trading saham
Belajar Trading Saham

Trading Saham : Cara Belajar dari Nol Sampai Mahir

 

cara trading saham harian

 

Bagi orang-orang yang telah terjun langsung ke dunia saham, pastinya sudah menentukan posisi nya, apakah dia akan menjadi seorang investor ( Pembeli ) atau menjadi seorang Trader ( Penjual ). Disaat memutuskan apakah dia menjual atau membeli ada beberapa faktor yang harus dipelajari terlebih dulu supaya aktivitas jual beli daham berjalan lancar dan baik. Mari kita simak cara belajar Trading Saham melalui artikel di bawah ini.

Pengertian Trading Saham

Trading Saham atau dalam bahasa Indonesia “Penjualan Saham” merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang-orang  yang berada di pasar saham. Pedagang saham merupakan orang yang melakukan kegiatan untuk mendapatkan suatu keuntungan dari pembelian dan penjualan Sekuritas. Para Pedagang Saham dapat menjadi pedagang yang profesional atas nama perusahaan maupun individu. Para pedagang saham ini adalah orang-orang yang berpartisipasi di dalam pasar keuangan dengan berbagai cara.

Cara Belajar Trading Saham

Untuk terjun di dunia saham, investor (pembeli) maupun trader (Penjual) selain membutuhkan modal dan waktu, juga dibutuhkan pengetahuan tentang pasar. Berikut cara Belajar Trading Saham yang perlu kalian ketahui.

1. Membaca Buku Belajar Saham

Trading Saham telah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Banyak tokoh-tokoh sukses yang lahr dari Jual Beli Trading Saham dan beberapa dari mereka juga membagikan pengalaman melalui Buku Trading Saham yang mereka tulis. Mulailah untuk membaca buku buku dari seorang Trader yang sukses dan mengadaptasikan dengan kondisi kalian saat ini bahkan ketika anda ingin melakukan investasi saham online dengan modal kecil sekalipun. Selain itu baca juga tentang buku-buku yang membahas saham dan investasi.

Mulailah mencari rekomendasi buku belajar trading saham terbaik dari para ahli yang tentunya sudah berpengalaman dan terbukti. Kalian bisa mencari buku-buku tersebut secara fisik maupun online (e-book) yang bisa kalian temui di internet.

Baca Juga  Review OctaFx Indonesia Broker Forex

Sempatkan juga Berdiskusi dengan teman atau mengikuti seminar saham 2022.

2. Tentukan Anggaran Trading Saham Kalian

Trading saham tidak bisa lepas dari modal dan anggaran. Tentukan anggaran yang ingin kalian gunakan, dan kelola anggran trading saham kalian dengan sebaik-baiknya.

Kalian bisa menentukan besaran anggaran dari kekuatan modal kalian dibawah 10% misalnya, karena kalau tidak terkontrol akan membuat keuangan kalian menjadi tidak sehat. Pastikan kalian hanya menginvestasikan uang kalian dengan memperhitungkan resiko dalam batas yang wajar jika nanti anda akan kehilangan. Jangan menggunakan uang pinjaman dari Bank ataupun anggaran yang dialokasikan untuk pengeluaran jangka pendek. Pastikan jika terjun dalam Dunia Trading Saham kalian sudah memiliki dana cadangan dan tabungan yang sehat.

3. Pilih Broker Saham Yang Terpercaya

Selain menentukan Modal yang akan dipakai untuk terjun ke dunia Trading Saham, kalian juga perlu untuk memilih Broker atau pialang yang terpercaya dan terdaftar, hal ini berpengaruh pada jenis trading saham yang akan kalian jalani.

Broker atau Pialang merupakan perusahaan yang melakukan perdagangan atas nama kalian, pastikan kalian hati-hati dan broker yang baik untuk kalian adalah yang memikirkan kebutuhan sepesifik kalian.

Dari sekian banyak broker atau pialang memiliki ketentuan yang berbeda dalam biaya yang di kenakan untuk komisi pengelolaan saham kalian. Namun ada beberapa broker yang tidak membebankan biaya komisi apapun.

Perlu diingat disaat kalian menjual Saham ataupun investasi lainnya yang perlu diingat adalah rasio pengeluaran. Selain biaya, kalian harus mempertimbangkan resiko dimana investasi kalian tiba-tiba kehilangan 50% dari modal.

4. Riset dan Pelajari Saham Yang Akan Diperdagangkan

Memilih Broker atau Pialang Saham telah kalian tentukan, kemudian kalian harus menentukan Saham apa yang ingin kalian Tradingkan. Begitu banyak saham di pasaran dengan keuntungan dan kerugian yang bermacam-macam pastikan kalian menggunakan beberapa Riset dan analisis keuangan untuk membandingkan kinerja suatu perusahaan dengan pesaingnya. Riset Saham dan mempelajarinya membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilihnya.

Baca Juga  Prinsip Dasar Aplikasi trading terbaik

Pastikan sebelum mulai untuk menanamkan modal kalian pada saham tertentu, kalian sudah memahami dan mempelajari saham yang kalian pilih tersebut.

5. Pilih Gaya Trading Saham Yang Sesuai

Menentukan Gaya Trading sama dengan memilih jalan untuk mencapai tujuan kalian. Ada dua jenis Perdagangan Saham yaitu Perdagangan aktif dan Perdagangan harian. Perdagangan Aktif bisa dilakukan seorang investor atau trader 10 atau lebih perdagangan dalam sebulan. Biasanya menggunakan strategi yang bergantung pada waktu pasar, peristiwa jangka pendek untuk meraup keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan kedepan.

Pedangan harian ( Daily Trader) adalah strategi yang dipilih oleh seorang investor dalam bermain saham dengan cara membeli dan menjual dalam satu hari perdagangan tunggal. Tujuan dari Daily Trader adalah mendapatkan keuntungan dalam beberapa menit, jam, atau hari berikutnya berdasar fluktuasi harga harian.

Berikut beberapa cara belajar Trading Saham dari nol Sampai Mahir menurut liputanberitaku.com, semoga artikel ini membantu kalian dalam berinvestasi Trading Saham nantinya. Jangan berhenti untuk belajar cara investasi atau menentukan Broker Saham Terbaik .