu, saat penggunaan data kalian mencapai level yang dipilih, kalian akan diberi tahu.
Atau bisa juga dengan memutuskan koneksi, saat tidak melakukan aktivitas belajar, guys.

Batasi penggunaan aplikasi yang boros kuota

Untuk menghemat kuota, kalian harus dapat memilih aplikasi mana yang menghabiskan kuota kalian. Ini akan membatasi penggunaan aplikasi pemborosan ini.
Jika kalian masih membutuhkan aplikasinya, gunakan jika perlu. Atau, jika tidak lagi digunakan, sebaiknya hapus aplikasi dari ponsel kalian. Memanfaatkan kuota dalam pembelajaran di rumah menjadi lebih murah.

Nonaktifkan fungsi pembaruan aplikasi otomatis

Jadi kalian sering mendapat notifikasi untuk mengupdate aplikasi di ponsel kalian, bukan? Untuk memastikan panduan peluang online kalian aman.
kalian dapat menghilangkan penonaktifan fitur pembaruan otomatis ini.
Faktanya, ini biasanya sedikit menguras kuota. Jadi ada baiknya setel update aplikasinya saat terkoneksi dengan WiFi ya guys.

Berikut artikel tentang Cara Menghemat Kuota Gratis, semoga artikel ini bermanfaat !